Seringbaca.com – Malang, daerah di Jawa Timur tersebut memang terkenal memiliki banyak destinasi wisata yang bagus. Kota berhawa sejuk tersebut merupakan favorit wisatawan baik yang berasal dari sekitar Malang ataupun dari luar kota. Komoditas wisata alam di Malang memang sangat memanjakan mata, salah satunya adalah Pantai 3 Warna. Destinasi wisata yang bisa dibilang baru namun sudah menawarkan keindahan.

Pantai ini merupakan bagian dari lautan luas yaitu Samudera Hindia yang berada di Indonesia dan Australia. Bisa dibayangkan bagaimana indahnya ombak di lautan lepas tersebut. Inilah salah satu faktor yang menjadi daya tarik Pantai 3 Warna yang ada di Malang, Jawa Timur. Anda bisa membuktikannya sendiri bagaimana indahnya ombak memecah pinggiran pantai dengan datang kesana.

Keunikan dari pantai ini sekaligus membuatnya berbeda dengan pantai lain pada umumnya adalah warna airnya. Seperti apa yang tertera dalam namanya seperti itulah warna air pada pantai indah ini. Selain warna air yang terdiri dari 3 jenis masih banyak keunikan dari pantai konservasi tersebut.

Pantai 3 Warna
Pantai 3 Warna

Bagaiamana, apakah Anda mulai merasa penasaran dengan Pantai 3 Warna tersebut? Ketahui dulu beberapa informasi dan fakta tentang pantai tersebut sebelum pergi ke sana melalui penjelasan berikut ini.

Fakta dan Keunikan Pantai Tiga Warna

1. Air Laut Terdiri dari 3 Warna

Seperti namanya memang air di pantai ini sangat unik terdiri dari 3 warna yaitu biru, hijau dan putih. Adanya 3 warna pada air di pantai tersebut karena fakor kedalaman yang berbeda. Warna akan terlihat semakin tua jika laut di bawahnya semakin dalam.

Related Post :  Telusuri Daya Tarik Pantai Ujung Genteng yang Mengagumkan

Sumber lain juga mengatakan bahwa penampakan air laut yang diambil menggunakan drone hasilnya berbeda. Hasil pantauan dari drone, air di pantai tersebut berwarna biru muda, biru dan biru tua. Namun bagaimanapun tetap dengan 3 warna sesuai dengan namanya.

2. Terumbu Karang Masih Alami

Fakta menarik lainnya dari Pantai 3 Warna adalah kondisi terumbu karang yang masih alami dan sangat terjaga. Di saat banyak terumbu karang yang mulai rusak, di pantai ini Anda bisa menyaksikan biota laut tersebut masih alami dan bagus. Hal yang mungkin sudah sulit dijumpai di kawasan perairan lainnya.

3. Tempat Snorkeling yang Bagus

Snorkeling memang bisa dilakukan di pantai atau lautan mana saja selama hal tersebut diijinkan dan memungkinkan. Tetapi kondisi bawah laut di pantai tersebut yang akan mendatangkan sensasi berbeda pada kita. Di pantai selatan Malang, hanya pantai inilah tempat paling bagus untuk snorkeling.

Air laut yang masih cenderung jernih dan bersih serta kondisi biota laut yang masih terjaga adalah poin utamanya. Saat snorkeling di pantai ini Anda akan dengan mudah melihat ikan-ikan berenang kesana kemari. Jajaran terumbu karang yang asri dan masih alami juga siap menyambut Anda.

Yang perlu Anda ingat kalau akan snorkeling disana adalah bahwa Anda harus mengenakan pelampung. Pantai 3 Warna ini memang menerapkan aturan yang berbeda dengan pantai lainnya yang umumnya tidak mewajibkan pemakaian pelampung saat snorkeling. Pemakaian pelampung bertujuan agar tubuh kita tidak menyentuh terumbu karang secara langsung dan merusaknya tanpa sengaja.

4. Pasir Putih yang Bersih

Pantai indah di kawasan selatan Malang ini memiliki pasir yang warnanya putih dan selalu tampak bersih. Berkunjung ke pantai tersebut sudah akan membawa perasaan dan sensasi yang mirip dengan mengunjungi kawasan pantai di Bali. Keindahannya memang tidak kalah dengan pantai-pantai terkenal di Pulau Bali. Anda bisa melepaskan kepenatan dengan bermain pasir di tepi pantai.

Itulah beberapa keunikan yang bisa kita temui saat mengunjungi pantai yang ada di Malang tersebut. Apakah hanya itu saja? Tentu saja tidak karena masih ada beberapa informasi menarik lainnya tentang Pantai 3 Warna tersebut.

Related Post :  Pesona Modernisasi Tradisi Khas Pantai Pandawa Bali

Informasi Menarik Tentang Pantai Tiga Warna

1. Berada di Situs Konservasi Mangrove

Pantai ini berada di kawasan konservasi tanaman mangrove di Malang. Pantai indah tersebut memang dikelola oleh CMC atau Clungup Mangrove Club yang membuatnya selalu terjaga kebersihan dan kondisinya. Kalau Anda datang kesana langsung akan terlihat hutan mangrove dan kawasan Pulau Sempu. Adanya pulau itulah yang membuat ombak di pantai menjadi tenang.

2. Harus Reservasi Dulu

Mungkin hanya Pantai 3 Warna satu-satunya tempat wisata air yang mewajibkan pengunjung melakukan reservasi terlebih dahulu. Ya, sebelum bisa berkunjung ke tempat tersebut Anda harus melakukan reservasi terlebih dahulu kepada pengelola. Kalau Anda tidak melakukan booking atau reservasi dulu jangan heran kalau tidak diijinkan masuk ke kawasan wisata pantai tersebut.

3. Maksimal Kunjungan 2 Jam Saja

Kalau di pantai lainnya Anda bisa dan boleh saja menghabiskan waktu seharian dari pagi hingga malam. Tetapi tidak begitu dengan aturan yang berlaku di pantai ini. Pihak pengelola pantai yang sekaligus area konservasi hutan mangrove tersebut hanya memberikan waktu maksimal 2 jam sekali kunjungan. Jadi sebaiknya rencanakan dulu apa yang akan dilakukan disana untuk menghemat waktu.

4. Hanya 100 Pengunjung Per Hari

Bukan hanya itu saja aturan yang berlaku di Pantai 3 Warna tersebut. selain harus reservasi terlebih dahulu, pengelola juga membatasi jumlah pengunjung setiap harinya. Jumlah pengunjung per hari tidak lebih dari 100 orang, itulah aturan yang diterapkan. Sungguh suasana yang sangat eksklusif yang tidak akan dijumpai di pantai lainnya.

5. Harus Ditemani Pemandu

Anda juga tidak bisa seenaknya saja ketika berkunjung ke kawasan wisata pantai tersebut. Mengapa? Karena setiap pengunjung yang datang ke Pantai 3 Warna harus selalu ditemani oleh pemandu. Satu orang pemandu akan menemani 10 pengunjung sedangkan tarifnya adalah Rp. 100 ribu per pemandu. Ini dilakukan agar pengunjung tidak melakukan hal yang bisa merusak apapun yang ada di pantai.

6. Pencatatan Barang Bawaan

Ketika akan memasuki kawasan pantai petugas akan memeriksa tas dan mencatat semua barang yang ada didalamnya. Catatan tersebut nantinya akan dicocokkan lagi ketika pengunjung akan meninggalkan pantai. Jika ada yang kurang maka akan dikenakan denda 100 ribu rupiah per barang. Ini merupakan tindakan antisipasi jika ada pengunjung yang membuang sesuatu ke kawasan pantai tersebut.

Related Post :  Menikmati Sunset dan Bersantai di Pantai Double Six

7. Dikelilingi Oleh Hutan

Seperti sudah dikatakan tadi bahwa kawasan Pantai 3 Warna ini berada di area konservasi hutan mangrove. Kondisi tersebut membuat pantai berada di tengah hutan yang mengelilinginya. Adanya hutan ini justru menjadi kelebihan dari pantai tersebut karena membawa hawa yang segar dan sejuk. Semua karena banyaknya jumlah oksigen yang tersedia karena adanya pepohonan.

8. Ditempuh dengan Jalan Kaki 30 Menit

Anda yang suka berpetualang pasti akan senang datang ke pantai di Malang ini sekaligus mengingat kegiatan pramuka saat di sekolah. Ya, Anda harus berjalan kaki selama 30 menit untuk bisa sampai di kawasan Pantai 3 Warna. Dari parkiran hingga ke area pantai memang tidak ada pilihan lain selain jalan kaki. Waktu yang dibutuhkan sekitar 30 menit.

Simak juga informasi terbaru dari keindahan Geopark Pantai Ciletuh.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like