Pantai Balekambang yang Mirip Tanah Lot di Bali

Seringbaca.com – Pantai Balekambang merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Malang, Jawa Timur.  Seperti yang diketahui bahwa daerah malang ini memang cukup banyak menyimpan keindahan laut di setiap sudutnya. Ada banyak sekali wisata pantai yang ada di Malang hingga tidak akan sempat Anda kunjungi semuanya dalam satu hari. Pantai di Malang umumnya memiliki ombak besar karena termasuk laut Selatan.

Selain pantai, malang juga memiliki banyak sekali destinasi wisata lainnya seperti Gunung, Bukit, Kebun, Taman Bermain dan lain sebagainya. Namun, kali ini akan dibahas tentang keindahan pantai yang sangat terkenal sejak dulu yaitu pantai Balekambang. Pantai ini disebut-sebut sebagai Tanah Lot nya Malang karena sangat mirip dengan penampakan Tanah Lot di Bali.

Penampakan pantai Balekambang yang mirip Tanah Lot yaitu dilihat dari ciri khas bebatuan dan terdapat Pura di atas pulau karang. Pantai ini dibuka 24 jam sehingga wisatawan bisa datang kapan saja. Selain itu, fasilitas di pantai ini juga sangat lengkap seperti tempat makan, penginapan hotel atau villa dan lain sebagainya. Tiket masuknya juga sangat murah yaitu 10 ribu (weekdays) dan 15 ribu (weekend).

Pantai Balekambang
Pantai Balekambang

Rute Perjalanan Ke Lokasi Pantai

Pantai yang satu ini berlokasi di sebelah Selatan kota Malang yaitu di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Malang. Jarak menuju lokasi pantai ini yaitu sekitar 67 kilometer dari pusat kota Malang, kira-kira 1,5-2 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi. Rute menuju ke lokasi pantai ini juga tidak sulit karena ada banyak petunjuk jalan, atau bisa juga memanfaatkan Google Maps.

Inilah penjelasan tentang jalur atau rute perjalanan yang bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi atau umum, antara lain:

  • Kendaraan Pribadi atau Rombongan

Bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi atau yang membawa rombongan, disarankan untuk memilih jalur Gadang dan Kendalpayak ke arah Gondanglegi. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan menuju ke arah Pagelaran, Bantur dan Srigonco. Nah, dari sini lokasi kawasan wisata pantai Balekambang sudah cukup dekat. Anda bisa dengan muda mengikuti petunjuk jalan atau tanda yang banyak tersedia.

  • Kendaraan Umum

Sedangkan jika Anda naik kendaraan umum, bisa menuju ke arah Terminal Arjosari lalu naik angkutan kota dengan jurusan Terminal Gadang. Setelah itu, Anda bisa turun dan ganti angkutan umum menuju ke arah Bantur. Kemudian bisa turun di Kecamatan Gondanglegi atau Pagelaran, lalu lanjutkan perjalanan dengan ojek yang banyak tersedia di sekitaran daerah tersebut.

Anda juga tidak perlu khawatir soal kondisi jalan menuju kawasan wisata pantai ini karena kondisinya sangat bagus. Jalanan menuju ke sana sudah diaspal halus sehingga memudahkan wisatawan yang hendak berkunjung dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Namun, terdapat beberapa rute yang berkelok-belok sehingga tetap harus waspada dan berhati-hati terutama saat menyalip.

Selain itu, tidak semua jalanan menuju pantai Balekambang ini dibangun lebar, sebagian masih berukuran sempit. Oleh karena itu, wisatawan dihimbau agar tetap berhati-hati dan selalu perhatikan jalan dengan baik untuk menghindari kecelakaan. Hal ini karena ada banyak sekali jenis kendaraan yang lalu lalang di jalanan ini karena memang jalur utama menuju pantai.

Baca Juga :  Tempat Wisata Di Tangerang Terbaru Wajib Dikunjungi

Agar lebih rileks dan santai, Anda bisa sekaligus menikmati pemandangan alam di sekitarnya. Selama perjalanan, Anda akan disuguhkan dengan keindahan alam berupa pepohonan hijau, hutan jati, pegunungan, tebing dan lain sebagainya. Di beberapa titik juga terdapat warung makanan dan minuman sehinga jika lelah bisa mampir sebentar mengisi tenaga.

Cerita Misteri di Pantai Balekambang

Di Indonesia, cukup banyak tempat wisata yang memiliki cerita-cerita misteri atau mitos yang beredar di lingkungan masyarakat. Hal ini juga semakin menambah penasaran para wisatawan untuk berkunjung ke tempat wisata tersebut. Nah, di pantai ini juga terdapat beberapa mitos atau cerita misteri yang berkembang turun temurun di masyarakat.

Hal ini tidak boleh Anda percayai, karena dalam Islam kita hanya boleh takut kepada Allah sang pencipta. Jadi ketika berkunjung ke lokasi wisata cukup nikmati nuansa pesona alamnya saja.

Apa yang Menarik dari Pantai Balekambang?

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke kawasan wisata pantai yang mirip dengan Tanah Lot Bali ini. Selain itu, ada banyak pula daya tarik dari pantai ini yang membuat wisatawan semakin penasaran mengunjunginya. Inilah beberapa fakta dan daya tarik pantai, antara lain:

1. Terdapat 3 Pulau Utama di Seberang Pantai

Tak hanya satu, pantai ini ternyata memiliki 3 pulau eksotik yang berdiri di atas batuan karang. Ketiganya bernama pulau Ismoyo, Anoman dan Isanggeni, serta terdapat jembatan penghubung dari area pantai ke pulau-pulau tersebut. Akses jembatan ini memudahkan wisatawan yang ingin menuju ke salah satu pulau di Pantai Balekambang atau bahkan ketiganya.

2. Menikmati Sunset dan Sunrise di Tepi Pantai

Pantai ini sangat luas dan dari sini Anda bisa berburu sunset maupun sunrise yang sangat cantik. Anda akan dimanjakan dengan pemandangan semburat jingga di atas langit yang begitu luas dan tidak terhalang apapun. Tak heran jika banyak sekali wisatawan yang menunggu hingga petang untuk dapat menikmati sunset. Beberapa bahkan memilih untuk menginap di sekitaran pantai agar juga bisa melihat sunrise.

3. Bermain Flying Fox Melewati Lautan

Pantai Balekambang juga menyediakan wahana atau permainan flying fox. Bermain wahana flying fox mungkin sudah biasa di dataran tinggi seperti pegunungan atau perbukitan. Nah, kali ini Anda perlu mencoba sensasi bermain flying fox melewati lautan biru.

Wahana ini tersedia bagi Anda yang ingin kembali ke pesisir pantai setelah lewat jembatan ke pulau Ismoyo. Aktivitas seru ini patut Anda coba untuk merasakan sensasi baru naik flying fox, namun wahana ini hanya dibuka saat weekend.

4. Rasakan Sensasi Camping di Pinggir Pantai

Bagi Anda yang sangat menyukai aktivitas berkemah atau camping, area pesisir pantai Balekambang juga bisa dimanfaatkan untuk membangun sebuah tenda. Menginap di hotel atau villa dan jenis penginapan lainnya mungkin terkesan kuno, cobalah sesekali berkemah di tepian pantai. Anda akan merasakan hembusan angin dan mendengar deburan ombak sepanjang hari.

Namun, perlu diperhatikan saat membangun tenda jangan terlalu dekat dengan bibir pantai. Hal ini karena ditakutkan saat malam hari air mulai pasang dan tenda akan terkena ombak. Membangun kemah di pinggir pantai juga merupakan salah satu cara yang asyik untuk menikmati sunset dan sunrise di tepi pantai.

Sekian informasi tentang kawasan pantai Balekambang yang legendaris dan terkenal sejak dulu. Keindahan panorama di pantai ini memang cukup terkenal karena kemiripan nya dengan Tanah Lot di Bali. Tidak lengkap juga rasanya jika belum mengetahui Pantai Ujung Genteng. Semoga informasinya bermanfaat.

Baca Juga :  Intip Pesona Keindahan Pantai Karang Jahe yang Istimewa
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like