Pantai Nusa Dua Bali Paling Bersih dan Indah

Seringbaca.com – Pantai Nusa Dua adalah sebuah pantai berpasir putih yang berada di pulau dewata Bali. Mendengar kata pantai pasir putih rasanya sudah penasaran ingin berkunjung ke sana, karena hamparan pasir putih memiliki daya tarik tersendiri. Pantai bernama Nusa Dua ini memang banyak direkomendasikan saat ingin berkunjung ke Bali, hal ini karena keindahan pantainya yang menawan.

Pantai ini juga terkenal dengan julukan sebagai pantai paling bersih di Bali. Hal ini tentu berkaitan dengan kinerja pengelola pantai yang sangat optimal dalam menjaga kebersihan. Kawasan wisata Nusa Dua ini juga memiliki beberapa pilihan spot wisata pantai yang semuanya indah dan bersih. Beberapa di antaranya pantai Samuh, pantai Menggiat, pantai Geger dan juga pantai Sawangan.

Berkunjung ke Kawasan Pantai Nusa Dua

Pantai yang terkenal dengan kebersihannya ini berlokasi di daerah Bukit Peninsula di bagian barat ujung tenggara Pulau Bali. Kawasan wisata ini terbentang mulai dari semenanjung Benoa hingga ke area timur Bukit Sawangan. Kawasan wisata ini berjarak sekitar 18 kilometer dari Kuta atau sekitar 35 menit perjalanan. Untuk berkunjung ke sini Anda bisa naik kendaraan pribadi atau sewa motor/mobil.

Sedangkan kendaraan umum yang melintasi ke arah sana hanyalah taksi, lebih hemat menyewa kendaraan motor/mobil saja. Pantai ini bersebelahan dengan pantai Tanjung Benoa Bali yang terkenal dengan wisata parasailing, snorkeling, jet ski, banana boat dan lainnya.

Untuk memasuki area atau kawasan wisata pantai Nusa Dua, Anda tidak akan dikenakan biaya tiket masuk. Namun, Anda harus membayar untuk menikmati fasilitas lainnya seperti Devdan Show atau main Golf dan lan sebagainya.

Fasilitas yang Ada di Nusa Dua

Untuk masuk ke kawasan wisata ini, ada tiga gerbang utama dan semuanya harus melalui security check. Kawasan ini juga menyediakan fasilitas yang sangat lengkap seperti lahan parkir luas, area jalan kaki, taman, toilet dan penjaga pantai. Kawasan wisata pantai ini termasuk wisata mewah yang memiliki fasilitas penginapan hotel bintang lima dan berbagai fasilitas lainnya, antara lain:

  • Bali National Golf Club, lapangan golf paling terkenal di Bali
  • Nusa Dua Theater, lokasi pertunjukan Devdan Show
  • Bali Collection Nusa Dua, pusat perbelanjaan di pantai Nusa Dua
  • BIMC Hospital Nusa Dua, rumah sakit bertaraf Internasional

Pantai ini memang terkenal dengan pasirnya yang berwarna putih dan selalu bersih, karena masing-masing hotel menyediakan petugas kebersihan pantai. Pantai ini merupakan kawasan eksklusif, Anda tidak akan menemukan penjual jajanan, tukang pijat atau pedagang lainnya seperti di pantai Kuta.

Susana pantai di Nusa Dua ini cenderung terkesan tenang dan sangat cocok untuk liburan keluarga. Hal ini karena ombak di laut Nusa Dua juga cukup tenang dan tidak besar seperti pantai-pantai surfing lainnya.

Beberapa Pilihan Pantai di Nusa Dua

Nusa Dua merupakan sebuah kawasan wisata yang memiliki banyak pilihan spot pantai di beberapa titik. Banyak masyarakat yang ternyata belum mengetahui hal ini, mereka mengira Nusa Dua adalah nama sebuah pantai. Nah, banyaknya pilihan pantai dan destinasi yang ada di kawasan wisata Nusa Dua membuatnya patut dikunjungi. Berikut ini empat pilihan pantai yang bisa Anda jelajahi di sana, antara lain:

Baca Juga :  Pantai Sayang Heulang, Pancaran Eksotisme Khas Garut

Pantai Samuh Nusa Dua di Bagian Paling Utara

Pantai Nusa Dua yang satu ini terletak di bagian utara kawasan wisata Nusa Dua dan di sisi timur pulau Bali. Bagi Anda yang suka berburu sunset, pantai ini bisa jadi pilihan terbaik di antara ketiga pantai lainnya di Nusa Dua. Masyarakat di sekitar pantai lebih sering menyebutnya dengan nama Segara Samuh. Di sebelah kiri pantai ini terdapat pulau kecil bernama Nusa Darma, di sini pengunjung bisa jalan-jalan atau bersepeda.

Jika Anda berkunjung bersama keluarga, pantai Samuh ini juga menjadi pilihan terbaik karena ombaknya tenang dan lautnya dangkal. Bahkan saat surut hampir tidak ada ombak datang dan di bibir pantai akan terlihat binatang laut terjebak di lumpur pasir. Sekitar 500 meter dari bibir pantai Samuh, Anda akan menemukan tempat snorkeling terbaik di Bali yaitu Underwater Cultural Park.

Pantai Mengiat Nusa Dua yang Paling Banyak Dikunjungi

Di antara ketiga pantai lainnya yang ada di kawasan wisata pantai Nusa Dua, pantai Mengiat merupakan yang paling bersih. Hal ini juga didukung oleh kondisi pasirnya yang berwarna putih dengan butiran nya yang halus. Pantai ini juga merupakan pantainya hotel berbintang lima, sehingga penjaga hotel sangat memperhatikan kebersihan pantai di depannya. Setidaknya ada empat hotel yang ada di pantai Mengiat ini, yaitu:

  • Grand Hyatt Nusa Dua
  • Ayodya Resort Bali
  • Courtyard by Marriott Bali Nusa Dua
  • Inaya Putri Bali

Namun, untuk berkunjung ke area pantai Nusa Dua Anda tidak harus menginap di hotel berbintang lima tersebut. Terdapat akses atau jalan masuk dengan area parkir cukup luas untuk pengunjung, ada juga café Yasa Segara milik masyarakat lokal. Café ini menyediakan berbagai macam makanan dan minuman, menyewakan kursi santai dan banyak toilet atau shower untuk bilas.

Pantai Geger Nusa Dua

Pantai yang satu ini lebih dikenal oleh wisatawan mancanegara dan di sini suasananya lebih sepi. Di pantai ini juga terdapat café-café kecil menjual makanan dan minuman. Ombaknya cukup tenang sehingga juga cocok atau aman untuk anak-anak berenang. Terdapat tiga jalur atau rute yang bisa dilalui untuk sampai ke pantai Geger di pantai Nusa Dua ini, antara lain:

  • Dari pantai Mengiat bisa langsung berjalan ke arah Selatan menyusuri pasir pantai hingga sampai ke pantai Geger
  • Melalui jalan path way yang ada di dekat hotel The Mulia
  • Lewat jalan akses melalui Pura Geger

Pantai Sawangan Nusa Dua

Pantai Sawangan yang berada di belakang hotel Hilton Resort Bali ini memiliki pasir berwarna putih kekuningan dengan tekstur yang halus. Dari keempat pantai di Nusa Dua, pantai Sawangan lah yang memiliki ombak paling besar namun tetap aman untuk berenang.

Uniknya, di pantai Nusa Dua ini ada fasilitas naik unta yang bisa disewa dan diajak berkeliling di sepanjang pantai. Wahana naik unta ini paling sering disewa oleh mereka yang sedang melakukan pemotretan pre-wedding. Tenang saja, ada satu pemandu setiap satu unta yang dinaiki oleh pengunjung. Jika Anda tertarik untuk mencoba sensasi naik unta, tidak perlu jauh-jauh ke negara Arab, di Bali juga ada.

Itulah beberapa informasi tentang kawasan wisata pantai di Nusa Dua yang patut dikunjungi saat liburan ke Bali. Kawasan wisata memang banyak dikunjungi oleh rombongan keluarga karena memiliki banyak destinasi pantai yang bisa dikunjungi. Selain itu, banyak fasilitas dan hiburan yang tersedia sehingga Anda dan keluarga atau kerabat bisa berlama-lama di pantai Nusa Dua. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :  Menikmati Keindahan Alam Pantai Bandengan Jepara
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like