Seringbaca.com – Masalah WC yang tersumbat akan sangat mengganggu, sehingga Anda perlu tahu cara mengatasi WC mampet dengan cara yang efektif. Jika WC tersumbat, tentu aktivitas seluruh anggota keluarga akan menjadi terhambat dan sangat tidak nyaman.

Beberapa orang memilih untuk membongkar WC ketika mengalami masalah WC mampet. Namun, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Cara Mengatasi WC Mampet dengan Cara Efektif

Ketika Anda mengalami masalah WC mampet, Anda bisa mencoba menggunakan alat dan bahan yang ada di rumah terlebih dahulu untuk mengatasinya. Beriku merupakan beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah WC tersumbat, yaitu:

1. Menggunakan campuran cuka dan baking soda

cara mengatasi WC mampet
cara mengatasi WC mampet

Bukan rahasia lagi jika cuka dan baking soda adalah bahan yang bisa diandalkan untuk mengatasi berbagai macam masalah ketika rumah kotor, mulai dari menghilangkan noda sampai mengatasi wastafel yang tersumbat. Masalah WC mampet di rumah Anda juga bisa diatasi menggunakan cuka dan baking soda.

Caranya sederhana, tuangkan baking soda sekitar satu cangkir ke permukaan air dan biarkan sampai mengendap. Selanjutnya, masukkan dua cangkir cuka secara merata dengan gerakan memutar.

Ketika menggunakan cara ini, Anda akan melihat adanya gelembung-gelembung yang terjadi akibat reaksi cuka dan baking soda. Biarkan baking soda dan cuka bereaksi sampai satu jam.

Selanjutnya, siram air atau flush WC. Jika WC masih mampet, Anda bisa ulangi cara tersebut dan diamkan semalaman.

2. Menggunakan campuran sabun cuci piring dan air panas

cara mengatasi WC mampet
cara mengatasi WC mampet

Jika Anda tidak memiliki alat untuk mengatasi WC yang mampet, Anda bisa memanfaatkan sabun cuci piring yang bisa Anda gunakan setiap hari. Anda hanya memerlukan sabun cuci piring, air panas, dan handuk.

Related Post :  Cara merawat softlens agar mata tetap nyaman saat digunakan

Caranya, letakkan handuk di sekitar WC dan masukkan satu cangkir sabun cuci piring ke dalam WC. Biarkan sabun cuci piring sampai mengendap.

Sabun cuci piring akan membuat pipa saluran WC menjadi licin agar benda yang menyumbat saluran bisa mengalir. Selanjutnya, masukkan air panas yang banyak dan diamkan 20 menit.

Flush WC untuk melihat jika WC masih tersumbat. Jika WC masih bermasalah, Anda bisa mengulangi cara ini sampai WC bisa kembali normal.

3. Memanfaatkan plastik pembungkus makanan

cara mengatasi WC mampet
cara mengatasi WC mampet

Jika Anda memiliki plastik untuk membungkus makanan atau cling wrap, Anda bisa menggunakannya untuk mengatasi WC mampet. Plastik pembungkus ini digunakan untuk menutupi tempat duduk WC Anda sehingga tidak ada udara yang keluar.

Caranya yaitu gunakan plastik pembungkus untuk menutupi tempat duduk WC hingga benar-benar menempel. Selanjutnya, tekan tombol flush WC.

Plastik tersebut akan mengembang, Anda harus menekan plastik tersebut berulang kali. Cara ini dilakukan untuk menekan kembali udara dari dalam WC untuk mendorong benda penghalang.

4. Menggunakan gantungan baju kawat

cara mengatasi WC mampet
cara mengatasi WC mampet

Mungkin Anda tidak pernah terpikir jika gantungan baju kawat bisa membantu mengatasi masalah WC mampet. Namun, cara ini hanya bisa digunakan jika benda yang membuat WC mampet berada di dekat corong WC.

Sediakan gantungan baju kawat dan potong kawatnya, lalu luruskan kawat tersebut. Sebelum digunakan, bungkus bagian ujung kawat yang tajam menggunakan selotip agar tidak merusak WC.

Masukkan ujung lancip gantungan baju tersebut ke dalam pipa WC secara hati-hati. Teknik mengatasi WC mampet menggunakan kawat yaitu dengan mendorong benda masuk ke dalam septic tank.

Jika cara ini berhasil, Anda bisa melihat air WC yang menyusut. Tekan tombol flush untuk memastikan bahwa WC sudah tidak bermasalah.

Apabila cara ini belum berhasil, Anda perlu menggunakan cara lainnya yang lebih ampuh. Manfaatkan bahan yang ada di rumah untuk mengatasi masalah WC mampet.

5. Menggunakan produk enzimatis

Produk enzimatis bisa Anda gunakan untuk mengatasi WC yang mampet tanpa merusak salurannya. Cara ini sangat efektif apabila WC yang mampet disebabkan oleh kotoran organik, bukan karena benda padat yang tersumbat di dalamnya.

Related Post :  12 Tips medical check up agar lulus

Cara menggunakan produk enzimatis sangat mudah, Anda hanya harus menuangkan produk sesuai dengan aturan pakai. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan cairan khusus yang bisa dibeli di supermarket atau toko bahan kimia.

Cairan khusus tersebut biasanya adalah cairan kimiawi yang memiliki sifat merusak. Oleh karena itu, sebaiknya cara tersebut dijadikan pilihan terakhir untuk mengatasi masalah WC tersumbat.

6. Menggunakan alat penyedot WC atau alat lainnya

cara mengatasi WC mampet
cara mengatasi WC mampet

Alat penyedot adalah alat yang biasa digunakan ketika WC mampet. Alat penyedot WC biasanya berbahan karet tebal yang memiliki daya hisap kuat dan ampuh dalam mengatasi masalah WC mampet.

Anda juga bisa menggunakan vacuum cleaner atau alat penyedot debu. Caranya, kuras genangan air yang menggenang menggunakan alat penyedot debu. Pastikan bahwa closet dalam keadaan kering untuk memudahkan proses selanjutnya.

Jika closet sudah kering, masukkan selang vacuum cleaner ke dalam lubang WC, lalu nyalakan vacuum cleaner.

7. Menggunakan soda api

cara mengatasi WC mampet
cara mengatasi WC mampet

Salah satu cara yang populer dalam mengatasi masalah WC tersumbat adalah menggunakan soda api atau Natrium Hidroksida. Soda api akan bereaksi langsung ketika bertemu dengan air dan menimbulkan gelembung, artinya proses penghancuran sedang terjadi.

Anda tidak perlu khawatir jika soda api ini akan menyumbat WC karena bentuknya yang padat. Ketika soda api berinteraksi langsung dengan air maka soda api tersebut akan memuai.

Menjaga kebersihan WC tentu sangat penting dilakukan agar masalah WC mampet bisa dihindari dan tidak menjadi masalah yang mengganggu di rumah. Jika hal tersebut terlanjut terjadi, Anda perlu segera mengatasi masalah tersebut dengan cara mengatasi WC mampet dengan cara efektif.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like