Cara Mengatasi Laptop Lemot Supaya Kerjaan Lancar

Seringbaca.com – Tak dapat dipungkiri jika zaman sekarang banyak pekerjaan yang harus dilakukan dengan bantuan alat elektronik yang disebut komputer. Laptop atau komputer yang dipakai sehari-hari sangat mungkin menurun kualitasnya, seperti menjadi lemot. Kondisi ini sangat mengganggu jika sedang dikejar deadline pekerjaan. Berikut ini beberapa cara mengatasi laptop lemot agar performanya menjadi lebih baik.

Cara Mengatasi Laptop Lemot
Cara Mengatasi Laptop Lemot

6 Tips Pasti Berhasil Mengatasi Laptop Lemot

  1. Hapus File yang Tidak Perlu

Jika laptop terasa lebih lambat kinerjanya, anda perlu mencari tahu penyebabnya. Jika anda orang awam yang kurang mengerti tentang isi komputer atau laptop, mungkin di dalam laptop anda banyak dokumen-dokumen yang sebenarnya tidak diperlukan. Periksa kembali tentang dokumen yang sudah dibuat apakah masih dipakai atau tidak.

Jika file anda penting semua, anda bisa memilih opsi untuk menyimpan file di penyimpanan lain seperti hardisk eksternal. Atau anda bisa memilih penyimpanan lain seperti google drive agar anda tidak perlu merogoh kocek untuk membeli hardisk.

  1. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Selain file, terlalu banyak aplikasi juga bisa membuat laptop lemot. Mungkin ketika sedang berselancar di internet tanpa sadar anda mengunduh suatu aplikasi. Jika di dalam laptop anda terlalu banyak aplikasi, kecepatan laptop akan semakin menurun karena menanggung banyak penyimpanan. Anda harus menghapus aplikasi yang sudah tidak digunakan.

Cara Mengatasi Laptop Lemot
Cara Mengatasi Laptop Lemot
  1. Bersihkan Virus

Salah satu penyebab kinerja laptop menjadi lemot adalah virus. Sama seperti manusia, laptop pun bisa terserang virus. Virus dapat mengganggu sistem operasi yang berada di dalam laptop. Lebih parah lagi virus dapat menyerang bagian terpenting dari setiap komponen. Bahkan yang paling fatal laptop anda bisa saja tiba-tiba mati karena sistemnya rusak semua.

  1. Tingkatkan RAM

Seiring dengan meningkatnya produktivitas pekerjaan, diperlukan pula peningkatan perangkat. Pekerjaan akan berjalan lancar jika didukung fasilitas yang mumpuni. Karena di zaman sekarang hampir semua pekerjaan mengandalkan bantuan laptop maka meningkatkan kapasitas RAM bisa jadi sebuah solusi yang tepat agar anda selalu produktif.

  1. Gunakan Aplikasi Tune Up

Pekerjaan yang berkaitan dengan pengurusan dokumen sangat memungkinkan terjadinya dokumen ganda di laptop. Sebenarnya tidak menjadi masalah jika anda memiliki waktu untuk mengecek setiap dokumen yang ada. Tetapi jika tidak memiliki waktu untuk melakukannya, maka anda harus memiliki aplikasi tune up untuk membantu anda menghapus dokumen ganda di laptop.

Cara Mengatasi Laptop Lemot
Cara Mengatasi Laptop Lemot
  1. Instal Ulang

Jika berbagai cara sudah dilakukan tetapi laptop anda belum juga membaik kinerjanya, langkah terakhir yang bisa dicoba adalah dengan menginstal ulang laptop anda. Mungkin laptop anda memang sudah lama dan jadul sehingga sudah waktunya diinstal ulang. Terkadang penginstalan ulang sangat diperlukan karena laptop butuh diperbarui agar kinerjanya semakin baik.

Langkah-langkah diatas merupakan cara mengatasi laptop lemot yang bisa anda lakukan sebelum membawanya ke tempat servis. Jika anda bisa memperbaiki laptop tanpa mengeluarkan uang tentu sangat menguntungkan. Anda juga tidak perlu meluangkan waktu untuk pergi ke tempat servis sehingga tidak mengganggu jam kerja. Silahkan coba cara tersebut dan semoga berhasil.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Laptop Blue Screen Pada Windows 7/8/10
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like