Pesona Legendaris Pantai Carocok Sumatra Barat

Seringbaca.com – Pantai Carocok, salah satu pantai di Sumatera Barat yang memiliki pesona keindahan beserta bumbu legenda yang menyertainya. Pantai ini memang memiliki keindahan yang sudah terkenal sudah sejak lama. Tidak heran banyak wisatawan yang memadati pantai ini di hari biasa maupun musim liburan.

Banyak turis yang membandingkan keindahan pantai ini dengan Pantai Sanur, Pantai Legian dan Pantai Kuta. Hebatnya lagi, pantai ini tidak hanya menawarkan panorama keindahan atas dan bawah laut, namun juga tentang legenda yang ada di lokasi tersebut. Berikut ini kami bahas beberapa fakta dan detail tentang pantai kebanggan warga Padang ini.

Pesona Legendaris Pantai Carocok

Sejarah Pantai

Sejarah sebuah tempat wisata bisa menjadi daya pikat tersendiri, tak terkecuali pantai ini. Hal-hal semacam ini memang tidak bisa dipisahkan begitu saja, karena malah bisa menjadi pesona yang akan dianggap menarik oleh para turis.

Pada zaman dahulu, pantai ini sama sekali tidak indah seperti sekarang, lebih seperti lokasi yang sepi dan tidak terawat. Pada zaman dahulu, lokasi pantai ini sering digunakan oleh warga lokal sebagai lokasi ternak sapi. Jadi pada zaman dahulu tidak ada kesan keindahan sama sekali dari pantai ini.

Perubahan drastis terjadi pada tahun 1980, dimana kawasan ini mulai bangkit khususnya dalam segi perekonomian. Pada saat itu Indonesia memang gencar-gencarnya melakukan kampanya tentang pariwisata. Hal ini tentu saja bermanfaat, selain untuk pemerintah juga untuk warga lokal, khususnya sebagai penggerak roda ekonomi.

Diakui atau tidak, berkembangnya pariwisata dalam sebuah daerah pasti akan berdampak munculnya peluang kerja dan usaha dari lokasi tersebut. Nah, mulai tahun itu lah pantai ini mulai berbenah dan menjadi begitu indah seperti sekarang ini. Saat ini jika Anda sedang berllibur di pantai ini, Anda tidak akan menemukan satu ekor sapi pun di sekitarnya.

Legenda yang Berkembang

Di Pantai Carocok ini juga berkembang sebuah legenda yang telah dipercaya secara turun temurun. Legenda tersebut menyebutkan bahwa di kawasan pantai tersebut terdapat sebuah pulau yang bernama Pulau Batu Kereta. Nama batu kereta ini terinspirasi dari sebuah batu yang ada di ujung selatan pulau.

Batu yang menjadi inspirasi tersebut memang mirip sekali dengan roda kereta yang bergerigi. Banyak cerita yang berkembang tentang bagaimana asal mula terbentuknya batu tersebut. Misalnya jejak orang portugis yang pernah singgah di kawasan tersebut. Sebagian mengatakan bahwa batu tersebut adalah jejak meneer Belanda yang menggunakan sepeda.

Sebenarnya cerita-cerita di atas hanya sebatas dugaan saja dan belum bisa dipastikan berdasarkan sejarah. Namun jika dipandang dari sudut keilmuan, terbentuknya batu tersebut hanya karena hempasan ombak yang terus menggempur batu tersebut hingga menciptakan bentuk seperti roda kereta.

Panorama Pantai Indah Memukau

Pantai Carocok tidak hanya mengandalkan mitos dan legenda untuk menarik para wisatawan. Karena dua hal tersebut tidak cukup jika pemandangan pantai biasa-biasa saja. Beruntungnya, pantai ini memang memiliki landscape yang sangat indah dan eksotis sehingga Anda bisa merasakan pengalaman liburan yang menyenangkan.

Baca Juga :  Menguak Eksotisme Pantai 3 Warna, Surga Wisata di Malang

Jangan lupa untuk selalu membawa kamera, karena begitu banyak spot yang bisa menghasilkan foto-foto terbaik. Untuk itu, Anda harus benar-benar mengeksplorasi pantai ini secara menyeluruh, karena di sana Anda bisa menemukan pesona pantai ini dengan maksimal. Apalagi jika Anda menunggu hingga sore untuk mendapatkan momen sunset yang begitu indah.

Terumbu Karang yang Indah dan Terawat

Selain menawarkan pemandangan atas laut yang begitu memukau, Pantai Carocok ini juga memiliki panorama bawah laut yang tidak kalah indahnya. Hal itu karena pantai ini memang kaya akan terumbu karang indah yang selalu terawat dengan baik. Merupakan kabar yang bagus karena sekarang ini banyak terumbu karang yang rusak.

Hal ini juga berkat pengelola dan warga lokal sekitar pantai yang merawat dan menjaga terumbu karang agar indah dan tidak rusak. Jadi turis masih bisa menikmati sajian keindahan terumbu karang yang seluas 70 hektar ini dengan utuh. Selain terumbu karang, Anda juga bisa menikmati keragaman dan keindahan biota laut lain yang sangat banyak jenisnya.

Nah, untuk menikmati sajian pemandangan laut yang indah tersebut Anda bisa snorkeling maupun diving. Biayanya cukup terjangkau kok, jika ingin snorkeling Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 50 ribu. Sedangkan jika ingin diving maka biayanya adalah sekitar Rp 400-500 ribu.

Biaya tersebut sudah termasuk peralatan dan perlengkapan snorkeling dan diving yang lengkap. Misalnya saja peralatan dan foto yang bisa digunakan untuk menangkap gambar di bawah laut. Dijamin Anda akan membawa pulang kenangan berupa selembar pemandangan bawah laut yang indah dan menakjubkan.

Hutan Mangroove yang Luas

Anda juga bisa menikmati sajian hutan magroove yang luasnya mencapai 400 hektar. Sajian keindahan tersebut bisa langsung Anda resapi efeknya begitu Anda tiba di Pantai Carocok. Ya, hutan ini memang membuat suhu sekitar pantai terasa hangat dan sepoi-sepoi. Jadi Anda bisa betah dan nyaman ketika mengeksplorasi keindahan pantai ini.

Pulau Batu Kereta dan Pulau Cinguak

Pulau Batu Kereta dan Pulau Cinguak merupakan dua dari sekian banyak daya tarik yang dimiliki oleh pantai ini. Jadi jika sedang berlibur ke pantai ini, usahakan untuk mengunjungi pulau ini. Caranya mudah kok, Anda tinggal menyeberang jembatan yang tersedia untuk menuju Pulau Batu Kereta. Sedangkan jika ingin menuju Pulau Cinguak, maka Anda harus menggunakan perahu, jaraknya hanya 200 meter.

Di tempat ini Anda bisa menemukan benteng Portugis yang mana merupakan peninggalan sejarah. Di dua pulau ini Anda juga bisa mencoba kegiatan-kegiatan yang menyenangkan. Misalnya saja flying fox dan kegiatan air seperti banana boat, jetski dan donat boat.

Fasilitas Lengkap di Pantai Carocok

Lahan Parkir yang Luas dan Memadai

Sebagai objek wisata yang ramai dikunjungi turis lokal dan mancanegara, pengelola pantai ini memastikan tersedianya fasilitas khas pantai yang memadai. Misalnya saja lahan parkir yang luas, untuk itu Anda tidak perlu khawatir jika membawa mobil sendiri.

Toilet yang Bersih

Wisata pantai memang harus memiliki toilet yang bersih dan cukup airnya karena wisatawan sangat membutuhkan hal tersebut. Setelah puas beraktivitas di air laut, mereka pasti akan mandi untuk menghilangkan pasir dan lengket.

Warung Makan dan Oleh-oleh

Pantai Carocok juga menyediakan warung-warung makan dan oleh-oleh yang bisa Anda temukan dengan mudah di area pantai. Para turis tentu saja akan merasa lapar setelah seharian menjelajahi keindahan pantai. Mereka juga bisa belanja oleh-oleh khas pantai ini dengan harga yang terjangkau.

Baca Juga :  Daya Pikat Pantai Senggigi Nusa Tenggara Barat

Penginapan yang Lengkap

Jangan khawatir jika eksplorasi Anda belum cukup, karena di sini juga disediakan hotel dan penginapan dengan harga yang variatif. Hotel-hotel sekitar pantai yang bisa Anda pilih misalnya saja Langkisau Resort Hotel dan Guest House Cingkuak Island.

Demikianlah ulasan tentang pesona Pantai Carocok yang indah dan dibumbui oleh beberapa cerita turun temurun. Anda bisa menemukan pantai ini di Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Padang, Sumatera Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like