Seringbaca.com – Pernahkah anda mendengar kata ‘gaspul’ saat berada  di bengkel? Jika sudah pernah, ‘gaspul’ yang dimaksud sebenarnya adalah glasswool. Glasswool merupakan materi peredam panas dan suara yang bertekstur seperti bulu domba. Peredam ini sering digunakan sebagai pelapis pada motor, mobil, studio musik, gudang, perkantoran, dll.

Cara Agar Glasswool Awet
Cara Agar Glasswool Awet

Inilah cara agar glasswool awet untuk performa motor makin baik.

  1. Kenali dan Pilih Jenis Glasswool

Glasswool masih menjadi andalan produk peredam suara. Produknya sangat mudah digunakan. Glasswool memiliki banyak jenis di pasaran. Jenis yang standar biasanya hanya sekitar puluhan ribu saja dan mudah didapatkan di toko atau bengkel. Glasswool ini berbentuk serat berwarna putih atau kuning. Tetapi untuk memasangnya diperlukan kehati-hatian tinggi.

Produk yang biasa-biasa saja memiliki harga yang lebih murah. Tetapi produk ini memiliki banyak kekurangan seperti ketebalan dan kerapatannya kurang pas. Seratnya pun belum tentu memiliki kualitas bagus. Peredam atau glasswool dengan kualitas bagus dapat menjadikan suara knalpot tidak bising dan bagian dalam knalpot tidak mudah panas.

Jenis kedua adalah peredam berbahan fiberglass. Serat bahan ini terbuat dari bahan kaca sehingga tidak mudah terbakar ketika knalpot mulai panas. Dan ada satu lagi peredam yang tingkat keawetannya jauh lebih lama dari bahan standar atau fiberglass, yaitu peredam berbahan steelwool. Peredam ini berbahan besi yang tidak dapat terbakar panas di dalam knalpot.

  1. Pilih Glasswool yang Tidak Mudah Terbakar

Salah satu cara agar glasswool yang terdapat di dalam knalpot motor awet adalah dengan memilih glasswool berbahan serat fiber. Serat fiber memang lebih tahan panas karena berserabut panjang sehingga materinya memadat. Kelemahannya terletak pada harganya yang relatif lebih mahal. Tetapi harga ini sebanding dengan kualitas yang baik dan glasswool semakin awet.

Cara Agar Glasswool Awet
Cara Agar Glasswool Awet
  1. Pilih Glasswool Terbaik

Dari banyaknya jenis glasswool yang beredar di pasaran, dapat dikatakan karbon kevlar merupakan glasswool terbaik saat ini. Karbon kevlar terbuat dari serat kaca halus yang telah dianyam rapi dan rapat. Tidak seperti glasswool jenis lain, glasswool berbahan karbon kevlar ini memiliki keunggulan tidak mudah terbakar, tidak mudah berkarat, dan mampu menahan beban panas yang tinggi.

Related Post :  Tips membeli mobil bekas untuk pemula

Ketika dipasang pun tidak mudah lepas dari sangkar. Tetapi sayangnya untuk menggunakan glasswool jenis ini anda harus mau merogoh kocek lebih dalam karena harganya yang mahal. Harga ini sangat cocok karena anda tidak perlu mengganti glasswool dalam kurun waktu yang lama.

  1. Sering Diservis

Tak dapat dipungkiri melakukan servis secara berkala merupakan salah satu treatment untuk menjaga performa motor. Hal ini juga berlaku pada knalpot motor. Sebaiknya anda menservis knalpot motor serutin mungkin. Apalagi jika knalpot anda merupakan produk after market. Anda harus menservis nya dalam interval waktu tiga hingga enam bulan.

Dengan menservis motor, knalpot motor anda tidak lagi mengeluarkan suara cempreng dan performanya semakin baik. Hal ini dikarenakan turbulensinya kembali seperti semula. Anda bisa mencoba cara agar glasswool awet supaya knalpot motor anda tidak menimbulkan kebisingan dan performanya semakin baik.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *