Seringbaca.com – Terbilang mahal ya memang begitulah tarif provider telkomsel. Namun tenang bagi Anda pelanggan telkomsel berikut cara awet kuota telkomsel yang bisa Anda coba agar hemat kuota.

Buktikan Sendiri, Begini Cara Awet Kuota Telkomsel di Handphone

Jaman sekarang kuota itu penting, hidup tanoa kuota bagai sayur tanpa garam. Bagi Anda pengguna telkomsel yang merasakan mahalnya harga kuota jangan khawatir, coba cara ini agar kalian hemat kuota.

Cara Awet Kuota Telkomsel
Cara Awet Kuota Telkomsel

1. Pakai Wifi atau Tetring Dari Orang Lain

Cara paling ampuh untuk menghemat kuota dari provider apapun termasuk telkomsel adalah dengan memakai wifi atau tetring dari orang lain. Cara satu ini dijamin ampuh dan tidak akan mengurangi kuota internet telkomsel Anda.

Tak diragukan lagi sekarang banyak tempat yang menyediakan fasilitas Wifi. Jadi ketika Anda dalam sebuah ruang atau tempat yang menyediakan fasilitas Wifi, jangan malu untuk bertanya password Wifi agar kuota Anda hemat.

2. Non Aktifkan Opsi Sinkronisasi Akun Secara Otomatis

Langkah lainnya yang bisa Anda gunakan untuk menghemat kuota ketika tidak terkoneksi Wifi adalah dengan menonaktifkan singkronisasi otomatis pada smartphone Anda. Caranya yaitu dengan masuk ke pengaturan pada smartphone (Settings), kemudian pilih Accounts.

Selanjutnya Anda tinggal memilih akun mana yang Anda miliki yang akan Anda matikan sinkronisasi otomatisnya. Cara ini dapat membantu Anda hemat kuota karena aplikasi tersebut tidak secara otomatis terkoneksi internet.

Jangan khawatir bila Anda ingin mengaktifkannya kembali dapat menggunakan langkah yang sama saat anda menonaktifkan sinkronisasi.

3. Mengaktifkan Fitur Chrome Data Saver

Langkah ini bisa dipilih khusus bagi Anda yang memakai aplikasi chrome untuk browsing. Caranya dengan memilih menu Setting pada chrome, kemudian aktifkan data saver ke pilihan ON.

Related Post :  Cara Mengatasi Lupa Sandi Gmail Mudah dan Cepat

Fitur satu ini dapat membantu Anda untuk 50% menghemat kuota. Jadi jika Anda ingin hemat, jangan lupa aktifkan fitur satu ini ya.

4. Matikan GPS Atau Atur Pada Aplikasi Maps

GPS atau Maps merupakan aplikasi realtime yang dapat mengetahui posisi perangkat Anda melalui satelit. Syaratnya adalah perangkat Anda terkoneksi internet.

Keunggulan fitur satu ini yaitu Anda dapat mengetahui traffic jalan raya secara realtime. Dengan kata lain dapat memberi tahu Anda apakah jalanan dalam keadaan macet atau tidak.

Tanpa disadari fitur tersebut memakan banyak kuota internet Anda. Maka bagi Anda yang tidak merasa begitu penting akan manfaat fitur ini dapat menonaktifkannya.

Caranya matikan GPS atau atur Maps dari mode online ke mode offline. Mudah bukan?

5. Update Aplikasi Hanya Saat Terhubung Wifi

Jaman sekarang banyak developer yang memberi versi terbaru pada aplikasi mereka. Ini juga berdampak bagi kuota Anda.

Tanpa Anda sadari, update aplikasi secara langsung akan memakan kuota internet Anda. Oleh karena itu mengatur agar update aplikasi hanya terjadi saat Anda terhubung Wifi adalah cara yang paling tepat.

Anda dapat mengaturnya pada Aplikasi Google Play Store di Menu Setting. Kemudian Auto-update apps dan pilih Auto-uodate apps over Wifi Only.

Mudah bukan menghemat kuota internet? Anda dapat menggunakan cara awet kuota telkomsel di atas bagi Anda pengguna telkomsel. Namun tidak menutup juga kemungkinan bagi Anda pengguna provider lain.

Share Artikel Ini…

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like