Cara Mengatasi Xiaomi Bootloop Mudah dan Cepat

Seringbaca.com – Brand smartphone yang terkenal murah seperti xiaomi memang memiliki banyak penggemar. Sayang dikarenakan belum ada konter resmi banyak orang yang kebingungan mencari cara mengatasi xiaomi bootloop. Berikut cara mudah dan cepat menangani smartphone xiaomi yang bootloop.

Cara Mengatasi Xiaomi Bootloop
Cara Mengatasi Xiaomi Bootloop

Ini Dia Cara Mengatasi Xiaomi Bootloop dengan Cepat dan Mudah

Bootloop terjadi ketika smartphone Anda tidak mati namun juga tidak hidup. Pada smarthphone xiaomi, bootloop akan menampilkan logo Mi terus-menerus. Nah berikut cara mengatasinya.

  1. Ketika Anda mendapati smartphone xiaomi terus bootloop dan tak kunjung menyala dengan normal dalam waktu lama. Yang pertama harus Anda lakukan adalah matikan perangkat xiaomi Anda.
  2. Setelah memastikan perangkat Anda tersebut benar-benar mati, Anda harus masuk pada mode Mi recovery. Caranya adalah dengan menekan dan tahan selama beberapa lama tombol power dan volume up secara bersama-sama.
  3. Tekan dan tahan kedua tombol tersebut hingga Anda masuk dalam mode Mi recovery. Setelah menu Mi recovery tampil, pilihlah bahasa Inggris (English).
  4. Perlu Anda ketahui bahwa bahasa pada menu Mi recovery memang tidak memberikan pilihan Bahasa Indonesia. Itulah mengapa Anda harus memilih bahasa internasional atau English.
  5. Dalam mode ini Anda memiliki cara navigasi dengan menggunakan tombol. Tombol volume up dan volume down untuk menaikan dan menurunkan pilihan, sedangkan untuk memilih Anda dapat menggunakan tombol power.
  6. Pada mode Mi recovery akan tampak beberapa menu yaitu Reboot, Wipe & Reset, Install update, zip to System one, dan power off.
  7. Yang harusnya Anda pilih adalah menu Wipe & Reset. Kemudian akan muncul beberapa tampilan lagi yaitu Wipe Cache, Wipe User Data, Wipe All Data, Wipe SD Card, dan Back to Main Menu.
  8. Fungsi dari wipe cache adalah menghapus seluruh file cache pada perangkat xiaomi. Wipe User Data untuk menghapus data pengguna sedangkan Wipe All Data untuk menghapus semua data pengguna dan data aplikasi atau factory reset.
  9. Anda dapat memilih semua pilihan tersebut, namun ingat jangan sekaligus. Pilih satu persatu, pastikan satu proses perintah selesai dilakukan terlebih dahulu kemudian pilih perintah lain.
  10. Misalnya pertama Anda memilih Wipe cache dan tunggu hingga proses selesai. Kemudian pilih menu back dan pilih reboot-reboot to system one (latest) untuk menghidupkan device lagi.
  11. Jika pilihan Wipe Cache masih gagal, coba pilihan menu Wipe User Data dan reebot kembali. Begitu seterusnya hingga perangkat xiaomi Anda normal kembali tanpa bootlooping.
  12. Jika cara di atas telah Anda lakukan namun tidak ada perubahan. Cobalah cara lain seperti Mi PC suite China, fashboot Mi flash tools, atau via EDL mode Mi Flash Tools.

Beberapa langkah di atas merupakan cara mengatasi xiaomi bootloop. Mungkin dapat berhasil atau tidak, semua tergantung dengan kerusakan pada perangkat xiaomi Anda sendiri.

Demikian informasi mengenai Cara Mengatasi Xiaomi Bootloop. Jika artikel ini bermanfaat buat Anda, silahkan share agar lebih banyak lagi yang mendapatkan manfaat dari artikel ini. Terima kasih

Baca Juga :  Cara Mengatasi USB Device Not Recognized
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like