Pantai Watu Karung, Wisata Ekonomis Berkelas Internasional

Pantai Watu Karung
Pantai Watu Karung

Seringbaca.com – Pantai Watu Karung merupakan sebuah destinasi wisata yang terletak di kota Pacitan Jawa Timur. Seperti yang kita ketahui bersama, Pacitan merupakan kota kelahiran Presiden ke 6 Indonesia yakni bapak Susilo Bambang Yudoyono. Pacitan seringkali disebut identik dengan opsi wisata pantai beserta juga ragam goa yang yang jumlahnya sangat banyak. Ditunjang geografis bibir pantai panjang serta kontur dominasi perbukitan.

Pantai Watu Karung bisa disebut menjadi salah satu pantai yang cukup termasyhur bersaing dengan ragam pantai istimewa di sekitarnya. Meskipun bukan terbilang kota besar, namun secara alamiah kota Pacitan memiliki daya tarik panorama alam yang tak kalah menawan dibanding daerah maju lainnya. Lebih lanjut mengenai segala hal yang berkaitan dengan pantai tadi, simak ulasan berikut ini ya.

Info Penting Pantai Watu Karung

1. Alamat Pantai Watu Karung

Pantai istimewa satu ini tepatnya terletak di desa Watu Karung, Pringkuku, Pacitan, Jawa Timur. Jika Anda berangkat dari pusat kota Pacitan maka kurang lebih akan memakan waktu perjalanan selama 45 menit. Rute yang akan Anda lalui begitu keluar dari kawasan pusat kota Pacitan maka akan berubah menjadi jalanan berkelok. Namun tentunya dengan kontur jalan raya yang sudah sangat mulus.

Jalanan berkelok tersebut biasanya dipengaruhi oleh bentang alam wilayah Pacitan yang didominasi dengan area perbukitan maupun juga pegunungan. Jalan berkelok yang dibangun tersebut biasanya diapit oleh tebing serta ragam pepohonan menghijau. Terutama pada spot wilayah tertentu yang bukan merupakan pusat hunian rumah para penduduk. Sejauh mata memandang, hijau segar mendominasi di sepanjang perjalanan.

2. Tiket Pantai Watu Karung

Untuk tiket yang harus dikeluarkan oleh pengunjung biasanya agak bervariasi. Tergantung dari umur serta musim liburan yang tengah berlangsung. Namun jangan khawatir karena masih sangat terjangkau sehingga Anda bisa menikmati keindahan panorama pantai dengan tenang nan leluasa. Untuk pengunjung anak-anak dikenakan tarif Rp2.000,- di hari biasa serta Rp3.000,- di musim-musim liburan.

Sedangkan untuk para pengunjung dewasa biasanya akan dikenai tarif Rp3.000,- untuk hari biasa atau weekdays. Untuk hari liburan nasional maupun weekend biasanya akan dikenai tarif berkisar Rp5.000,-. Tarif tiket tersebut sudah termasuk cakupan asuransi keselamatan dari Jasa Raharja. Biasanya tarif tersebut akan ditarik oleh para petugas lokal dan dijadikan sebagai kas pemeliharaan fasilitas.

3. Wisata Sekitaran Pantai Watu Karung

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya jika garis pantai kota Pacitan membentang sangat panjang, sehingga gampang ditemukan pantai lain yang jaraknya berdekatan. Untuk itu ada baiknya jika Anda sedang mampir ke pantai satu ini, sempatkan sekaligus juga mengunjungi destinasi wisata lain di sekitarnya. Yang terpopuler ada pantai Klayar, Banyu Tibo, Buyutan, bahkan wisata goa juga ada.

Untuk keistimewaan dari pantai Klayar sendiri termasuk yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Wisata pantai modern yang lengkap ditunjang panorama alamiah yang super menawan. Pantai Buyutan maupun juga Banyu Tibo khas dengan hamparan pasir putihnya. Yang menawan dari pantai Banyu Tibo yakni spot tebing yang dilengkapi dengan air terjun menawan di tengah nuansa khas pantainya.

Baca Juga :  Liburan ke Pantai Menganti Kebumen? Coba 6 Spot Terbaik Ini

Keindahan Pantai Watu Karung

1. Tipe Ombak Pantai Watu Karung

Entah Anda yang sedang belajar berselancar maupun juga sudah bergelar peselancar profesional, dijamin akan jatuh cinta dengan tipe ombak pantai wilayah Watu Karung satu ini. Betapa tidak, telah diketahui bersama jika deretan pantai selatan Pacitan menghadap langsung ke samudra Hindia. Hal ini tentu sangat berpengaruh terhadap karakteristik gulungan ombak yang dihasilkan di lautan tersebut.

Karakteristik ombak pantai satu ini tergolong besar, hingga menyentuh tinggi 4 meter. Karakteristiknya merupakan tipe ombak reef break yang akan sangat ideal untuk menunjang aktivitas surfing. Kualitas ombak ini yang menjadi daya tarik paling mahsyur, terlebih di kalangan peselancar. Baik itu skala nasional maupun juga internasional. Bahkan banyak yang menilai Pacitan termasuk Balinya Jawa Timur.

2. Favorit Peselancar

Dengan tipe kualitas ombak yang bagus, hal tersebut mengangkat nama pantai ini hingga jauh terkenal ke kalangan peselancar profesional. Sebut saja geng Rizal Tanjung serta Bruce Irons yang telah menjajal kehebatan ombak pantai ini untuk berselancar semenjak tahun 2009 silam. Rizal Tanjung merupakan peselancar profesional nasional yang termahsyur.

Sedangkan Bruce Irons merupakan jawara Rip Curl Pro Search tahun 2008 yang sudah tak diragukan lagi kehebatannya. Bahkan secara internasional ada majalah terbitan bertajuk Waves. Di mana majalah tersebut menerbitkan edisi majalah dengan menggunakan pantai satu ini sebagai latar belakangnya. Pemotretan tersebut melibatkan atlet peselancar profesional yang sudah diakui tingkat dunia ya.

3. Sunset Menawan

Untuk Anda yang hobi menikmati sunset sekaligus fotografi, tak ada salahnya berlama-lama hingga jelang senja demi mengabadikan momen istimewa tersebut. Sunset di pantai satu ini termasuk menjadi yang paling favorit. Betapa tidak, jika senja mulai akan tiba, biasanya air laut akan secara alamiah perlahan mulai turun. Hal tersebut akan menyingkap keindahan tersendiri dari panorama pantai tersebut.

Saat air laut surut itulah, secara perlahan ragam biota serta karang bebatuan mulai nampak ke permukaan. Menambah kesan menakjubkan tersendiri untuk panorama pantai satu ini. Bagi Anda penikmat suasana malam pantai, jangan khawatirkan untuk urusan penginapan. Di sekitaran area wisata pantai ini ada banyak sekali tipe homestay yang tersedia untuk bisa Anda sewa bersama kerabat tersayang tentunya.

4. Spot Pelelangan Ikan

Spot TPI atau Tempat Pelelangan Ikan di sekitaran area wisata pantai satu ini juga menjadi daya tarik tersendiri yang penting untuk pengunjung. Sekalipun ada banyak warung penjaja makanan khas pantai, namun tak ada salahnya Anda membakar seafood fresh Anda sendiri, bukan? TPI biasanya menyuguhkan bahan seafood segar dengan harga yang jauh lebih miring daripada Anda berbelanja di pasar.

5. Karang Putri Samudra

Ingat tentang bebatuan karang yang menyembul kala air laut turun di senjakala? Nah di pantai bagian timurnya ada sebuah batuan karang besar yang tak tenggelam oleh air laut. Batu unik di tengah laut akan nampak jelas dari area tebingnya. Karang itu disebut Putri Samudra yang sangat termasyhur.

6. Setting Film Nasional

Yang sangat istimewa dari keindahan pantai satu ini ialah pesonanya yang sampai memikat sutradara nasional kawakan sekelas Mira Lesmana. Pantai ini menjadi setting film bertajuk Kulari ke Pantai. Sebuah film dengan suguhan kisah petualangan sepasang sahabat yang dilengkapi dengan adegan komedi segarnya.

Demikianlah uraian lengkap mengenai info basic penting beserta keindahan daya tarik seputaran destinasi wisata pantai Watu Karung Pacitan. Terbilang menjadi destinasi wisata ekonomis namun ternyata menyimpan keindahan maksimal beserta potensi berkelas dunia menakjubkan. Jika Anda sedang berada di kota Pacitan, jangan sampai terlupa kelewatan untuk mampir menikmati panorama khas sana ya.

Baca Juga :  7 Aktivitas di Pantai Tanjung Lesung yang Sayang Dilewatkan

Jangan terlewat informasi Pantai Modern : Pesona Modernisasi Tradisi Khas Pantai Pandawa Bali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like