Seringbaca.com – Gunung Kidul memiliki banyak pantai yang indah, Salah satunya yaitu Pantai Gesing. Destinasi wisata baru ini langsung hits di kalangan anak muda. Bagaimana tidak, pemandangan indahnya Laut Selatan yang dikawinkan dengan hamparan pasir putih tampak sangat indah.

Gunung Kidul sendiri merupakan salah satu kabupaten di bagian Selatan daerah istimewa Yogyakarta (DIY). Daerah ini memiliki kandungan kapur yang sangat tinggi sehingga pantai di sana lebih banyak berpasir putih. Wisatawan Indonesia lebih menyukai pantai berpasir putih dibandingkan pasir hitam.

Selain Gesing, Gunung Kidul memang sudah terkenal memiliki banyak pantai yang indah. Beberapa pantai di Gunung Kidul yang terkenal indahnya antara lain pantai Drini dan Wedi Ombo. Lalu apa sih yang membedakan Gesing dengan destinasi wisata bahari lainnya di Gunung Kidul? Mari kita simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Pantai Gesing
Pantai Gesing

Mengenal Pantai Gesing lebih jauh

Pantai yang indah ini terletak di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul. Belum banyak orang yang mengetahui keberadaan pantai yang satu ini. Sebab akses menuju kesana masih belum sebaik pantai lainnya. Karena belum banyak terjamah oleh wisatawan, kondisi alam di pantai ini masih sangat terjaga keindahannya.

Hal yang membedakan Pantai Gesing dengan wisata laut lainnya di Gunung Kidul adalah letaknya yang berada di teluk. Teluk sendiri merupakan lautan yang menjorok ke daratan. dengan posisi seperti ini wisatawan dapat melihat bukit batu dan juga tebing batu di kanan kiri pantai ini.

Keindahan lainnya juga terdapat pada warna air laut yang dapat kita lihat langsung dari pantai. Air yang dekat dengan bibir pantai memiliki warna cenderung hijau, semakin jauh warnanya akan semakin biru. Gradasi alami ini menambah keindahan pemandangan di sini.

Wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan samudera yang luas, hamparan pasir putih, dan juga kokohnya tebing batu yang dihantam ombak laut. Di sini kita bisa merasakan hembusan angin sepoi-sepoi. Beban pikiran akan langsung hilang dengan menikmati pemandangan indahnya.

Related Post :  Tempat Wisata Di Tangerang Terbaru Wajib Dikunjungi

Tak cuma pemandangan alam yang menakjubkan, kita juga dapat menyaksikan kehidupan nelayan secara langsung. Kita akan menjumpai perahu nelayan yang berjajar di sepanjang pantai saat sedang tidak digunakan untuk melaut. Jajaran perahu nelayan menjadi salah satu spot foto favorit para turis.

Di salah satu sisi pantai juga terdapat area yang biasa digunakan untuk memancing ikan. Untuk kita yang memiliki hobi memancing, pantai ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Kita bisa menikmati indahnya pemandangan pantai sekaligus menyalurkan hobi.

Di tepian pantai juga terdapat banyak warung makan yang menyediakan menu seafood. Makanan yang disajikan diolah dari bahan yang segar langsung dari nelayan. Untuk kita yang hobi kuliner, apa lagi seafood, akan sangat rugi jika tidak berkunjung ke Gesing ini.

Tenang, harga makanan di sini cukup terjangkau dan tidak terlalu mahal. Sebab tak jauh dari pantai ini terdapat Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Para pemilik warung makan biasanya membeli ikan segar dari TPI tersebut atau dari nelayan secara langsung. Sehingga harga jual makanan di sana pun tidak terlampau mahal.

Ada satu lagi yang menarik bagi para wisatawan, yaitu adanya spot foto yang instagramable. Terdapat sebuah rangkaian bunga yang berbentuk hati menghadap langsung ke pantai. Ini menjadi salah satu yang paling banyak diminati oleh wisatawan. Jembatan kayu atau jembatan cinta juga tak kalah menariknya, tidak sedikit dari para turis yang ingin mengambil ikan di tempat ini.

Baru-baru ini terdapat satu spot foto yang unik di pantai ini. Spot foto yang dimaksud diberi nama teras kaca. Sesuai dengan namanya teras kaca mirip seperti teras yang menjorok ke lautan. Bahan baku kaca pada lantainya membuat para wisatawan bisa melihat hutan secara langsung di bawah kakinya.

Fasilitas pendukung lainnya di pantai ini juga cukup lengkap. Misalnya tempat untuk MCK seperti toilet banyak tersedia. Kondisinya kurang bersih dan terawat. Tidak hanya MCK, di sini juga terdapat penginapan, penyewaan perahu, mushola dan tempat untuk beristirahat.

Related Post :  Intip Pesona Keindahan Pantai Karang Jahe yang Istimewa

Berapa Harga Tiket Masuknya?

Wisata bahari di daerah Gunung Kidul tidak memerlukan biaya yang besar. Rata-rata pantai di sana mematok harga tiket masuk sekitar Rp10.000 Rp25.000. Pantai Gesing sendiri mematok harga tiket masuk sebesar Rp10.000 kepada setiap orang yang ingin menikmati keindahannya.

Untuk biaya parkir kendaraan tidak termasuk dalam tiket. Tapi tenang, biaya parkir di sini sangat terjangkau yaitu Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat seperti mobil. Sangat terjangkau bukan?

Bagaimana Cara Menuju Pantai Gesing?

Pantai Gesing ini beralamatkan di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk bisa mencapai pantai ini kita bisa menggunakan kendaraan roda dua seperti sepeda motor dan kendaraan roda empat seperti mobil.

Kondisi jalan menuju ke Pantai Gesing sangat beragam. Ada jalan yang sudah halus dan sangat nyaman untuk berkendara. Namun terdapat juga ruas jalan yang masih rusak dan sempit sehingga akan menyulitkan apabila terjadi persimpangan antar kendaraan roda empat.

Jika kita berangkat dari kota Yogyakarta, sebaiknya kita mengambil jalur ring road Selatan. Setelah itu menuju ke Jalan Imogiri Timur. Jalan terus hingga sampai ke tanjakan Siluk. Dari tanjakan Siluk, kita menuju ke Panggang. Jalan terus hingga menemukan sebuah Simpang Tiga di SD Negeri sawah. Belok kanan menuju ke kawasan pantai.

Apabila masih bingung dengan petunjuk di atas sebaiknya menggunakan bantuan aplikasi seperti Google maps. Kita membutuhkan waktu sekitar 90 menit dari pusat Kota Yogyakarta menuju ke Pantai Gesing ini. perjalanan panjang yang harus dilalui akan terbayar lunas saat kita melihat indahnya pemandangan di sana.

Tips Berwisata di Pantai Gesing

Berikut ini terdapat beberapa tips yang bisa kita ikuti untuk mendapatkan pengalaman berwisata yang mengesankan.

Tips yang pertama, datanglah beramai-ramai dengan rombongan. Kita bisa berkunjung ke sini dengan teman kampus atau teman kerja. Aktivitas seperti naik perahu dan wisata kuliner di pantai ini akan lebih nikmat jika dilakukan bersama orang banyak.

Related Post :  Pesona Modernisasi Tradisi Khas Pantai Pandawa Bali

Makanan yang tersedia di pantai ini tidak disarankan untuk para penderita alergi seafood. Sebaiknya bawalah bekal makanan sendiri dari rumah. Hal ini sebagai upaya antisipasi jika di pantai kita tidak dapat menemukan makanan selain seafood.

Pastikan baterai ponsel dalam keadaan penuh saat berkunjung ke sini. Kita membutuhkan ponsel untuk mengambil foto-foto yang indah. Jika mengambil foto menggunakan kamera handphone dirasa kurang maksimal, sebaiknya membawa kamera yang lebih profesional.

Di sini terdapat beberapa fasilitas yang tidak gratis. Sebab itu kita perlu menyiapkan uang untuk menyewa fasilitas yang ada seperti toilet. Cek juga keindahan Pantai di Bali, Pantai Dreamland.

Itulah pembahasan lengkap tentang wisata Pantai Gesing yang terletak di Gunung Kidul. Ayo piknik sekarang juga!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like