Cara Mengelola Keuangan Keluarga Secara Efektif dan Efesien

Cara mengelola keuangan keluarga – Mengelola keuangan sangat penting untuk menjaga pemasukan dan pengeluaran tetap stabil. Terutama jika Anda mendapatkan gaji setiap hari bulan. Dalam keuangan keluarga banyak biaya yang harus dikeluarkan, seperti biaya sekolah, listrik, pulsa, dan sebagainya, sehingga perlu dikelola dengan cara yang benar. Simak 10+ tips dari seringbaca.com.

Cara Mengelola Keuangan Keluarga

Sebenarnya berapapun penghasilkan dapat memenuhi kebutuhan keluarga jika dikelola dengan baik. Dengan pengelolaan yang baik Anda dan keluarga akan merasa selalu kecukupan. Untuk mengatur keuangan, Anda dapat melakukan beberapa cara berikut.

1. Melakukan Evaluasi Biaya Rumah

Bagi Anda yang mempunyai cicilan rumah, Anda harus membuat rincian yang pasti untuk biaya cicilan rumah tersebut. Banyak orang yang tidak bisa membayar cicilan rumah untuk memenuhi kebutuhan yang lain. Jika memang gaji Anda relatif kecil, Anda bisa mengambil cicilan yang ringan dan tidak memberatkan.

Jika memang gaji Anda belum cukup untuk membayar cicilan, lebih baik Anda mencari kontrakan yang lebih terjangkau. Karena keluarga tidak hanya membutuhkan tempat tinggal, tapi membutuhkan makanan, pakaian, biaya sekolah dan sebagainya.

Bahkan saat ini banyak KPR yang menawarkan berbagai jenis cicilan rumah yang aman dan terjangkau. Jika Anda sudah mempunyai rumah, Anda dapat membuat tabungan dengan menyisihkan sebagian gaji Anda. Tabungan tersebut dapat digunakan untuk berinvestasi untuk masa depan anak. Baik untuk biaya pendidikan, kesehatan, dan masa tua.


2. Merencanakan Belanja Bulanan dengan Baik

Seringkali masalah keuangan terganggu karena pemborosan. Pemborosan terjadi saat membelanjakan uang untuk kebutuhan sehari-hari. Saat dihadapkan dengan barang-barang, pasti keinginan untuk membeli semua barang tersebut muncul. Sehingga barang yang tidak dibutuhkan dibeli dan barang yang dibutuhkan justru terlupakan.

Hal ini sering terjadi karena Anda tidak membuat rencana atau list kebutuhan yang harus dibelanjakan. Untuk menghemat keuangan, Anda dapat membuat list belanja dengan baik. Tulis semua kebutuhan dan anggaran yang harus dikeluarkan.

Saat Anda mempunyai list dan anggaran yang matang, Anda dapat belanja dengan cepat dan efesien. Bahkan mungkin anggaran tersebut bisa lebih kecil dan masih ada sisa uang. Sisa uang tersebut dapat Anda tabungkan. Atau dapat digunakan untuk belanja di hari selanjutnya.

Dengan rencana belanja tersebut, Anda pasti dapat mengelola keuangan yang baik. Dan kebutuhan keluarga dapat terpenuhi. Untuk merencanakan anggaran belanja, Anda dapat membagi kebutuhan primer dan tersier. Pastikan semua kebutuhan primer sudah terpenuhi, setelah itu baru membeli kebutuhan lainnya.


3. Memilih Barang dengan Baik

Saat ini banyak toko yang menawarkan berbagai kebutuhan barang bekas yang masih berkualitas dan layak pakai. Barang bekas bukan berarti barang yang sudah rusak atau sebagainya. Banyak orang yang tidak mau membeli barang bekas karena faktor gengsi, atau lainya.

Padahal banyak barang bekas yang berkualitas bahkan belum digunakan sama sekali. Anda dapat memilih barang tersebut agar lebih hemat. Untuk memilih barang yang masih layak, belilah di toko yang terjamin. Baik itu mobil, motor, barang elektronik, funrniture dan sebagainya.

Baca Juga :  Inilah Cara Mengatasi WC Mampet Dengan Mudah

Bahkan banyak toko online yang menyediakan barang bekas yang berkualitas. Sehingga Anda tidak perlu lagi mencari dan mendatangi tempat penjualan barang tersebut.


4. Mengatur Penggunaan Kartu Kredit

Penggunaan kartu kredit yang tidak terkontrol dapat menimbulkan pemborosan. Apalagi jika Anda mempunyai sifat konsumtif. Oleh karena itu, atur penggunaan kartu kredit dengan baik. Anda dapat mencari informasi dengan cerdas mengenai promo, diskon, dan sebagainya.

Jika menggunakan kartu kredit sembarang, dapat terjebak dalam hutang. Terutama saat Anda sering membeli barang-barang mewah yang tidak dibutuhkan. Jika memang Anda tidak bisa mengatur penggunaan kartu kredit, lebih baik tidak menggunakannya terlebih dahulu. Sampai Anda dapat mengelolanya dengan baik. Daripada harus menanggung resiko di kemudian hari.


5. Menghemat Penggunaan Benda Elektronik

Dalam rumah pasti ada beberapa barang elektronik yang membutuhkan arus listrik. Seperti TV, lampu, Mesin cuci, Lemari pendingin, dan sebagainya. Penggunaan barang tersebut akan dihitung di akhir bulan sebagai biaya listrik. Semakin tinggi penggunaan, semakin mahal biaya yang harus dikeluarkan.

Oleh karena itu, Anda harus bisa menggunakan barang elektronik dengan baik. Gunakan hanya seperlunya saja. Menghemat penggunaan barang tersebut salah satunya tidak menyalakan lampu saat siang hari, mematikan AC, TV, mesin cuci dan sebagainya jika tidak digunakan.


6. Mengurangi Penggunaan Kendaraan Pribadi

Kendaraan pribadi harus digunakan sesuai kebutuhkan. Jangan menggunakan kendaraan secara berlebihan karena dapat membuat pengeluaran biaya bahan bakar meningkat. Anda bisa berjalan kaki atau menggunakan sepeda jika jarak tempat yang dituju dekat. Hal ini akan membuat tubuh menjadi sehat dan mengurangi pengeluaran.

Anda juga bisa menggunakan angkutan umum untuk mengurangi emisi gas buang. Serta mengurangi populi udara di lingkungan. Uang pembelian bahan bakar dapat Anda gunakan untuk kebutuhan lain. Atau dapat ditabung untuk kebutuhan di masa depan.


7. Mencari Penghasilan Tambahan

Membuang waktu sama saja dengan membuang uang dengan sia-sia. Karena waktu seperti tidak akan kembali lagi. Anda bisa memanfaatkan waktu untuk mencari penghasilan tambahan. Banyak pekerjaan yang dilakukan secara freelancer atau part time.

Sehingga tidak mengganggu pekerjaan utama Anda. Diantaranya bisnis online, penulis freelance, menjual pulsa elektrik, dropship dan sebagainya. Karena teknologi sekarang semakin canggih. Jika dimanfaatkan dengan baik dapat mendatangkan penghasilan bagi Anda.


8. Mengurangi Kebiasaan Makan Diluar

Makan bersama keluarga di restoran atau rumah makan bukan hal yang dilarang. Namun, jangan terlalu sering karena dapat menimbulkan pemborosan. Anda dapat membuat jadwal makan diluar setiap akhir pekan atau sebagainya. Untuk lebih menghemat pengeluaran Anda.

Makan dirumah lebih menyenangkan terutama dengan keluarga. Anda bisa berhemat, dan berkumpul bersama orang-orang tersayang. Makan bersama keluarga dirumah juga dapat membuat keluarga lebih harmonis. Karena semuanya dapat saling terbuka satu sama lain.


9. Membayar Tagihan Tepat Waktu

Saat Anda mendapatkan gaji jangan lupa untuk membayar tagihan. Baik itu tagihan listrik, tagihan TV, tagihan kendaraan, dan sebagainya. Karena jika tidak segera dibayarkan, uang tersebut akan habis untuk membeli kebutuhan lain. Dan tagihan akan semakin menumpuk dan bertambah besar.

Jika tagihan sudah lunas, Anda dapat menyisihkan uang tagihan untuk ditabung. Sehingga dapat digunakan kelak dikemudian hari.


10. Mencari Informasi Promo dan Diskon

Banyak sekali promo dan diskon yang diberikan di berbagai tempat. Baik itu diskon pakaian, makanan, barang-barang, dan sebagainya. Jika Anda promo dan diskon, Anda dapat menggunakannya agar lebih hemat. Khususnya promo yang memberikan harga yang lebih terjangkau.

Baca Juga :  12 Solusi Cara Berkomunikasi yang Baik di Tempat Kerja

Namun, pastikan juga Anda membeli barang promo yang berkualitas. Anda harus lebih cerdas dalam memilih barang, terutama barang mewah. Dengan menggunakan harga promo, Anda dapat menyisihkan sisa uang untuk ditabung. Atau dapat membeli barang lain yang sedang dibutuhkan.


Cara mengelola keuangan keluarga tidak sulit. Kunci utamanya adalah tidak mengadalkan keinginan atau hawa nafsu semata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like