Cara Mengatasi Lupa Sandi Gmail Mudah dan Cepat

Seringbaca.com – Pernah mengalami lupa sandi gmail saat ingin membuka email? Tenang Tak usah panik, berikut tips cara mengatasi lupa sandi gmail dengan mudah dan cepat.

Cara Mengatasi Lupa Sandi Email Dengan Mudah dan Cepat

1. Jawab pertanyaan keamanan

Langkah pertama jika Anda mengalami kelupaan sandi email adalah dengan memakai bantuan pertanyaan keamanan. Langkah ini dijamin berhasil untuk menganti password email Anda dengan cepat dan mudah.

Pertama, Anda harus membuka alamat link (mengakses link) https://accounts.google.com/signin/recovery?hl=in. Kemudian akan tampil halaman untuk mengisi alamat email atau nomor telepon.

Nomor telepon yang dimaksud adalah nomor yang Anda daftarkan saat membuat email. Pada langkah ini Anda dapat memilih mau memasukan alamat email atau nomor telepon untuk login ke akun google Anda.

Kemudian tekan tombol berwarna biru yang bertuliskan “Berikutnya”. Lantas Anda akan dialihkan ke halaman untuk menuliskan password lama yang pernah Anda gunakan sebelumnya.

Pastikan Anda mengingat-ingat password lama yang pernah Anda gunakan. Kemudian isikan pada kolom teks dan tekan timbol “Berikutnya”.

Akan muncul halaman dengan subjudul email pemulihan. Lewati dahulu karena akan kita bahas pada point ke-2.

Pilihlah opsi paling bawah yang bertuliskan “Coba Pertanyaan Yang Lain”. Kemudian Anda akan diarahkan ke halaman pertanyaan keamanan.

Pertanyaan keamanan yang mucul adalah pertanyaan yang pernah Anda gunakan saat membuat email yang dimaksud. Jawab pertanyaan keamanan dengan benar.

Jika jawaban Anda benar, maka Anda akan dialihkan ke halaman pertanyaan bulan dan tahun kapan email Anda dibuat. Ketika Anda dapat menjawabnya dengan benar, maka Anda akan dialihkan ke halaman pengisian password email baru.

Pada halaman ini Anda dapat mengisikan password baru email Anda. Anda dapat masuk ke email Anda dengan memakai password baru yang terakhir Anda ubah.

Mudah bukan? Selamat mencoba.

Cara Mengatasi Lupa Sandi Gmail Mudah dan Cepat

2. Memakai email pemulihan

Langkah lain yang dapat digunakan sebagai cara mengatasi lupa sandi gmail yaitu dengan memakai alamat email pemulihan. Langkah ini dapat dilakukan bila Anda memiliki alamat email lain yang pernah Anda tautkan pada email lama dan pastinya dapat Anda buka.

Cara satu ini banyak digunakan oleh orang-orang. Anda dapat menggunakan cara ini ketika Anda lupa password dan nomor telepon yang Anda gunakan saat membuat email sudah tidak aktif atau hangus.

Seperti cara pada point pertama, Anda harus mengunjungi link https://accounts.google.com/signin/recovery?hl=in. Kemudian Anda tidak perlu memasukkan nomor telepon namun pilih “Coba Pertanyaan Lain”.

Kemudian Anda akan diarahkan ke halaman untuk mengisikan alamat email pemulihan. Dikolom tersebut Anda dapat mengisikan alamat email pemulihan yang Anda punya.

Selanjutnya tunggu Google akan mengirimkan sandi atau kode verifikasi ke alamat email pemulihan Anda. Buka email tersebut, Anda dapat melihatnya di inbox atau spam.

Kemudian isikan kode verifikasi yang dikirimkan google pada kolom yang tersedia sebelumnya.Setelah itu akan tampil halaman baru untuk mengisi password baru email Anda.

3. Memakai nomor telepon pemulihan

Ketika Anda memilih cara ini pastikan nomor telepon Anda yang digunakan untuk mendaftar email tidak dalam keadaan mati atau hangus ya. Kemudian akses halaman link https://accounts.google.com/signin/recovery?hl=in.

Setelah itu isikan nomor telepon Anda pada kotak yang tersedia. Tunggu google mengirimkan sandi atau kode verifikasi pada nomor telepon Anda tersebut.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Laptop Blue Screen Pada Windows 7/8/10

Kode verifikasi akan dikirimkan oleh Google melalui SMS. Setelah Anda mendapatkan kode tersebut, isikan kode pada kolom yang tersedia.

Seperti pada point pertama dan kedua, Anda akan dialihkan ke halaman pengisian password baru jika kode verifikasi yang Anda isikan sesuai. Isi pasaword email baru Anda.

Anda dapat membuka email Anda tersebut dengan password yang baru. Selamat mencoba.

Mudah dan cepat bukan menggunakan cara mengatasi lupa sandi gmail di atas? Selamat mencoba dan ingat jangan lupa mencatat sandi email yang baru Anda untuk mengantisipasi Anda kelupaan sandi lagi di kemudian hari.

Jika artikel ini bermanfaat buat kamu, silahkan share agar lebih banyak lagi yang mendapatkan manfaat dari artikel ini. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like