Khasiat Kayu Gaharu Untuk Kehidupan

Salah satu jenis pohon yang ada di Indonesia ini adalah kayu gaharu. Mungkin belum banyak yang mengetahui atau bahkan mendengar nama pohon ini. Pohoan gaharu merupakan salah satu pohon yang termahal di dunia karena khasiat kayu gaharu yang bermacam-macam. Bahkan, pada zaman kerajaan kuno dahulu, kayu gaharu ini dianggap sebagai kayu raja dengan segudang khasiat.

Kayu gaharu juga memiliki keistimewaan dengan memiliki kandungan resin atau damar wangi yang mengeluarkan aroma khas yang harum. Di beberapa negara seperti Timur Tengah, Cina, Jepang, maupun Korea, banyak menggunakan kayu ini untuk bahan baku produksi dan juga sebagai keperluan ketika ada kegiatan keagamaan. Beberapa khasiat dari kayu gaharu lainnya dapat Anda simak pada ulasan berikut ini.

Khasiat Kayu Gaharu

Bagian dari pohon gaharu yang bisa Anda manfaatkan dapat berupa galihnya dan juga batang pohonnya. Untuk batang kayu ini dapat diolah menjadi minyak dan juga berbagai obat herbal lainnya. Beberapa orang memanfaatkan kayu ini sebagai pewangi karena aroma khas yang dihasilkannya. Salah satu khasiat utama kayu gaharu adalah dapat mengobati berbagai macam penyakit seperti beberapa manfaat lain sebagai berikut:

1. Menjaga Kesehatan Ginjal

Batang dari kayu gaharu ini dapat dibuat menjadi teh yang memiliki manfaat sebagai obat herbal untuk penguat ginjal. Apabila Anda memiliki keluhan tentang ginjal, cobalah konsumsi teh dari kayu gaharu ini secara teratur sehingga penyakit kronis seperti batu ginjal dan gagal ginjal dapat disembuhkan secara alami. Tidak ada efek samping yang ditimbulkan karena teh terbuat dari bahan alami.

2. Mampu Mengobati Sakit Perut

Di dalam batang kayu gaharu terdapat beberapa zat seperti karbon aktif, kaolin, silicon dioksidan dan juga pectin. Beberapa zat tersebut dipercaya mampu untuk mengobati beberapa penyakit termasuk adalah penyakit perut seperti masuk angin, diare, oerut kembung, dan juga sembelit. Batang kayu akan diolah menjadi minyak atsiri yang jika dioleskan pada tubuh akan mengurangi keluhan sakit perut.

3. Sebagai Antibiotik Bagi Tubuh

Khasiat selanjutnya dari kayu gaharu adalah sebagai zat untuk kekebalan tubuh. khasiat ini pertama kali ditemukan oleh seorang ilmuwan yang bernama Alexander Flemming pada tahun 1928. Dari hasil penelitiannya bahwa pada kayu gaharu terkandung zat bernama antibiotic penesin yang dapat menghambat dan membunuh mikroorganisme yang merugikan tubuh.

4. Mampu Menurukan Tekanan Darah Tinggi

Dalam batang kayu gaharu tersebut terdapat zat yang mampu untuk menghilangkan sumbatan yang terjadi pada pembuluh darah. Zat ini akan membuka atau melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lancar. Dengan aliran darah yang teratur dan tanpa sumbatan akan menjaga tekanan darah dalam tubuh Anda menjadi stabil.

5. Membuat Awet Muda

Minyak yang terbuat dari kayu gaharu dipercaya mampu untuk menangkal radkila bebas serta melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya. Kandungan Ph dalam minyak ini terbukti dalam takaran yang pas mampu untuk menyeimbangkan kebutuhan kulit akan sinar UV agar tidak berlebihan. Hal ini dapat membuat kulit Anda menjadi lebih sehat dan tampak awet muda.

Baca Juga :  20 Tips Ampuh Cara Awet Berpacaran Sampai Menikah

6. Mencegah Sel Kanker

Pada batang kayu gaharu terdapat zat yang bernama flavonoid. Secara ilmiah, zat ini mampu untuk menekan perkembangan sel kanker dalam tubuh. Biasanya kayu ini dikonsumsi dalam bentuk teh yang terbuat dari kayu gaharu. Anda tidak perlu khawatir karena teh kayu gaharu ini aman dikonsumsi.

7. Mencegah Tumor

Selain khasiatnya untuk menekan sel kanker, zat flavonoid juga mampu untuk mencegah timbulnya tumor pada tubuh. Olahan dari kayu gaharu ini akan melindungi kualitas dan juga menjaga kesehatan sel dalam tubuh. Walaupun banyak yang belum mengetahui tentang khasiat ini namun pada pengobatan herbal telah banyak menggunakan kayu gaharu ini.

8. Mengontrol Kadar Gula Darah

Berdasarkan penelitian, di dalam batang kayu gaharu terdapat zat yang dapat meningkatkan produksi hormon insulin secara alami dari dalam tubuh. Hormon insulin ini akan bekerja untuk menekan kadar gula dalam darah agar tidak seimbang dan tidak berlebihan. Keseimbangan ini akan membuat tubuh Anda bebas dari penyakit gula darah yang mematikan.

9. Sebagai Detoksifikasi

Selain untuk mengobati berbagai jenis penyakit, kayu gaharu juga mampu mengurai racun yang masuk dalam tubuh Anda. Batang dan kulit kayu ini memiliki efek diuritik yang akan mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui cairan air seni. Anda akan mengalami peningkatan buang air kecil sebagai cara untuk mengeluarkan racun dalam detoksifikasi.

10. Mampu Menangkal Gangguan Jin

Banyak yang meyakini bahwa kayu gaharu ini selain untuk kesehatan juga dapat dimanfatkan untuk menangkal gangguan jin. Pada jaman dahulu, kayu gaharu digunakan untuk membuat aksesori seperti jimat yang dapat melindungi diri dari jin yang mungkin dikirim untuk mencelakai atau berniat jahat pada Anda.

11. Melindungi Diri dari Gangguan Gaib

Selain gangguan dari Jin, kayu gaharu juga dipercaya mampu untuk melindungi diri dari kemungkinan adanya gangguan gaib lainnya. Contohnya adalah santet, guna-guna, teluh, dan juga sihir. Kayu ini dapat melindungi diri Anda dan akan mengirimkan kembali semua gangguan gaib yang ditujukan pada Anda agar kembali pada pengirimnya. Tentunya tindakan secara agama juga berperan dalam hal ini.

 

Persebaran Kayu Gaharu

Kayu gaharu ini akan banyak Anda temukan di hampir seluruh wilayah Indonesia dan juga beberapa negara lainnya seperti Myanmar, Thailand, Pakistan, Malaysia, dan Philipina. Namun paling banyak ditemukan adalah di wilayah nusantara kecuali Nusa Tenggara. Pada dasarnya, kayu ini banyak tumbuh di hutan-hutan Indonesia seperti di  Kalimantan, Sumatera, dan juga Irian.

Populasi pohon ini juga semakin lama semakin sedikit, karena belum adanya pemantauan yang tepat akan para penebang pohon yang sering mengikutkan pohon gaharu ini untuk ditebang. Dengan menipisnya ketersediaan kayu ini membuat harganya menjadi lebih mahal. Belum banyaknya kesadaran untuk penaman kembali pohon gaharu juga membuatnya semakin langka di hutan Indonesia.

Lokasi Pertumbuhan kayu Gaharu

Mengingat populasi kayu gaharu yang semakin hari semakin sedikit bahkan terancam punah, saat ini muncul gerakan penanaman kayu gaharu di beberapa wilayah. Pohon ini selain tumbuh di hutan juga bisa tumbuh di pekarangan rumah yang mempunyai kondisi sesuai dengan habitat aslinya. Walaupun sebenarnya kayu ini bisa muncul di lokasi mana saja, namun hasilnya akan kurang optimal.

Kondisi lingkungan yang sesuai untuk pertumbuhan pohon gaharu ini adalah berada di dataran rendah atau pada lereng-lereng bukit yang memiliki ketinggian sekitar 750 Mdpl. Pada ketinggian ini pohon gaharu dapat tumbuh dengan optimal karena suhu dan Ph tanah sesuai dengan habitatnya. Pohon ini juga memiliki masa panen yang tidak telalu lama, cukup sekiatr 8 tahun Anda sudah dapat memetik hasilnya.

Baca Juga :  Cara Agar Awet Hubungan LDR dengan Pasangan

Khasiat kayu gaharu dalam kehidupan sehari-hari bukan hanya sebagai media pengobatan herbal yang terbukti ampuh untuk mengatasi berbagai macam keluhan penyakit. Manfaat lainnya dapat dirasakan dari sisi mistis yang mampu untuk menangkal berbagai gangguan jin dan hal gaib lainnya. Selain itu pemanfaatan kayu sebagai komoditas bisnis juga mempunyai nilai jual yang tinggi sehingga meningkatkan perekonomian Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like