Seringbaca.com – Apakah Anda pernah merasakan telah melakukan berbagai cara untuk membenahi masalah keuangan, akan tetapi seperti tidak menemukan jalan keluarnya dan masalah keuangan masih saja terjadi. Agar Anda bisa terbebas dari masalah tersebut, maka harus mengetahui bagaimana cara mengelola keuangan secara holistic.

Bahkan masalah yang sering melanda yaitu dari tanggal gajian ke gajian pada bulan berikutnya tidak lepas dari jeratan hutang.

Hal ini membuat seseorang merasa kesulitan untuk melakukan komunikasi yang baik dengan pasangan maupun anggota keluarga yang lain.

Masalah ini dapat menyebabkan masalah di dalam kehidupan seseorang dan harus segera dicari solusinya.

cara mengelola keuangan secara holistic
cara mengelola keuangan secara holistic

Cara Mengelola Keuangan Secara Mindful

Berdasarkan survey lembaga konsultan di Amerika Serikat Pricewaterhousecoopers, tahun 2017 lalu menyampaikan bahwa salah satu penyebab seseorang mengalami stress yaitu masalah keuangan. Jika masalah keuangan di dalam hidupnya bisa teratasi dengan baik, maka tingkat kebahagiaan orang tersebut juga akan meningkat.

Momen yang paling tepat yaitu merubah pola pikir dan menerapkan mindful financial planning dalam kehidupan Anda. Mindful planning financial merupakan suatu cara untuk melakukan penilaian berdasarkan pengalaman individu di dalam mengambil keputusan mengenai keuangan.

Jika setiap individu mampu membawa pikirannya secara sadar dan terbuka, bahwa ia pernah melakukan berbagai kesalahan mengenai masalah keuangan di masa lalu. Maka seseorang akan berhasil dalam menata keuangan untuk kehidupan di masa depan, karena ia mampu melepaskan rasa takut atas pengalaman di masa lampau.

Dengan begitu, maka harus merencanakan suatu strategi keuangan yang lebih sehat. Berikut ini beberapa langkah untuk menerapkan mindful financial planning:

  • Memberikan Jeda Sebelum Membuat Rencana Baru

Seseorang dapat melakukan meditasi terlebih dahulu untuk mengatasi rasa emosional yang dialami atau suatu pengalaman yang telah melekat dalam kehidupannya, seperti masalah keuangan yang buruk oleh orang tua dalam waktu yang lama.

Related Post :  Cara Mengelola Cash Flow Keuangan dalam Mengembangkan Sebuah Bisnis

Selain itu, faktor lingkungan yang buruk juga dapat memberikan dampak negatif bagi seseorang, misalnya saja pada saat terjadinya krisis moneter pada tahun 1988 menyebabkan para lulusan perguruan tinggi banyak yang mengalami pengangguran.

Faktor-faktor tersebut dapat menyebabkan seseorang mengalami stres dan pikiran menjadi tertutup untuk bergerak dalam melakukan Pratik pemberdayaan keuangan yang lebih baik. Itu pentingnya harus mengetahui cara mengelola keuangan secara holistic dalam kehidupan Anda.

  • Membuat Jurnal Keuangan atau Money Diary

Anda dapat menuliskan beberapa pertanyaan di bawah ini dalam jurnal keuangan dan memberikan jawaban dari pertanyaan tersebut:

  1. Keuangan pribadi menyebabkan saya stres karena….
  2. Beberapa kendala yang saya hadapi dalam masalah finansial adalah…..
  3. Ketika berpikir mengenai keuangan pribadi, saya merasa….
  • Menyusun Anggaran Bulanan dengan Baik

Ketika seseorang dapat menyadari besaran penghasilan yang diperoleh setiap bulannya, maka gaya hidup juga dapat menyesuaikan dengan pendapatan. Banyaknya kebutuhan dalam kehidupan harus dikelola dengan prioritas utama terlebih dahulu.

Teknik dalam membuat budget harus disesuaikan dengan kebutuhan rutin dan kebutuhan masa depan. Setelah budget tersebut terpenuhi, maka Anda dapat mengalokasikan dana untuk kebutuhan yang tidak terduga.

  • Hindari Menghubungkan Emosi dengan Konsumsi

Dorongan impulsif secara otomatis akan mendorong seseorang dalam menggunakan uang tanpa suatu kesadaran. Jika Anda tidak dapat mengontrol dalam masalah ini, maka akan memberikan dampak negatif pada manajemen keuangan.

  • Bersyukur

Bersyukur merupakan cara terbaik untuk memberikan ketenangan di dalam kehidupan seseorang. Menyempatkan waktu untuk menyadari dan merasakan atas segala apapun yang telah Anda miliki saat ini.

Terkadang seseorang hanya fokus mencari apa yang belum mereka miliki, bahkan melupakan segala sesuatu yang telah diperoleh dan ada di depan mata..

Jika Anda dapat menerapkan cara mengelola keuangan secara holistic di dalam kehidupan Anda, maka sudah pasti Anda akan memiliki kondisi financial yang baik dan mampu meningkatkan kehidupan Anda.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like