Pantai Sayang Heulang, Pancaran Eksotisme Khas Garut

Seringbaca.com – Pantai Sayang Heulang tepatnya terletak di daerah Garut Jawa Barat. Meskipun mungkin saja tak sebegitu tenar pantai lain dalam skala nasional, namun pesona alamiah dari wisata satu ini tak bisa dianggap enteng begitu saja. Ada banyak sekali tentunya potensi keseruan yang bisa pengunjung dapatkan di sana. Beragam keunikan bentang laut alamiah tersebut takkan mudah ditemukan di tempat lainnya.

Pantai Sayang Heulang bisa dikatakan sebagai representasi wajah eksotisme, yang berbaur bersatu dengan segala keramahan serta kearifan lokal wilayah Garut yang mempesona. Jangan pernah segan untuk datang mampir ke sana bersama dengan rombongan kerabat tersayang. Ada banyak kegembiraan yang bisa Anda dapatkan karena pantai ini sangat teristimewa. Jika tak percaya langsung simak list berikut ini.

Info Penting Pantai Sayang Heulang

Alamat Pantai Sayang Heulang

Pantai khas Garut satu ini memiliki luas yang tak main-main. Panjangnya melebihi 3, 5 kilometer dengan lebar 50 meter. Sedangkan untuk luas keseluruhannya hingga mencapai 10 hektar. Pantai ini tepatnya terletak di daerah Mancagahar Pamengpeuk. Yakni berkisar 80-an kilometer jika Anda berangkat dari pusat kota Garut. Jangan sampai terlewat untuk mampir mencicipi panorama laut keren ya.

Rute Pantai Sayang Heulang

Ada beberapa rute alternatif yang bisa pengunjung jadikan patokan jika tengah ingin menuju pantai Garut yang satu ini. Berikut akan kami paparkan opsi-opsinya ya. Untuk jalur yang paling mudah, pengunjung bisa ambil rute dari pusat Garut menuju Cikajang. Nah, arah ini akan langsung saja menuju ke Mancagahar. Kurang lebih waktu tempuh yang dibutuhkan akan memakan sekitar 3 jam dari pusat kota itu.

Untuk rute minibus Anda bisa mengikuti jalur Bandung Pamengpeuk. Untuk rute jalannya akan melalui wilayah Ranca Bali, Naringgul serta Cidaun. Menariknya, sebelum sampai ke pantai Garut satu ini Anda bisa melewati pantai Rancabuaya.

Nah, terkhusus lagi bagi siapa saja yang datang dari arah Bandung dengan menggunakan kendaraan pribadi, bisa langsung saja melewati jalur Pangalengan tentunya. Menggunakan kendaraan pribadi seperti ini bisa membuat lebih leluasa.

Tiket Pantai Sayang Heulang

Menariknya pantai satu ini buka selama 24 jam. Untuk tiket masuknya sendiri per orang dipungut sekitar Rp10.000,- saja. Tentunya akan sangat ekonomis di kantong. Sedangkan untuk parkir biasanya ditarik tarif yang beragam. Motor Rp2.000,-, mobil pribadi Rp5.000,- sedangkan untuk bus ukuran besar Rp25.000,-.

Dengan banderol tiket masuk yang ekonomis, fasilitas yang tersedia sudah terbilang mumpuni tentunya. Ada lahan parkir aman nan luas, toilet serta tempat ibadah memadai, jejeran rumah makan yang sangat mudah diakses, hingga penginapan untuk bermalam yang tentunya nyaman serta aman untuk pengunjung.

Wisata Sekitaran Pantai Sayang Heulang

Untuk Anda yang tertarik singgah sekaligus ke beberapa destinasi wisata sekitar pantai Garut satu ini, berikut kami paparkan beberapa opsi wisata lain yang paling potensial. Pertama yakni pantai Santolo Garu Cikelet. Hanya berjarak tak lebih dari 5 kilometer saja. Keunikan pantai ini Anda bisa menjelajahinya dengan fasilitas banana boat. Pantai lepas ini mengarah ke samudra Hindia langsung lho.

Baca Juga :  Destinasi Pantai Bali Lestari Kebanggaan Warga Medan

Opsi wisata pantai sekitaran yang selanjutnya bernama pantai Sosong Lalay. Persisnya terletak di Cigoa, Karangwangi, Mekarmukti. Berjarak sekitar 25 kilometer saja ke arah barat. Yang paling menarik dan populer dari pantai ini adalah spot memancinya. Atau arah 15 kilometer ke timur di daerah Karyasari, Cibalong ada lagi pantai Karang Parenje. Terkenal juga sebagai spot memancing ikan berlimpah.

Jarak 35 ke arah barat dari pantai Garut yang satu ini juga masih terdapat spot wisata pantai yang lainnya. Yakni bernama pantai Cidora. Bisa dibilang agak mirip dengan pantai satu ini lantaran bentang lautnya dipenuhi juga dengan suguhan bebatuan karang mempesona. Lengkap dengan aneka ikan atau biota laut warna-warni super menawan. Namun di sana tentunya masih lumayan masuk daerah ya.

Keistimewaan Pantai Sayang Heulang

Spot Snorkeling

Wisata pantai Lokal Garut nyatanya juga bisa unjuk gigi untuk menampilkan kecantikan aneka karang bawah lautan. Tak kalah dengan destinasi pantai yang sudah tersohor sebelumnya di tempat lain. Pantai yang masih alami semakin menonjolkan keindahan tiada dua perihal panorama menakjubkan bawah lautnya. Jika berkunjung ke sana mohon siapkan alat snorkeling lengkap Anda tentunya.

Spot Batu Karang

Bentang pantai yang luas milik pantai satu ini nyatanya dihiasi dengan spot bebatuan karang yang sangat memikat. Yang sangat epik jika musim air laut surut, maka gerombolan bebatuan karang ini akan jelas menyembul ke permukaan. Membuat kontur pantai jadi semakin menarik. Tentunya sangat juga untuk dijadikan sebagai latar foto yang Anda ambil. Benar-benar pantai lokal dengan pemandangan yang super unik.

Bukit Teletubbies

Hal yang sangat menarik selanjutnya dan kemungkinan jarang bisa Anda temukan di destinasi wisata lainnya, yakni adanya bukit Teletubbies di salah satu sisi pantai Garut satu ini. Bukit Teletubbies ini menghampar serta menghijau dipenuhi dengan tanaman rerumputan. Dari atas bukit Anda bisa memindai pemandangan yang sangat menakjubkan dan menyeluruh atas pantai Garut di bawahnya. Menarik, kan?

Area Voli Pantai

Pantai di Garut yang satu ini memiliki bentang pantai luas nan sangat unik. Betapa tidak, spot pasir di seluruh pantai amatlah landai. Hal tersebut tak bisa ditemui di sembarang pantai lainnya. Sehingga pantai satu ini sangat ideal untuk dijadikan sebagai lapangan bermain voli yang seru. Memang oleh pengelola disediakan spot lapangan voli bagi para pengunjung. Pasir pantai yang lembut siap memanjakanmu.

Spot Piknik

Untuk Anda yang kebetulan datang bersama rombongan kerabat terkasih juga bisa menjajal sensasi berpiknik seru di pantai ini. Anda bisa bawa alas duduk beserta bekal piknik dari rumah. Gelaran tempat duduk di bawah pepohonan rindang berpadu dengan suara ombak serta semilir angin. Benar-benar sebuah aktivitas refreshing ideal yang tentunya akan sangat sayang jika Anda lewatkan begitu saja.

Sunset Menawan

Jika kebetulan Anda memutuskan untuk berlama-lama di sekitaran area pantai tersebut hingga sore hari, maka jangan sampai melewatkan momentum matahari terbenamnya ya. Panorama pantai unik berkarang dan teduh dengan pepohonan berpadu dengan cahaya langit meredup bisa menjadi objek foto super menakjubkan. Jangan segan-segan untuk mengabadikan momen terspesial satu ini.

Demikianlah list yang mencakup beragam info penting maupun juga daya tarik mempesona dari pantai Sayang Heulang. Bagi Anda yang tengah berada di wilayah Garut Jawa Barat jangan sampai lewatkan kesempatan mampir area pantai yang sangat refreshing tentunya. Menikmati eksotisme alamiah khas pantai Garut dijamin bisa menyempurnakan waktu liburan Anda menjadi semakin lebih bermakna. Selamat berlibur bersama keluarga dan orang-orang tersayang.

Baca Juga :  Wisata Sensasional Pantai Dreamland Berpagarkan Tebing
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like