Seringbaca.com kali ini akan membahas tentang makanan yang menjadi favorite sebagian besar masyarakat Indonesia. Jengkol adalah makanan yang memerlukan penyimpanan khusus agar awet, bagi Anda penyuka jengkol penting mengetahui cara awetkan jengkol. Jengkol yang enak dan berkualitas pasti akan lebih enak ketika dikonsumsi.

Biasanya, orang membuat jengkol menjadi masakan, seperti semur dengan rasa yang lezat dan gurih. Oleh karenai tu, agar masakan Anda memiliki rasa yang enak, Anda perlu menggunakan jengkol yang berkualitas dan terbaik.

Cara Awetkan Jengkol

cara awetkan jengkol
cara awetkan jengkol

Harga jengkol yang sering kali tinggi, membuat orang membeli jengkol dalam jumlah yang banyak sekaligus. Agar jengkol tetap awet dan enak dikonsumsi, berikut ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengawetkan jengkol, yaitu:

1. Memilih jengkol yang tepat agar tahan lebih lama

cara awetkan jengkol
cara awetkan jengkol

Umumnya, terdapat dua jenis jengkol yang biasanya dikonsumsi sehari-hari, yaitu jengkol muda dan jengkol tua. Dua jenis jengkol tersebut memiliki rasa dan kegunaan yang berbeda.

Jengkol muda sering digunakan untuk lalapan, karena jengkol muda memiliki tekstur yang keras dan rasanya cenderung pahit. Sementara itu, jengkol tua biasanya diolah untuk dibuat masakan berupa balado, semur, sambal, atau rendang.

Jika Anda ingin membeli jengkol muda, pilih jengkol dengan kulit ari berwarna cokelat terang. Ketika jengkol muda dibelah, dagingnya memiliki warna kehijauan.

Ketika Anda membeli jengkol tua, pilih jengkol yang memiliki kulit ari berwarna cokelat tua dan tekstur yang keras. Saat jengkol tersebut dibelah, dagingnya memiliki warna kuning dengan tekstur yang lembut.

Jangan lupa Anda juga harus memastikan bahwa jengkol tidak berlubang. Jengkol yang berlubang biasanya adalah jengkol yang sudah busuk. Jika jengkol berlubang, maka jengkol menjadi tidak awet dan bisa memengaruhi jengkol lainnya.

2. Rebus jengkol dengan cara yang tepat

cara awetkan jengkol
cara awetkan jengkol

Sebelum anda merebus jengkol, kupas kulit ari jengkol sampai bersih dan cuci jengkol secara menyeluruh. Saat Anda merebus jengkol, rebus jengkol selama 3 sampai 5 menit saja menggunakan air mendidih.

Related Post :  12 Cara Terbaik Melupakan Mantan dan Kenangannya

Setelah direbus dengan waktu yang ditentukan, tiriskan jengkol dan biarkan sampai dingin sebelum dimasukkan ke dalam wadah. Ketika merebus jengkol, Anda tidak perlu menambahkan apa-apa ke dalamnya, namun Anda juga bisa menambahkan garam agar rasa jengkol menjadi lebih gurih.

Jengkol yang disimpan dengan cara yang tepat akan membuat jengkol lebih tahan lama dan awet. Jika Anda merebus jengkol dalam waktu yang tepat dan benar, jengkol bisa menjadi lebih awet dan tetap sehat ketika dikonsumsi.

3. Menyimpan jengkol di freezer

cara awetkan jengkol
cara awetkan jengkol

Jengkol baik disimpan dalam keadaan matang atau sudah direbus terlebih dahulu, baik itu jengkol muda atau jengkol tua. Hal ini dikarenakan jengkol yang sudah direbus terlebih dahulu akan lebih awet ketika disimpan.

Simpan jengkol dalam wadah tertutup dan kedap udara, Anda bisa menggunakan stoples atau wadah makanan biasa. Setelah itu, Anda simpan jengkol yang sudah dimasukkan ke dalam wadah di kulkas, tepatnya di freezer.

Jengkol yang dipilih dan disimpan dengan baik akan membuat masakan Anda terasa lebih nikmat dan istimewa. Sehingga, Anda perlu mengetahui cara awetkan jengkol agar lebih tahan lama.

Bisa di cek juga video dibawah ini :

Demikian artikel mengenai cara mengawetkan jengkol, sangat mudah bukan. Jika artikel ini bermanfaat silahkan share ya.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like