Menikmati Keindahan Alam Pantai Bandengan Jepara

Seringbaca.com – Sekarang sudah memasuki bulan Desember dan akhir tahun, dimana liburan sebentar lagi akan datang. Apakah Kamu sudah merencanakan akan pergi liburan kemana? Jika belum ada rekomendasi tempat wisata yang sangat menarik. Pantai Bandengan bisa menjadi pilihan utama. Pantai ini terkenal dengan  keindahan alam yang sangat memanjakan mata. Untuk lebih jelasnya, simak uraian di bawah ini.

Mengenal Pantai Bandengan

Siapa tidak mengenal kota Jepara, sebuah wilayah yang terkenal dengan seni ukir dan tempat lahir tokoh emansipasi perempuan R.A Kartini. Dibalik nama tersebut ternyata kota Jepara menyimpan keindahan alam yang sangat luar biasa. Salah satunya adalah Pantai Bandengan.

Lokasi tempat wisata ini mudah dijangkau dan terletak 7 km sebelah utara pusat kota Jepara. Harga tiket masuknya juga sangat murah yaitu Rp 2000 untuk anak-anak dan orang dewasa Rp 5.000. Hal inilah menjadi salah satu alasan kenapa pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung.

Pantai Bandengan
Pantai Bandengan

Kurang lengkap jika tidak membahas sedikit sejarah dari pantai ini. Nama bandengan ternyata diambil dari cerita Sunan Nyemplungan. Dimana pada saat itu sering diperintahkan untuk menyebarkan ajaran agama islam di Kepulauan Karimun Jawa. Ketika dalam perjalanan melewati sebuah pantai yang mempunyai banyak ikan bandeng. Kemudian tempat tersebut diberi nama Bandengan.

Nilai lebih dari Pantai ini adalah telah dikelola dengan baik sehingga tersedia fasilitas umum cukup lengkap. Jika ingin menginap untuk melihat sunrise dan sunset juga bisa karena sudah tersedia resort di dekat pantai.

Daya Tarik Pantai Bandengan

1. Olahraga Air

Daya tarik yang pertama dari pantai ini adalah menyediakan fasilitas olahraga air. Bagi yang membawa anak kecil dan ingin berenang di pinggir pantai bisa menyewa ban. Sedangkan wisatawan yang menyukai wahana yang lebih menantang ada penyewaan banana boat.

Dengan menyewa wahana ini, wisatawan akan diuji keberaniannya. Misalnya saat banana boat memecah ombak dengan kecepatan tinggi. Tentu hal ini membuat jantung berdebar lebih kencang. Selain banana boat, pengelola juga menyediakan fasilitas jetski.

Fasilitas jetski yang disediakan masih dalam keadaan bagus dan memadai. Bagi wisatawan yang ingin mencoba tetapi tidak tahu cara menggunakannya maka bisa belajar dengan trainer-trainer profesional. Jika tidak berani menggunakan banana boat atau jetski, pengunjung bisa menyewa perahu kano atau ATV.

2. Gazebo Pantai

Namanya juga wisata pantai jadi pasti panas. Tetapi tenang saja, Pantai Bandengan menyediakan deretan gazebo yang bisa dimanfaatkan wisatawan untuk berteduh dan menikmati keindahan di tempat ini. Biasanya pada musim liburan gazebo selalu penuh untuk menggantikannya Kamu bisa menyewa tikar dengan tarif Rp 10.000.

Melihat keindahan pantai akan semakin sempurna karena gazebo yang dibangun menjorok ke arah laut. Menariknya lagi dibangun saling berpisah sehingga tidak saling mengganggu antar gazebo. Keberadaan fasilitas ini akan membuat keindahan pantai ini semakin sempurna. Bagi wisatawan yang suka foto bisa juga berpose di gazebo dengan latar belakang laut biru yang eksotis.

3. Festival

Daya tarik Pantai Bandengan semakin lengkap karena pada waktu tertentu tempat ini menyelenggarakan festival kebudayaan. Seperti Festival boat, layang-layang dan motor cross. Bisa dibayangkan betapa asiknya jika berkunjung ke sini saat sedang ada event tersebut.

Baca Juga :  Pesona Modernisasi Tradisi Khas Pantai Pandawa Bali

Selain menikmati festival tersebut, pengunjung juga bisa mengikutinya. Tentu ini akan menjadi pengalaman yang sangat menarik dan menyenangkan saat berkunjung ke Pantai Bandengan.

4. Kuliner dan Oleh-oleh

Satu hal yang tidak bisa dilepaskan dari liburan adalah wisata kuliner. Liburan kurang sempurna jika tidak mencicipi makanan lokal dan khas dari suatu daerah. Ketika mengunjungi Pantai Bandegan, pengunjung bisa menikmati berbagai menu makanan, tentunya menyediakan berbagai ikan fresh. Jangan lupa untuk mencoba menu khas dari tempat ini yaitu bandeng.

Ikan yang dipilih bisa digoreng atau dibakar, sesuai dengan keinginan pembeli. Untuk harganya tak perlu takut kemahalan karena memang sangat ramah di kantong wisatawan. Jadi tidak perlu takut untuk mencoba mencicipi lezatnya menu yang dipesan dan dimakan sambil menikmati keindahan pantai. Di pantai ini juga banyak penjual oleh-oleh yang bisa dibeli pengunjung.

Keindahan Alam Pantai Bandengan

1. Hamparan Pasir Putih

Berbicara mengenai Pantai Bandengan tentu akan langsung teringat dengan hamparan pasir putihnya yang sangat bersih dan lembut. Keindahan pasir putih ini semakin sempurna karena diiringi dengan deburan ombak yang bersahabat. Sehingga wisatawan bisa menikmatinya sambil berenang di pinggir pantai.

Banyak pengunjung yang memanfaatkan hamparan pasir putih yang luas tersebut untuk bermain pasir, voli pantai atau bersepeda. Di atas pasir putih juga mudah ditemukan batu karang kecil-kecil. Udara di Pantai Bandengan juga sangat sejuk dan bebas polusi sehingga membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat ini.

Hamparan pasir putih terlihat sempurna dengan air laut yang jernih dan berwarna biru. Bahkan keberadaan batu karang juga menjadi daya tarik tersendiri. Lokasi pantai ini juga masih sangat asri sehingga tercipta perpaduan antara warna hijau dan biru yang sangat mempesona.

2. Bibir Pantai yang Panjang

Berkunjung ke pantai ini akan lebih asik jika bersama teman-teman dan keluarga. Fasilitas dan hamparan pasir putih yang sangat luas bisa lebih menarik jika dinikmati bersama-sama. Pantai Bandengan mempunyai bibir pantai yang panjang sehingga bisa digunakan pengunjung untuk bermain voli pantai, ATV, bersepeda atau bermain pasir.

Bagi yang ingin berenang juga bisa. Ombak di pantai ini sangat bersahabat, namun harus tetap berhati-hati. Keindahan alam di pantai ini sangat bagus sehingga tidak ada salahnya untuk mengambil foto dan mengunggahnya di media sosial.

3. Sunset

Berkunjung ke pantai ini terasa tak lengkap jika belum menikmati sunset. Menikmati matahari terbenam dari sini sangat memanjakan mata. Tidak kalah dengan keindahan sunset yang terlihat ketika mengunjungi Pantai Kuta.

Bahkan para wisatawan rela untuk menyewa resort hanya untuk bisa melihat matahari terbenam dengan sangat indah. Saat pagi hari juga bisa menikmati keindahan sunrise dari pantai ini. Hal ini membuat keindahan alam pantai ini semakin sempurna dan menawan.

4. Pepohonan Rimbun dan Hijau

Lebih menariknya lagi keberadaan pantai ini masih tergolong asri. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya hamparan pohon-pohon di sekitarnya. Keberadaan pohon-pohon rimbun tersebut membuat semakin sejuk.

Karena hal tersebut membuat suasana Pantai Bandengan sangat nyaman. Ketika siang hari juga tidak membuat pengunjung kegerahan. Jadi tidak salah apabila banyak wisatawan betah lama-lama berada di pantai ini. Untuk menjaga kelestariannya jangan membuang sampah sebarangan. Biasakan untuk selalu membuang sampah di tempat sampah.

Nah, itulah daya tarik dan juga keindahan alam yang bisa dinikmati dari Pantai Bandengan. Pantai ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi saat liburan tiba. Bukan tanpa alasan karena memang mempunyai keindahan alam yang sangat luar biasa. Simak juga tempat wisata eksotis di Anyer yaitu Pantai Karang Bolong.

Baca Juga :  Wisata Sensasional Pantai Dreamland Berpagarkan Tebing
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like