20 Jenis Peluang Usaha Frozen Food Makanan Beku

Peluang usaha frozen food makanan beku memang selalu menarik untuk dilirik, terlebih karena prospeknya sangat menjanjikan. Permintaan akan frozen food yang semakin meningkat dari hari kehari membuat bisnis ini begitu diminati oleh berbagai kalangan, mulai profesional, hingga pemula.

Produk makanan beku sendiri sudah sangat populer di Indonesia, sehingga memasarkannya juga tidak akan sulit. Meskipun begitu, untuk mendulang untung banyak, maka Anda harus bisa memastikan peluang usaha frozen food makanan beku jenis apa yang lebih banyak peminatnya.

20 Jenis Peluang Usaha Frozen Food Makanan Beku

1. Nugget Ayam

Peluang usaha frozen food

Produk hasil olahan daging ayam ini memang mempunyai rasa gurih dan lezat yang khas sehingga tidak heran kalau disukai hampir semua orang. Nugget ayam termasuk salah satu produk frozen food yang paling digemari, bahkan sejak awal dikenalkan ke publik.

Tingginya konsumsi nugget ini membuat peluang usaha frozen food makanan beku menjadi semakin bernilai komersial. Menariknya lagi, cara pengolahannya juga cukup simple, karena hanya membutuhkan bahan baku ayam, bumbu racik khas, dan tepung.

2. Sosis

Peluang usaha frozen food

Makanan beku satu ini menempati peringkat kedua setelah nugget, dan bahkan lebih populer dikalangan anak-anak. Apalagi, sekarang ini mudah sekali menemukan penjual sosis di pinggir jalan, yang membuat sosis menjadi semakin terkenal dan memiliki banyak fans.

Sosis adalah frozen food yang dibuat dari daging ayam / daging sapi cincang, kemudian diolah dengan bumbu dan bahan pelengkap lain sehingga menghasilkan rasa yang lezat. Umumnya, sosis dihadirkan dalam kemasan bahan sintetis, kemudian diawetkan.

3. Bakso

Peluang usaha frozen food

Peluang usaha frozen food makanan beku yang memiliki potensi laku keras selanjutnya adalah bakso. Siapa yang tidak mengenal kenal dengan bakso? Sebelum maraknya bakso kemasan instan, makanan dari daging ayam / sapi, dan ikan ini memang sudah populer.

Oleh sebab itu, dijamin Anda tidak akan merasa kesulitan dalam memasarkannya meskipun saingannya sangat banyak. Supaya lebih menarik, maka Anda bisa memproduksi bakso dengan beberapa varian berbeda, jadi calon konsumen memiliki lebih banyak pilihan.

Proses pembuatan bakso sendiri cukup mudah dan mungkin sudah familiar bagi Anda. Tahap pertama pengolahannya adalah menggiling bahan utama beserta bumbu, tepung, dan bahan pelengkap. Kemudian dimasak, dikemas, dan disimpan di freezer supaya tahan lama.

4. Otak-Otak Ikan

Peluang usaha frozen food

Makanan kemasan terpopuler yang cocok dijadikan opsi peluang usaha frozen food makanan beku lainnya adalah otak-otak. Bahan utama dari produk ini biasanya adalah ikan tenggiri, tapi bisa diganti sesuai dengan ketersediaan bahan, jadi tidak harus tenggiri saja.

Untuk membuat otak-otak, maka harus terlebih dahulu memisahkan daging ikan dengan duri, kemudian dihaluskan, dan ditambah bumbu, dan tepung. Proses pembuatan otak-otak yang cukup ribet memang membuat sebagian besar orang lebih memilih membeli versi frozen-nya.

Alasannya sangat klise, yaitu lebih praktis dan kebanyakan rasanya juga sama saja. Hal tersebutlah yang membuat bisnis makanan beku otak-otak diprediksi bisa berkembang pesat. Apalagi, penikmat makanan satu ini juga tidak kalah banyaknya dengan penggemar bakso.

5. Kaki Naga Udang

Peluang usaha frozen food

Camilan satu ini merupakan favorit semua orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Rasanya yang gurih dan renyah akan bertambah semakin nikmat saat disajikan dengan saus cabai/tomat, atau mayonaise. Tidak heran kalau sangat disukai oleh semua kalangan.

Tingginya permintaan kaki udang otomatis membuat peluang usaha frozen food makanan beku satu ini menjadi semakin potensial. Terlebih lagi jika Anda mampu menghadirkan produk berkualitas dengan varian rasa baru yang lebih inovatif, dijamin laku keras.

Seperti namanya, kaki udang dibuat dari olahan daging shrimp (udang). Biasanya dengan cara dilumatkan lalu dicampur tepung dan bumbu racik khusus. Tahap terakhir adalah melumuri adonan dengan tepung panir, kemudian diberi stik es krim pada bagian atas.

6. Stik Ikan (Fish Finger)

Peluang usaha frozen food

Produk olahan dari daging ikan yang dihadirkan dalam bentuk stik dan dilapisi tepung panir ini memang terasa crunchy setelah digoreng. Wajar saja kalau banyak yang suka stok stik ikan di kulkas, apalagi makanan beku ini juga sangat kaya akan kandungan gizi.

Memproduksi stik ikan termasuk jenis peluang bisnis frozen food makanan beku yang menguntungkan. Hal ini dikarenakan harga ikan bisa dibilang relatif stabil, dan bahan utama juga mudah dicari, jadi bisa menekan anggaran operasional.

Proses mengolah makanan ini sebenarnya melibatkan 4 bahan, diantaranya adalah daging ikan segar, tepung, bahan tambahan, dan bumbu. Jadi, memang tidak begitu membebani pihak produsen yang berencana untuk terjun ke dunia bisnis makanan beku.

7. Bola Kepiting

Peluang usaha frozen food

Bagi penggemar kepiting tapi tidak mau susah payah berhadapan dengan cangkangnya, maka frozen crab balls adalah alternatif solusinya. Menghadirkan rasa kepiting yang khas dengan campuran bumbu dan bahan pelengkap dalam porsi pas, wajar saja kalau disukai.

Peluang usaha frozen food makanan beku bola kepiting bisa menjadi referensi untuk Anda yang berniat terjun ke bisnis ini. Pasalnya, olahan daging kepiting memang sangat digemari oleh berbagai kalangan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kalau produk ini sulit dijual.

8. Bola cumi

Peluang usaha frozen food

Bentuk serta tekstur bola cumi memang mirip sekali dengan crab balls, namun untuk masalah rasa jelas jauh berbeda. Karena bola cumi dibuat dari olahan daging octopus segar yang kaya akan gizi, kemudian diproses menjadi makanan cepat saji sehingga mudah dikonsumsi.

Dibandingkan dengan beberapa produk frozen food sebelumnya, bola cumi memang kalah populer. Tapi bukan berarti rasanya tidak enak. Hanya saja, produsen yang memproduksi varian ini masih sangat sedikit. Padahal peminatnya cukup banyak.

9. Tahu Bakso

Peluang usaha frozen food

Peluang usaha frozen food makanan beku yang wajib dijadikan pilihan selanjutnya adalah tahu bakso. Perpaduan 2 bahan yang cukup kontras ini menghadirkan varian rasa baru super lezat. Ada bakso dari daging sapi yang terkenal mewah, dan tahu yang merakyat.

Pada awalnya, tahu bakso merupakan oleh-oleh khas dari 2 daerah di Jawa Tengah, yaitu Semarang, dan Klaten. Namun karena rasanya yang sangat enak, popularitas makanan ini semakin menanjak naik. Bahkan saat ini sudah banyak tersedia versi frozen food.

Usaha tahu bakso juga tidak membutuhkan modal awal yang besar, karena Anda bisa mulai dengan merintis bisnis rumahan. Supaya usaha ini cepat berkembang, maka bisa mengembangkan variasi rasa, isian, atau bahkan mengganti tahu dengan bahan lain.

10. Tempura

Peluang usaha frozen food

Makanan ringan yang disajikan di restoran berbintang hingga dijajakan di pinggiran jalan ini memang sudah begitu populer di Indonesia. Oleh sebab itu, peluang usaha frozen food makanan beku jenis tempura ini menjadi semakin terbuka lebar.

Sekilas, tempura memang terlihat seperti otak-otak, baik bentuknya maupun rasanya. Tempura sendiri adalah olahan daging ikan dengan campuran wortel, telur, daun bawang, tepung, dan bumbu yang diolah menjadi adonan berbentuk panjang.

Tempura sendiri termasuk salah satu makanan zaman old yang bisa membuat siapa saja merasa bernostalgia saat duduk di Sekolah Dasar. Pasalnya, umumnya banyak penjual gorengan tempura yang berjajar pada area depan sekolah SD.

11. Dumpling

Peluang usaha frozen food

Masyarakat Indonesia memang masih banyak yang tidak bisa membedakan antara dumpling dengan dimsum. Sebenarnya tidak masalah juga, karena dumpling termasuk salah satu varian dari dim sum food, jadi jangan heran kalau rasa maupun bentuknya tidak begitu beda.

Peluang usaha frozen food makanan beku dumpling semakin diminati oleh masyarakat belakangan ini. Membeli dumpling beku merupakan solusi paling bagus, untuk makan dumpling tanpa harus repot membuat, atau mengeluarkan uang banyak pergi ke restoran.

Dumpling terdiri atas daging cincang dan sayur-sayuran yang dibungkus menggunakan selembar kulit dari adonan tepung. Namun Anda bisa mengganti isiannya sesuai permintaan pasar. Cara menyajikan dumpling juga mudah, tinggal direbus dengan kuah pedas.

12. Pangsit Udang

Peluang usaha frozen food

Dumpling dan pangsit sebenarnya masih merupakan jenis makanan yang sama, namun memiliki varian berbeda. Produk pangsit udang juga bisa dihadirkan dengan cara beragam, mulai dari isian udang utuh, hingga udang cincang dengan tambahan sayuran.

Untuk menyenangkan customer, maka Anda bisa menjalankan peluang usaha frozen food makanan beku pangsit udang, dan pangsit varian lainnya. Pilihan yang variatif tentu akan membuat konsumen merasa lebih leluasa dalam memilih produk yang disukainya.

Selain menawarkan citarasa udang segar berbalut tepung yang lezat, pangsit udang juga mengandung gizi tinggi sehingga bagus untuk dikonsumsi. Tidak mengherankan kalau peminat produk frozen food yang satu ini juga sangat membludak.

13. Daging – Sapi & Ayam

Peluang usaha frozen food

Produk daging sapi dan ayam kemasan memang semakin di depan dalam beberapa tahun terakhir. Konsumsi dan kebutuhan masyarakat akan lauk pauk seperti sapi dan ayam memang sangat tinggi. Sehingga tidak heran kalau daging selalu laris manis.

Kondisi ini bisa Anda manfaatkan untuk eksekusi peluang usaha frozen food makanan beku dengan memproduksi daging kemasan. Supaya lebih menarik, usahakan Anda meluncurkan produk dengan varian berat yang beragam agar gampang dipilih konsumen.

Berbeda dengan daging segar yang disimpan di dalam kulkas, frozen meat bisa disimpan dalam jangka waktu lebih lama. Jadi, konsumen tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsinya kapan saja. Selain itu kesegaran daging yang terjaga membuatnya tetap aman dikonsumsi.

14. Aneka Seafood

Peluang usaha frozen food

Selain memproduksi daging sapi dan ayam, jenis peluang usaha frozen food makanan beku lainnya yang bisa Anda coba adalah seafood. Selain daging, makanan lauk paling populer di Indonesia selanjutnya adalah hasil laut, seperti ikan, udang, cumi, kerang, dsb.

Supaya tidak membosankan, sebaiknya Anda mengolah seafood dengan berbagai rempah atau bumbu khusus sehingga produk memiliki citarasa khas. Anda juga bisa memodifikasi cara pengolahannya, jadi bukan hanya direbus, tapi bisa juga ditumis, lalu diawetkan.

Dengan begitu, konsumen bisa lebih dimudahkan saat hendak mengolah dan mengkonsumsi frozen food tersebut. Sehingga tidak perlu bingung memikirkan hendak diapakan makanan tersebut nantinya, karena sudah dibumbui dan tinggal dimasak sesuai instruksi saja.

15. Egg Chicken Roll

Peluang usaha frozen food

Peluang usaha frozen food makanan beku chicken roll memang layak untuk dimasukkan dalam daftar jenis produk Anda. Pasalnya, produk andalan dari restoran cepat saji ini merupakan salah satu makanan kesukaan anak-anak dan orang dewasa dari berbagai usia.

Supaya produk Anda laris manis dipasaran, maka jangan lupa untuk mempersiapkan desain kemasan yang super unik dan menarik. Di samping itu, buat target pasar tertarik dengan produk Anda. Caranya adalah dengan membuat beberapa varian rasa sekaligus.

Umumnya, egg chicken roll dibuat dari olahan daging ayam dengan campuran telur (ayam), dan bumbu khas lainnya. Supaya berbeda, Anda bisa membuat chicken roll dengan isian lebih variatif, misalnya egg chicken roll rasa keju, dan lainnya.

16. French Fries

Peluang usaha frozen food

Ingin sukses dalam menjalankan peluang usaha frozen food makanan beku? Artinya Anda harus memasukkan french fries a.k.a kentang goreng dalam salah satu varian produk yang akan diproduksi. Seperti diketahui, camilan ini sangat disukai nyaris oleh semua orang.

Dibandingkan mengolah kentang untuk digoreng dan dijadikan camilan secara manual, saat ini kebanyakan orang memang lebih suka membeli frozen french fries. Jadi, kapanpun ingin makan kentang goreng, maka tinggal goreng saja, dan camilan siap disantap.

Makanan yang dibuat dari bahan baku kentang dengan campuran bumbu gurih memang merupakan camilan sehat, lezat, dan mengenyangkan. Cocok sekali dimakan dalam berbagai kesempatan. Tidak mengherankan kalau banyak yang suka.

17. Chicken Katsu

Peluang usaha frozen food

Makanan Jepang yang juga digemari oleh masyarakat di tanah air ini memang semakin hits sejak kehadiran berbagai Japanese resto di berbagai penjuru Indonesia. Chicken katsu sendiri adalah makanan dengan bahan utama berupa daging ayam, atau sapi.

Citarasa khasnya berasal dari campuran tepung dan bumbu khusus sehingga bisa meresap sampai kedalam daging. Banyaknya pecinta chicken katsu merupakan salah satu alasan kenapa Anda harus memasukkannya dalam list peluang usaha frozen food makanan beku.

Menghadirkan chicken katsu versi frozen tentu saja akan memanjakan para penggemarnya. Pasalnya, untuk menikmati ayam katsu yang renyah dan gurih tidak perlu pergi ke resto lagi. Cukup beli katsu frozen dan bisa digoreng sendiri di rumah,

18. Donat

Peluang usaha frozen food

Makanan ringan dengan ciri khas bentuk seperti ring yang bolong di tengah ini adalah salah satu panganan favorit masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, peluang usaha frozen food makanan beku donat juga sangat dilirik oleh berbagai kalangan.

Agar terlihat lebih variatif, Anda bisa membuat varian produk donat aneka topping. Jadi, ada pilihan topping berbeda untuk tiap kemasannya. Dengan begitu, maka donat yang dipasarkan juga kelihatan lebih unik dan menjual. Jadi, tidak jauh beda dengan donat di bakery.

Modal usaha yang dibutuhkan untuk membuat donat juga tidak begitu besar, karena Anda bisa memproduksinya dengan sistem rumahan pada saat awal membangun usaha.

19. Mie Ayam

Peluang usaha frozen food

Penikmat mie ayam sudah tidak terhitung jumlahnya. Kalau Anda perhatikan, pasti warung yang menjual menu bakso dan mie ayam tidak pernah ada sepinya. Kehadiran produk frozen chicken noodle merupakan alternatif solusi bagi pecinta mie ayam yang sering mager.

Karena sudah sangat populer, tentu tidak akan sulit bagi Anda untuk mencari pasar yang tepat. Supaya tampak lebih real, jangan lupa menambahkan bumbu minyak, topping ayam, saus & kecap dalam kemasan mie ayam.

20. Sayuran

Peluang usaha frozen food

Peluang usaha frozen food makanan beku lain yang layak dicoba adalah produk sayuran. Tenang saja, proses pembekuan tidak akan membuat sayuran kehilangan kandungan gizi maupun nutrisinya. Jadi, produk yang Anda jual tetap sehat dan bermanfaat.

Beberapa jenis sayuran yang umum dijadikan frozen food sangatlah beragam, misalnya edamame, wortel, brokoli, buncis, jagung, kubis, kacang polong, dan banyak lagi lainnya.

Peluang usaha frozen food makanan beku memang tidak bisa dianggap sebelah mata. Cara penyajian makanan beku yang super instan adalah salah satu keunggulan produk ini di mata konsumen. Hal tersebut bisa menjadi jaminan kalau bisnis ini memiliki masa depan yang cemerlang.

 

Baca Artikel yang berkaitan dengan Peluang Usaha :

1 Shares:
0 Share
1 Share
0 Tweet
0 Share
0 Share
0 Share
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like