Cara membuat minyak kemiri dirumah dan khasiatnya

Cara membuat minyak kemiri dirumah dan khasiatnya, Kemiri merupakan salah satu bumbu yang sering dipakai untuk menambah rasa pada masakan. Di samping itu dia juga dapat diolah menjadi minyak yang sangat bermanfaat untuk kesehatan terutama bagian rambut.

Jika Anda ingin mencoba sendiri khasiatnya, tentu bisa mengolah dengan cara membuat minyak kemiri di rumah yang sangat mudah. Penasaran?

Tanaman bernama latin Aleurites moluccanus ini memang sudah terkenal sejak zaman dahulu sebagai salah satu bahan pengobatan alami dan untuk bahan baku sejumlah industri.

Walau asal usulnya tidak terdeteksi, namun di kawasan Asia ia sangat dikenal dan merupakan salah satu komoditi eksport yang menjanjikan devisa cukup besar.

Cara membuat minyak kemiri dirumah dan khasiatnya

Cara Membuat Minyak Kemiri Di Rumah

Untuk menghasilkan minyak kemiri alami, ada tiga cara yang bisa dilakukan sendiri di rumah yaitu diperas, disangrai, atau dibakar. Untuk alat dan proses pengolahannya terbilang mudah dan tidak memakan banyak waktu.

1. Cara Diperas

Bahan dan alat yang digunakan adalah biji buah kemiri yang sudah bersih dan dikupas secukupnya, air putih secukupnya, blender atau parutan, alat peras, kuali.

Cara membuatnya dimulai dari menghancurkan biji kemiri dengan parutan atau blender hingga benar-benar halus, kemudian peras menggunakan alat peras dengan menambahkan sedikit air.

Langkah selanjutnya adalah menyimpan air perasan biji kemiri di dalam wadah yang tertutup rapat, lalu diamkan selama 24 jam. Setelah itu, masak air perasan menggunakan kuali sampai minyak kemiri keluar sempurna, biasanya dibutuhkan waktu satu hingga dua jam. Kemudian dinginkan dan minyak kemiri sudah bisa digunakan.

2. Cara Disangrai

Bahan dan alat yang diperlukan adalah biji kemiri kupas, kuali, blender, alat peras, air secukupnya. Proses dimulai dengan menyangrai biji kemiri hingga matang sempurna.

kemudian hasil sangrai tersebut haluskan dengan menggunakan blender atau alat tumbuk. Setelah itu, peras hasil blender dengan dicampur air secukupnya. Dan minyak kemiripun sudah jadi.

Proses ini tergolong sangat mudah dengan hasil yang cukup banyak. Agar hasil minyak bisa tahan lama dan tidak terkontaminasi oleh bakteri, Anda harus menyimpannya di tempat yang bersih menggunakan botol kaca atau plastik yang tertutup rapat.

3. Cara Dibakar

Bahan dan alat yang digunakan yaitu biji kemiri kupas, blender. Caranya adalah dengan membakar biji kemiri sampai benar-benar hitam seperti arang. Bisa menggunakan sabut kelapa, kayu atau alat bakar lainnya.

Setelah itu blender atau haluskan biji kemiri hingga menjadi bubur, untuk hasil maksimal peras bubur tersebut hingga tersaring minyak kemiri murni.

Khasiat Minyak Kemiri

Minyak kemiri murni maupun olahan memiliki banyak khasiat penting bagi kesehatan manusia, karena di dalamnya terdapat tiga jenis asat essensial yaitu Asam Linoleic yang sering digunakan untuk produk kecantikan karena bersifat anti radang.

Kemudian Asam Oleic yang membantu meminimalisir kolesterol jahat, serta Asam Linolenic yang membantu pertumbuhan dan perkembangan manusia.

1. Menyuburkan rambut

Kandungan Asam Linolenic dalam minyak kemiri membantu membuat rambut tumbuh lebih subur, dengan merangsang sel-sel foliker rambut untuk bertumbuh lebih cepat. Kebanyakan obat penyubur rambut dan anti kebotakan menggunakan ekstrak minyak kemiri untuk hasil yang maksimal saat digunakan.

Baca Juga :  Cara Cepat Memanjangkan Rambut Pria Terbukti

Cara penggunaannya dengan mengoleskan minyak kemiri pada kulit kepala, kemudian pijit lembut untuk merangsang pertumbuhan sel rambut. Lakukan secara rutin sekali sehari sebelum tidur untuk hasil yang memuaskan.

2. Menghilangkan ketombe

Sudah banyak terbukti bahwa minyak kemiri membantu menghilangkan ketombe membandel pada kulit kepala. Ketombe sendiri merupakan sisa minyak berlebih yang menempel pada kulit kepala, bisa terjadi akibat keramas yang tidak bersih atau kelembaban rambut yang kurang terjaga.

Penggunaannya cukup dengan mengoleskan minyak pada kulit kepala secara merata sebelum keramas. Diamkan beberapa menit lalu bilas dan keramaslah hingga bersih.

3. Meluruskan Rambut

Bagi Anda yang ingin memiliki rambut lurus, menggunakan minyak kemiri secara rutin akan memberikan khasiat rambut lurus alami. Ekstrak minyak ini juga banyak dipakai untuk kosmetika dan lotion untuk meluruskan rambut. Jadi daripada menggunakan bahan kimia untuk membuat rambut lurus, lebih baik pakai minyak kemiri saja.

4. Menghitamkan rambut

Tak ada yang bisa memungkiri bahwa minyak kemiri berperan dalam upaya penghitaman rambut. Apalagi jika dipadukan dengan urang-aring. Hasilnya, rambut yang kusam jadi cerah dan memiliki warna hitam sempurna.

Penggunaannya bisa dilakukan sebelum keramas dengan mengolesi semua bagian rambut dengan minyak tersebut. Lalu diamkan selama 15 menit dan keramaslah hingga bersih. Lakukan secara rutin hingga rambut hitam menjadi milik Anda.

5. Obat Asma

Penggunaan ekstrak minyak kemiri juga digunakan untuk membantu meminimalisir dampak penyakit asma. Biasanya dicampurkan ke dalam obat-obatan penderita asma dengan kadar tertentu sesuai dengan kebutuhan pasien. Karena minyak ini berfungsi mengatasi anti radang yang terjadi pada paru-paru penderita asma.

6. Obat Diare

Mencegah dan mengobati diare juga bisa dilakukan dengan menggunakan ekstrak minyak kemiri. Dengan meminumnya satu sendok makan tiga kali sehari atau sesuai kondisi diare yang dialami.

Minyak kemiri membantu mengeluarkan bakteri jahat yang terdapat dalam tubuh dan memulihkan kondisi pencernaan yang terganggu.

7. Mencegah Eksim

Masalah kulit seperti eksim memang mengganggu, Anda bisa mengobatinya dengan mengolesi bagian yang terkena eksim dengan minyak kemiri. Kandungan anti radangnya akan membantu mempercepat proses keringnya eksim dan proses penyembuhan yang lebih cepat tanpa meninggalkan bekas.

8. Melembabkan Kulit

Jika ingin bahan alami untuk melembabkan kulit, minyak kemiri bisa jadi salah satu alternatifnya. Baik pada area muka, tangan dan seluruh tubuh. Caranya sama dengan penggunaan lotion yaitu mengoleskan pada area kulit yang kering secara merata dan teratur setiap hari sehabis mandi.

Dalam jangka waktu beberapa minggu kelembaban kulit akan kembali membaik. Penggunaan minyak ini untuk melembabkan kulit sudah dibuktikan oleh pakar kesehatan.

Bahkan dari sejumlah uji coba ditemukan bahwa minyak kemiri masuk dalam urutan lima besar ekstrak yang dapat memaksimalkan kelembaban kulit manusia setelah minyak zaitun, minyak biji matahari, dan minyak lidah buaya.

9. Awet Muda

Kandungan sejumlah asam yang membantu menangkal radikal bebas, memaksimalkan pertumbuhan sel sangat membantu kulit agar terlihat cerah kencang dan awet muda.

Ada yang menggunakannya dengan cara mengoleskan pada bagian wajah atau spot-spot keriput, dan adapula yang mengkonsumsi dengan kadar tertentu untuk hasil yang lebih memuaskan.

10. Menjaga Daya Tahan

Vitamin dan mineral di dalam minyak kemiri, dapat membantu menjaga daya tahan tubuh terutama pada musim pancaroba yang merupakan kondisi paling rentan penyebaran berbagai macam penyakit.

Baca Juga :  Tips membeli mobil bekas untuk pemula

Cara menggunakannya adalah dengan mengkonsumsinya atau dijadikan aromatherapy agar terhirup dan langsung bekerja di dalam tubuh.

Penutup : Karena kemudahan cara membuat minyak kemiri akan membuat semakin banyak yang mengolahnya. Andapun kini bisa mencoba melakukannya di rumah sesuai cara yang diinginkan. Tinggal mempersiapkan biji kemiri, proses, dan manfaatkanlah minyak yang dihasilkan untuk menunjang kesehatan Anda dan keluarga.


Jika artikel ini dirasa bermafaat, silahkan share artikel ini dengan menekan tombol share dibawah, agar lebih bisa bermanfaat bagi banyak orang lain ♥ Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like