14 Cara Menghilangkan Bruntusan Di Wajah Dengan Cepat

Cara Menghilangkan Bruntusan Di Wajah Dengan Cepat, Wajah Anda bruntusan dan membuat percaya diri hilang? Tenang, ada banyak cara menghilangkan bruntusan yang bisa dilakukan sendiri.

Hasilnya juga sangat memuaskan dan dijamin bruntusan akan hilang tanpa bekas. Daripada penasaran, pastikan Anda simak informasi lengkapnya berikut ini.

Bruntusan merupakan salah satu penyakit kulit yang menyerang bagian wajah. Cirinya terdapat benjolan merah kecil yang terkadang gatal dan perih. Jika dibiarkan bisa mengakibatkan iritasi yang berbahaya, apalagi jika jumlahnya sudah sangat banyak.

Cara Menghilangkan Bruntusan Di Wajah Dengan Cepat

14 Cara Menghilangkan Bruntusan

Dari sekian banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah bruntusan, 14 diantaranya terbukti merupakan yang paling banyak dicoba dan berhasil. Yang penting lakukan secara teratur dan konsisten hingga masalah pada wajah itu hilang secara permanen.

1. Pakai Toner

Bruntusan terjadi salah satunya karena kurang maksimalnya seseorang dalam membersihkan wajah usai beraktivitas atau setelah menggunakan make up, sehingga terjadi penumpukkan sel kulit mati dan minyak berlebih dan memicu bruntusan.

Dengan menggunakan toner yang cocok dengan kulit wajah, kondisi wajah akan lebih bersih, kelembaban terjaga dan pH tetap normal. Caranya gunakan toner setelah membersihkan wajah dengan pembersih wajah, agar hasilnya lebih maksimal.

2. Serum Wajah

Serum wajah mengandung zat-zat yang dapat menghalau bruntusan. Selain itu juga akan menjadikan wajah sehat, ternutrisi dengan baik, serta mampu meminimalisir dampak peroxide, niacinamide, dan benzoil pada wajah.

Gunakan serum wajah sebelum mengaplikasikan kosmetika. Biasanya serum beruma cairan kental yang penggunaannya tinggal dioleskan pada seluruh permukaan wajah.

3. Moisturizer

Wajah yang menghasilkan minyak berlebih sangat rentan terkena bruntusan. Maka untuk menjaga kadar minyak tetap stabil, perlu penggunaan moisturizer yang sesuai dengan jenis kulit. Produk khusus untuk wajah ini akan menjaga kelembaban kulit secara maksimal, sehingga potensi terjadinya bruntusan sangat kecil.

4. Masker Wajah

Kegunaan masker untuk wajah adalah menjaga kandungan nutrisi penting pada kulit, serta memaksimalkan daya tahan kulit terhadap iritasi. Sebab wajah memiliki kulit sangat sensitive dibandingkan permukaan kulit lainnya di sekujur tubuh manusia.

Pilih masker wajah yang sesuai dengan jenis kulit, seperti madu, lidah buaya atau bengkuang. Gunakan secara teratur hingga bruntusan hilang. Lebih disarankan untuk tetap rutin menggunakan walaupun masalah bruntusan sudah teratasi, agar si bintil merah itu tak berani datang lagi.

5. Exfoliating

Proses eksfoliasi adalah pengangkatan sel kulit yang sudah mati plus minyak yang jumlahnya berlebih oleh zat bernama salicylic acid. Kalau dahulu hanya bisa dilakukan di klinik kesehatan, kini eksfoliasi sudah bisa dilakukan sendiri dengan menggunakan produk eksfoliasi untuk kesehatan wajah yang dijual di pasaran.

Caranya dengan mengoleskan krim eksfoliasi secara merata pada bagian wajah, kemudian diamkan 30 menit dan bilas menggunakan air bersih dan sabun cuci muka yang sesuai dengan kondisi kulit wajah.

6. Double Cleansing

Merupakan cara membersihkan kulit wajah yang terkena bruntusan dengan dua langkah. Pertama menggunakan pembersih dengan dua pilihan, yaitu berbahan dasar minyak, atau berbahan dasar air. Kemudian bersihkan menggunakan kapas dan aplikasikan pembersihan kedua menggunakan produk pembersih wajah kategori face wash yang sesuai dengan jenis kulit.

Baca Juga :  12 Cara Mengatasi Rayap Secara Alami Dan Mudah

7. Deep Cleansing

Membersihkan wajah menggunakan sabun pembersih yang sesuai pH wajah merupakan cara paling standar yang bisa dilakukan untuk menjaga wajah tetap bersih dan jauh dari masalah kulit. Namun ketika bruntusan datang, proses pembersihan bisa menggunakan sponge agar bruntusan cepat hilang.

8. Gel Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki kandungan zat anti radang yang cocok untuk mengatasi bruntusan. Anda bisa menggunakan lidah buaya asli dengan memotong menjadi beberapa bagian, kemudian oleskan pada bagian wajah sambil dipijat lembut. Kemudian diamkan 15 menit hingga gel mengering, kemudian bersihkan dengan face cleaning.

Pada penggunaan ini, diawali dengan bruntusan yang mengering, lalu mengelupas dan hilang. Lamanya proses pengobatan menggunakan gel ini tergantung pada kondisi kulit masing-masing. Ada yang hanya seminggu, namun ada yang lebih dari itu.

9. Es Batu

Es batu bisa membantu meminimalisir perkembangan bruntutas pada wajah. Karena sifat dinginnya mampu mematikan sel bruntusan lebih cepat. Cara penggunaannya cukup dengan olesi wajah dengan es batu beberapa saat hingga rasa dingin benar-benar terasa di semua area wajah. Lalu bilas hingga bersih.

10. Campuran Lemon Dan Putih Telur

Lemon mengandung zat asam yang mampu mengatasi iritasi pada kulit dan bagian tubuh lainnya. Sedangkan putih telur memiliki kelebihan untuk mengecilkan pori-pori dan membuat kulit kembali kencang. Perpaduannya sangat cocok untuk mengatasi bruntusan yang mengganggu di wajah.

Caranya adalah mencampurkan perasan jeruk lemon dengan putih telur dengan perbandingan sama. Kemudian oleskan pada wajah secara merata diamkan 15 hingga 30 menit. Memang awalnya akan terasa perih karena zat asam lemon, namun hal itu tandanya obat alami ini sedang bekerja menyembuhkan bruntusan Anda.

11. Oatmeal

Selain dikenal sebagai makanan pengganti nasi yang sehat dan rendah kolesterol, oatmeal juga bisa digunakan sebagai masker pengusir bruntusan. Karena bahan anti aging dan anti radang yang tergantung di dalamnya akan sangat membantu agar masalah bintil merah bisa segera hilang.

Caranya dengan menghaluskan oatmeal hingga menjadi bubuk halus. Kemudian campurkan dengan sedikit air hangat dan gosokkan ke wajah sambil dipijat. Terakhir bersihkan menggunakan sabun pembersih wajah untuk hasil maksimal. Terapkan sekali sehari hingga bruntusan hilang.

12. Minyak Zaitun Dan Madu

Perpaduan dua produk alami ini akan menjadi obat mujarab mengatasi bruntusan. Minyak zaitun mengandung zat anti radang, membantu proses pengangkatan sel kulit mati, dan mengembalikan kondisi kulit yang bermasalah menjadi normal. Sedangkan madu membantu menjaga kondisi terbaik kulit dengan nutria lengkap di dalamnya.

Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan minyak zaitun dan madu dengan takaran sama. Lalu oleskan pada wajah hingga merata, diamkan hingga 30 menit lalu bilas menggunakan air hangat dan sabun pembersih. Lakukan rutin hingga bruntusan hilang sempurna.

13. Pilih Kosmetik Tepat

Untuk mencegah bruntusan datang, hal yang bisa dilakukan adalah memilih produk kosmetik yang sesuai dengan kondisi wajah Anda, baik itu jenis kulit dan sensitivitasnya.

Jika sudah menemukan yang cocok, jangan pernah mencoba produk kosmetik lain dengan alasan ingin hasil lebih baik. Karena efek coba-coba hanya akan merusak wajah Anda.

14. Teratur Menggunakan Skincare

Banyak produk skincare yang dijual di pasaran, untuk memaksimalkan kondisi kulit wajah baik itu kesehatannya, warna indahnya, hingga daya tahannya terhadap penyakit maka Anda harus menggunakan produk skincare secara teratur dan berurutan.

Baca Juga :  Cara Cepat Memanjangkan Rambut Pria Terbukti

Mulai dari serum wajah, lanjutkan dengan moisturizer, vitamin lalu foundation, baru terakhir bedak dan kosmetik penyempurna.

Penutup : Tak ada yang ingin mengalami kulit bruntusan, tapi jika itu sudah terlanjur menyerang wajah anda memang butuh cara menghilangkan bruntusan yang tepat agar kondisinya tak semakin parah.

Anda bisa menerapkan beberapa cara di atas sekaligus untuk hasil maksimal. Tapi kalau kondisinya sudah sangat parah, maka konsultasi dengan ahli adalah cara terbaik.


Jika artikel ini dirasa bermafaat, silahkan share artikel ini dengan menekan tombol share dibawah, agar lebih bisa bermanfaat bagi banyak orang lain ♥ Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like