Seringbaca.com – Berkunjung ke Sumatera Utara tak lengkap rasanya jika belum berkunjung ke pantai romantis. Pantai ini terletak di Kabupaten Serdang Bedagai, tepatnya di daerah Perbaungan. Untuk mencapai pantai ini, kita bisa menempuh perjalanan darat selama 2 jam dari Kota Medan.

Pemandangan di pantai yang juga dikenal dengan nama romance bay sangat indah. Pasir putih menyelimuti sepanjang pantai dan ombak yang cenderung tenang semakin menambah suasana romantis di sini. Oleh sebab itulah, destinasi wisata ini diberi nama pantai romantis. Karena keindahannya, tak jarang yang menyembut tempat ini sebagai surganya Sumatera Utara.

Sejarah Singkat

Nama awal pantai ini merupakan Pantai Tengah dan pengelolaannya masih belum sebaik saat ini. Keindahan pantai ini mulai dikelola oleh masyarakat sekitar, pemerintah, dan juga investor hingga mejadi seperti sekarang. Namanya pun diubah menjadi Pantai Romantis atau Romance Bay, tepatnya sejak 26 Maret 2016.

Pantai Romantis
Pantai Romantis

Sebelum berubah nama menjadi Romance Bay, kawasan wisata ini hanya difokuskan sebagai hutan mangrove. Objek wisata yang masih tergolong baru ini menjadi kebanggan tersendiri bagi masyarakat Serdang Bedagai dan Sumatera Utara karena kepopuleran tempat ini. Banyak turis yang datang berkunjung, baik warga lokal maupun warga dari luar kota, bahkan turis manca negara.

Apakah yang Disuguhkan di Romance Bay?

Hal pertama yang akan kita lihat di surganya Sumatera Utara ini adalah pantai dengan hamparan pasir putih. Air laut tampak biru kehijauan membentang seperti menyentuh cakrawala. Ombak di sini juga tidak terlalu besar dan cenderung aman untuk bermain-main.

Beberapa ornamen ditambahkan untuk menambah nuansa romantis di tepi pantai. Terdapat beberapa pondok dan gazebo yang terbuat dari bambu di area pantai. Kita bisa menggunakannya untuk berteduh dan duduk santai sambil menikmati pemandangan laut yang luas.

Ada beberapa spot foto yang bisa kita pakai untuk mengabadikan momen liburan di romance bay. Spot foto tersebut berupa tulisan seperti I LOVE YOU, BE MINE, dan MARRY ME. Spot tersebut sangat cocok digunakan untuk berfoto bersama pasangan. Ornamen-ornamen di romance bay ini bernuansa pink dan beberapa warna cerah lainnya.

Related Post :  10 Pilihan Pantai Pasir Putih yang Cantik dan Menawan

Ada pula sebuah jembatan panjang yang terbuat dari kayu mengarah ke lautan. Di bagian atasnya dihiasi dengan rumput-rumput buatan yang dibuat seperti berbentuk hati. Jembatan ini juga menjadi satu spot favorit pengunjung saat berada di romance bay.

Selain berfoto di spot yang telah disediakan oleh pengelola, kita juga bisa melihat aktivitas nelayan di sini. Nelayan pergi mencari ikan dengan perahu-perahu kecil. Ketika sedang tidak digunakan, perahu ini berjejer di pantai. Sebagian pengunjung pantai menjadikan perahu nelayan ini sebagai objek fotografi.

Pengunjung bisa melihat aktivitas nelayan saat sedang menjaring ikan di laut dari pantai. Nelayan di sini mencari ikan tidak terlalu jauh ke tengah lautan, sehingga kita bisa melihatnya dari pantai. Jika ingin menikmati ikan segar, kita dapat membeli langsung dari nelayan.

Terdapat area yang ditanami mangrove di salah satu sisi pantai. Mengingat pantai ini dulunya merupakan area hutan magrove sebelum dikelola menjadi objek wisata. Adanya hutan ini menambah keberagaman pemandangan yang kita lihat di pantai romantis.

Berapa Biaya yang Harus Disiapkan?

Hal terpenting yang harus kita siapkan sebelum pergi berlibur adalah biaya. Anggaran untuk transportasi, tiket masuk, dan makanan atau konsumsi harus diperhitungkan agar agenda liburan tidak terganggu.

Harga tiket masuk ke pantai romantis atau romance bay dibedakan berdasarkan kelompok usianya. Pengunjung usia anak-anak membayar tiket masuk seharga Rp 25.000. Yang termasuk kategori anak adalah mereka yang berusia 3 hingga 10 tahun. Sedangkan bayi yang kurang dari 3 tahun tidak diwajibkan membayar tiket masuk.

Sedangkan untuk orang dewasa, diwajibkan membayar tiket seharga Rp 35.000. Dengan membayar tiket masuk, kita tidak hanya mendapatkan akses ke area pantai. Kita juga mendapatkan beberapa bonus seperti pondok, serta makanan kecil, dan juga minuman.

Pengelola objek wisata romance bay juga menawarkan paket untuk kunjungan berkelompok yang ingin menggunakan tirai. Paket termurahnya dimulai dari harga Rp 70.000.

Untuk biaya parkir kendaraan, objek wisata pantai ini mematok harga yang cukup terjangkau. Untuk sebuah mobil, biaya parkir yang harus dibayarkan adalah Rp 20.000 dan Rp 10.000 untuk sepeda motor.

Related Post :  7 Aktivitas di Pantai Tanjung Lesung yang Sayang Dilewatkan

Rute Jalan Menuju Pantai Romantis

Terdapat dua buah rute jalan yang bisa kita pilih untuk menuju ke romance bay. Kita bisa memilih sesuai dengan keinginan kita, dan tentu saja menyesuaikan dengan kondisi lalu lintas di sana.

Rute jalan pertama yang bisa kita tempuh untuk sampai di Romance Bay adalah melalui wilayah Desa Sei, Kecamatan Perbaungan, Deli Serdang. Tepatnya melalui Jalan Lintas Sumatera. Dari pasar Bengkel, rute ini berjarak 5 km dari sana.

Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk mencapai romance bay dengan rute ini adalah sekitar 20 menit. Jarak yang dilalui juga tidak jauh, hanya sekitar 10 km saja. Jika kita sudah menemukan tembok hijau panjang yang dimiliki oleh Dinas Sosial Tunanetra, artinya kita harus belok kiri. Jalan ini menuju desa sei buluh. Ikuti jalan itu dengan berjalan terus lurus, lalu belok kanan di simpang tiga.

Kita akan menjumpai sebuah jembatan yang menuju ke arah objek wisata hutan mangrove. Belok kiri di jembatan ini. Jalan lurus terus hingga menemukan tulisan atau tanda “Eks Pantai Tengah”, belok ke arah kanan. Belok ke kanan sekali lagi dan sampailah kita di objek wisata pantai romantis.

Pilihan rute yang kedua untuk mencapai pantai yang menjadi surga di sumatera utara ini, kita bisa menempuh jalan lain yang lebih ramai. Rute ini melewati rumah makan simpang tiga yang terletak di daerah Perbaungan. Dari sini, pantai romantis bisa dijangkau dalam waktu 10 menit saja.

Jalan ini merupakan akses utama menuju objek wisata pantai di wilayah Serdang Bedagai. Pantai yang dimaksud antara lain Pantai Cermin Theme Park, Pantai 88, dan Pantai Gudang Garam. Sering terjadi kamacetan di rute ini, utamanya ketika akhir pekan maupun hari libur.

Jalanan menuju pantai romantis memang masih belum begitu bagus. Terdapat beberapa bagian jalan yang berlubang. Ukurannya yang tidak terlalu lebar pun akan menyulitkan pengendara mobil apabila berpapasan dengan pengguna mobil lainnya. Kita harus hati-hati untuk bisa menjangkau wilayah pantai, apalagi di musim penghujan yang membuat jalanan menjadi licin.

Related Post :  Menikmati Sunset dan Bersantai di Pantai Double Six

Rute pertama maupun kedua memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Selalu hati-hati di jalan dan bekendara dengan aman adalah kunci agar selamat sampai di tujuan wisata. Jangan sampai niat berlibur kita malah menjadi becana untuk diri sendiri maupun orang lain.

Jadi, kapan kita akan berkunjung ke pantai romantis? Ayo, segera agendakan! Baca juga pantai paling Hits di Gunung Kidul yaitu Pantai Gesing.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like