10 Pilihan Pantai Pasir Putih yang Cantik dan Menawan

Seringbaca.com – Pantai Pasir Putih di Situbondo merupakan salah satu pantai dengan pasir berwarna putih yang paling indah di Jawa Timur. Pantai ini berlokasi di Jalan Pantura Jawa Timur yaitu di Dusun Kembangsambi, Desa Pasir putih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo. Pantai ini memiliki pemandangan yang luar biasa dan banyak ditemukan koral warna-warni di sekitar sini.

Selain di Situbondo, ternyata masih banyak pantai-pantai lain di seluruh Indonesia yang memiliki pasir berwarna putih. Pantai berpasir putih memang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, terutama jika pasir begitu halus dan bersih.

Indahnya Pantai Pasir Putih di Situbondo

Pantai ini terletak di selat Madura dengan bibir pantai yang panjang dan memiliki pasir berwarna putih yang halus. Wisata pantai yang satu ini cukup populer di kalangan masyarakat Jawa Timur dan selalu penuh saat liburan tiba. Pantai ini termasuk ke dalam deretan pantai Utara sehingga ombaknya tenang dan aman untuk berenang. Itulah mengapa banyak sekali yang menyempatkan liburan keluarganya ke sini.

Pantai Pasir Putih
Pantai Pasir Putih

Pepohonan di sini juga sangat rimbun sehingga banyak pengunjung yang duduk-duduk dan bersantai di tepi pantai sambil menikmati hembusan angin. Saat musim liburan, pantai di Situbondo ini akan mengadakan event dan menggelar konser musik, lomba memancing dan lain sebagainya. Selain itu, di hari-hari biasa juga sangat ramai karena tersedia fasilitas yang sangat lengkap di pantai Pasir Putih ini, antara lain:

  • Area Parkir yang luas dan memadai
  • Tersedia toilet yang sangat banyak dari warga dan pengelola pantai sehingga selalu memadai untuk para pengunjung
  • Tersedia tempat solat untuk para pengunjung yang beragama Islam
  • Di sederetan pantai ada banyak sekali penjual makanan dan minuman, pernak-pernik, dan berbagai macam oleh-oleh
  • Disediakan penginapan yang sangat dekat dengan pantai sehingga memiliki akses mudah menuju ke bibir pantai
  • Di pantai Pasir Putih ini juga bisa menaiki perahu nelayan dan berlayar ke tengah laut melihat keindahan bawah laut
  • Pengunjung bisa mencoba sensasi memancing di lautan, atau jika ingin instan bisa langsung beli ikan segar di sekitaran pantai
  • Tersedia banyak persewaan ban untuk berenang ke laut
  • Ada persewaan alat snorkeling
  • Pengunjung juga bisa mengendarai ATV di atas pasir pantai yang putih bersih

Keindahan dan tenangnya air laut di pantai ini akan memanjakan liburan Anda bersama dengan keluarga atau sahabat. Sebelum pulang, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas berupa hiasan dari kerang hasil kreativitas warga.

10 Pantai Berpasir Putih Lainnya di Indonesia

Seperti yang Kita ketahui bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan, sehingga ada banyak sekali wisata pantai yang tersedia. Salah satu wisata pantai yang paling banyak diminati oleh masyarakat adalah pantai Pasir Putih. Di Indonesia, ada banyak sekali pantai berpasir putih yang tersebar di beberapa daerah, antara lain:

1. Pantai Pasir Timbul di Raja Ampat

Raja Ampat memang terkenal dengan wisata pantainya yang sangat alami dan begitu eksotik. Nah, wisata pantai yang akan dibahas kali ini adalah pantai berpasir putih bernama pantai Pasir Timbul. Pantai ini berupa sebuah pulau kecil dengan hamparan pasir putih yang berada di lautan Raja Ampat. Oleh karena itu disebut sebagai pantai Pasir Timbul. Namun, keberadaan pantai ini tergantung dari pasang surutnya air laut.

Baca Juga :  Pesona Legendaris Pantai Carocok Sumatra Barat

2. Pulau Kanawa di Flores

Wisata di Indonesia yang berada diluar pulau jawa memang terkenal masih alami dan eksotik. Salah satu wisata yang cantik yaitu Pulau Kanawa yang berjarak 10 kilometer dari Labuhan Bajo di Flores, Nusa Tenggara timur. Pasir yang berwarna putih dan air laut yang bening di pulau kecil ini semakin menambah kecantikannya. Selain itu, lokasi pulau ini juga jauh dari polusi sehingga ekosistemnya masih sangat alami.

3. Pantai Selong Belanak di Lombok

Pantai Pasir Putih yang satu ini memiliki pasir pantai berwarna putih bersih dan juga halus. Selain itu, air lautnya juga bening hingga bisa melihat dasar lautnya. Pantai ini juga sangat unik dengan bentuknya yang melengkung menyerupai bulan sabit. Dengan ini, keindahan pantai Selong Belanak menjadi semakin sempurna dan layak dikunjungi.

4. Pantai Gili Pasir di Lombok

Hampir sama dengan pantai pasir timbul di Raja Ampat, pantai Gili Pasir di Lombok ini juga berada di tengah-tengah laut. Keberadaannya juga tergantung dengan kondisi air laut saat pasang dan surut. Biasanya hamparan pasir pantai ini akan lebih luas dan cantik ketika air laut sedang surut dan wisatawan bisa leluasa menikmatinya. Air lautnya juga sangat bening dan cocok untuk berenang atau berjalan-jalan di atasnya.

5. Pantai Bara di Sulawesi

Keindahan alam dan pemandangan di pantai Pasir Putih ini sangat cantik dengan pasir berwarna putih dan air laut sebening kristal. Pantai yang berada di Sulawesi ini juga sangat disukai para pengunjung karena airnya yang tenang sehingga aman untuk berenang.

6. Kepulauan Anambas di Kepulauan Riau

Salah satu pantai di Kepulauan Anambas di Kepulauan Riau ini memiliki keindahan alam yang eksotik. Pasirnya berwarna putih bersih dan air lautnya sangat bening hingga terlihat seperti kolam renang.

7. Pantai Balangan di Bali

Bali adalah surganya pantai karena di sini ada banyak sekali wisata pantai yang hampir semuanya cantik dan mempesona. Selain pantai Kuta dan Tanah Lot, pantai Balangan juga bisa jadi alternatif untuk Anda yang suka pantai Pasir Putih. Banyak pengunjung yang sengaja datang untuk berenang di laut pantai Balangan yang sangat bening. Bahkan pengunjung menyebutnya berenang di langit karena sangat bening.

8. Pantai Saronde di Gorontalo

Tak mau kalah dengan daerah lainnya yang menyuguhkan banyak wisata pantai eksotik, Gorontalo juga memiliki wisata pantai yang sangat cantik. Meski tidak terlalu luas, kawasan wisata pantai di Pulau Saronde ini cukup memikat hati wisatawan. Pantai ini memiliki pasir berwarna putih dan bersih, air lautnya juga sangat bening sebening kristal.

9. Pantai Karimun Jawa di Jepara, Jawa Tengah

Karimun Jawa merupakan salah satu kawasan wisata pantai Pasir Putih yang cukup luas yaitu mencapai 110.000 hektare. Karimun Jawa adalah kepulauan yang ada di Laut Jawa yang menyuguhkan wisata taman laut. Pantainya juga sangat cantik dengan pasir berwarna putih serta air laut sebening kristal.

10. Pantai Tiga Warna di Malang, Jawa Timur

Tak perlu jauh-jauh ke luar pulau Jawa, Anda juga bisa menikmati indahnya hamparan pasir putih di Malang, Jawa Timur. Pantai Tiga Warna yang ada di Malang ini memang cukup terkenal dan banyak dikunjungi. Pasir pantainya berwarna putih, air lautnya bening dan juga sangat terjaga kebersihannya.

Itulah beberapa deretan pantai Pasir Putih yang ada di Indonesia dengan pemandangan yang sangat cantik dan menawan. Jika Anda berlibur ke pantai, jangan lupa untuk selalu memperhatikan kebersihan. Tertarik juga mengunjungi Pantai Balekambang yuk simak infonya. Semoga informasinya bermanfaat.

Baca Juga :  Destinasi Pantai Bali Lestari Kebanggaan Warga Medan
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like