Pantai Karang Bolong, Tempat Wisata Alam Eksotis di Anyer

Seringbaca.com – Kawasan Anyer memang dianugerahi dengan berbagai pantai yang sangat indah. Apakah Kamu salah satu orang yang akan liburan ke Anyer? Jika iya bisa mengunjungi Pantai Karang Bolong. Tempat wisata ini  memiliki keunikan yaitu terdapat tebing karang besar dan berlubang di bagian tengah. Konon batu tersebut berlubang akibat letusan dahsyat Gunung Karakatau pada tahun 1883.  Untuk lebih jelasnya, simak uraian d bawah ini.

Seputar Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong terletak di ruas utama Anyer-Carita tepatnya di Desa Karang Suraga, Cinangka, Serang Banten. Bagi Kamu yang merencanakan liburan di kawasan Serang, bisa mencoba mengunjungi pantai ini. Dijamin pasti tidak akan pernah menyesal karena menyuguhkan keindahan alam yang sangat eksotis.

Sampai saat ini Pantai Karang Bolong telah menarik perhatian banyak wisatawan karena terdapat tebing besar dengan bagian tengah terdapat lubang. Keberadaan tebing berlubang tersebut menjadi daya tarik tersendiri yang membuat pengunjung sangat kagum.

Pantai Karang Bolong
Pantai Karang Bolong

Tebing dengan lubang berdiameter 50 meter semakin terlihat eksotis dengan adanya laut lepas sebagai pemandangan. Jika cuaca sedang bersahabat dan tidak ada kabut, dari lubang tersebut pengunjung bisa melihat keberadaan Gunung Anak Krakatau.

Deburan ombak yang menghantam batu karang juga memberikan daya tarik tersendiri. Namun untuk bisa menikmatinya hanya saat ketika cuaca bersahabat jika tidak maka ombak akan sangat besar terutama pada sore hari.

Di pinggir pantai terdapat pepohonan rimbun yang membuat sekitarnya menjadi sejuk. Kesejukan ini tentu akan membuat pengunjung nyaman sehingga ingin berlama-lama berada dipantai ini. Perlu diketahui bahwa di antara pepohonan tersebut ternyata ada yang sudah berusia ratusan tahun. Hal ini bisa dilihat dari akar yang sudah tua.

Untuk bisa menikmati eksotis nya pantai ini bisa kapan saja karena memang terbuka selama 24 jam.  Untuk bisa masuk pengunjung akan diminta membayar tiket masuk sebesar Rp 5000 per orang. Jika datang dengan rombongan maka akan dikenakan biaya sebesar Rp 250.000 untuk setiap bus.

Rute Menuju Pantai Karang Bolong

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum berkunjung ke pantai ini adalah mencari informasi rute perjalanan menuju lokasi. Alasannya untuk membantu merencanakan perjalanan dengan baik. Misalnya mengenai biaya, transportasi, peralatan yang harus dibawa dan sebagainya.

Ada beberapa rute yang bisa dipilih untuk bisa sampai ke pantai eksotis yang berada di Serang. Rute pertama dengan titik keberangkatan dari Jakarta dengan jarak kira-kira 140 km. Setelah itu harus menuju ke Cilegon Barat melalui jalan tol yang menghubungkan Jakarta-Merak.

Setelah keluar dari jalan tol akan melanjutkan perjalanan dari Cilegon menuju kawasan Anyer. Berada di Anyer berarti sudah sangat dekat dengan Pantai Karang Bolong. Cara menuju tempat ini cukup mudah yaitu hanya petunjuk arah.

Selain bisa menggunakan kendaraan pribadi, di sini juga terdapat kendaraan umum seperti bus dan angkot. Jalan menuju pantai ini tidak terlalu buruk dan rute nya juga sangat mudah sehingga bisa tetap menikmati perjalanan hingga sampai ke tujuan.

Daya tarik Pantai Karang Bolong

1. Gua Karang Bolong

Kalau ada pertanyaan apa yang unik dari Pantai Karang Bolong? Jawabannya selalu gua karang bolong. Keberadaan gua ini biasanya menjadi pilihan lokasi untuk mendapatkan foto terbaik.

Baca Juga :  Liburan ke Pantai Menganti Kebumen? Coba 6 Spot Terbaik Ini

Gua karang ini adalah sebuah tebing cukup besar dan memiliki lubang di bagian tengahnya. Tinggi tebing tersebut kira-kira 5 meter dan panjangnya lebih dari 30 meter.

Gua yang terdapat di pantai tersusun dari batuan breksi dan di sekitarnya banyak ditemukan reruntuhan. Reruntuhan ini menutup bagian atas batu sehingga berbentuk seperti lorong dengan bentuk yang sangat unik. Keberadaan gua ini melengkapi keeksotisan pantai ini.

2. Gardu Pandang

Eksotis nya Pantai Karang Bolong bisa menyegarkan mata, terutama jika dilihat dari ketinggian. Pengelola pantai juga menyediakan fasilitas gardu pandang supaya pengunjung bisa menikmati keindahan alam yang begitu sempurna.

Derasnya ombak, indahnya lautan dan kontur pantai bisa dilihat dengan jelas melalui gardu pandang. Bangunan ini sengaja dibuat di atas bebatuan karang cukup besar. Karang-karang tersebut berada di pinggir pantai. Untuk bisa menaikinya pengunjung harus menaiki tangga. Proses ini memang melelahkan tetapi akan terbayar lunas dengan keindahan alam yang begitu memanjakan mata.

3. Spot Pemancingan

Spot pemancingan yang terdapat di pantai ini menjadi tempat terfavorit dan paling populer. Banyak ikan kecil maupun besar yang bisa didapatkan di sini. Maka dari tu, berkunjung ke Pantai karang Bolong menjadi pilihan tepat bagi para mancing mania.

Batu karang di pantai ini biasanya dijadikan tempat sembunyi ikan-ikan kecil dan beberapa hewan laut lainnya, misalnya udang dan siput. Hal ini menjadi surga bagi para pengunjung yang mempunyai hobi memancing. Tidak hanya bisa menikmati keindahan pantai tetapi juga akan mendapatkan ikan hasil memancing.

Banyak spot pemancingan tersedia di tempat ini, karena memang mempunyai batu karang tersebar di sepanjang pantai. Biasanya pengunjung yang memiliki hobi memancing akan membawa alat pancing dari rumah.

4. Spot Selfie

Keindahan alam dan eksotisnya pantai ini harus diabadikan. Perlu diketahui untuk mendukung pengunjung yang suka foto maka dibangun banyak spot selfie. Tidak jarang pantai ini menjadi pilihan sebagai latar foto prewedding atau pemotretan profesional.

Bayak spot yang bisa dijadikan latar belakang selfie atau foto bersama, misalnya gua karang bolong, gardu pandang, tebing bolong dan sebagainya. Tidak hanya itu saja di sepanjang pantai juga bisa dijadikan spot untuk berfoto. Dijamin foto yang dihasilkan sangat instagramable.

5. Sunset

Keindahan pantai ini akan semakin sempurna ketika sore hari tiba. Pada waktu tersebut matahari akan terbenam dan bisa dinikmati dari pinggir pantai. Munculnya sunset tersebut juga memberikan warna berbeda pada tempat wisata ini.

Sunset akan terlihat sangat memukau dan romantis jika dilihat dari atas batu karang bolong. Untuk bisa naik ke atas pengunjung harus menggunakan tangga yang telah disediakan oleh pengelola pantai. Selain melihat dari tempat tersebut juga bisa dari gardu pandang.

6. Pemandangan Karang yang Unik

Seperti apa yang telah disinggung di atas, tempat wisata ini memiliki banyak batu karang yang tersebar di sepanjang pantai. keberadaan batu karang tersebut menambah keindahan pemandangan menjadi lebih menawan dan eksotis.

Kadang kala karang-karang ini akan terhantam oleh ombak laut yang sangat keras sehingga menimbulkan cipratan air laut. Sangat menyenangkan jika momen tersebut bisa diabadikan dalam bentuk foto atau video. Pastikan pengunjung tetap menjaga kebersihan lokasi, agar tetap bersih dan ikut berkontribusi dalam menjaga kelestarian alam.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai eksotis nya Pantai Karang Bolong. Bagi siapa saja yang ingin menghabiskan waktu berlibur bisa mengunjungi tempat ini. Diharapkan para wisatawan yang berkunjung harus selalu menjaga kebersihan dengan membuang sampah di tempatnya.

Baca Juga :  Main Ke Pantai? Yuk, Nikmati Eksotisme Pantai Pelabuhan Ratu

Jangan lupa untuk membaca juga pantai paling romantis, yaitu sesuai namanya Pantai Romantis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like