12 Tips medical check up agar lulus

Tips Medical Check Up Agar Lulus, Dalam dunia medis dikenal istilah medical check up yang merupakan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh pada seseorang. Biasanya dilakukan oleh perusahaan atau instansi pemerintah yang ingin menerima karyawan baru.

Tak sedikit yang akhirnya gagal dalam pemeriksaan ini karena kondisi kesehatannya yang kurang baik. Lantas bagaimana sebenarnya tips medical check up agar berhasil?

Secara umum medical checkup memiliki kegunaan yang sangat penting terutama untuk mengetahui kondisi kesehatan seseorang secara menyeluruh. Biasanya meliputi pengecekan darah, jantung, tekanan darah, kolesterol, hingga kondisi otak.

Perusahaan yang menjadikan pemeriksaa n ini sebagai salah satu sarat kelulusan karyawan juga akan memiliki penilaian setelah menerima hasilnya dari pihak rumah sakit.

Tips medical check up agar lulus

Ini Dia Tips Medical Check Up Paling Tepat Untuk Anda

Banyak orang yang berharap bisa diterima di sebuah perusahaan, dan mencoba melakukan trik nakal saat melakukan medical check up tapi akhirnya sia-sia karena kurang persiapan. Sebelum kekecewaan Anda rasakan, ada baiknya coba menerapkan sejumlah tips berikut yang dijamin akan membuat lolos tes kesehatan.

1. Minum Air Putih

Merupakan langkah pertama yang harus dilakukan, minimal lakukan dua hari sebelum tes dilakukan. Dengan begitu tubuh akan mengeluarkan semua racun dan bahan berbahaya di dalam tubuh secara sempurna. Jika biasanya minum delapan gelas sehari merupakan saran terbaik, maka upayakan lebih dari itu.

Efek positif dari minum adalah mengembalikan kondisi beberapa organ penting yang mungkin saja terindikasi penyakit seperti ginjal dan paru-paru. Karena organ ini sangat berhubungan dengan ketersediaan cairan dalam tubuh, ketika cairan tercukupi, maka fungsinya juga akan berjalan maksimal untuk metabolisme.

2. Rileks

Jangan jadikan tes kesehatan sebagai beban. Anda harus tetap rileks dan menjalani rutinitas dengan baik. Karena ketika Anda tegang dan panik, maka akan memicu kondisi kesehatan yang kurang bagus. Mulai dari tekanan darah yang tidak stabil, detak jantung yang tak beraturan, hingga kondisi saraf yang bisa saja terganggu.

Caranya bisa dengan menghirup aromatherapy sebelum tes kesehatan dilakukan. Anda juga bisa mengkonsumsi minuman yang memberi efek rileks seperti coklat atau teh hangat. Selain itu Anda bisa mengkonsumsi permen mint yang terbukti memberikan efek tenang dan energik saat menunggu giliran tes kesehatan.

3. Olahraga

Lakukan olahraga secara rutin beberapa hari menjelang tes kesehatan dilakukan. Bisa dengan lari keliling kompleks perumahan minimal 8 kilometer sehari. Atau Anda juga bisa melakukan senam aerobik setiap lagi, renang, badminton, atau peregangan setiap bangun tidur selama minmal 15 menit.

Fungsinya adalah untuk memaksimalkan konsentrasi terhadap berbagai hal. Baik itu saat melakukan pekerjaan, ditanya soal hal-hal sulit, termasuk meningkatkan daya penglihatan. Jadi ketika tes dilakukan kondisi Anda benar-benar maksimal.

4. Istirahat

Pastikan Anda beristirahat dengan cukup seminggu menjelang tes kesehatan. Jangan begadang karena hanya akan memperburuk kondisi kesehatan. Dari kajian kesehatan, seseorang harus beristirahat atau tidur minimal delapan jam sehari, agar tubuhnya bisa relaks dan kinerja organ bisa kembali aktif dan dinamis keesokan harinya.

Baca Juga :  Khasiat Kayu Gaharu Untuk Kehidupan

Jangan lupa untuk beristirahat di tempat yang nyaman terutama tempat tidur, agar kondisi tubuh tidak mengalami masalah terutama otot. Jangan tidur di sofa apalagi di kursi karena rentan membuat Anda pegal dan akan memberi hasil buruk saat tes kesehatan.

5. Berhenti Merokok

Pastikan Anda berhenti merokok minimal seminggu sebelum tes kesehatan. Hal ini dilakukan agar saat pengecekan organ paru-paru tidak terdapat nikotin dan bahan berbahaya yang akan mengindikasikan kesehatan yang tidak baik.

Selain itu, berhenti merokok sementara juga akan membantu Anda memiliki daya tahan tubuh lebih baik, ginjal berfungsi sempurna, begitu juga jantung dan saraf. Karena terbebas dari zat-zat berbahaya di dalam rokok yang semuanya berbahaya bagi tubuh.

6. Berhenti Minum Alkohol

Kandungan alkohol akan mudah dideteksi saat melakukan medical check up, maka jika Anda ingin lolos tes tersebut, maka sebaiknya berhentilah mengkonsumsi alkohol minimal seminggu sebelum melakukannya. Jika tidak maka kemungkinan besar Anda tidak akan lolos tes.

7. Berhenti Mengkonsumsi Narkoba

Tak ada perusahaan atau instansi manapun yang mau menerima pengguna narkoba senagai pegawainya. Jadi alangkah bijak jika Anda berhenti mengkonsumsinya dan tidak lagi kecanduan zat aditi berbahaya tersebut. Pastikan berhenti sebulan atau lebih sebelum tes akan dilakukan, agar Anda tidak kecewa dengan hasil tes kesehatan nanti.

8. Minum Madu

Jika Anda ingin menjalani tes kesehatan minumlah madu minimal tiga hari sebelum tes secara rutin dua kali sehari sebanyak satu sendok makan. Bisa dicampurkan ke dalam minuman atau diberi perasan lemon agar khasiatnya lebih terasa pada tubuh.

Madu merupakan cairan yang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Mulai dari vitamin, mineral, hingga zat esensial lainnya. Mengkonsumsinya secar rutin setiap hari akan menunjang kesehatan yang baik.

9. Minum Susu Murni

Mengkonsumsi susu sebelum melakukan tes kesehatan banyak dianjurkan, karena susu memiliki sifat anti racun sehingga bisa menghilangkan berbagai racun berbahaya termasuk nikotin akibat rokok hingga narkoba. Tapi memang tidak bisa hanya satu gelas menjelang tes, Anda harus rutin meminumnya beberapa hari menjelang tes dilakukan.

Jenis susu yang dianjurkan adalah susu sapi murni baik yang dikemas berbentuk bubuk, atau sudah siap minum. Jangan dicampur dengan tambahan apapun termasuk gula karena hanya akan mengurangi reaksi hebat susu bagi tubuh Anda.

10. Bersihkan Tubuh

Membersihkan tubuh sebelum melakukan tes adalah hal wajib. Mulai dari mandi, keramas hingga menggosok gigi. Karena tes kesehatan biasanya juga meliputi kebersihan dan kesehatan area tubuh luar seperti mulut, mata, hidung, tangan dan kaki. Jadi untuk hasil tes maksimal maka hal ini harus dilakukan secara sempurna.

Membersihkan tubuh bisa menggunakan sabun antiseptik yang banyak dijual di apotik atau toko bahan rumah tangga. Karena sabun tersebut sangat baik untuk menghilangkan kuman yang menempel pada tubuh Anda.

11. Obat Tinggi Badan

Pada beberapa perusahaan mereka memasang aturan menerima karyawan dengan tinggi badan tertentu. Kalau Anda merasa kurang tinggi, tak ada salahnya mengkonsumsi obat peninggi badan secara teratur beberapa minggu sebelum tes dilakukan. Memang hasilnya tidak bisa dipaksakan karena tergantung kondisi tubuh masing-masing.

12. Gunakan Pakaian Rapi

Memberi kesan terbaik saat akan melakukan tes kesehatan adalan hal yang harus dilakukan. Jadi pastikan Anda menggunakan pakaian yang sopan dan rapi, juga mudah dibuka saat tes dilakukan.

Baca Juga :  15 Manfaat Susu Bear Brand untuk Menyembuhkan Penyakit

Disarankan menggunakan kemeja dan celana atau rok formal, karena penampilan tetap jadi pertimbangan bagi perusahaan dalam menerima karyawan baru.

Penutup : Lulus tes kesehatan atau medical check up memang harapan semua calon karyawan. Apalagi biasanya tahap tes ini sudah selangkah lagi menuju penerimaan. Kalau ingin hasilnya sesuai harapan sudah seharusnya Anda menerapkan tips medical check up di atas.

Karena sebenarnya selain untuk kebutuhan tes kesehatan, semua tips tersebut juga membantu menjaga kesehatan untuk jangka panjang.


Jika artikel ini dirasa bermafaat, silahkan share artikel ini dengan menekan tombol share dibawah, agar lebih bisa bermanfaat bagi banyak orang lain ♥ Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like