Cara Mempercepat Kinerja Laptop. Dalam artikel kali seringbaca.com akan membahas mengenai hal yang paling sering terjadi pada Laptop yaitu kinerja laptop menjadi lemot atau lambat saat digunakan. Hal ini bisa terjadi dari beberapa kemungkinan, tentunya hal ini dapat diatasi dengan sangat mudah.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan agar laptop menjadi lebih cepat dari sebelumnya, setidaknya kecepatan laptop menjadi normal kembali seperti saat baru pertama kali dibeli. Oke langsung saja simak point dibawah ini.

Cara Mempercepat Kinerja Laptop Dengan Mudah & Cara yang Benar

1. Disable Program Startup Dilaptop

Cara Mempercepat Kinerja Laptop Untuk Semua Windows

Seringkali kita menginstall banyak aplikasi atau software dilaptop, secara tidak sadar aplikasi atau software tersebut menguras daya laptop. Bahkan saat pertama kali menyalakan laptop software tersebut sudah memakan banyak kapasitas, sehingga saat laptop ingin digunakan menjadi sangat berat.

Cara untuk mendisable program startup dilaptop adalah dengan Tekan Ctrl + Shift + Esc untuk membuka Task Manager, setelah itu klik Startup pada Tab yang ada di atas. Selanjutnya pilih software atau aplikasi yang ingin dihentikan dengan cara klik mouse kanan maka akan muncul pilihan Disable, lalu klik.

2. Hapus File di Recycle Bin

Cara Mempercepat Kinerja Laptop Untuk Semua Windows

Merasa sudah menghapus beberapa file yang menyebabkan laptop menjadi berat, tetapi masih saja tidak ada perbedaannya ? Bisa jadi file tersebut masih tersimpan di Recycle Bin pada laptop. Segera hapus permanent file tersebut, caranya menghapusnya sangat mudah, klik 2x icon Recycle Bin > lalu akan muncul file-file yang terdapat didalamnya. Klik Ctrl+A untuk menghapus keseluruhan dengan cepat.

Related Post :  Cara Mengatasi Lupa Sandi Gmail Mudah dan Cepat

Jika ingin lebih mudah gunakan software CCleaner untuk menghapus file secara mendalam.

3. Uninstall Program yang Jarang Dipakai

Cara Mempercepat Kinerja Laptop Untuk Semua Windows

Dari pada menguras kapasitas laptop, maka program yang jarang digunakan lebih baik di Uninstall agar bisa memberi ruang kepada kinerja laptop. Caranya mudah sekali buka menu Start Di bawah Kiri Laptop, setelah itu pilih Control Panel, lalu pilih program yang ingin di Uninstall.

4. Menambah Kapasitas RAM

Cara Mempercepat Kinerja Laptop Untuk Semua Windows

Ini salah satu cara paling ampuh untuk mempercepat kinerja laptop. Biasanya ini untuk laptop yang sudah digunakan dalam waktu lama, dimana isi atau kapasitas laptop sudah hampir penuh. Untuk menambahkan kapasitas RAM perlu diperhatikan tipe RAM yang digunakan laptop, serta mengecek berapa slot yang masih tersedia untuk ditambahkan RAM.

Jika tidak maka akan sia-sia membeli RAM baru karena tidak dapat digunakan. Disarankan laptop langsung dibawa saja ke tempat pembelian RAM agar bisa dipasang langsung dan sudah pasti compatible dengan laptop.

5. Menggunakan Disk Defragmenter

Cara Mempercepat Kinerja Laptop Untuk Semua Windows

Apa itu Defragmenter ? yaitu tools yang secara otomatis mengatur dan menyusun file-file ke dalam suatu tempat di hardsik. Saat kita menggunakan data di dalam laptop maka data tersebut akan terekam oleh system dan perlu tools ini yang menempatkan data tersebut untuk dijadikan di satu tempat.

Anda bisa melakukannya dengn mudah, klik kanan pada hardisk yang ingin di Defragmenter > selanjutnya Pilih Properties > Dan Pilih Defregment Now. Tunggu hingga proses ini selesai, biasanya akan memakan waktu lebih lama.

6. Install Antivirus

Cara Mempercepat Kinerja Laptop Untuk Semua Windows

Pastikan laptop anda sudah terinstall dengan Antivirus. Apa fungsinya Antivirus untuk laptop kita ? yaitu untuk menangkal serangan malware dan spyware yang bisa mengakibatkan laptop menjadi sangat lemot.

Namun pastikan Anda memilih Antivirus yang ukurannya ringan, terpercaya dan sudah banyak direkomendasikan.

7. Menggunakan Disk CleanUP

Cara Mempercepat Kinerja Laptop Untuk Semua Windows

Tools ini dapat menghapus file yang ada pada drive. Caranya menggunakannya yaitu pilih Drive yang ingin di Cleanup > Selanjutnya Klik Kanan Properties > Lalu Pilih Disk CleanUP

Related Post :  Cara Mengatasi USB Device Not Recognized

8. Menghapus Gadget atau Widget Yang Terpasang

Cara Mempercepat Kinerja Laptop Untuk Semua Windows

Apakah anda menyadari memasang widget Weather, jam, update berita otomatis, dan lain sebagainya. Hal ini sangat memberatkan laptop anda. Segera uninstall Gadget atau Widget Ini, biarkan tampilan laptop anda menjadi simple. Namun jika kapasitas laptop anda besar maka hal ini tidak jadi masalah.

9. Bersihkan Mesin Laptop

Cara Mempercepat Kinerja Laptop Untuk Semua Windows

Kapan terakhir Anda membersihkan Mesin laptop ? membersihkan laptop bukan hanya bagian luar saja, bagian dalam laptop tidak kalah pentingnya. Tentunya sejalan dengan pemakaian laptop, banyak debu, bulu halus, bulu kucing, dsb menempel di bagian dalam laptop.

Hal ini sangat mempengaruhi kinerja laptop untuk mendinginkan mesin, jika laptop panas maka sudah dipastikan laptop menjadi lemot. Disarankan membersihkan mesin laptop secara berkala, misalnya 6 bulan sekali.

Anda dapat datang ketempat service laptop untuk membersihkan ini, minta juga diberikan Gel khusus untuk mesin agar menjaga tetap selalu dingin. Biaya untuk pembersihan ini berkisar diantara Rp. 100.000 hingga Rp. 150.000,-.

10. Gunakan Tools CCleaner

Cara Mempercepat Kinerja Laptop Untuk Semua Windows

Tools ini bisa disebut sebagai Tools All in One, karena dari beberapa point yang disebutkan diatas bisa dikerjakan oleh tools ini dengan hanya 1 kali klik beres. Selain itu tools ini juga sangat ringan sehingga tidak memberatkan kinerja laptop.

11. Ganti RAM HDD ke SSD (Solid-State Drive)

Cara Mempercepat Kinerja Laptop Untuk Semua Windows

Cara selanjutnya ini dijamin akan membuat laptop langsung wuzzz wuzzz dengan cepat. Kenapa memilih SSD karena menurut penelitian kecepatan nya mencapai 24 kali dari HDD spek tertinggi, keren banget kan. Ibaratnya nyalain laptop yang biasanya bisa 10 detik, dengan menggunakan SSD ini bisa jadi cuma 1 detik aja.

12. Ganti Laptop Dengan Spesifikasi Paling Terbaru

Cara Mempercepat Kinerja Laptop Untuk Semua Windows

Jika semua sudah dicoba dan laptop Anda masih saja lemot atau lambat. Sudah waktunya Anda mengumpulkan uang dan membeli laptop dengan spesifikasi tinggi sekalian, sehingga bisa digunakan untuk 5 tahun kedepan dan kompetible dengan software yang membutuhkan penyimpanan file besar.

Pilih Minimal Core i7 dengan SSD, Biasanya laptop dengan kapasitas tinggi mulai dijual dengan harga diatas Rp. 20.000.000,- (mau Windows atau Mac sama saja).

Related Post :  Cara Mengatasi Xiaomi Bootloop Mudah dan Cepat

Akhir Kata

Semoga tutorial yang sudah diberikan ini menjawab kegelisahan Anda menghadapi kinerja laptop yang lemot dan menjadikannya lebih cepat kembali. Sekian dan jika artikel ini bermanfaat silahkan untuk dishare ke teman Anda. Terima kasih

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like