Seringbaca.com – Pantai Pulau Merah merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang berada di Banyuwangi dan memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Pantai yang eksotik ini juga sering dikatakan mirip dengan pulau dewata Bali. Pesona keindahan alam wisata pantai memang sudah banyak ditemui di berbagai daerah, selain di Bali. Masyarakat saat ini sudah lebih banyak pilihan untuk berlibur dan tidak perlu jauh-jauh ke Bali.

Banyuwangi sendiri bisa dibilang sebagai surganya Jawa Timur karena di daerah ini ada banyak sekali destinasi wisata apik. Pantai bernama Pulau Merah ini merupakan salah satu wisata yang patut dikunjungi saat ke sana. Destinasi wisata yang satu ini bahkan juga banyak dikagumi oleh wisatawan dari mancanegara. Tak hanya pantainya yang begitu cantik, rute perjalanan menuju ke sana juga sangat apik.

Asal Usul Pantai Pulau Merah

Pantai yang sangat eksotik ini berada di kawasan Alas Purwo, sehingga banyak sekali mitos atau misteri yang beredar di masyarakat. Hal ini karena sudah sejak dulu Alas Purwo memang menjadi hutan yang terkenal memiliki cerita atau pengalaman angker dan mistis.

Pantai cantik nan indah ini sebenarnya bernama Ringin Pintu, namun pengunjung yang datang ke sini lebih sering menyebutnya Pulau Merah. Hal ini karena terdapat sebuah pulau berukuran kecil di sekitar kawasan ini yang pasirnya terlihat berwarna merah. Karena sudah dikenal secara luas dengan nama tersebut, akhirnya pemerintah setempat pun mengganti nama pantai ini menjadi Pulau Merah.

Pasir yang ada di pantai Pulau Merah ini sebenarnya tidak benar-benar berwarna merah. Pasir pantai akan berubah menjadi agak kemerahan saat menjelang sore hari. Hal ini juga dipengaruhi oleh air dan terkena paparan sinar matahari senja. Jika ingin melihat fenomena pasir merah ini, lebih baik Anda datang saat musim kemarau karena lebih jelas terlihat.

Related Post :  Inilah Alasan Pantai Sanur Cocok untuk Wisata Keluarga

Keindahan Pantai di Pulau Merah

Pulau Merah memiliki pesona keindahan alam yang begitu memukau, karena kawasan ini masih sangat alami dan asri. Pulau ini berlokasi di Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Pantai ini berjarak sekitar 60 km dari pusat kota Banyuwangi atau sekitar 2 jam perjalanan. Tiket masuk wisata pantai Pulau Merah ini hanya seharga 8 ribu rupiah dan tidak ada tambahan biaya parkir.

Rute atau jalur menuju ke kawasan wisata pantai ini sebenarnya sangat mudah karena tinggal lurus saja ke arah Selatan. Di sepanjang perjalanan juga banyak tersedia petunjuk jalan yang tidak akan membuat Anda kesasar. Lokasi wisata bisa ditempuh dengan kendaraan umum maupun pribadi. Nah, sesampainya di kawasan wisata, inilah beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan, antara lain:

Berburu Sunset dan Sunrise of Java

Banyuwangi memang mendapat julukan sunrise of Java karena melihat matahari terbit dan tenggelam di sana sangatlah indah. Julukan ini memang tidak diperuntukkan untuk pantai Pulau Merah, namun hampir semua pantai di Banyuwangi memiliki panorama sunset dan sunrise. Untuk menikmatinya, berkunjung lah ke Pulau Merah pada bukan November – Desember karena saat itu matahari ada di kawasan Selatan.

Aktivitas Snorkeling

Bagi Anda yang suka dengan aktivitas snorkeling, di sekitaran pantai ini juga banyak tersedia persewaan alat snorkeling. Aktivitas ini memang menjadi sebuah kewajiban bagi para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini.

Aktivitas Memancing

Selain snorkeling, Anda juga bisa merasakan sensasi memancing di tengah laut bersama para nelayan yang berpengalaman. Namun sayangnya, di kawasan pantai ini belum tersedia persewaan alat pancing sehingga Anda harus membawa sendiri dari rumah. Para nelayan di sekitar pantai Pulau Merah akan menyewakan perahu mereka dan mengajak Anda memancing ikan di laut.

Nelayan-nelayan ini tentu sudah memiliki banyak pengalaman sehingga lebih tahu posisi mana yang dapat menghasilkan banyak tangkapan ikan. Bahkan jika Anda beruntung akan mendapatkan dan membawa pulang ikan dengan berat hampir 10 kilogram.

Related Post :  Tempat Wisata Di Tangerang Terbaru Wajib Dikunjungi

Olahraga Surfing di Antara Gulungan Ombak

Ombak di Pulau Merah ini cukup bersahabat bagi para pecinta surfing, tak heran jika banyak sekali wisatawan dari mancanegara berkunjung. Di pantai ini juga banyak tersedia persewaan papan surfing untuk para wisatawan. Bagi Anda yang belum mahir, tersedia juga tenaga pelatih atau coach yang siap mengajari teknik dan ilmu surfing mereka.

Mampir juga ke Pantai Plengkung

Selain pantai Pulau Merah, di sekitaran kawasan wisata ini juga terdapat pantai Plengkung yang bisa digunakan untuk aktivitas surfing. Bahkan biasanya para wisatawan terlebih dahulu berolahraga surfing di pantai Plengkung. Hal ini karena gulungan ombak di pantai Plengkung lebih bersahabat untuk ditaklukkan. Setelah itu, barulah mereka pindah menuju ke Pulau Merah dengan ombak yang lebih menantang.

Mendaki Bukit saat Sedang Surut

Anda juga bisa melakukan aktivitas pendakian ke atas bukit yang lokasinya tidak jauh dari bibir pantai. Pendakian ini bisa dilakukan saat kondisi air laut sedang surut. Dari atas bukit, Anda bisa melihat keindahan pantai dengan pandangan yang lebih luas. Jika beruntung, dari atas sini Anda akan melihat ikan-ikan kecil seperti bintang laut atau ubur-ubur karena lautnya sangat jernih.

Larangan Berenang di Pantai Pulau Merah

Meski cukup banyak dikunjungi wisatawan, pantai ini juga memiliki peraturan atau larangan untuk berenang. Hal ini berlaku saat kondisi air laut sedang pasang dengan tinggi di atas 2 meter hingga 5 meter. Kecuali, bagi peselancar profesional yang mampu menaklukkan ombak tinggi sekalipun. Saat air laut berada di bawah 2 meter, wisatawan diperbolehkan untuk berenang secara bebas ke laut.

Gugusan Batu Karang sebagai Spot Foto

Bagi wisatawan yang suka mencari spot foto, pergilah ke gugusan batu karang di sekitar pantai ini. Batu karang di pantai ini mirip karang-karang di pantai Gunungkidul. Ada banyak sudut eksotik yang akan membuat Anda berlama-lama mencari sudut terbaik untuk berfoto.

Dilengkapi dengan Kursi Santai dan Payung

Pantai Pulau Merah juga dilengkapi dengan kursi santai yang memiliki payung di atasnya sehingga sangat nyaman untuk bersantai dan berteduh. Anda bisa tiduran menghadap keindahan pantai sambil meminum es kelapa muda yang segar. Adanya kursi santai dengan payung berteduh ini membuat penampakan pantai ini seperti pantai Sanur di Bali.

Related Post :  Pantai Watu Karung, Wisata Ekonomis Berkelas Internasional

Mencicipi Aneka Kuliner di Sekitaran pantai

Nah, jika berkunjung ke pantai jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas pantai yaitu ikan bakar. Di pantai ini ada banyak sekali warung atau tempat makan yang menyediakan segala macam makanan dan minuman. Anda bisa mulai mencobanya satu per satu setelah lelah berenang tau bermain surfing.

Itulah beberapa informasi seputar pantai Pulau Merah yang sangat eksotik dan menawan. Jangan lupa untuk berkunjung ke pantai ini saat berlibur ke Banyuwangi. Semoga informasinya bermanfaat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like