Menikmati Destinasi Wisata di Pantai Ranca Buaya

Pantai Ranca Buaya
Pantai Ranca Buaya

Seringbaca.com – Apakah ada yang belum pernah dengar dengan Pantai Ranca Buaya? Tentu ada kan. Ranca buaya adalah nama pantai yang tidak asing lagi bagi telinga orang Garut khususnya masyarakat Jawa Barat. Pantai ini merupakan salah satu alternatif kunjungan wisatawan lokal garut maupun wisatawan asing. Pantai ini sudah dibuka untuk masyarakat dan telah dikomersilkan pemerintah Kabupaten Garut.

Pantai ini memilki potensi yang baik untuk alternatif destinasi wisata laut di wilayah Jawa Barat. Sebagai pantai yang berlokasi di kawasan Garut Selatan, pantai ini memiliki banyak sekali keunggulan. Serta keunikan yang bisa diandalkan sebagai tempat wisata alternatif bagi wisatawan. Pemerintah Kabupaten Garut telah memberikan dan menyediakan fasilitas yang cukup untuk wisatawan.

Pemandangan Wisata Pantai Ranca Buaya

1. Terdapat Air Terjun yang berhadapan dengan Pantai

Tepat di depan pantai Ranca Buaya ini terdapat air terjun yang menjadi pemandangan yang indah seperti halnya lukisan yang sering kita lukis waktu kecil. Di dekat pantai sepertinya sungguh mustahil juga terdapat pemandangan air terjun. Jika mengunjungi tempat wisata ini kita seperti mendapat bonus dua kali lipat nikmat yang sudah disajikan Tuhan untuk kita.

Dan yang lebih heran lagi air yang mengalir adalah air tawar, bukan air payau. Hal ini karena air yang mengalir tersebut berasal dari tiga sungai anakan yang akan menuju pantai ini. Sehingga, setelah kalian puas bermain air di pantai, kalian dapat membilasnya di air terjun ini.

2. Halusnya Pasir Pantai

Pasir putih yang halus merupakan ciri unik dari Pantai Ranca Buaya. Pengunjung secara langsung bisa menikmati dengan bermain pasir, berlarian menginjak kehalusan pasir putih. Pasir putihnya seperti di negeri dongeng indah sekali, tidak semua pantai di Indonesia memiliki pasir yang berwarna putih. Tidak jarang pula wisatawan membawa botol untuk diisi pasir lalu dibawa pulang.

Panjang pantai sekitar 1000-2000 meter dengan lebar pantai 100-200 meter. Sehingga wisatawan yang datang ke tempat ini dapat menikmati pemandangan yang luar biasa. Ditambah dengan deretan-deretan bukit nan hijau, membuat pemandangan semakin menyegarkan. Pantai ini memang memiliki potensi bahwa ke depan akan semakin populer di dalam negeri maupun luar negeri.

3. Istimewanya Tebing Ukir

Bukit-bukit yang terlihat kokoh menjadi pemandangan yang luar biasa. Bukit ini memang secara tidak sengaja adalah bekas kegiatan penambangan. Dalam meningkatkan estetika maka dilakukan pengukiran untuk memperindah tebing,  akan tetapi untuk menjaga cantiknya motif tebing ini maka segala bentuk vandalisme sangat dilarang dilakukan oleh pengunjung.

Pada bukit-bukit ukir ini, para wisatawan yang datang berfoto-foto untuk melengkapi feed instagram yang berbeda dari biasanya. Latar belakang bukit yang diukir akan menambah keunikan feed kalian bukan?

4. Pemandangan Sunset

Saat sore hari, wisatawan yang berkunjung ke pantai Ranca Buaya ini akan disuguhi proses terbenamnya matahari yang berjalan secara perlahan. Senja sore hari warna jingga sinar matahari yang terbenam dari garis cakrawala terlihat sangat indah. Pemandangan ini menjadi suguhan yang biasanya ditunggu wisatawan saat berkunjung dan menikmati pantai di waktu sore hari.

Baca Juga :  Pantai Karang Bolong, Tempat Wisata Alam Eksotis di Anyer

5. Tiga warna air laut yang terlihat kontras

Kebanyakan warna laut terlihat berwarna biru jernih, pantai ini memiliki tiga warna yang kontras jika dipandang dari kejauhan. Warna putih di wilayah pantai dengan warna putih karena warna buih ombak yang memecah pasir pantai, dikedalaman 2 meter terlihat berwarna hijau karena pantulan warna dari rumput laut, dan laut dalam nampak berwarna biru.

Sehingga jika di lihat di atas ketinggian akan terlihat tiga warna yang memanjang dari pinggir putih, hijau dan biru. Pemandangan ini dapat kalian nikmati ketika kalian mengunjungi pantai yang indah ini.

6. Bisa digunakan untuk camping

Selain pengunjung dapat bermain pasir dengan puas, pengunjung pantai Ranca Buaya ini bisa melakukan kegiatan berkemah. Untuk berkemah, kalian diwajibkan untuk meminta izin terlebih dahulu kepada petugas yang bertugas selama 24 jam. Kegiatan berkemah akan sangat menyenangkan dengan suasana pantai malam hari. Ditambah dengan memasak barbeque bersama teman-teman.

7. Pemandangan Air surut

Selain menikmati sunset di sore hari, para pengunjung juga disajikan fenomena air laut yang sedang surut. Sehingga wisatawan bisa bermain di tengah karena pantai semakin melebar saat surutnya air laut. Terkadang fenomena surutnya air laut ini digunakan pengunjung untuk mencari kerang, terumbu karang dan batu laut. Bahkan nelayan menggunakan suasana ini untuk mencari ikan kepiting di sekitar pantai.

Kalian dapat merasakan secara langsung bagaimana nelayan berburu kerang dan hewan-hewan laut kecil lainnya, selain menikmati senja sore hari. Sungguh kegiatan yang menyenangkan apalagi dilakukan secara bersama-sama dengan keluarga.

Saat berwisata tentu saja bukan hanya menikmati view di tempat wisata tetapi menikmati kuliner khas daerah setempat. Ini yang membuat wisatawan lebih mengenal kekhasan daerah tersebut. Berikut beberapa kuliner yang dapat kalian cicipi saat main ke pantai ini.

Kuliner di daerah wisata Pantai Ranca Buaya

1. Ikan bakar

Seperti halnya daerah pantai lain, pantai ini juga menawarkan berbagai makanan hasil laut terutama adalah ikan bakar. Hasil utama dan terkenal di pantai ini adalah penghasil ikan layur. Selain itu juga ada tengiri, kakap dan ikan tongkol. Ada yang dijual segar dan adapula yang sudah masak dan siap disantap menjadi hidangan laut yang sangat menggugah selera makan pengunjung.

2. Kuliner Lobster

Pantai Ranca Buaya juga terkenal dengan lobsternya yang lezat. Tentu saja ini merupakan salah satu hasil tangkapan dari masyarakat daerah pantai. Selain dikonsumsi sendiri ada juga yang dijual. Tentu saja lobster yang dijual adalah lobster yang sudah memenuhi ketentuan timbangan untuk konsumsi pangan.

Ikan laut di Ranca buaya ini memiliki kualitas yang tinggi sudah tentu memiliki harga yang relatif mahal. Pengunjung tidak perlu khawatir lapar karena di pantai ini terdapat sekitar 40 kios makanan yang menjual kuliner laut dan jajanan lain.

3. Restoran khas Sunda

Sebagai pantai yang terletak di daerah Garut tentu saja restoran khas Sunda akan menjadi suguhan utama. Di sekitar pantai yang eksotis ini terdapat restoran khas sunda tentu menyajikan makanan khas sunda yang tentunya akan memanjakan lidah wisatawan. Serta menjadi wisata kuliner bagi kalian yang baru pertama kali mengunjungi tempat ini.

Jika Anda mengunjungi Jawa Barat khususnya kabupaten Garut, Pantai Ranca buaya bisa dijadikan alternatif jalan-jalan ke pantai. Sejuknya angin laut dan pemandangan sekitar pantai ditambah air terjun dan tebing ukir sekitar pantai menjadi daya tarik sendiri yang wajib dinikmati oleh wisatawan.

Baca Juga :  Pesona Legendaris Pantai Carocok Sumatra Barat

Sepanjang pantai yang indah ini jadi destinasi wisata alam dan wisata kuliner yang wajib untuk pecinta wisata laut. Pantai Ranca Buaya setidaknya memberikan kontribusi perekonomian bagi masyarakat pantai dan  bagi perekonomian pemerintah kabupaten dari sektor pariwisata. Banyak sekali objek wisata yang menjadi daya tarik di Pantai Ranca Buaya yang bisa langsung dinikmati.

Jangan lewatkan informasi pantai eksotisme : Main Ke Pantai? Yuk, Nikmati Eksotisme Pantai Pelabuhan Ratu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like