Harga tanah dari tahun ke tahun semakin naik karena semakin berkurangnya jumlah lahan yang ada. Tak heran jika banyak orang yang memilih berinvestasi dalam bentuk lahan. Karena di masa depan harganya akan terus naik.

Karena pembelian dilakukan untuk investasi, terkadang lahan kosong belum dimanfaatkan pemiliknya, oleh karena itu perlu informasi cara mengelola lahan kosong. Berikut pilihan yang dapat dilakukan menurut seringbaca.com :

cara mengelola lahan kosong

Cara mengelola lahan kosong

  1. Lahan Kosong Disewakan

Lahan kosong sangat disayangkan untuk dibiarkan begitu saja. Sebenarnya lahan kosong bisa dimanfaatkan agar menghasilkan uang. Salah satu caranya dengan menyewakannya. Lahan kosong bisa disewakan untuk berbagai keperluan. Apalagi jika lahan kosong yang anda miliki berada di tengah kota atau tempat-tempat strategis.

cara mengelola lahan kosong

Anda bisa menyewakannya untuk dijadikan lahan parkir. Biasanya halaman yang dimiliki sekolah tidak cukup untuk menampung banyaknya kendaraan baik guru maupun siswa sehingga dibutuhkan lahan parkir. Dengan menyewakan lahan untuk parkir setidaknya anda bisa mendapatkan penghasilan harian dari biaya sewa lahan parkir.

  1. Dibuat Peternakan Hewan

Cara lain untuk mengelola lahan yang kosong adalah dengan membuat peternakan hewan. Ada banyak pilihan peternakan hewan untuk mengisi lahan kosong, seperti peternakan lele, ikan hias, cacing, hingga ayam kampung. Sebelum memulai berternak ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Anda harus memastikan apakah anda punya cukup waktu atau tidak untuk mengurus peternakan.

cara mengelola lahan kosong

Anda harus memilih mana hewan yang kiranya mudah untuk diternakkan. Salah satu hewan yang tergolong mudah untuk diternakkan adalah ikan lele. Untuk berternak lele pun tidak membutuhkan biaya yang cukup besar. Lahan yang dibutuhkan pun tidak terlalu luas sehingga lahan kosong yang anda miliki dapat digunakan. Untuk perawatannya juga tergolong mudah.

  1. Dibuat Budidaya Tanaman

Saat anda memiliki lahan kosong dan memiliki hobi merawat tanaman, berkebun adalah aktivitas yang tepat agar lahan anda tak terabaikan sia-sia. Selain memanfaatkan lahan, hobi pun ikut tersalurkan dan sangat mungkin anda dapat meraih keuntungan karenanya. Ada beberapa jenis tanaman yang dapat anda budidayakan untuk mendapatkan uang.

Related Post :  Cara Solusi Melunasi Hutang Dengan Cepat

cara mengelola lahan kosong

Anda bisa memilih membudidayakan tanaman hias yang sekarang sedang digandrungi banyak orang. Penanaman dan perawatan tanaman hias juga tergolong tidak terlalu sulit. Anda hanya harus menyiapkan tanaman, pot (ukuran disesuaikan dengan tanaman yang akan ditanam), tanah, semprotan air, sekop kecil, dan kompos.

  1. Dibuat Tempat Produksi

Terkadang beberapa industri membutuhkan sejumlah lahan untuk mendukung tingkat produksinya. Tetapi lahan yang tersedia semakin terbatas sehingga biasanya dicari lahan kosong untuk digunakan sebagai tempat produksi. Sebagai pemilik lahan kosong anda bisa membuat bangunan untuk dijual atau disewakan kepada pemilik industri.

cara mengelola lahan kosong

Dengan begitu lahan kosong yang anda miliki bisa menjadi passive income untuk anda. Selain dijadikan sebagai tempat produksi, anda juga bisa menjadikan bangunan yang sudah ada untuk dijadikan kos-kosan.

Setiap bulan anda akan mendapatkan uang dari bisnis kos-kosan ini. Sangat menguntungkan, kan? Selamat mencoba dan semoga berhasil menggunakan cara mengelola lahan kosong.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like