Seringbaca.com – Suka liburan ke Pantai? Yuk kunjungi Pantai Ujung Genteng di Jawa Barat yang menyimpan pesona keindahan yang begitu luar biasa. Seperti yang diketahui Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Pulau Jawa yang memiliki banyak destinasi menarik yang sangat sayang untuk dilewatkan. Mulai destinasi wisata alam, kuliner hingga destinasi wisata hit dan kekinian tersedia di sana.

Dari banyaknya destinasi wisata yang tersedia di sana, salah satu potensi wisata yang selalu jadi incaran para wisatawan adalah wisata pantainya. Tentu saja bukan tanpa alasan mengapa banyak orang yang tertarik untuk mengunjungi pantai di Jawa Barat ini. Pantainya yang indah dan juga pemandangan yang masih sangat alami menjadi salah satu alasan mengapa wisatawan tertarik untuk mengunjunginya.

Fakta Seputar Pantai Ujung Genteng Jawa Barat

Asal Usul Namanya

Sebelum mencari daya tarik yang ditawarkan oleh salah satu pantai di Jawa Barat ini, kurang lengkapnya rasanya jika kita tidak mengenal lebih jauh tentang pantai yang satu ini. Berbicara tentang asal usul namanya, sebenarnya nama Ujung Genteng sendiri berawal dari lokasinya yang berada di bagian bawah Pulau Jawa.

Pantai Ujung Genteng
Pantai Ujung Genteng

Kemudian masyarakat setempat menafsirkannya dengan istilah Ujung Genteng atau ujung gunting. Karena lokasinya yang berada di daerah yang sangat terpencil membuat pantai ini masih sangat asri dan belum terjamah manusia. Nah, bagi Anda yang sekarang ini sedang bingung mencari destinasi wisata yang menawarkan ketenangan dan juga kenyamanan, pantai ini bisa menjadi solusi yang tepat.

Lokasi Pantai Ujung Genteng

Berkunjung ke Jawa Barat kurang pas rasanya jika tidak menyempatkan waktu untuk berkunjung ke pantai yang satu ini. Nah, bagi Anda yang masih belum tahu dimana lokasinya, pantai ini sendiri berada di Ujung Genteng Ciracap yang mana masih masuk dalam kawasan Sukabumi Jawa Barat. Namun jika Anda masih kesulitan untuk menemukan lokasinya bisa mengecek melalui aplikasi Google Maps.

Related Post :  Pantai Karang Bolong, Tempat Wisata Alam Eksotis di Anyer

Rute Menuju Pantai Ujung Genteng

Tahukah Anda bahwa Ujung Genteng menjadi salah satu pantai yang masih masuk dalam kawasan Sukabumi yang mana berdekatan dengan beberapa pantai lainnya. Beberapa destinasi wisata pantai yang dimaksud di sini seperti Pantai Cimaja, Pantai Citepus, Pantai Cibangban dan masih banyak lagi.

Jadi bagi Anda yang berencana untuk liburan ke Pantai Ujung Genteng, pastikan juga untuk mengunjungi beberapa pantai yang lokasinya tidak jauh dari sana. Jangan sampai Anda melewatkannya ya!

Lalu bagaimana rute untuk menuju ke lokasi wisata? Sebenarnya rute untuk menuju destinasi wisata pantai ini terbilang sangat mudah. Bagi para pengunjung yang datang dari Jakarta, Bekasi, dan juga Tanggerang maka bisa menggunakan Jalan Tol Jagowari dan Jalan Tangkil-Agrabinta. Untuk lamanya perjalanan dari Jakarta Pusat ini hanya memakan waktu sekitar 4 jam 30 menit saja.

Sedangkan bagi para pengunjung yang berasal dari Banten, maka Anda bisa melewati Jalan Pantura – tol Merak. Namun apabila Anda melewati Jakarta maka bisa melanjutkan perjalanan ke Tol Tanggerang dengan waktu tempuh sekitar 6 jam perjalanan.

Daya Tarik Pantai Ujung Genteng Jawa Barat

Penangkaran Penyu

Salah satu daya tarik yang membuat destinasi wisata pantai ini berbeda dengan yang lainnya yaitu adanya penangkaran penyu. Pantai ini memang sudah terkenal sebagai tempat konservasi penyu yang ada di Jawa Barat. Untuk lokasinya sendiri hanya berjarak sekitar 2 sampai  3 km dan bisa dijangkau dengan berjalan kaki menyusuri pinggiran pantai.

Perlu diketahui tempat penangkaran penyu ini berada tak jauh atau berdekatan dengan ‘Turtle Beach Hotel’. Sehingga ketika Anda menginap di hotel ini pastikan jangan sampai melewatkan berkunjung ke salah satu tempat paling menarik di pantai ini.

Nikmati Sunset dan Sunrise

Bagi Anda yang suka berburu sunset atau sunrise pastikan untuk mengunjungi Pantai Ujung Genteng saat liburan tiba nanti. Seperti yang diketahui, selain terkenal dengan pemandangan alam yang begitu memanjakan mata, pesona lainnya yang ditawarkan oleh pantai ini yaitu adanya sunset dan juga sunrise yang begitu Indah.

Related Post :  Liburan ke Pantai Menganti Kebumen? Coba 6 Spot Terbaik Ini

Jadi bagi Anda yang ingin lihat sunset yang dihadirkan oleh pantai ini, sebaiknya untuk datang pada sore. Namun jika Anda ingin menikmati sunrise yang begitu menyejukkan mata, maka disarankan untuk datang saat pagi buta. Sedangkan jika Anda yang datang dari luar kota sebaiknya untuk memesan penginapan agar liburan yang Anda lakukan semakin nyaman dan menyenangkan.

Spot Foto Menarik

Suka liburan ke tempat-tempat unik? Kurang lengkap rasanya jika Anda tidak mengabadikan setiap momen yang sudah dilakukan di sana. Tahukah Anda selain menawarkan pemandangan yang indah, pantai ini juga memiliki spot foto yang dijamin menarik dan instagramable.

Dengan background pantai dengan laut yang berwarna biru jernih membuat hasil foto terlihat lebih maksimal dan sempurna. Banyak orang yang mengatakan bahwa tempat ini hampir sama dengan pantai di Hawaii. Jadi jangan sampai Anda menyia-nyiakan kesempatan tersebut ya!

Bermain Air

Liburan ke pantai kurang afdol rasanya jika tidak bermain air di pinggiran Pantai Ujung Genteng. Namun meski begitu Anda harus tetap waspada karena keselamatan tetap menjadi hal penting yang harus di utamakan. Perlu diketahui kondisi ombak di pantai ini bisa dikatakan tidak menentu atau pasang dan surut yang mana keadaan tersebut tidak dapat diprediksi sebelumnya.

Oleh karena itu berjaga-jaga menjadi salah satu hal yang perlu dilakukan apalagi jika Anda mengajak anak-anak untuk liburan ini. Jadi pastikan jangan sampai lengah dan selalu awasi anak-anak ketika bermain di pinggiran pantai.

Lingkungan yang Masih Bersih

Daya tarik selanjutnya yang dihadirkan oleh Pantai Ujung Genteng ini yaitu lingkungannya yang masih cenderung bersih dan asri. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, lokasi pantai ini terbilang terpencil dan masih belum terjamah oleh tangan-tangan manusia. Sehingga tidak heran jika kondisi lingkungannya masih sangat alami.

Namun perlu diingat ketika Anda mengunjungi destinasi wisata ini pastikan juga untuk menjaga lingkungan dengan tidak merusak karang-karang di pinggiran pantai. Selain itu, jangan lupa untuk membuang pada tempatnya. Tidak perlu khawatir, di sana sudah banyak tersedia tempat sampah sehingga Anda tidak perlu kebingungan membuang sampah di mana.

Related Post :  Destinasi Pantai Bali Lestari Kebanggaan Warga Medan

Bagaimana? Setelah mengetahui beberapa daya tarik yang dimiliki Pantai Ujung Genteng, apakah Anda tertarik untuk mengunjunginya? Nah, jika Anda berencana untuk mengunjungi pantai ini jangan lupa untuk mengajak keluarga agar liburan yang Anda lakukan semakin berkesan dan menyenangkan. Selain itu bagi yang datang dari luar kota disarankan untuk memesan penginapan di sekitar pantai.

Nah, itulah ulasan singkat tentang destinasi wisata Pantai Ujung Genteng beserta daya tarik yang dihadirkan oleh pantai ini. Mumpung sebentar lagi liburan sekolah, segera lakukan perencanaan mulai dari sekarang agar liburan yang Anda lakukan dapat berjalan lancar sesuai rencana. Simak juga kecantikan Pantai Tanjung Lesung. Semoga informasi di atas bermanfaat!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like