15 Jenis Peluang Usaha Kelapa Tua Paling Menjanjikan

Indonesia adalah negara yang memiliki lahan kebun kelapa paling luas di dunia, namun sayangnya volume ekspor hasil olahan kelapa negara ini masih rendah jika dibandingkan negara lain. Padahal, ada banyak sekali peluang usaha kelapa tua maupun segar yang bisa dijadikan ladang bisnis.

Seperti yang pasti sudah Anda ketahui, bahwa kelapa tua memang jarang dilirik oleh calon pebisnis pemula. Padahal, meskipun tidak begitu populer namun peluang usaha kelapa tua ini sangat prospek, khususnya untuk dijadikan sebagai bisnis jangka panjang.

15 Jenis Peluang Usaha Kelapa Tua Paling Menjanjikan

1. Jual Beli Kopra

Peluang usaha kelapa tua

Contoh peluang usaha kelapa tua dengan prospek besar yang pertama adalah jual beli kopra. Disini, peran Anda adalah sebagai pihak ke 3 yang menjembatani transaksi antara produsen (petani kelapa), dan konsumen (pihak yang akan membeli kelapa tersebut).

Bisnis jual beli kopra bisa dikatakan memiliki masa depan cemerlang, terutama karena peminat buah ini dijamin tidak akan ada habisnya. Di samping itu, keuntungan yang bisa didapatkan juga lumayan, khususnya jika bisa bernegosiasi dengan para petani kelapa.

2. Menjadi Eksportir Kelapa Tua

Peluang usaha kelapa tua

Jika ternyata harga kopra di dalam negeri tidak memuaskan, dan bahkan jauh di bawah angka rata-rata. Anda bisa mempertimbangkan kemungkinan untuk menjadi pengekspor kopra. Sudah pasti prosesnya tidak akan mudah, namun hasilnya juga sesuai dengan usaha.

Peluang usaha kelapa tua dengan menjadi eksportir tentu akan lebih menguntungkan dalam segi materi. Pasalnya, Anda bisa memilih pasar (negara) yang memiliki harga jual bagus. Apalagi, tidak semua negara memiliki perkebunan kelapa, jadi potensi untunya besar sekali.

3. Usaha Kelapa Parut Kering

Peluang usaha kelapa tua

Salah satu contoh peluang usaha kelapa tua yang bisa Anda jadikan referensi adalah, menjual produk kelapa parut kering. Prosesnya sendiri dilakukan secara higienis sehingga menghasilkan produk dengan kualitas tampilan bagus, dan juga bermutu tinggi.

Kelapa kering sendiri merupakan produk yang banyak dicari. Pasalnya, produk ini biasa dijadikan bahan baku maupun tambahan pada berbagai jenis makanan, seperti krim kelapa, manisan kelapa, tepung kelapa, toasted coconut, hingga coconut chips.

4. Bisnis Jajanan Pasar dari Kelapa Tua

Peluang usaha kelapa tua

Ada banyak sekali jenis olahan makanan ringan / jajanan pasar yang dibuat dari bahan baku daging kelapa, seperti gandos, dan kue kelapa. Menariknya, jajanan tersebut bukan hanya bisa dibuat menggunakan buah kelapa segar, tapi juga yang kering.

Peluang usaha kelapa tua dengan mengolahnya menjadi beraneka ragam memiliki potensi cukup menguntungkan. Apalagi di tengah maraknya kuliner kekinian ala Western saat ini, Anda bisa menghadirkan jajanan tradisional Indonesia dengan tampilan lebih menarik.

5. Usaha Tepung Kelapa

Peluang usaha kelapa tua

Memproduksi tepung kelapa berkualitas tinggi bisa dikatakan sebagai peluang usaha kelapa tua paling menguntungkan. Pada kelapa segar, yang digunakan membuat tepung adalah parutan daging kelapa sisa santan, namun kalau pakai kelapa tua dapat langsung diolah.

Di pasaran, tepung kelapa dibanderol dengan harga sekitar Rp. 55.000 per kilo. Namun harga juga ditentukan berdasarkan kualitas tepung dan cara pengolahannya. Menariknya lagi, proses pembuatan tepung kelapa juga cukup mudah, dan tidak memakan waktu lama.

Oleh sebab itu, sangat recomended kalau dijadikan sebagai usaha jangka panjang. Kalau memiliki modal yang tidak begitu besar, maka Anda bisa mulai dengan produksi tepung kelapa homemade, dimana peralatan termahal yang diperlukan adalah blender dan oven.

6. Usaha Keripik Kelapa

Peluang usaha kelapa tua

Tidak sedikit orang yang memandang sebelah mata kelapa tua sebelum diolah menjadi berbagai produk serbaguna. Padahal, ada banyak sekali peluang usaha kelapa tua yang bisa mendatangkan rupiah. Contohnya membuat keripik kelapa dari buah yang sudah kering.

Kelapa tua biasanya dijual dengan harga yang jauh dibawah pasaran, dan ini merupakan nilai plus untuk Anda yang memiliki modal pas-pasan. Cara mengolahnya juga mudah, dan tidak membutuhkan peralatan mahal, karena bisa memanfaatkan perlengkapan dapur.

Untuk mengolah kelapa tua menjadi keripik yang renyah dan bercita rasa tinggi, salah satu prosesnya adalah menjemur daging kelapa di bawah terik matahari. Supaya produk tidak terlihat monoton, maka Anda bisa menghadirkan berbagai varian rasa selain original.

7. Santan Kelapa Cair

Peluang usaha kelapa tua

Siapa bilang kalau kelapa tua tidak bisa menghasilkan santan yang sehat dan berkualitas? Buktinya, kelapa tua dapat diolah menjadi produk santan kelapa cair, yang begitu diminati oleh masyarakat, karena umumnya santan cair digunakan dalam berbagai jenis masakan.

Peluang usaha kelapa tua dengan memproduksi santan cair bisa sangat menguntungkan. Selain pasarnya yang luas, modal uang dan tenaga yang dikeluarkan juga tidak begitu besar. Anda bahkan bisa mulai menjalankan bisnis rumahan ini secara individu.

8. Bisnis Santan Kering

Peluang usaha kelapa tua

Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui kalau selain varian santan kental dan cair, masih ada lagi santan kering / bubuk santan (coconut milk powder). Santan kering biasanya dijual dalam bentuk sachetan, dan kegunaannya sama seperti varian santan lain.

Peluang usaha kelapa tua dengan membuat santan kering ini sangat prospek. Anda bahkan bisa mempromosikannya sebagai salah satu oleh-oleh khas Indonesia kepada para wisatawan asing yang datang berkunjung. Dengan begitu, maka harga jualnya lebih tinggi.

9. Bisnis Sabun Kelapa

Peluang usaha kelapa tua

Selain menjadi bahan baku makanan, kelapa kering juga bisa dijadikan sebagai sabun, baik sabun mandi maupun cuci piring. Supaya lebih menarik perhatian pasar, Anda bisa memproduksi sabun kecantikan organik dengan bahan alami dari ekstrak kelapa.

Apabila hasilnya bagus, maka konsumen pasti tidak akan segan repeat order dan mempromosikannya secara sukarela ke orang lain. Proses membuat sabun kelapa memang tidak gampang, namun jika dikerjakan sungguh-sungguh hasilnya pasti memuaskan.

Ingin mendapatkan keuntungan lebih besar dari bisnis sabun kelapa? Jika Anda sudah merasa puas dengan kualitas produk yang dibuat, maka tidak ada salahnya merekrut reseller. Tidak perlu terjun ke TKP secara langsung karena Anda bisa memanfaatkan internet.

10. Kerajinan Batok Kelapa

Peluang usaha kelapa tua

Peluang usaha kelapa tua dengan memanfaatkan bagian tempurungnya memang sudah dilakoni oleh banyak orang sejak dulu. Khususnya yang memiliki jiwa seni dan kreativitas tanpa batas, dimana batok kelapa bisa disulap menjadi kerajinan tangan bernilai ekonomi.

Jika kebetulan Anda memang suka membuat produk DIY, dan ingin menghasilkan cuan dengan memanfaatkan batok kelapa, sebenarnya tidak begitu sulit. Apalagi pasarnya juga sangat mendukung dikarenakan kerajinan tangan tradisional ini cukup mencolok.

11. Bisnis Sapu Rumah dari Serabut Kelapa

Peluang usaha kelapa tua

Peminat sapu rumah berbahan serabut kelapa tua memang cukup tinggi. Namun saat ini, produk tersebut sudah jarang dijumpai karena mulai digantikan sapu plastik. Padahal, sapu dari serabut sangat efektif membersihkan debu dan kotoran yang mengotori lantai.

Untuk memulai usaha sapu serabut tentunya membutuhkan ketekunan tingkat tinggi. Hal ini dikarenakan prosesnya memang cukup “njelimet”. Oleh sebab itu, kalau ada budget lebih sebaiknya rekrutlah karyawan yang memang telaten membuat produk seperti itu.

12. Usaha Arang Batok

Peluang usaha kelapa tua

Salah satu produk olahan kelapa yang memiliki potensi besar laku keras di pasaran adalah arang batok/tempurung. Berbeda dengan arang pada umumnya yang biasa digunakan untuk keperluan panggang memanggang di dapur, arang batok mengandung senyawa karbo aktif.

Senyawa tersebut sekarang ini sangat hits digunakan dalam berbagai industri, mulai dari makanan, kecantikan, obat-obatan, hingga sabun. Dengan membangun usaha produksi arang batok, maka kesempatan untuk untung berkali-kali lipat akan lebih tinggi.

13. Bisnis Keset Sabut Kelapa

Peluang usaha kelapa tua

Keset dari sabut kelapa memang jarang terlihat dalam beberapa waktu terakhir, tapi bukan berarti kalau produk ini kehilangan peminatnya. Dibandingkan keset kain, keset sabun memang lebih tahan lama, jadi bisa menghemat pengeluaran penggunanya.

Untuk mensiasati keset sabut yang memang memiliki tampilan jadul, karena biasanya memiliki warna gelap seperti medium brown, dark brown, black, dan gray. Anda bisa berinovasi dengan menjual produk keset dengan warna lebih berani, misalnya rainbow.

Di samping itu, Anda bisa menambahkan berbagai pola motif tradisional yang menarik sebagai nilai plusnya. Dengan begitu, maka keset sabut kelapa kering ini tampak menonjol, dan eye catching sehingga lebih mudah disukai oleh kaum milenial.

14. Usaha Tepung Batok Kelapa

Peluang usaha kelapa tua

Mungkin Anda bahkan tidak menyangka kalau batok kelapa bisa dijadikan tepung. Namun faktanya, coconut shell powder sudah cukup dikenal oleh masyarakat. Jadi, batok kelapa tua yang sudah diambil dagingnya bisa diolah lagi menjadi tepung bernilai ekonomi tinggi.

Namun jangan salah kaprah, meskipun nama dan bentuknya seperti tepung, tapi kegunaan dan manfaatnya beda. Tepung batok kelapa ini berfungsi sebagai senyawa untuk mengisi perekat resin sintetik, pengembang phenolic molding, dan banyak lagi lainnya.

15. Bisnis Pupuk Organik dari Serbuk Kelapa

Peluang usaha kelapa tua

Peluang usaha kelapa tua selanjutnya adalah membuat pupuk organik dari cocopeat. Seperti diketahui, kalau teknik bercocok tanam organik saat ini sangat diminati oleh para petani modern, untuk mendukungnya, maka dibutuhkan pupuk organik pula.

Tingginya permintaan akan produk pupuk organik bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis untuk meningkatkan penghasilan. Supaya biaya bahan pupuk lebih rendah, maka Anda bisa membeli kelapa yang sudah tua, karena harganya pasti sangat miring.

Tips Untung Besar Berbisnis Kelapa Tua

  • Niat dan Tekad

Untuk bisa sukses dalam menjalankan bisnis kopra, niat saja tidak cukup karena Anda juga membutuhkan tekad yang kuat dalam memotivasi diri sendiri. Kalau sudah memiliki kedua modal tersebut, maka tidak ada kata tunggu lagi untuk segera mengimplementasikannya.

Di samping itu, perlu diketahui bahwa dalam membangun usaha itu tidaklah mudah, meskipun peluang usaha kelapa tua sangat besar. Oleh karena itu, jangan pernah menyerah saat proses merintisnya. Kalau gagal, maka coba lagi bukannya berhenti.

  • Mengenal Pasar

Pelaku bisnis sudah pasti harus mengetahui kondisi pasar dimana ia akan menggelar lapak dagangannya. Selain itu, Anda juga dituntut untuk belajar mengenai cara menentukan target potensial karena setiap produk memiliki peminatnya masing-masing.

Oleh sebab itu, jika Ada merasa tertarik saat melihat peluang usaha kelapa tua yang begitu prospek. Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah menganalisa pasar, bukan hanya mencari konsumen saja, namun Anda juga perlu mengetahui pergerakan harga.

  • Memperluas Jaringan

Salah satu trik mendapatkan kopra dengan harga terbaik adalah dengan menjalin kerjasama dengan kelompok petani kelapa. Anda yang mengalami kesulitan modal juga bisa menerapkan cara ini untuk menekan anggaran investasi awal supaya tidak terlalu berat.

Bekerjasama dengan berbagai pihak akan membuat peluang usaha kelapa tua juga berkembang semakin cepat. Pasalnya, sesama mitra dapat berkomitmen untuk saling mempromosikan usaha satu sama lain, sehingga jangkauan pasar jadi lebih luas.

  • Memiliki Pemikiran Kreatif dan Inovatif

Anda ingin peluang usaha kelapa tua mendatangkan keuntungan yang berlipat ganda? Jawabannya sangat mudah, cukup dengan memiliki pemikiran kreatif untuk melihat berbagai peluang yang ada di depan mata, lalu ciptakan produk inovatif yang berbeda.

Kelapa merupakan buah segudang manfaat yang semua bagiannya bernilai ekonomis. Jadi, jangan fokus pada menjual daging kelapa saja, karena tempurungnya bisa Anda manfaatkan menjadi produk kerajinan tangan bernilai tinggi, dan airnya juga bisa dijual.

  • Mengelola Keuangan Secara Profesional

Salah satu kunci sukses dalam menjalankan peluang usaha kelapa tua adalah karena pengelolaan keuangan yang bagus. Jadi, antara income dan outcome balance. Jangan sampai kalap dan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, seperti besar pasak daripada tiang.

Seperti diketahui, kalau masalah uang ini sangat sensitif. Oleh karenanya membutuhkan pengelolaan yang baik. Jangan sampai uang untuk belanja kebutuhan sehari-hari malah terpakai membeli sesuatu yang tidak jelas, atau parahnya dipakai belanja pribadi.

Analisa Usaha Kelapa Tua

Sebelum memutuskan mengambil peluang usaha kelapa tua / kopra, sebaiknya Anda membuat analisis terlebih dahulu. Dengan begitu, maka akan lebih mudah memprediksi kemungkinan untung dan ruginya. Kalau masih bingung, maka di bawah ini akan dijabarkan asumsi analisanya.

Perkiraan modal usaha :

Jenis KebutuhanHarga
Sewa lahan rumah produksiRp. 1.500.000
Mesin parut kelapaRp. 1.225.000
Wadah (baskom / ember)Rp. 40.000
Mesin pengeringRp. 875.000
Mesin pengemasRp. 460.000
PisauRp. 30.000
Peralatan lainnyaRp. 100.000
TotalRp. 4.230.000

 

Analisa biaya tetap :

Penyusutan PeralatanNilai
Sewa lahan ukuran 1/40 x Rp. 1.500.000Rp. 37.500
Mesin parut kelapa 1/48 x Rp. 1.225.000Rp. 15.520
Wadah kelapa 1/24 x Rp. 40.000Rp.1.666
Mesin pengering 1/60 x Rp. 875.000Rp. 14.583
Mesin pengemas 1/60 x Rp. 460.000Rp. 1.666
Pisau 1/12 x Rp. 30.000Rp. 2.500
Peralatan tambahan lainnyaRp. 100.000
Gaji karyawanRp. 1.200.000
TotalRp. 1.373.435

 

Analisa biaya variabel :

KebutuhanNilai
KelapaRp. 300.000 x 30 = Rp. 9.000.000
PlastikRp. 41.000 x 30 = Rp. 1.230.000
Gas LPGRp. 22.000 x 4 = Rp. 88.000
ListrikRp. 200.000 per bulan
AirRp. 150.000 per bulan
Biaya tambahan lainRp. 50.000 x 30 = 1.500.000
TotalRp. 12.168.000

 

Untuk memperkirakan keuntungan dari peluang usaha kelapa tua sebenarnya sangat mudah sekali. Anda tinggal hitung keseluruhan biaya operasional (biaya tetap + biaya variabel), kemudian tentukan estimasi rata-rata keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Cara menghitung :

Rp. 1.373.435 (biaya tetap) + Rp. 12.168.000 = Rp. 13.541.435

Perkiraan untung : 60 kg kopra (per hari) x Rp.10.000 /kg = Rp. 600.000

Rp. 600.000 x 30 hari = 18.000.000

Mencari laba bersih : Rp. 18.000.000 – Rp. 13.541.435 = Rp. 4.458.565

Jadi, estimasi laba bersih dari bisnis ini adalah Rp. 4.458.565 per bulan

Ada banyak sekali jenis peluang usaha kelapa tua yang bisa Anda jadikan sebagai referensi bisnis modal kecil untung besar. Meskipun begitu, sebaiknya pertimbangkan dengan matang sebelum memilih usaha seperti apa yang akan dilakoni sehingga hasilnya bisa sesuai ekspektasi.

 

Baca Artikel yang berkaitan dengan Peluang Usaha :

1 Shares:
0 Share
1 Share
0 Tweet
0 Share
0 Share
0 Share
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like