Main ke Banten Belum Puas Kalau Belum ke Pantai Carita

Seringbaca.com – Pantai Carita adalah salah satu destinasi wisata pantai yang paling wajib dikunjungi saat Anda berlibur ke Provinsi Banten. Pantai yang eksotik dan memiliki pemandangan yang sangat indah ini membuat banyak wisatawan dari berbagai penjuru datang berkunjung ke sini. Aktivitas para pengunjung menjadi lebih seru karena tersedia berbagai macam pilihan wahana atau permainan air di pantai ini.

Pantai yang satu ini juga selalu terlihat bersih, karena pihak pengelola sudah menyiapkan petugas kebersihan untuk selalu membersihkan kawasan pantai. Pantai ini disebut juga sebagai pantai Anyer Carita atau Carita Anyer oleh masyarakat di sekitarnya. Secara administratif, pantai yang indah nan eksotik ini terletak di daerah Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Sejarah Singkat Dibalik Keindahan Pantai Carita

Dibalik keindahannya, ternyata pantai ini menyimpan sejarah yang sangat pedih di masa lampau saat penjajahan Belanda. Di zaman penjajahan Hindia Belanda yaitu sekitar tahun 1809 sampai 1810, wilayah pantai ini dijadikan sebagai tempat penyiksaan warga pribumi. Masyarakat lokal asli Indonesia tersebut disiksa dan dipaksa untuk bekerja keras sebagai upaya meningkatkan ekspor pihak Belanda.

Pantai Carita
Pantai Carita

Kemudian pada tahun 1978 setelah Indonesia merdeka, kawasan ini pun dijadikan sebagai tempat wisata alam oleh Menteri Pertanian. Setelah itu, satu per satu pengunjung mulai datang meramaikan kawasan wisata ini. Hingga sekarang, pantai ini sudah lebih banyak dikunjungi wisatawan karena daya tarik keindahan pantainya.

Pasir pantainya juga memiliki daya tarik tersendiri karena berwarna putih, bersih dan halus. Saat matahari sedang terik, pasir berwarna putih di pantai Carita ini akan terlihat seperti berlian yang berkilauan. Namun, meski panas dan terik matahari cukup menyengat, angin yang sejuk di sekitar pantai akan membantu menyejukkan suasana.

Sekadar duduk bersantai di bawah pohon juga menjadi salah satu aktivitas favorit para pengunjung atau wisatawan pantai ini. Duduk bersantai di bawah pohon juga bisa sekaligus sambil menikmati pemandangan keindahan Gunung anak Krakatau. Untuk masalah keamanan, Anda tidak perlu khawatir karena di pantai ini sudah disediakan penjaga pantai yang selalu berjaga dengan sigap.

Rute dan Harga Tiket Masuk

Lokasi pantai ini berada di Kecamatan Carita, Sukarame, kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Untuk menuju ke pantai Carita, Anda bisa melewati dua jalan alternatif, seperti di bawah ini:

1. Jalur Alternatif Pertama

Jalur pertama ini bisa Anda mulai dari arah jakarta menuju ke Tol Merak sampai di wilayah Serang. Setelah itu, perjalanan bisa Anda lanjutkan menuju ke kota Pandeglang sampai masuk ke daerah Labuhan. Nah, dari sini Anda sudah dekat dengan kawasan wisata pantai. Anda bisa dengan mudah menemukan jalan menuju pantai menggunakan papan petunjuk yang banyak tersedia.

2. Jalur Alternatif Kedua

Jalur kedua masih sama dari arah Jakarta menuju ke Serang melalui perlintasan Tol Merak. Bedanya di sini adalah perjalanan diteruskan ke arah Palima kemudian ke Batukuwung dan dilanjutkan ke pantai Carita. Jarak tempuh nya juga cukup dekat dan sangat mudah menemukan tanda petunjuk jalan. Agar lebih mudah, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi Google Maps.

Baca Juga :  Pantai Watu Karung, Wisata Ekonomis Berkelas Internasional

Sesampainya di pantai ini, Anda harus menyiapkan beberapa uang untuk membeli tiket dan persiapan persewaan wahana, antara lain:

  • Saat pertama kali masuk ke area pantai, Anda akan diminta membeli tiket masuk dengan harga 15 ribu rupiah per orang
  • Sedangkan biaya untuk parkir di pantai ini yaitu sebesar 10 ribu untuk motor dan 15 ribu untuk mobil
  • Jika Anda tertarik untuk menyewa beberapa peralatan snorkeling, Anda perlu menyiapkan uang sebesar 50 ribu rupiah
  • Untuk permainan Banana Boat bisa ditebus dengan uang sebesar 25 ribu rupiah
  • Menyewa kendaraan ATV selama 15 menit dikenakan tarif sebesar 25 ribu rupiah
  • Sedangkan untuk Anda yang tertarik mencoba mengendarai jet ski, siapkan uang sebesar 30 hingga 50 ribu rupiah

Wahana dan Aktivitas Seru Lainnya

Main di pantai Carita belum lengkap rasanya jika belum mencoba wahana atau permainan yang tersedia lengkap di sekitaran pantai. Ada banyak sekali wahana yang bisa dicoba, antara lain:

1. Wahana Diving dan Snorkeling

Ada banyak pilihan persewaan alat diving ataupun snorkeling di sekitar kawasan pantai beserta pelatih atau coach yang akan mengajari Anda. Aktivitas diving dan snorkeling di pantai memang cukup ramai belakang ini dan akan sayang sekali jika Anda belum pernah mencobanya.

Dengan melakukan olahraga air yaitu diving maupun snorkeling, Anda bisa melihat keindahan biota di bawah laut yang sungguh mengesankan. Pantai yang satu ini memang cukup terkenal memiliki keindahan biota laut yang alami dan masih terjaga dengan baik. Pantai Carita ini memiliki banyak jenis terumbu karang dan juga ikan hias yang cantik dan suka bergerombol dengan kawanan nya.

2. Main Bola dan Tarik Tambang di Tepi Pantai

Tepian pantai ini memang cukup luas, oleh karena itu area pantai juga sering digunakan untuk bermain bola atau tarik tambang. Bermain tarik tambang sebenarnya merupakan salah satu aktivitas rutin karyawan pantai untuk melepas penat dan lelah setelah seharian bekerja. Hal ini dilakukan untuk menjalin silaturahmi antar pegawai dan menciptakan kekompakan.

3. Mencoba Permainan Banana Boat

Salah satu permainan atau wahana yang paling populer di pantai Carita adalah Banana Boat. Hampir sama dengan permainan di pantai lainnya, wahana Banana Boat seperti tak pernah sepi karena selalu banyak yang antre untuk mencobanya. Permainan yang satu ini akan membuat semua stress dan beban berat hilang seketika saking serunya.

4. Berkeliling Naik Kendaraan ATV

Jika Anda memilih untuk tidak mau basah-basahan dengan bermain Banana Boat atau Diving dan Snorkeling, masih ada wahana lainnya. Anda bisa mencoba naik kendaraan ATV yang akan memacu adrenalin, apalagi akan lebih susah jika melintasi pasir daripada tanah biasa. Anda juga bisa mengajak anak-anak untuk ikut naik kendaraan ATV sehingga mereka memiliki pengalaman seru di pantai Carita ini.

5. Mengendarai Jet Ski dan Kebut-kebutan di Air

Bermain ATV mungkin sedikit kuno bagi sebagian orang sudah pernah atau biasa menaikinya. Namun, tenang saja, masih ada permainan balap yang lainnya dan tak kalah seru yaitu mengendarai jet ski. Jika dengan ATV Anda balapan di atas pasir pantai, maka dengan jet ski Anda bisa kebut-kebutan di atas air laut. Bagi Anda yang belum tahu cara mengendarai nya, ada pelatih yang akan membantu atau menemani.

Nah, itulah informasi seputar pantai Carita yang perlu Anda ketahui sebelum berkunjung ke sana. Jangan lupa untuk selalu menuliskan daftar aktivitas yang akan dilakukan dan berapa budget liburan yang diperlukan. Hal ini kana membuat liburan Anda semakin tertata dan lebih seru dengan semua daftar aktivitas yang sudah Anda ketahui sebelumnya. Lihat juga keindahan pantai pasir putih. Semoga informasinya bermanfaat.

Baca Juga :  Wisata Sensasional Pantai Dreamland Berpagarkan Tebing
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like