Pantai Pelabuhan Ratu
Pantai Pelabuhan Ratu

Seringbaca.com – Akhir tahun datang sebentar lagi. Artinya libur panjang akan tiba. Sudah ada rencana liburan kemana kalian? Ingin yang murah dan tidak membuat jebol kantong, tapi tetap eksis? Ini dia jawabannya. Main ke pantai. Pantai tidak hanya menawarkan deburan alunan ombak yang menawan. Namun pemandangan di pantai akan membuat beban pekerjaan kalian akan sirna. Salah satunya main ke pantai Pelabuhan Ratu.

Pantai Pelabuhan Ratu terletak di pesisir selatan Sukabumi di Jawa Barat. Pemandangan yang ditawarkan begitu menawan. Perpaduan antara pantai dengan palung yang landai dan curam. Serta pemandangan pegunungan hijau yang menyejukkan mata dan tebing. Selain itu, banyak sekali eksotisme yang dapat kalian nikmati. Berikut beberapa eksotisme pantai yang dapat kalian nikmati.

Beberapa Eksotisme Pantai Pelabuhan Ratu

1. Topografi Alam yang Indah

Pantai yang berjarak 60 km dari Kota Sukabumi ini memiliki hamparan pasir yang luas nan indah. Wisatawan yang berkunjung ke pantai ini dapat menikmati pemandangan cagar alam yang hijau dan jajaran pegunungan yan eksotis. Pantai yang terkenal karena kesejukan udaranya ini juga dipercantik dengan tebing-tebing yang terjal yang instagramable. Sehingga kalian dapat menciptakan feed yang menarik dan indah.

2. Tempat Berselancar yang Populer

Sama seperti halnya kondisi pantai-pantai di daerah selatan yang memiliki ombak yang besar, Pelabuhan Ratu inipun juga memilikinya. Ombak yang besar ini cocok digunakan untuk berselancar. Terdapat 9 titik tempat yang sesuai untuk berselancar. Bahkan, ombak tertinggi pada Pelabuhan Ratu ini mencapai 4 meter. Pada titik ini, arus lautnya relatif kuat. Sehingga disarankan hanya untuk peselancar yang profesional saja.

Related Post :  Menguak Eksotisme Pantai 3 Warna, Surga Wisata di Malang

3. Tradisi Petik Laut

Hampir setiap masyarakat pesisir di Indonesia ini memiliki tradisi petik laut. Begitu pula pada masyarakat pesisir di Pelabuhan Ratu ini. Tradisi petik laut ini merupakan ungkapan rasa syukur nelayan terhadap anugerah dari Tuhan akan hasil penangkapan ikan yang melimpah. Pada acara petik laut ini, sesajen berupa kepala kerbau dan hasil bumi lainnya akan di larung ke tengah laut.

Acara petik laut ini umumnya disertai dengan berbagai hiburan rakyat selama 2 (dua) hari 2 malam. Sehingga, acara petik laut ini dapat menarik wisatawan yang datang dan menikmati acara hiburan rakyat ini. Acara petik laut selalu dilakukan setiap tahun sebagai acara tahunan saat musim tangkapan ikan. Sehingga, dapat menjadi acara tahunan yang menarik dan patut dikunjungi.

4. Sunset yang Menakjubkan

Pantai Pelabuhan Ratu ini merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati sunset. Sunset di Pelabuhan Ratu ini memiliki pemandangan yang menakjubkan. Setelah menikmati sunset yang menakjubkan, wisatawan dapat menikmati suasana malam yang indah dan syahdu di pinggir pesisir pantai.

5. Keindahan Pantai yang Khas

Keindahan pantai-pantai Indonesia merupakan salah satu hal yang menarik minat wisatawan mancanegara untuk selalu berkunjung kembali ke pantai Indonesia. Kekhasan pantai Pelabuhan Ratu yaitu adanya tebing-tebing curam yang menghiasi pemandangan di daerah pantai.

Batu-batu karang di sekitar pantai indah ini dapat digunakan sebagai spot-spot foto yang indah. Wisatawan yang datang juga dapat melakukan kegiatan memancing sambil menikmati kapal-kapal nelayan yang juga sedang mencari ikan.

6. Dunia Bawah Laut

Selain menikmati berbagai keindahan yang ditawarkan di atas laut, pantai Pelabuhan Ratu juga memiliki alam bawah laut yang menakjubkan. Dunia bawah laut Pelabuhan Ratu ini merupakan tempat bagi ratusan jenis penyu yang dilindungi. Jadi, ketika kalian berkesempatan mengunjungi pantai Pelabuhan Ratu ini sempatkan untuk menikmati dunia bawah lautnya juga. Dijamin tidak rugi lho.

7. Suasana Syahdu Malam

Selain dapat menikmati sunset yang menakjubkan, kalian dapat menikmati suasana syahdu malam hari di pantai ini. Banyak kerlap-kerlip lampu menghiasi sekitaran pantai yang indah ini. Kerlap-kerlip ini berasal dari lampu warung-warung yang berjualan di sekitaran pantai. Selain itu, kalian dapat menikati kerlap-kerlip lampu hingga ke tengah laut yang bersumber dari perahu-perahu nelayan yang mencari ikan.

Related Post :  Pecinta Surfing Wajib Berkunjung ke Pantai Pulau Merah

Selain menikmati keindahan dan eksotisme pantai yang menakjubkan ini, kalian juga dapat menikmati berbagai macam objek wisata yang ada di sekitar pantai Pelabuhan Ratu. Objek wisata yang berada di sekitaran pantai ini tidak kalah menakjubkan dan indah. Berikut beberapa objek wisata di sekitar Pelabuhan Ratu.

Objek Wisata di Sekitar Pelabuhan Ratu

1. Pantai Citepus

Letak pantai Citepus relatif dekat dengan pantai Pelabuhan Ratu. Jaraknya yaitu 2 km dari Pelabuhan Ratu. Pantai Citepus ini merupakan salah satu pantai yang populer di sekitar Pelabuhan Ratu. Pantai ini terletak di pinggir jalan. Sehingga mudah dijangkau oleh wisatawan. Karena kepopulerannya jalan yang memanjang di sekitar pantai ini dinamakan jalan Citepus. Di sekitarnya terdapat restoran dan penginapan.

2. Pantai Cimaja

Pantai Cimaja masih terletak satu kecamatan dengan pantai Pelabuhan Ratu. Lokasinya yaitu 4 km ke arah Barat dari Pelabuhan Ratu. Sayangnya, letak pantai ini tersembunyi karena tidak terletak di pinggir jalan. Sehingga, ketika kalian ingin mengunjungi pantai ini memerlukan usaha yang lebih banyak. Namun, kalian akan mendapatkan pemandangan yang menakjubkan ketika sampai pada tempat ini.

3. Pantai Karang Hawu

Pantai Karang Hawu terletak 7,5 km ke arah Barat dari Pelabuhan Ratu. Pantai Karang Huwu ini merupakan pantai yang paling terkenal. Di pantai ini terkandung cerita sejarah pada zaman kerajaan Siliwangi. Dimana sang putri Siliwangi terjun ke laut. Kemudian dari sinilah berkembang legenda Nyi Roro Kidul yang terkenal di Pelabuhan Ratu.

4. Pantai Cibangban

Letak pantai Cibangban ini relatif cukup jauh dari Pelabuhan Ratu yaitu sekitar 14 km ke arah barat. Namun, akses ke pantai Cibangban ini cukup mudah. Hal ini karena pantai Cibangban terletak di sepanjang jalan Nasional. Sehingga, kalian dapat dengan mudah mengunjungi pantai Cibangban ini.

Untuk dapat menuju pantai Pelabuhan Ratu ini cukuplah mudah. Hal ini karena bis sebagai alat transportasi umum telah dapat mengakses hingga di sekitar Pelabuhan Ratu. Sehingga, ketika kalian datang ke pantai ini jangan takut nyasar. Selain akses yang mudah, angkutan umum sudah dapat menjangkaunya. Sehingga, saat kalian memilih angkutan umum, maka akan diantarkan sampai ke tujuan.

Related Post :  Pantai Balekambang yang Mirip Tanah Lot di Bali

Jam buka pantai Pelabuhan Ratu ini 24 jam atau sepanjang hari. Untuk mengunjungi pantai dikenakan biaya bagi wisatawan yang berjalan kaki yaitu berkisar Rp. 3.000,-. Untuk wisatawan yang menggunakan motor, dikenakan tarif Rp.8 000. Jika kalian kesana bersama keluarga dengan menggunakan mobil, dikenakan tarif Rp. 20.000,-. Dan yang terakhir untuk mini bus dikenakan tarif sebesar Rp. 30.000,-.

Jika kalian datang dari luar kota, tenang saja karena sebagai tempat wisata yang telah populer sejak dahulu, Pelabuhan Ratu memiliki fasilitas penginapan. Bahkan di tempat ini terdapat hotel berbintang pertama di Indonesia, Samudera Beach Hotel. Selain itu, juga disediakan fasilitas umum lainnya seperti mushola, toilet, pusat informasi dan tempat parkir.

Lihat juga informasi Pantai yang Indah : 6 Pantai Lombok Tersembunyi ini Tawarkan Pesona yang Indah

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like