Setiap perempuan pasti ingin memiliki kulit sehat dan cantik alami. Dengan memiliki kulit yang sehat akan memancarkan aura kecantikan dari dalam diri Anda. Untuk bisa mendapatkan kulit cantik tentunya Anda membutuhkan perawatan tubuh dengan baik. Salah satu cara untuk mempercantik kulit Anda adalah dengan mencoba manfaat kayu cendana.

Ada banyak sekali rahasia yang terkandung dalam kayu cendana, terutama untuk kecantikan kulit secara alami. Dari zaman dahulu kala, kayu cendana telah dipercaya sebagai bahan untuk merawat kulit agar mendapatkan kulit yang cantik alami. Banyak yang belum mengetahui tentang manfaat yang didapatkan dari kayu cendana ini. Namun untuk saat ini telah banyak produk yang berbahan campuran dari kayu cendana ini.

Manfaat Kayu Cendana

Kayu cendana adalah jenis tanaman yang banyak tumbuh di daerah yang mempunyai iklim tropis termasuk di Indonesia. Pohonnya kokoh dan tumbuh tinggi. Banyak digunakan sebagai pohon perindang di halaman rumah. Tahukah Anda bahwa pohon ini mempunyai khasiat yang tinggi untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Bahan alami dari tanaman ini juga tidak memiliki efek samping apapun bagi tubuh Anda.

1. Mampu Melembutkan Kulit

Kayu cendana yang telah dibuat serbuk halus terbukti dapat membuat kulit Anda menjadi lembut dan sehat. Caranya juga mudah, Anda tinggal menyediakan kayu cendana dalam bentuk serbuk yang banyak dijual dipasaran, kemudian campurlah dengan minyak kelapa asli. Oleskan campuran bahan tersebut ke seluruh permukaan kulit Anda.

Ketika mengoleskan, Anda bisa dengan sedikit memberikan pijatan lembut pada permukaan kulit agar khasiat bahan dapat meresap ke seluruh permukaan kulit dan diamkan selama 12 jam. Apabila sudah merata bersihkan dengan menggunakan kain halus dan bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin sehingga Anda akan mendapatkan kulit yang cerah, bersih, dan tentunya lembut.

2. Mampu Untuk Mengencangkan Kulit

Masih dengan menggunakan serbuk dari kayu cendana. Campurkan serbuk dengan kuning telur dan juga madu asli, kemudian oleskan campuran bahan tersebut pada kulit wajah Anda. Diamkan masker beberapa saat kemudian bilas menggunakan air hangat. Khasiat dari bahan ini adalah untuk mengembalikan kekencangan dan kekenyalan kulit wajah Anda serta menghilangkan keriput yang muncul.

3. Sebagai Anti-Tanning

Istilah tanning adalah sebuah proses dimana dapat menyebabkan kulit mengalami penggelapan, dan apabila dibiarkan berkembang akan menjadi tanda awal adanya penuaan dini. Untuk mengantisipasi hal ini, Anda dapat memanfaatkan kayu cendana untuk kecantikan kulit. Campurkan bubuk kayu cendana dengan air lemon dan ditambahkan sedikit madu.

Bahan-bahan yang telah tercampur tersebut dapat Anda pergunakan sebagai masker dengan cara mengoleskan pada permukaan kulit Anda secara merata. Diamkan selama 15 menit atau hingga Anda merasakan masker telah kering. Bilaslah masker yang telah kering dengan menggunakan air bersih. Rasakan manfaatnya dengan menggunakan masker secara teratur paling tidak satu minggu sekali.

4. Sebagai Anti Penuaan

Salah satu manfaat lain dari kayu cendana ini adalah sebagai anti penuaan dini. Sebagai wanita pasti ingin selalu tampil awet muda dengan kulit yang cerah dan sehat menawan. Anda dapat menggunakan masker dari kayu cendana ini untuk mengontrol pelebaran pori-pori kulit yang membuat Anda terlihat lebih tua dan kusam.

Bahan yang dipergunakan juga cukup mudah, Anda hanya membutuhkan bubuk kayu cendana, madu, kuning telur, dan juga minyak kelapa asli. Campur bahan-bahan tersebut dan aduk sampai rata. Oleskan pada bagian wajah Anda dan diamkan kurang lebih selama tiga puluh menit. Setelah dirasa cukup dan masker telah kering, bilaslah dengan menggunakan air mengalir hingga bersih.

5. Dapat Mencegah Jerawat

Jika Anda memiliki masalah dengan jerawat, kayu cendana ini juga bisa digunakan untuk mengurangi jerawat yang membandel. Cara penggunaannya sama yaitu dengan membuat masker dari kayu cendana yang merupakan campuran bahan bubuk kayu cendana dan kunyit bubuk. Jangan lupa untuk menambahkan sedikit air agar bahan tercampur merata, kemudian oleskan pada wajah.

Khasiat kayu cendana ini sebagai media pembersih yang dapat menghapuskan noda-noda dan semua kotoran yang ada di wajah termasuk kotoran yang berada pada pori-pori kulit. Dengan permukaan kulit yang bersih dan sehat maka wajah Anda akan terbebas dari jerawat yang bisa muncul karena kulit yang kotor. Masker ini juga dapat meredakan radang jerawat yang mengganggu.

6. Mampu Menghilangkan Noda

Jerawat yang muncul di wajah Anda terkadang akan menimbulkan bekas hitam yang mengganggu penampilan. Manfaat kayu cendana ini juga bisa untuk menghilangkan noda bekas jerawat atau flek hitam sehingga wajah akan tampak bersih bersinar dan tanpa noda. Cara menggunakannya yaitu dengan membuat masker dari serbuk kayu cendana.

Campurkan serbuk kayu cendana secukupnya dan ditambah dengan minyak kelapa kemudian balurkan ke semua permukaan wajah Anda sebelum tidur. Diamkan kurang lebih 15 menit agar campuran terserap ke dalam kulit. Bilas menggunakan air yang mengalir. Lakukan perawatan ini setiap malam sebelum tidur atau pagi hari ketika bangun dan rasakan hasilnya pada wajah Anda.

Cara Membuat Wajah Bersinar dengan Kayu Cendana

Mempunyai wajah kusam dan tidak enak dilihat akan membuat Anda menjadi minder dan tidak percaya diri. Hal inilah yang membuat banyak sekali wanita mencoba berbagai perawatan wajah dengan harga yang ratusan hingga puluhan juta rupiah. Padahal, ada salah satu cara mudah dan alami agar wajah Anda terlihat bersinar dan bersih, yaitu dengan membuat masker kayu cendana berikut ini.

1. Masker Kayu Cendana I

a. Bahan yang disediakan

  • Dua sendok makan bubuk dari kayu cendana.
  • Sayu sendok makan kunyit bubuk.
  • Tiga sendok makan madu murni.

b. Cara Membuat:

  • Campurkan semua bahan dan aduk hingga merata dan berubah menjadi pasta.
  • Bersihkan wajah terlebih dahulu.
  • Usapkan masker pada bagian wajah dan leher.
  • Biarkan masker selama 20 menit, lalu bilas menggunakan air.

2. Masker Kayu Cendana II

a. Bahan yang Disediakan:

  • Bubuk kayu cendana secukupnya.
  • Air mawar secukupnya.

b. Cara Membuat:

  • Campurkan air mawar dan bubuk kayu cendana sesuai kebutuhan.
  • Aduk hingga merata dan berubah menjadi kental.
  • Aduk terus hingga tidak ada gumpalan serbuk.
  • Cuci bersih terlenih dahulu wajah Anda menggunakan air atau sabun muka.
  • Oleskan masker pada bagian wajah secara merata.
  • Gosok perlahan pada area sensistif di wajah Anda.
  • Biarkan masker kering selam 20 menit.
  • Bilas dengan menggunakan air hingga bersih

Kayu cendana selain digunakan sebagai tanaman perindang agar sejuk, juga mempunyai kelebihaan untuk kecantikan kulit. Para wanita yang ingin mempunyai kulit yang cantik dan sehat dapat mencoba berbagai manfaat kayu cendana secara alami. Dalam penggunaannya, kayu cendana ini tidak dicampur dengan bahan kimia yang berbahaya sehingga aman digunakan bahkan untuk kulit sensitif sekalipun.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *