Rayap merupakan salah satu hewan pemakan kayu yang sangat meresahkan manusia. Rayap dapat memakan semua perabot atau furniture rumah terutama yang terbuat dari kayu. Kehadiran rayap harus segera diatasi dengan langkah yang tepat agar tidak merusak perabot yang lainnya. Cara mengatasi rayap dapat dilakukan secara alami tanpa merusak benda disekitarnya.

Simak penjelasan dari Seringbaca.com tentang membasmi rayap dengan cepat dan mudah.

Cara Mengatasi Rayap Secara Alami

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membasmi rayap. Namun, seringkali justru membuat perabot disekitarnya menjadi rusak bahkan menimbulkan bahaya bagi kesehatan.

Penggunaan bahan kimia untuk rayap memberikan dampak negatif pada lingkungan dan manusia. Sehingga Anda bisa menggunakan cara alami untuk mengatasi serangga yang satu ini.

Berikut cara membasmi rayap dengan cara alami dan tidak membahayakan :

1. Menggunakan Pendingin Udara atau AC

Penggunaan pendingin udara ternyata dapat membuat rayap tidak betah tinggal di rumah Anda. AC dapat membuat suhu ruangan lebih dingin dan sejuk.

Pendingin udara dapat membuat ruangan nyaman dan selalu segar. Sehingga dapat terhindar dari serangan serangga yang menyebalkan ini.

Cara Mengatasi Rayap

Jika Anda perabot yang sudah terserang rayap, Anda dapat memindahkannya dekat dengan AC. Karena pada suhu ekstrim yang dingin, rayap akan mati dengan cepat.

Penggunaan AC juga bermanfaat bagi kenyamanan ruangan. Sehingga Anda dan keluarga dapat tinggal dengan nyaman dan terbebas dari serangan rayap.

2. Berikan Sinar Matahari yang Baik

Rayap sangat menyukai tempat yang gelap, lembab dan kering. Sehingga dengan adanya cahaya matahari dalam ruangan, membuat rayap tidak nyaman dan mati.

Related Post :  Cara Awetkan Jengkol Agar Tahan Lama

Sinar matahari dapat membasmi rayap karena memberikan panas yang tidak disukai oleh rayap. Dengan begitu, rayap akan hilang dan mati dengan sendirinya.

Cara Mengatasi Rayap

Cara ini tidak berbahaya bagi manusia ataupun lingkungan. Justru rumah memang membutuhkan sinar matahari yang baik untuk pencahayaan alami.

Anda dapat membuat fentilasi pada bagian tertentu sebagai tempat sirkulasi udara dan pencahayaan. Dengan begitu, rumah Anda akan terhindar dari serangan rayap.

3. Menggunakan Air Sabun

Jika Anda tidak ingin menggunakan bahan kimia, Anda dapat menggantinya dengan menggunakan air sabun.

Air sabun bisa membuat pernafasan rayap terganggu. Sehingga rayap akan mati karena kekurangan oksigen.

Cara Mengatasi Rayap

Anda dapat memasukan air sabun ke botol, lalu semprotkan pada perabot yang terserang rayap. Semprotkan secara rutin hingga keberadaan rayap mulai menghilang.

4. Menggunakan Air Garam

Selain sabun, Anda dapat menggunakan bahan alami yaitu garam. Garam mengandung zat yang dapat membuat rayap dan serangga yang serupa mati.

Cara Mengatasi Rayap

Lakukan penyemprotan air garam secara rutin pada perabot rumah yang terserang rayap. Terutama pada benda atau perabot yang menjadi tempat tinggal rayap.

Air garam mampu membuat serangga yang satu ini kehilangan energi dan lemas. Kemudian rayap akan mati secara perlahan.

5. Menggunakan Air Cucian Beras

Bahan alami pembasmi rayap lainnya adalah air cucian beras. Air ini dapat dimanfaatkan untuk banyak hal, termasuk membasmi hama rayap dalam rumah.

Cara Mengatasi Rayap

Air cucian beras dapat dimasukan kedalam botol, lalu semprotkan ke tempat atau perabot yang terserang rayap.

Lakukan dengan rutin sampai keberadaan rayap sudah tidak terlihat. Setelah itu, jemur perabot tersebut dibawah sinar matahari langsung untuk menetralkan suhu.

6. Menggunakan Daun Salam dan Kemangi

Cara alami untuk membasmi hama rayap adalah dengan daun salam dan kemangi. Bahan tersebut mempunyai aroma yang sangat kuat sehingga mampu membasmi rayap dengan cepat.

Cara Mengatasi Rayap

Anda dapat meletakan daun salam dan kemangi pada tempat yang terserang rayap. Letakan juga pada perabot kayu, lemari, meja, dan sebagainya.

Kedua bahan tersebut tidak memberikan dampak negatif walaupun diletakan didalam ruangan. Karena termasuk bahan alami dan herbal.

Related Post :  14 Cara Awet Memakai Parfum Agar Tetap Wangi dan Segar

7. Menggunakan Kapur Barus

Kapur barus mengandung naftalena yang sangat baik dan efektif untuk membasmi serangga rayap.

Kapur barus juga dapat digunakan untuk membasmi semua jenis serangga seperti semut, rayap, dan sebagainya.

12 Cara Mengatasi Rayap Secara Alami Dan Mudah

Bahkan kapur barus dapat mencegah bau yang tidak sedap pada pakaian, perabot, dan lainya.

Anda dapat meletakan kapur barus ditempat yang lembab, seperti dalam lemari, meja, sudut rumah, dan tempat lain yang mudah terserang rayap.

8. Membersihkan genangan air

Rayap akan berkembangbiak jika ada genangan air. Sehingga jangan biarkan ada genangan pada halaman atau sela-sela perabot rumah Anda.

Terutama jika musim hujan, udara yang lembab dan genangan air dapat mengundang rayap dengan cepat.

Cara Mengatasi Rayap

Bersihkan halaman atau selokan yang tergenang air. Periksa juga perabot rumah yang berada di tempat lembab dan minim cahaya.

Lakukan pemeriksaan dan pembersihan secara rutin. Jika ada tanda keberadaan rayap, Anda dapat memindahkan perabot ke tempat yang kering dan terkena sinar matahari langsung.

9. Memperbaiki keramik yang rusak

Jika ada keramik yang rusak dapat membuat uap air. Sehingga rumah dapat menjadi lembab dan memicu kehadiran rayap.

Anda harus segera memperbaiki keramik yang rusak atau terlepas. Sebelum pasukan rayap datang membawa kerugikan yang cukup besar secara finansial.

Cara Mengatasi Rayap

Selain keramik, jika ada kebocoran pada pipa juga harus segera diatasi. Pipa biasanya dipasang ditempat yang lembab sehingga sangat cepat terserang oleh rayap.

Dari kerusakan kecil tersebut dapat mendatangkan dampak yang besar. Karena serangan serangga rayap sangat cepat dan sangat parah.

10. Hindari Kontak Langsung dengan Tanah

Rayap sangat menyukai perabot atau benda yang terbuat dari kayu. Sehingga jangan meletakan perabot dari kayu langsung ke tanah.

Tanah mempunyai suhu yang lembab terutama saat minim pencahayaan atau musim hujan. Sehingga dapat membuat perabot mudah lapuk dan keropos karena rayap.

Perhatikan juga jarak perabot dengan tanah. Karena perabot kayu yang tidak dilapisi oleh anti rayap akan mudah diserang oleh serangga ini.

Related Post :  Cara Agar Awet Hubungan LDR dengan Pasangan

Anda dapat membuat jarak yang cukup jauh atau menggunakan partisi sebagai penyekatnya. Sehingga rayap tidak bisa menjangkau benda-benda tersebut.

11. Menjemur Perabot Kayu

Anda tidak akan tahu persis kapan rayap datang menyerang perabot rumah. Sehingga untuk mencegahnya, jemur perabot yang terbuat dari kayu dibawah sinar matahari.

Kayu sangat mudah mengalami kelembaban. Walaupun disimpan di tempat yang kering.

Cara Mengatasi Rayap

Oleh karena itu, harus dijemur dengan rutin untuk mengurangi serangan rayap. Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, Anda bisa menggunakan pernis pada perabot kayu tersebut.

Pernis dapat mencegah penguapan sehingga membuat kayu tahan terhadap suhu rendah. Dan jangan letakan perabot kayu langsung dengan tanah atau ruangan yang minim pencahayaan.

12. Bersihkan Kayu Kering pada Halaman Rumah

Jika Anda mempunyai halaman rumah dan tanaman, bersihkan halaman dari ranting-ranting pohon yang jatuh.

Karena hal ini mengundang rayap untuk datang ke rumah Anda. Rayap mudah menyerang tempat yang lembab dan gelap.

Cara Mengatasi Rayap

Dari halaman, rayap akan menyerang perabot dalam rumah terutama yang terbuat dari kayu. Sehingga selalu bersihkan halaman dengan rutin.

Periksa barang-barang yang terbuat dari kayu, pastikan perabot tersebut mendapatkan cahaya matahari yang cukup.

Akhir Kata

Cara mengatasi rayap secara alami sangat mudah dan efektif. Selain lebih hemat, cara ini tidak memberikan dampak negatif bagi manusia ataupun lingkungan tempat tinggal.

2 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like