Seringbaca.com – Panik, pusing, dan bingung adalah hal-hal yang dirasakan ketika Anda mendapati laptop Anda blue screen. Jangan khawatir dan buru-buru membawa ke tukang service, coba cara mengatasi laptop blue screen di bawah ini.

Dijamin Berhasil Begini Cara Mengatasi Laptop Blue Screen!

1. Cara paling mudah: Restart Komputer Anda

cara mengatasi laoptop blue screen
cara mengatasi laoptop blue screen

Cara yang paling mudah yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi laptop blue screen adalah dengan merestart komputer. Anda cukup menekan tombol power yang ada pada laptop Anda.

Kemudian menunggu komputer Anda selesai booting dan kemudian lihat apa yang terjadi. Jika komputer Anda dapat menyala normal lagi maka kerusakan yang sebelumnya hanyalah masalah ringan.

Namun bila dengan cara ini komputer Anda tetap tidak bisa menyala, Anda bisa mencoba cara ke-2 yaitu memakai system restore.

2. Memakai cara System Restore

Cara Mengatasi Laptop Blue Screen Pada Windows 7/8/10

Cara ini biasanya dipakai saat penyebab blue screen adalah kesalahan software. Ya system restore namanya.

Caranya yaitu pertama Anda harus mematikan komputer Anda terlebih dahulu. Setelah benar-benar mati nyalakan kembali komputer Anda.

Sebelum komuter benar-benar menyala tekan tombol yang berfungsi untuk masuk ke sistem booting (tekan F8, tiap komputer bsa berbeda-beda). Kemudian pilih booting safe mode.

Selanjutnya klik start winows > control panel > system & security > action center > recovery > next > finish > yes. Setelah tahap ini selesai maka komputer Anda otomatis akan merestart sendiri.

Anda hanya perlu menunggu komputer tersebut selesai merestart. Kemudian jika berhasil maka komputer akan menyala normal kembali.

3. Repair system operasi windows

Cara Mengatasi Laptop Blue Screen Pada Windows 7/8/10

Jika kedua cara di atas belum berhasil, mungkin kerusakan terjadi pada sistem operasi windows Anda atau biasa disebut dengan corrupt. Anda dapat memperbaikinya dengan merepair sistem windows.

Related Post :  Cara Mengatasi Laptop Lemot Supaya Kerjaan Lancar

Pada cara ini Anda harus menyediakan DVD atau flashdisk yang berisi sistem operasi windows. Caranya hampir sama seperti ketika akan menginstall ulang, namun yang Anda pilih adalah pilihan repair.

4. Menggunakan cara scan malware

Cara Mengatasi Laptop Blue Screen Pada Windows 7/8/10

Blue screen bisa juga disebabkan oleh virus atau malware. Maka Anda dapat memperbaiki blue screen pada laptop adalah dengan menscan komputer tersebut.

5. Pengecekan hardware

Cara Mengatasi Laptop Blue Screen Pada Windows 7/8/10

Bila cara-cara di atas tetap tidak dapat memperbaiki laptop Anda yang blue screen maka kemungkinan lain yang terjadi adalah kerusakan pada hardware. Hardware yang kemungkinan menyebabkan kerusakan adalah RAM atau hardisk.

Cara mengecek RAM atau hardisk adalah dengan membuka start menu kemudian ketikkan Memory Diagnostik Tools. Setelah tahu bagian mana yang rusak maka langkah yang biasanya harus Anda lakukan adalah menganti hardware yang rusak dengan barang yang baru.

Kerusakan hardware biasanya memang tidak bisa diatasi selain dengan memasang alat yang baru.

Lima cara mengatasi laoptop blue screen di atas dapat Anda lakukan mulai dari yang paling mudah hingga yang paling sulit. Beda permasalahan beda juga penanganan, pilihlah penanganan sesuai dengan masalah yang Anda hadapi.

Demikian informasi yang disampaikan. Jika artikel ini bermanfaat buat kamu, silahkan share agar lebih banyak lagi yang mendapatkan manfaat dari artikel ini. Terima kasih

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like