Jenis tanaman hias hidroponik saat ini sedang banyak disukai karena mudah untuk dilakukan dan bisa menghemat penggunaan lahan tanam secara lebih maksimal. Selain itu, terdapat banyak sekali jenis tanaman yang bisa ditanam dengan menggunakan sistem hidroponik.

Bukan hanya mampu menyalurkan hobi berkebun saja, sistem hidroponik ini mampu memberikan kesan rumah yang lebih asri dan enak dilihat. Tanaman di sekitar rumah akan membantu udara terasa lebih sejuk dan nyaman.

Contoh Tanaman Hias Hidroponik

Banyak sekali jenis tanaman hias hidroponik yang bisa Anda pilih. Setiap tanaman memiliki warna serta karakteristik yang berbeda. Untuk itu Anda bisa memilihnya sesuai dengan selera masing-masing. Berikut akan direkomendasikan beberapa tanaman hias yang cocok untuk ditanam di rumah Anda.

Lidah Buaya

Mungkin banyak orang yang tidak menyangka jika lidah buaya bisa dibudidayakan dengan sistem hidroponik. Anda bisa menggunakan arang sekam sebagai media tanam untuk menumbuhkan lidah buaya.

Jenis Tanaman Hias Hidroponik Untuk Memperindah Rumah

Jenis tanaman ini bisa dijadikan hiasan yang cantik untuk dipajang di meja. Lidah buaya tidak membutuhkan perawatan khusus sehingga mudah dirawat. Anda hanya perlu menyiram 2x dalam sehari saja untuk menjaga kelembaban tanaman.

Selain di pajang pada pot dan diletakkan pada meja, Anda bisa menggantung lidah buaya berukuran kecil untuk diletakkan pada halaman rumah. Lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk mengatasi iritasi hingga memperindah rambut.

Suplir

Suplir merupakan tanaman hias yang sudah sejak lama sangat populer digunakan. Hal tersebut terjadi karena jenis tanaman ini mudah ditemukan dan mudah dirawat. Biasa jenis tanaman ini mampu tumbuh di daerah sisi selokan yang berkondisi lembab.

Jenis Tanaman Hias Hidroponik Untuk Memperindah Rumah

Jenis tanaman hias hidroponik ini bisa mempercantik tampilan rumah Anda agar terlihat lebih menarik dan nyaman. Anda bisa memasukkan tanaman suplir pada pot kecil untuk dibudidayakan dengan sistem hidroponik.

Suplir memiliki daun yang rimbun dan relatif tipis sehingga cocok dijadikan sebagai dekorasi ruangan. Tanaman ini mampu beradaptasi dengan berbagai jenis lingkungan secara cepat. Hal inilah yang membuat suplir mampu hidup dimana saja, termasuk di dalam rumah.

Dracaena

Tanaman dracaena sudah tidak asing dan sering dijadikan sebagai jenis tanaman hias hidroponik yang ditanam di rumah. Anda bisa menempatkan dracaena pada wadah yang berisi air agar bisa tumbuh dengan baik.

Jenis Tanaman Hias Hidroponik Untuk Memperindah Rumah

Jenis tanaman hias yang satu ini cocok dibudidayakan di dalam maupun di luar rumah. Biasanya, dracaena dijadikan sebagai penghias ruang tamu. Selain itu, dracena mampu berperan sebagai penyerap debu karena memiliki daun yang lebar dan panjang.

Daun dracaena memiliki warna tepian yang unik seperti merah, putih, dan krem. Namun bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan sebaiknya menjauhkan dracaena dengannya karena bisa beracun bagi bintang.

Bunga Matahari

Mungkin banyak orang yang berpikir bahwa buka matahari hanya bisa ditanam pada lahan saja, namun ternyata juga bisa dibudidayakan dengan sistem hidroponik. Anda bisa mengganti media tanam yang digunakan dengan arang sekam.

Jenis Tanaman Hias Hidroponik Untuk Memperindah Rumah

Letakkan bibit bunga matahari ke dalam pot maupun pada rak bersusun. Anda bisa membudidayakan tanaman hias ini di dalam rumah agar mendukung dekorasi interior rumah.

Anda bisa meletakkan bunga matahari di dekat jendela agar mampu mendapatkan sinar matahari yang cukup. Untuk penyiraman serta nutrisi, Anda hanya perlu melakukannya sehari sekali saja.

Sekarang Anda tidak perlu lagi jauh-jauh pergi untuk menikmati keindahan bunga matahari karena ada di ruangan rumah. Warna kuningnya yang menyala akan membuat dekorasi rumah Anda terlihat lebih menarik.

Related Post :  Cara Membuat Hidroponik Mudah untuk Pemula

Anggrek

Jenis tanaman hias hidroponik anggrek tentu sudah tidak asing lagi. Selain mudah dirawat, anggrek memiliki kelopak yang berwarna indah sehingga cocok dijadikan sebagai dekorasi rumah.

Gunakan arang, kayu pakis ataupun sabut kelapa untuk bisa membudidayakan tanaman ini dengan sistem hidroponik. Anggrek bisa dibudidayakan dengan cara ditempel ke dinding maupun menggunakan pot yang terbuat dari tanah liat kemudian disusun dalam rak bertangga.

Jenis Tanaman Hias Hidroponik Untuk Memperindah Rumah

Selain itu Anda juga bisa menggantungnya di dalam ruangan agar tidak mudah terserang hama. Anggrek memiliki banyak varian sehingga banyak dicari. Bahkan beberapa jenis anggrek memiliki harga yang mahal dan sulit ditemukan.

Untuk jenis perawatannya, sebaiknya anggrek diletakkan pada lokasi yang terkena sinar matahari secara langsung.

Sirih Gading

Sirih gading memiliki ciri khas tersendiri yaitu bentuk daun yang lebar dengan batang yang cukup panjang. Sirih gading mampu tumbuh dengan menggunakan sistem merambat dan perawatannya pun tidaklah sulit.

Jenis Tanaman Hias Hidroponik Untuk Memperindah Rumah

Anda hanya perlu menyiramnya secara teratur sebanyak 2 kali sehari. Sirih gading mampu tumbuh di berbagai media tanam apa saja.

Kehadiran tanaman hijau membuat suasana rumah menjadi lebih asri dan segar. Bentuknya yang bertambah akan terlihat sangat indah jika diletakkan pada pot. Anda bisa memangkas dahannya sedikit demi sedikit jika sudah terlalu panjang.

Keladi Red Star

Keunikan dari jenis tanaman hias hidroponik yang satu ini adalah warna daunnya yang sangat cantik dan lebar. Keladi red star memiliki daun berwarna hijau yang berkombinasi dengan warna merah.

Jenis Tanaman Hias Hidroponik Untuk Memperindah Rumah

Keladi red star bisa Anda jadikan sebagai tanaman hias yang mampu menambah dekorasi rumah. Untuk hasil yang lebih maksimal, sebaiknya letakkan tanaman keladi red star di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Jika kekurangan sinar matahari, tanaman ini bisa berubah warna menjadi lebih pucat. Hal tersebut tentu bisa mengganggu sistem pertumbuhannya.

BACA JUGA : Tanaman Hidroponik: Media, Jenis, Cara, dan Teknik Hidroponik

Tanaman Hias Hidroponik Dalam Ruangan

Penerapan sistem hidroponik mampu menghemat lahan yang ada di rumah. Selain itu jenis tanaman hias hidroponik bisa diterapkan dalam ruangan. Komponen tersebut bisa menambah ornamen interior rumah agar terlihat lebih cantik.

Apa saja jenis tanaman hias hidroponik yang bisa Anda tanam di dalam ruangan, berikut beberapa referensinya.

Bunga Bambu Jepang

Bunga bambu Jepang merupakan jenis tanaman hias hidroponik yang banyak disukai. Jenis tanaman ini termasuk dalam kategori yang sama dengan dracaena, namun yang membedakan adalah bentuk batangnya yang lebih ramping dan kecil.

Jenis Tanaman Hias Hidroponik Untuk Memperindah Rumah

Selain itu, bunga bambu Jepang memiliki bentuk daun yang lebih bulat serta lebar. Bentuknya yang kecil dan indah, membuat jenis tanaman ini sangat cocok untuk dibudidayakan dengan sistem hidroponik untuk di dalam ruangan.

Tanaman ini tidak membutuhkan perawatan yang sulit, Anda hanya perlu menyiramnya dengan teratur. Bunga bambu Jepang sangat cocok dijadikan sebagai hiasan meja.

Aglaonema

Aglaonema sering juga dikenal sebagai tanaman sri rejeki. Namanya yang unik membuat tanaman ini sangat populer dikalangan masyarakat. Hampir semua orang yang suka berkebun memiliki aglaonema di rumahnya.

Aglaonema digolongkan sebagai jenis tanaman hias dengan daun yang indah. Daya tarik utama dari tanaman ini adalah warna serta corak daunnya yang bergam. Aglaonema memiliki warna yang bermacam mulai dari yang netral seperti putih, hingga warna yang mencolok seperti merah.

Jenis Tanaman Hias Hidroponik Untuk Memperindah Rumah

Perawatan aglaonema tergolong mudah, Anda hanya perlu meletakkannya di wilayah yang terkena sinar matahari langsung seperti dekat jendela agar bisa berkembang dengan baik. Dengan begitu Anda bisa tetap membudidayakan aglaonema meski di dalam rumah.

Related Post :  Cara Budidaya Tanaman Hidroponik Yang Paling Mudah

Selain bisa menikmati keindahan warnanya, aglaonema juga bisa berfungsi untuk membersihkan udara serta menyerap racun yang terdapat di udara sekitar rumah.

Palem Kuning

Palem kuning adalah jenis tanaman hias hidroponik yang berasal dari Afrika tepatnya kepulauan Madagaskar. Pada habitat aslinya, palem kuning mampu tumbuh hingga memiliki tinggi sekitar 6 meter. Namun jika ditanam di rumah, biasanya tinggi maksimalnya hanya kurang dari 3 meter.

Jenis Tanaman Hias Hidroponik Untuk Memperindah Rumah

Palem kuning bisa dibudidayakan dengan sistem hidroponik sehingga bisa dijadikan sebagai tanaman hias untuk di dalam rumah. Karakteristik palem kuning sangat menarik, karena tanaman ini memiliki bentuk serta warna yang cantik.

Spider Plant

Spinder plant merupakan jenis tanaman yang sudah terkenal sebagai pembersih ruangan sehingga udara sekitar terasa bersih dan segar. Hal inilah yang membuat spinder plant banyak diletakkan di dalam ruangan.

Spinder plant cocok dibudidayakan di daerah perkotaan karena bisa mengurangi polusi udara dan bisa menghemat penggunaan lahan karena di perkotaan saat ini tidak tersedia banyak lahan kosong di pekarangan rumah.

Jenis Tanaman Hias Hidroponik Untuk Memperindah Rumah

Spinder plant menjadi jenis tanaman hias hidroponik yang memiliki tampilan cantik dan memiliki banyak manfaat. Spinder plant merupakan tanaman yang berasal dari Afrika dengan karakteristik daun yang unik yaitu seperti laba-laba.

Spinder plant memiliki bentuk fisik yang runcing dengan variasi panjang dari 20-40 cm. Perawatan spinder plant umumnya tidak mudah, Anda hanya perlu menyiramnya saja. Spinder plant biasa diletakkan dalam pot yang diletakkan pada sudut ruangan maupun digantung.

Dengan adanya tanaman ini, seluruh zat kimia yang berterbangan di udara bisa dibersihkan. Selain itu, jika timbul bau tidak kurang sedap di dalam rumah, maka akan spinder plant akan segera menyerapnya.

Hal ini membuat penghuni rumah bisa merasa lebih rileks dan tenang. Di malam hari spinder plant juga bermanfaat untuk mengusir nyamuk.

Lavender

Lavender merupakan tanaman yang sudah terkenal mampu mengusir nyamuk. Warnanya yang indah mampu mempercantik ruangan rumah Anda secara lebih maksimal. Biasanya lavender sering digunakan sebagai aroma dan juga bahan untuk pembuatan lotion anti nyamuk.

Lavender sangat cocok dibudidayakan pada iklim panas dan kering sehingga cocok untuk diletakkan di dalam rumah. Untuk memaksimalkan pertumbuhan lavender, sebaiknya letakkan tanaman ini di daerah yang terkena sinar matahari cukup.

Jenis Tanaman Hias Hidroponik Untuk Memperindah Rumah

Bunga lavender mampu tumbuh pada segala cuaca terutama panas. Hal tersebutlah yang membuat jenis tanaman ini mampu membuat suhu di sekitarnya menjadi lebih nyaman. Tak heran jika banyak orang yang lebih memilih tanaman lavender untuk di letakkan di dalam ruangan.

Anda bisa menggunakan batu kerikil berwarna putih untuk memperindah tampilannya serta bermanfaat untuk menjaga tanah agar tetap kering. Hal ini mampu menjamin pertumbuhan lavender agar lebih berkualitas.

Kaktus

Kaktus menjadi salah satu jenis tanaman  yang sedang digemari karena memiliki banyak varian, dari yang mini hingga yang agak besar. Kaktus seringkali dipilih menjadi tanaman hias untuk di dalam ruangan karena mampu hidup di tempat yang kering dan perawatannya pun sangat mudah.

Jenis Tanaman Hias Hidroponik Untuk Memperindah Rumah

Kaktus memiliki kemampuan untuk mengusir bakteri sehingga bagus diletakkan pada ruangan. Jika di dalam ruangan tidak terdapat bakteri maka udara akan terasa bersih dan juga nyaman. Dengan begitu Anda bisa menjamin kebersihan serta kesehatan para penghuni rumah.

Kaktus merupakan golongan tanaman cactaceae yang umumnya cocok ditempatkan pada kamar. Saat malam hari udara akan berubah menjadi dingin dan tanaman kaktus memiliki kemampuan untuk memfilter udara sehingga mampu memberikan asupan oksigen yang sesuai.

Daun Selada Merah

Selada merah menjadi spesies yang termasuk dalam jenis tanaman sayuran, namun ada juga beberapa orang yang menganggapnya sebagai jenis tanaman hias karena warnanya yang menawan dan berbeda dengan jenis selada sayuran biasa.

Related Post :  Jenis Sayuran Hidroponik Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Jenis Tanaman Hias Hidroponik Untuk Memperindah Rumah

Daun selada merah merupakan jenis tanaman hias hidroponik yang sistem perawatannya paling mudah daripada jenis tanaman yang lainnya.

Jangan sampai air terlalu banyak menggenangi tanaman karena batang selada sangatlah lunak sehingga mudah busuk jika terlalu banyak terkena air.

Bunga Balsam

Bunga balsam disebut juga dengan bunga pacar air dengan warna merah, putih serta pink yang cerah. Kombinasi warna yang cantik membuat jenis tanaman ini sangat cocok dijadikan sebagai tanaman hias.

Jenis Tanaman Hias Hidroponik Untuk Memperindah Rumah

Selain itu, tanaman ini juga cocok dibudidayakan dengan menggunakan sistem hidroponik. Cara menanamnya cukuplah mudah, Anda hanya perlu menyemai benih lalu memindahkannya pada media tanam hidroponik.

Ketika sudah mekar, bunga ini akan terlihat sangat indah jika ditempatkan pada pipa seperti tanaman vertikal.

Bunga Mawar

Bunga mawar banyak disukai karena bisa ditanam dengan menggunakan sistem hidroponik. Hal tersebut mampu menghemat penggunaan lahan bahkan bisa Anda terapkan untuk di dalam rumah.

Jenis Tanaman Hias Hidroponik Untuk Memperindah Rumah

Tak heran jika peminat bunga mawar setiap hari terus bertambah. Dengan menggunakan sistem hidroponik ini, bunga mawar bisa tumbuh dengan lebih cepat dan berkualitas.

Anda bisa menggunakan stek batang mawar kemudian celupkan pada hormon pertumbuhan agar cepat berkembang. Setelah itu Anda bisa memindahkan bunga mawar tersebut di media tanam dan pastikan tanaman memiliki kelembaban yang sesuai.

Setelah berakar, barulah Anda bisa memindahkannya ke pipa hidroponik yang telah disiapkan. Untuk perawatannya tidaklah sulit, Anda hanya perlu menyiram serta memberikan pupuk secara teratur.

Bunga Daisy

Bunga daisy memiliki daya tarik utama berupa warna yang cerah dan terlihat cerita. Bunga daisy sangat cocok sekali dijadikan sebagai dekorasi tempat tidur maupun untuk kamar mandi.

Jenis Tanaman Hias Hidroponik Untuk Memperindah Rumah

Penempatan bunga daisy di dalam rumah memberikan kesan yang segar serta bersemangat karena warnanya. Hal tersebut tentu akan membuat penghuni rumah menjadi lebih betah menghabiskan waktu yang lama di rumah.

Untuk tumbuh dengan baik, bunga daisy membutuhkan sinar matahari yang cukup. Untuk itu sebaiknya letakkan tanaman bunga daisy di tempat yang ideal dengan sinar matahari atau di dekat jendela.

Bunga Krisan

Jenis bunga ini memiliki nama lain yaitu bunga seruni. Bunga krisan memiliki bentuk yang indah dan memiliki aroma yang wangi dan menawan. Sangat cocok diletakkan pada kamar untuk memancarkan aroma rileks agar tidak Anda semakin nyaman.

Jenis Tanaman Hias Hidroponik Untuk Memperindah Rumah

Selain itu, bunga krisan juga bisa diletakkan pada ruang kerja agar menghindarkan diri dari stres yang mungkin menyerang. Dengan adanya bunga krisan, maka suasana ruangan aman terasa lebih segar sehingga bisa mengembalikan mood Anda secara lebih efektif.

Kesimpulan

Setiap jenis tanaman hias hidroponik memiliki karakteristik serta daya tarik yang berbeda-beda. Untuk itu Anda bisa memilih jenis tanaman yang sesuai dengan selera dan bentuk dekorasi rumah. Bukan hanya dijadikan sebagai sarana dekorasi saja, tanaman hias juga mampu menyaring udara sehingga tetap bersih dan segar.

Baca Juga Artikel Yang Berkaitan Dengan Tanaman Hidroponik :

0 Shares:
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like