Puas Berkunjung ke Berbagai Pantai Pacitan yang Cantik

Seringbaca.com – Belum banyak yang tahu bahwa ternyata tersimpan banyak wisata pantai Pacitan yang mengesankan. Bahkan ada puluhan lebih pantai yang mempesona dan layak untuk dikunjungi. Pantai di Pacitan merupakan teras laut Selatan yang cukup unik dan indah.

Beberapa di antara banyak pantai di Pacitan, kebanyakan memiliki ciri khas masing-masing seperti tempat berselancar, memiliki air terjun dan lain-lain. Selanjutnya di bawah ini akan dijelaskan beberapa pantai yang populer dan pilihan pantai lainnya yang tak kalah cantik.

Wisata Pantai Paling Populer di Pacitan

Dari sekian banyak pantai yang ada di pacitan, inilah beberapa pantai yang paling populer atau sering dikunjungi, antara lain:

Pantai Pacitan
Pantai Pacitan

1. Pantai Klayar

Pantai Pacitan yang satu ini memang cukup terkenal dan populer di kalangan masyarakat karena sudah banyak yang mengetahui keindahannya. Pantai ini dikenal memiliki semburan air yang unik dari batu karangnya, serta gulungan ombak di pantai ini juga sangat eksotik. Semburan air terjadi karena derasnya ombak sehingga air pun masuk melalui sela-sela batu karang lalu menyembur ke lubang di permukaan.

2. Pantai Segara Anakan

Sedikit berbeda dengan pantai laut Selatan yang memiliki ombak besar, pantai Segara Anakan ini justru tenang dan damai. Di pantai Segara Anakan ini Anda bisa berjalan dengan kaki telanjang di atas pasir berwarna putih dan halus. Selain itu, terdapat palung laut yang dangkal, goa tepi pantai dan juga tebing yang menjulang tinggi. Jika ingin menikmati pemandangan yang lebih luas Anda bisa naik ke tebing tersebut.

3. Pantai Banyu Tibo

Pantai Pacitan yang unik ini memiliki air terjun yang airnya langsung jatuh ke laut, pemandangan ini merupakan daya tarik wisatawan. Bibir pantai yang tidak terlalu panjang juga membuat air terjun kecil ini menjadi fokus utama. Namun, selain itu masih terdapat pemandangan atau view lanskap yang sangat cantik di sekitar pantai. Di pantai ini juga terdapat kubangan air di tengah karang yang cukup unik.

4. Pantai Karang Bolong

Jika Anda pernah mendengar pantai Batu Bolong di Bali, maka Anda juga bisa menemuinya di Pacitan. Pantai Karang Bolong ini tak kalah cantik dan eksotik ditambah dengan air terjun yang mengarah langsung ke laut. Keunikan pantai ini terletak pada karang yang berongga di bagian bawahnya sehingga disebut pantai Karang Bolong. Pantai ini juga sangat cocok untuk melihat keindahan sunset.

5. Pantau Watu Karung

Pantai yang sangat cantik ini seringkali menjadi tujuan wisata bagi para peselancar karena gelombang ombaknya tinggi dan angin yang kencang. Banyak pula yang menyatakan bahwa gulungan ombak yang ada di pantai Watu Karang ini merupakan yang terbaik di Indonesia. Bagi peselancar disarankan berkunjung ke Pantai Pacitan berpasir putih ini pada saat laut pasang yaitu pada bulan April sampai Oktober.

6. Pantai Srau

Pantai Srau merupakan tempat berburu sunset atau matahari tenggelam dan juga sunrise atau matahari terbit. Di Pacitan, pantai yang paling indah untuk menikmati keduanya yaitu di pantai Srau. Ada tiga area atau bagian di pantai Srau yaitu area timur untuk melihat sunrise, area barat untuk melihat sunset. Sedangkan bagian tengah untuk melihat keindahan panorama laut Selatan.

Baca Juga :  Pantai Gesing, Satu Lagi Pantai Paling Hits di Gunung Kidul

7. Pantai Sruni

Layaknya pantai milik pribadi, pantai Sruni yang satu ini bisa menghadirkan keindahan pantai tersembunyi di daerah Ngobyogan, Donorojo, Kabupaten Pacitan. Lokasi pantai yang tersembunyi membuat panorama alamnya masih terjaga sehingga sangat alami dan asri, serta suasananya yang menenangkan. Pantai Pacitan yang satu ini memiliki pasir berwarna putih, bebatuan hitam dan juga berombak khas laut Selatan.

8. Pantai Kunir

Pantai yang satu ini memiliki keunikan tersendiri yaitu terdapat telaga yang menyatu dengan air tawar di dalamnya. Hal ini terjadi karena muara dari sungai mengalir hingga ke laut Selatan. Meski begitu, airnya cukup tenang dan jernih sehingga akan membuat Anda tertarik untuk berenang dan berendam. Medan yang perlu dilalui cukup berat, namun semua akan terbayar dengan keindahan pantainya.

9. Pantai Kasap

Disebut-sebut sebagai miniatur pantai Raja Ampat yang ada di Papua, pantai Kasap di Pacitan kini ramai pengunjung. Pantai Pacitan ini semakin terkenal dan populer di kalangan masyarakat karena penasaran ingin membuktikan keindahan pantainya. Pantai ini menyuguhkan pemandangan pulau-pulau kecil yang tersebar memang mirip sekali dengan pantai raja Ampat di Papua.

10. Pantai Watu Bale

Pantai Watu Bale merupakan jenis pantai yang tidak memiliki garis pantai, tetapi dikelilingi oleh tebing curam. Namun, lansekap seperti ini membuat Anda bisa melihat lebih luas hamparan pantai laut Selatan dan deburan ombak menghempas batu karang. Ombak laut Selatan memang terkenal dahsyat dan cukup besar, oleh sebab itu akan terhempas sangat keras saat menabrak batu karang.

26 Pilihan Wisata Pantai Pacitan

Beberapa wisata pantai yang patut dikunjungi saat berlibur ke Pacitan adalah sebagai berikut ini:

  1. Pantai Ngandul di Desa Widoro, Donorejo, Kalak, Pacitan, Kabupaten Pacitan
  2. Pantai Taman di Hadiwarno, Ngadirojo, Pacitan, Kabupaten Pacitan
  3. Pantai Teleng Ria di Balong, Sidoharjo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan
  4. Pantai Klayar di Kalak, Sendang, Donorejo, Kabupaten Pacitan
  5. Pantai Buyutan di Desa Widoro, Donorejo, Kalak, Donorejo, Kabupaten Pacitan
  6. Pantai Pangasan di Kalipelus, Kebonagung, Pacitan, Kabupaten Pacitan
  7. Pantai Kali Uluh di Area Sawah & Hutan Klesem, Kebonagung, Pacitan
  8. Pantai Pacitan Sruni di Ngobyogan, Kalak, Donorejo, Kabupaten Pacitan
  9. Pantai Srau di Candi, Pringkuku, Candi, Pacitan, Kabupaten Pacitan
  10. Pantai Banyu Tibo di Widoro, Donorejo, Kabupaten Pacitan
  11. Pantai Langitan di Desa Widoro, Kecamatan Donorejo, Pacitan
  12. Pantai Karang Bolong di Karang Bolong, Sendang, Pacitan, Kabupaten Pacitan
  13. Pantai Watu Karung di Pringkuku, Watukarung, Kabupaten Pacitan
  14. Pantai Pancer Door di Temon, Ploso, Kecamatan Pacitan. Kabupaten Pacitan
  15. Pantai Temperan di Jalan Raya Tompak Rinjing, Sidoharjo, kabupaten Pacitan
  16. Pantai Pidakan di Dusun Godeg Kulon, Jetak, Tulakan, Kabupaten pacitan
  17. Pantai Bakung di Karangnongko, Kebonagung, Kabupaten Pacitan
  18. Pantai Pacitan Soge di Desa Sidomulyo, Ngadirojo, Kabupaten Pacitan
  19. Pantai Pikatan di Desa Kalipelus, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan
  20. Pantai Watu Bale di Jalan Pacitan – Trenggalek, Desa Jetak, Tulakan, Pacitan
  21. Pantai Denombo di Desa Jlubang, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan
  22. Pantai Segara Anakan di Sumurtimo, Sidomulyo, Ngadirojo, Pacitan
  23. Pantai Ngiroboyo di Kalak, Pacitan, Kabupaten Pacitan
  24. Pantai Ngenesan di Desa Jetak, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Pacitan
  25. Pantai Kasap di Gumuharjo, Watukarung, Pringkuku, Pacitan
  26. Pantai Kunir di Jalan jalur Lintas Selatan, Dusun Lamong, Desa Pagerkidul, Kecamatan Sudimoro, Pagerkidul, Kabupaten Pacitan

Sekian informasi terkait wisata pantai Pacitan yang paling populer dan pilihan destinasi wisata pantai lainnya. Lihat juga informasi Pantai Kuta. Semoga informasinya bermanfaat.

Baca Juga :  Pantai Balekambang yang Mirip Tanah Lot di Bali
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like