Seringbaca.com | Di era perkembangan teknologi yang semakin canggih, kini persaingan dalam dunia bisnis juga semakin ketat. Jadi suatu perusahaan harus mengetahui cara mengelola ekusitas merek dengan baik, agar produk yang dipasarkan tidak tergeser oleh produk dengan merek baru.

Kualitas produk merupakan standar yang dengan mudah dapat ditiru oleh perusahaan mana pun, akan tetapi merek produk yang kuat menjadi hal yang paling sulit duplikasi. Karena dengan merek yang kuat, maka keyakinan, jaminan serta harapan dari pelanggan akan terpuaskan.

Mengapa Ekuitas Merek harus Dikelola?

Sudah menjadi prioritas utama bagi sebuah perusahaan untuk membangun dan mempertahankan ekuitas merek. Karena dengan cara mengelola ekuitas merek dengan baik, maka dapat meningkatkan keuntungan perusahaan dan loyalitas konsumen.

Untuk membangun sebuah merek yang sukses, maka perusahaan harus mengetahui target pasar dan melacak kepuasan konsumen dengan segmentasi yang memiliki posisi terbaik. Langkah yang harus diterapkan untuk membangun identitas merek yaitu dengan menentukan positioning produk dengan target yang lebih spesifik.

Karena tanpa spesifikasi yang baik, maka proses penentuan suatu merek tidak akan mudah dilakukan begitu saja. Jadi strategi dalam pengelolaan sebuah merek murni sangat dibutuhkan dalam sebuah usaha, agar mampu membentuk sistem yang sistematik dan lebih terencana.

Cara Mengelola Ekuitas Merek dengan Baik untuk Perusahaan

Cara Mengelola Ekuitas Merek dengan Baik yang Lebih Efektif

Pengelolaan sebuah merek yang lebih efektif dibutuhkan suatu tindakan pemasaran dalam waktu jangka panjang. Ada dua cara dalam pengelolaan ekuitas merek, diantaranya adalah:

  1. Penguatan Merek

Merek harus dikelola dengan baik karena merupakan suatu aset dari perusahaan jika ingin umurnya panjang. Dalam memperkuat ekuitas merek maka dibutuhkan inovasi dan relevansi dari segala program pemasaran.

Merek harus selalu bergerak maju dengan penawaran yang lebih menarik, sehingga lebih mudah dalam proses pemasarannya. Dalam melakukan penguatan merek, maka harus disediakan dukungan pemasaran secara konsisten.

  1. Revitalisasi Merek

Untuk merevitalisasi sebuah merek maka harus memahami sumber-sumber yang berhubungan dengan ekuitas merek. Dengan begitu maka dapat mengambil keputusan untuk menggunakan positioning  lama atau harus menggantinya dengan yang baru.

Related Post :  Cara Solusi Melunasi Hutang Dengan Cepat
Cara Mengelola Ekuitas Merek dengan Baik
Cara Mengelola Ekuitas Merek dengan Baik

Cara Merencanakan Penetapan Merek Produk

Strategi yang dapat dilakukan untuk menetapkan sebuah merek produk harus mencerminkan jenis dan jumlahnya, baik dari komponen yang umum atau unik harus ditetapkan oleh perusahaan. Jika sebuah perusahaan menggunakan jenis merek produk yang sudah mapan dan mengenalkan produk baru ke pasaran, maka disebut dengan perluasan produk.

  1. Keputusan dalam menetapkan merek

Strategi dalam menetapkan merek harus diterapkan bagi semua perusahaan. Kelebihan dari strategi ini yaitu suatu perusahaan tidak harus menghubungkan reputasinya dengan produk, sehingga jika produk tersebut mengalami kegagalan atau kualitasnya rendah maka citra perusahaan tidak akan mengalami gangguan.

  1. Perluasan merek

  • Kelebihan dari perluasan merek adalah untuk meningkatkan peluang keberhasilan sebuah produk baru dikarenakan efek dari umpan balik yang positif.
  • Kekurangannya, produk akan terlihat dari sisi buruknya karena proses perluasan sebuah merek akan menjadi teridentifikasi seperti produk lain dan merek menjadi tidak kuat.
  • Karakteristik sukses yaitu pemasar produk harus membuat keputusan pada setiap potensi dalam melakukan perluasan merek yang berdasarkan dari seberapa efektif perluasan merek tersebut.
  1. Portofolio merek

Merek juga dapat berperan penting menjadi bagian dari portofolio merek, karena ada beberapa alasan, diantaranya adalah:

  • Untuk meningkatkan ketergantungan pada pengecer produk di toko.
  • Dapat menarik konsumen yang mencari keberagaman merek dan memungkinkan konsumen beralih ke merek lain.

Dengan menerapkan beberapa cara mengelola ekuitas merek dengan baik, maka suatu perusahaan akan tetap eksis dan merek produk yang ditawarkan tidak akan tergeser oleh merek lain. Jika perusahaan  memiliki merek yang loyal, maka pelanggan pun tidak akan tergiur dengan iklan jenis merek lainnya.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like