Cara belajar gitar untuk pemula dengan cepat. Gitar merupakan salah satu alat musik yang sangat populer di kalangan muda. Gitar mampu menghasilkan musik yang indah dan memberikan suasana hati lebih tenang.

Bermain gitar membutuhkan konsentrasi dan keahlian, namun dapat dimainkan oleh siapa saja. Untuk itu Anda harus memahami cara belajar gitar agar dapat menguasai alat musik ini.


Cara Belajar Gitar Untuk Pemula dengan Cepat

Gitar dapat dikolaborasikan dengan semua jenis alat musik lainya untuk menghasilkan musik yang diinginkan. Sehingga banyak orang yang ingin mempelajari alat musik yang satu ini. Sebenarnya belajar gitar untuk pemula tidak sulit. Hanya membutuhkan konsentrasi dan usaha yang sungguh-sungguh, serta beberapa cara berikut ini :

1. Melihat Tutorial dari Internet

Teknologi sekarang ini sangat canggih, salah satunya internet. Internet dapat digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan apapun, termasuk belajar. Belajar gitar dapat melalui internet dengan melihat tutorial yang paling mudah.

Banyak sekali konten video belajar gitar yang dapat Anda pilih sesuai keinginan dan kemudahannya. Anda dapat belajar melalui internet dengan mudah dan gratis. Video tersebut mempunyai metode yang berbeda, bahkan didesain dengan musik teks dan sebagainya.

Dalam belajar gitar, Anda harus memahami chord dasar terlebih dahulu. Anda juga dapat berdiskusi dengan viewer lainnya pada kolom komentar di konten video tersebut. Belajar dengan internet ini membutuhkan komitmen yang sungguh-sungguh. Sehingga Anda dapat membuat target untuk menguasai teknik dasar bermain gitar.


2. Membedakan Permainan Musisi

Banyak musisi yang sudah mahir dan hebat dalam bermain gitar. Anda dapat melihat perform mereka yang membedakan permainan gitar mereka. Anda dapat belajar bagaimana bermain yang baik serta teknik yang harus dilakukan saat dikolaborasikan dengan alat musik lain.

Related Post :  Cara Mengelola Keuangan Keluarga Secara Efektif dan Efesien

Setiap musisi pasti mempunyai teknik sendiri untuk menikmati permainan gitarnya. Anda dapat memilih teknik yang paling Anda kuasai dan cocok dengan skill Anda. Dengan belajar langsung dari musisi terkenal, Anda akan merasa lebih bersemangat dan tertantang dalam bermaian gitar.


3. Mempelajari Instrumen Gitar

Gitar mempunyai bagian dengan fungsi masing-masing. Setiap bagian gitar harus Anda kuasai dengan baik dan benar. Dengan kombinasi instrumen tersebut akan menghasilkan musik yang indah dan enak didengar. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui dan mempelajari setiap instrumen gitar.

Anda dapat mempelajari bagian gitar selama 30 menit. Serta memahami setiap hubungan pada instrumen satu dengan instrumen lainnya. Setelah memahami intrumen dengan baik, Anda dapat mulai memainkan satu demi satu chord gitar. Anda dapat memvariasikan petikan senar untuk menghasilkan musik yang Anda inginkan.


4. Mempelajari Chord Gitar

Setelah Anda mengetahui bagian gitar dan fungsinya, Anda dapat mempelajari kunci bermain gitar. Chord gitar ini sangat beragam. Anda dapat mulai mempelajari kunci yang paling mudah salah satunya kunci C. Setelah lancar, dapat dilanjutkan ke kunci lainya.

Seiiring berjalannya waktu, Anda akan menguasai semua kunci gitar bahkan yang paling sulit. Untuk memudahkan Anda menghafalkan kunci tersebut, buatkan beberapa grup untuk beberapa kunci. Semakin banyak yang dihafal, semakin mudah Anda membuat musik yang baik dan indah.

Setelah semua kunci dikuasai, Anda dapat belajar memainkan satu lagu. Dengan usaha yang baik pasti Anda bisa bermain gitar dengan baik dan lancar.


5. Konsisten dalam Berlatih

Belajar sesuatu harus dilakukan dengan ikhlas dan konsisten. Buatlah jadwal rutin untuk berlatih gitar, minimal lima kali dalam seminggu. Belajar gitar tidak sulit dan tidak mudah. Semua itu tergantung dari niat dan usaha Anda dalam mempelajarinya.

Untuk lebih mudah menghafalkan kunci gitar, Anda harus membuat waktu khusus untuk berlatih. Anda akan lebih menjiwai suara dari gitar tersebut. Anda juga dapat memahami nada, intonasi, dan gestur tubuh yang baik. Serta dapat mengkombinasikan tangan dengan otak.

Related Post :  12 Solusi Cara Berkomunikasi yang Baik di Tempat Kerja

6. Melatih Memori Otot Tangan

Untuk melatih ingat otot tangan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan menonton TV atau ngobrol dengan teman. Saat Anda menonton TV sambil bermain gitar, Anda dapat berlatih otot tangan tanpa melihatnya. Karena mata Anda tertuju pada layar TV.

Atau Anda dapat berbincang dengan teman saat bermain gitar. Karena dapat meningkatkan kerja otot tangan dan pikiran untuk bekerja sendiri. Hal ini dapat membuat Anda cepat menghafal kunci gitar tanpa melihat petikan jari tangan. Otot tangan akan lebih terlatih dan lancar dengan sendirinya.


7. Melatih Kepalan Ujung Jari

Bermain gitar membutuhkan kekuatan pada ujung jari tangan. Sehingga Anda harus melatih kepalan pada ujung jari dengan baik.


8. Mempelajari Kunci Terbuka dan Kunci Gantung

Untuk melancarkan Anda bermain gitar, Anda dapat mempelajari kunci gantung. Kunci gantung akan memberikan kekuatan pada tangan. Sebagai pemain gitar yang profesional, Anda harus mengerti dan menguasai semua kunci gitar. Baik itu kunci dasar, ataupun kunci gantung.


9. Membangun Kekuatan Fret Tangan

Karena bermain gitar membutuhkan kekuatan otot tangan, Anda harus melatih kekuatan fret tangan dengan baik. Untuk melatih kekuatan ini dapat dilakukan dengan meremas bola tenis atau benda lain yang mempunyai tekstrur yang sama.

Remas benda tersebut selama 5 menit. Dan lakukan secara rutin agar fret tangan Anda semakin terlatih dengan baik. Anda dapat mengevaluasi kemampuan seiring berjalannya waktu. Dengan usaha yang keras Anda pasti bisa menguasai alat musik ini.


10. Jangan Pernah Menyerah

Kunci utama bermain gitar adalah berlatih. Berlatih pasti membutuhkan waktu yang lama dan usaha yang sungguh-sungguh. Berlatih gitar tidak boleh asal-asalan. Karena hal ini hanya akan membuang waktu Anda saja.

Anda harus tetap fokus dan konsentrasi untuk berlatih. Fokuslah pada nada, kunci, akurasi dan petikan pada senar gitar. Jangan pernah menyerah untuk belajar gitar. Kemampuan Anda akan lebih meningkat dan tajam seiring berjalannya waktu.


11. Berlatih dengan CD Player atau MP3

Saat ini banyak CD player atau MP3 yang dapat Anda gunakan sebagai sarana evaluasi. Apalagi sekarang teknologi sekarang semakn canggih dengan banyaknya smartphone cerdas. Smartphone dapat dibawa kemana-mana. Anda dapat menambahkan berbagai jenis dan genre musik gitar dan dapat didengarkan berulang-ulang.

Related Post :  12 Solusi Cara Berkomunikasi yang Baik di Tempat Kerja

12. Mulai Memainkan Lagu

Setelah mengetahui kunci gitar, nada dan sebagainya, Anda dapat memulai memainkan lagu yang Anda sukai. Dengan memainkan lagu, Anda dapat menyesuaikan kunci, intonasi dan nada sesuai dengan musik yang dimainkan.


13. Memainkan Lebih Dari Satu Jenis Gitar

Jenis gitar sangat beragam, dan mempunyai teknik masing-masing. Dari mulai satu jenis, Anda dapat belajar jenis gitar lainya. Biasanya jika sudah menguasai satu jenis gitar, lebih mudah untuk belajar jenis gitar yang lain. Terutama gitar Bass, Klasik, Elektrik dan gitar Tenor.

Setiap gitar mempunyai variasi suara yang bermacam-macam. Dan memberikan suara yang indah dan menghangatkan.


Cara belajar gitar untuk pemula dengan cepat dapat Anda coba mulai sekarang. Karena sekarang ini banyak sarana yang dapat memudahkan Anda bermain gitar.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *