Seringbaca.com – Setiap orang mempunyai rasa cinta kepada lawan jenis. Namun, tidak semua hubungan asmara berhasil ke kursi pelaminan. Tidak sedikit hubungan harus kandas karena berbagai penyebab. Sehingga Anda harus tahu cara terbaik melupakan mantan untuk bisa melanjutkan dengan hubungan yang lain sampai menikah.

Cara Terbaik Melupakan Mantan dan Kenangannya

Cara terbaik melupakan mantan

Mantan memang seseorang yang pernah singgah dihati. Tetapi jika sudah tidak lagi ada ikatan, mantan hanya sebatas teman saja. Banyak masalah yang muncul karena kehadiran mantan. Karena memang proses melupakan mantan tidaklah mudah.

Melupakan mantan berarti Anda juga harus siap melupakan semua kenangan bersamanya. Untuk bisa move on, Anda dapat menggunakan cara berikut ini :

1. Jangan memaksakan diri untuk segera melupakan mantan

Sebagai seseorang yang pernah dicintai dan mencintai Anda, tidak mudah melupakan kenangan dari mantan. Sehingga Anda juga tidak bisa langsung lupa akan kehadiran mantan tersebut. Oleh karena itu, jangan paksakan diri Anda untuk melupakannya dengan cepat.

Anda harus bersikap seperti biasa saja dan mengalir dengan sendirinya . Biarkan kenangan tersebut terlupakan seiring berjalannya waktu. Jika Anda memaksakan diri justru kenangan mantan terasa lebih jelas dan sulit dilupakan. Buatlah hati Anda tenang dengan hilangnya orang yang Anda cintai.

2. Jangan mengingat-ngingat mantan

Untuk cepat move on dari mantan, jangan pernah mengingat kenangan bersamanya. Apalagi kenangan manis yang membuat pemicu munculnya rasa cinta kembali.

Anda bisa melakukan berbagai kegiatan yang Anda sukai. Agar suasana hati tetap senang, tenang dan bahagia. Jangan mencari benda pemberian mantan atau foto mantan. Apalagi mengingat akan kenangan indah tersebut.

Related Post :  12 Cara Mengatasi Rayap Secara Alami Dan Mudah

3. Jangan sendirian di waktu yang lama

Masalah tidak akan terselesaikan jika Anda selalu ingin sendiri. Karena manusia membutuhkan orang lain terutama teman untuk saling berbagi cerita. Anda dapat mencurahkan semua masalah kepada teman. Sehingga apa yang ada dalam hati dapat tersampaikan dan hati bisa lebih tenang.

Jangan terpuruk dalam kesendirian. Karena hal tersebut dapat mengganggu mental dan psikologis bahkan sulit untuk terlepas dari ingatan mantan. Jangan terlarut dalam kesedihan terlalu lama. Karena hal ini tidak baik untuk kepribadian Anda.

Karena banyak orang yang lebih baik diluar sana yang lebih cocok dengan Anda. Karena jodoh tidak akan salah sasaran.

4. Habiskan waktu sesuai hobi

Putus dari pacar memang sakit sakit. Namun, jangan terlalu terpuruk dari kesedihan tersebut. Anda dapat melakukan banyak hal untuk menenangkan hati dan pikiran. Terutama lakukan kegiatan yang sesuai dengan hobi Anda.

Anda bisa menonton film, membaca, olahraga, mendengarkan musik, jalan-jalan, traveling dan sebagainya. Anda juga bisa melakukan kegiatan yang bermanfaat daripada terus mengingat mantan.

5. Menyibukan diri dengan kegiatan

Cara paling mudah melupakan mantan adalah dengan menyibukan diri dengan berbagai kegiatan. Karena hal tersebut membuat pikiran, hati dan badan terus bergerak dan tidak ada waktu untuk mengingat mantan.

Anda bisa berkumpul dengan teman, keluarga, rekan kerja dan sebagainya. Anda juga bisa melakukan berbagai kegiatan bersama mereka. Dengan cara ini, pasti tidak ada waktu untuk mengingat kenangan mantan. Karena Anda merasa senang dan bahagia bersama orang lain yang Anda sayangi.

6. Jangan kepo tentang mantan

Banyak orang yang tidak bisa move on masih kepo tentang mantan. Sehingga sering melihat media sosialnya, statusnya, dan postingan mantan. Jika Anda saling memfollow, sulit untuk melupakan mantan. Apalagi saat mantan mengupdate status pasti akan muncul di beranda akun Anda.

Oleh karena itu, Anda bisa memblock semua akun mantan. Jika Anda merasa sangat sulit untuk melupakan kenangan dan apapun tentang mantan.

7. Simpan semua pemberian mantan ditempat yang bisa terlihat

Benda dari mantan dapat mengingat kenangan manis tentangnya. Jika barang tersebut masih terlihat, Anda pasti akan selalu teringat akan kenangan tersebut. Untuk melupakanya, simpan barang tersebut pada tempat yang tidak dapat Anda lihat.

Related Post :  20 Tips Ampuh Cara Awet Berpacaran Sampai Menikah

Seperti didalam box, didalam gudang, atau ditempat lain yang jarang Anda lalui. Jika mungkin Anda sulit untuk menyimpan benda tersebut karena masih sangat mencintai mantan. Anda bisa membuang atau membakar semua benda tersebut terutama foto saat bersama.

8. Jangan memancing munculnya kenangan

Melupakan mantan sangat sulit apalagi jika Anda sudah menjalin hubungan dalam waktu yang lama. Tentu saja hal ini sangat menyakitkan. Sehingga jangan lakukan kegiatan yang memancing munculnya kenangan tersebut. Serta jangan menonton film percintaan, romantis, dan sebagainya.

Jika Anda dan mantan mempunyai lagu kesukaan yang sama, jangan mendengarkan musik tersebut. Karena pasti Anda akan menangis dan teringat kenangan indah kembali.

9. Jangan menghubungi mantan

Selain memblock media sosial mantan, Anda juga tidak boleh menghubunginya. Jika Anda masih sering menghubunginya, akan sulit untuk terlepas dari kenangan indah bersama dia. Terutama jika Anda sudah mempunyai pacar lagi. Jangan menghubungi atau chat mantan di belakang pacar Anda.

Hal ini pasti akan menimbulkan kesalahpahaman. Jika ada hal penting yang ingin Anda sampaikan kepada mantan, Anda bisa menghubunginya secara terbuka dan jujur dengan pacar Anda.

Tidak menghubungi mantan bukan berarti putus silaturahmi dengannya. Anda masih bisa menjamin pertemanan dengan mantan dengan baik.

10. Batasi komunikasi dengan mantan

Walaupun masih menjadi teman, yang namanya mantan pasti pernah singgah di hati Anda. Serta memberikan kenangan indah pada hidup Anda. Sehingga Anda harus membatasi komunikasi dan interaksi dengan dia.

Jika memang sering bertemu, Anda bisa menghindarinya atau berkomunikasi hanya seperlunya saja. Membatasi interaksi dengan mantan jangan sampai membuat Anda lebih sensitif dan introvert. Anda harus profesional dalam berinteraksi dengan orang lain termasuk mantan.

11. Saling berbagi cerita dengan teman dekat

Jangan ragu untuk menceritakan masalah Anda dengan orang terdekat. Yaitu sahabat, keluarga atau orang yang dapat Anda percaya. Jangan memendam masalah sendiri yang dapat membuat Anda jadi terpuruk dan termenung. Anda harus menceritakan perasaan Anda bahkan jika ingin menangis, menangislah agar hati Anda tenang.

Related Post :  14 Cara Merawat Raket Nyamuk Agar Awet dan Tahan Lama

Dengan curhat dengan sahabat atau keluarga, mereka bisa memberikan nasehat, saran dan motivasi yang baik untuk Anda. Curhat juga bisa meringankan masalah Anda. Namun, jangan curhat ke media sosial karena justru akan menambah masalah Anda.

12. Menjalin pertemanan dengan orang lain

Saat putus dari pacar, jangan memutuskan hubungan dengan orang lain. Karena hal ini justru membuat pribadi Anda menjadi murung dan introvert. Anda harus berinteraksi dengan orang lain bahkan orang yang belum Anda kenal.

Hal ini dapat menambah teman, relasi dan mungkin Anda bisa mendapatkan jodoh. Jangan menutup hati jika Anda seseorang yang mencintai Anda. Bukalah hati Anda untuk orang lain untuk menyembuhkan luka Anda.

Akhir Kata

Cara terbaik melupakan mantan tersebut dapat membuat hati dan pikiran lebih tenang saat putus cinta. Selain mengikuti cara diatas, jangan lupa untuk selalu mendekatkan diri kepada Sang Maha Kuasa. Karena segala sesuatu yang terjadi adalah kehendak-Nya dan sebagai manusia harus menerima dengan ikhlas.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like