Ada Apa Saja di Geopark Pantai Ciletuh? Cek Disini!

Seringbaca.com – Indonesia sebagai negara kepulauan memang memiliki banyak pantai yang bagus dan indah. Wilayah Indonesia memang dua pertiganya berupa lautan sehingga hampir di seluruh bagian kita bisa dengan mudah menemukan pantai. Termasuk di Sukabumi, Jawa Barat kita bisa menemukan tempat wisata bagus bernama Pantai Ciletuh. Banyak referensi mengatakan tempat ini adalah surganya pecinta alam.

Sebenarnya destinasi wisata di Sukabumi tersebut merupakan geopark yang diakui oleh UNESCO sejak 2015 yang lalu. Jadi jika Anda pergi ke kawasan wisata ini bukan hanya akan mendapatkan satu keindahan saja tetapi ada beberapa. Bisa diibaratkan kawasan wisata ini seperti sebuah cluster yang di dalamnya ada banyak rumah. Bukan hanya 1 pantai di kawasan ini melainkan ada beberapa.

Namun meskipun begitu orang biasa menyebut geopark ini dengan nama Pantai Ciletuh agar lebih mudah. Ada apa sajakah di geopark pantai Sukabumi tersebut? Inilah daftarnya.

Pantai Ciletuh
Pantai Ciletuh

Pantai di Kawasan Wisata Geopark Ciletuh

1. Pantai Ujung Genteng

Pemandangan alam yang eksotis bisa kita dapatkan di Pantai Ujung Genteng ini. Dengan pasir putih yang bersih serta pantainya yang landai kian membuat kita betah berlama-lama di sana. Bibir pantai yang cukup panjang membuat pantai tersebut kian eksotis dan menyenangkan untuk menikmati deburan ombak. Salah satu  tempat wisata di kawasan Geopark Pantai Ciletuh ini sering dijadikan lokasi pemotretan.

Anda bisa menikmati hangatnya sinar matahari di pantai sambil bermain pasir atau sekedar duduk santai sambil merasakan air membasuk kaki. Di Pantai Ujung Genteng ini jugalah kita bisa menyaksikan sunset yaitu peristiwa terbenamnya matahari yang sangat bagus.

2. Muara Cipanarikan

Bagi Anda yang berjiwa petualang destinasi yang bisa dicoba adalah Pantai Cipanarikan. Masih di kawasan Geopark Ciletuh juga namun dibutuhkan usaha yang lebih untuk bisa sampai di area pantai tersebut. Memang ini merupakan pantai yang tersembunyi sehingga kita harus berjalan kaki terlebih dahulu.

Tetapi semua rasa lelah tersebut akan terbayar dengan keindahan alam pantai tersebut. Bibir pantainya lebar dengan air berwarna hijau. Dari Pantai Cipanarikan kita juga bisa menyaksikan momen matahari tenggelam yang penuh kesyahduan.

3. Pantai Cimaja

Masih ada lagi destinasi wisata air di kawasan Geopark Pantai Ciletuh yang akan memanjakan mata. Pantai Cimaja namanya. Tempat ini merupakan destinasi paling pas bagi mereka penggemar olahraga air. Di Cimaja ini kita bisa melakukan selancar atau surfing karena ombaknya yang bagus dan garis pantai yang panjang. Tidak harus jauh-jauh ke Bali untuk melakukan water sport favorit Anda.

4. Pantai Pangumbahan

Di pantai ini Anda bisa menemukan sesuatu yang lain dari pantai lainnya. Di sini Anda bisa menemukan penyu hijau yang banyak hidup dan bertelur di kawasan tersebut. Jenis olahraga yang sering dilakukan di pantai ini adalah paralayang.

Jika di pantai lainnya sangat ideal untuk melihat sunset maka di pantai ini kita bisa melihat sunrise. Selain melihat terbitnya matahari kita juga bisa menyaksikan para nelayan pulang dari mencari ikan.

Anda bisa memilih satu atau beberapa destinasi tersebut ketika mengunjungi kawasan Geopark Pantai Ciletuh yang ada di Sukabumi. Selain tempat wisata berupa pantai Anda juga bisa menemukan keindahan alam lainnya. Masih tidak jauh dari wisata air, di kawasan geopark tersebut ada juga beberapa curug atau air terjun.

Baca Juga :  Main ke Banten Belum Puas Kalau Belum ke Pantai Carita

Apa saja air terjun atau curug yang ada di geopark ini? Cek di bawah ini.

Wisata Air Terjun di Geopark Ciletuh

1. Curug Larangan

Air terjun Larangan ini memiliki keindahan berupa tebing batu yang menjulang tinggi sebagai latar belakangnya. Panorama sekitar air terjun terlihat sangat cantik dengan adanya aneka ragam tumbuhan di sana. Saat musim hujan tiba debit air di curug kawasan Geopark Pantai Ciletuh ini akan semakin tinggi. Megahnya air terjun akan membuat Anda terpesona.

2. Curug Cikanteh

Air terjun yang berada di tengah hutan hujan tropis tersebut menawarkan eksotisme alam yang mempesona. Ibarat menemukan surga yang tersembunyi perasaan itulah yang akan kita dapatkan saat berkunjung ke sana. Berkunjung ke Curug Cikanteh serasa melakukan petualangan yang menyenangkan karena indahnya alam di sekitarnya.

3. Curug Sodong

Bukan hanya satu tapi dua air terjun yang akan kita temui di Curug Sodong ini. Ya, tempat wisata Curug Sodong sering disebut juga dengan air terjun kembar. Disinilah letak pesona alam di curug tersebut yang tidak bisa Anda dapatkan di tempat lainnya.

Kesan yang mendalam akan Anda dapatkan juga dari panorama indah di sekitar curug ini. Tidak heran jika kawasan Pantai Ciletuh disebut dengan surga wisata. Curug Sodong merupakan salah satu buktinya.

4. Curug Cigangsa

Air terjun dengan keunikan dan keindahan lainnya adalah Curug Cigangsa. Kalau di Curug Sodong kita bisa melihat air terjun kembar maka di Curug Cigangsa beda lagi. Disini Anda akan dibuat terpesona dengan adanya air terjun tiga tingkat. Hanya bisa kita dapatkan di Curug Cigangsa, salah satu andalan wisata di kawasan Pantai Ciletuh, geopark yang diakui dunia.

Air terjun di Curung Cigangsa seperti memiliki 3 tingkat yang membuatnya sangat indah dijadikan sebagai lokasi foto. Airnya yang jernih serta debit airnya yang rendah menimbulkan kesan seperti lelehan yang jatuh dari atas. Eksotisme alam seperti ini sangat jarang sekali bisa ditemukan di lokasi lainnya. Karena aliran airnya yang tenang membuat pengunjung bisa bermain air dengan aman.

5. Air Terjun Cimarinjung

Kalau ingin menyaksikan indahnya air terjun yang megah silahkan datang ke Cimarinjung. Masih berada di dalam kawasan Geopark Pantai Ciletuh, lokasi wisata ini dikenal sebagai air terjun purba. Panorama di sekitar air terjun masih sangat alami dan indah. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter yang menjadikannya berbeda dengan curug lainnya.

Airnya berasal dari Sungai Cimarinjung dengan debit yang cukup besar sehingga akan menghasilkan aliran yang melimpah. Rasakan kesegaran air yang jatuh dari ketinggian dipadukan dengan keindahan alam yang sejuk. Benar-benar surga dunia.

6. Curug Awang

Nikmati keindahan air terjun yang dikelilingi oleh sawah, sungai yang mengalir dan pelangi yang melukis langit di Curug Awang. Semua yang Anda lihat tersebut akan bermuara di air terjun Curug Awang tersebut. Bukan hanya itu saja eksotisme alam yang bisa Anda saksikan di sekitar Curug Awang. Masih ada tebing batu yang tinggi dengan tumbuhan yang hidup di sana.

Curug Awang merupakan air terjun tertinggi yang ada di kawasan wisata Geopark Pantai Ciletuh, Sukabumi, Jawa Barat. Air terjun di Curug Awang ini sekaligus memiliki debit air yang sangat deras sehingga akan terasa kesegarannya. Pesonanya akan berpadu dengan warna langit yang biru dan mempesona. Sungguh sebuah kekayaan alam yang sangat luar biasa. Jangan lewatkan informasi keindahan Pantai Bandengan di Jepara.

Baca Juga :  Inilah Alasan Pantai Sanur Cocok untuk Wisata Keluarga

Jadi lokasi wisata yang mana yang membuat Anda penasaran dan ingin pergi ke sana. Lakukan sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like