20 Peluang Usaha untuk Mahasiswa Paling Potensial

Meskipun menyandang status sebagai mahasiswa, namun bukan berarti Anda tidak bisa belajar mandiri. Apalagi, saat ini ada banyak sekali peluang usaha untuk mahasiswa yang dapat dijalankan tanpa modal besar, sehingga memiliki keterampilan tertentu saja sebenarnya sudah cukup.

Membangun bisnis di usia muda bukan hanya akan membuat Anda menjadi semakin mandiri dan bisa menghasilkan uang sendiri. Namun, ada pengalaman berharga yang tentu akan membuat Anda menjadi semakin matang dan berkembang, sehingga tidak merasa takut menghadapi masa depan.

20 Peluang Usaha untuk Mahasiswa Paling Potensial

1.     Jual Beli Buku Pelajaran

peluang usaha untuk mahasiswa

Meskipun zaman sudah modern dan sistem pembelajaran mulai mengadopsi media digital, namun buku akademik tidak pernah kehilangan perannya. Buku tetap dibutuhkan oleh para mahasiswa untuk menunjang aktivitas perkuliahan sehari-hari.

Kebutuhan akan buku yang sangat tinggi tersebut bisa Anda manfaatkan sebagai peluang usaha untuk mahasiswa kecil-kecilan dengan modal minim. Supaya lebih diminati, maka disarankan supaya usaha ini berfokus pada jual beli buku bekas yang harganya terjangkau.

Seperti diketahui, tidak semua mahasiswa memiliki kemampuan finansial memadai, sehingga bisa membeli buku baru dengan harga lumayan mahal. Oleh karena itu, buku bekas yang kondisinya masih bagus dan layak pakai pasti akan lebih dilirik oleh mahasiswa.

2.     Bisnis Online Shop

peluang usaha untuk mahasiswa

Membangun toko online adalah salah satu peluang usaha untuk mahasiswa yang sangat menjanjikan. Bayangkan saja, untuk memulainya Anda tidak membutuhkan modal besar karena semua proses jual beli dilakukan secara online, sehingga tidak perlu restock barang.

Supaya lebih mudah, maka Anda bisa menerapkan sistem PO dengan DP 50% kepada calon customer. Hal ini dilakukan untuk menghindari kejadian tidak mengenakkan, seperti hit and run yang pastinya akan merugikan Anda selaku penjual.

Apabila ingin mendapatkan jangkauan target pasar lebih luas, maka Anda bisa memanfaatkan berbagai platform sosial media maupun marketplace untuk berdagang. Agar hasil penjualan bisa maksimal, disarankan untuk menjual produk yang up to date.

3.     Bisnis Cake Kekinian

peluang usaha untuk mahasiswa

Sudah menjadi rahasia umum kalau anak muda sangat anti terhadap kata “ketinggalan zaman”. Hal ini dapat Anda manfaatkan sebagai peluang usaha untuk mahasiswa, yaitu dengan menjual cake kekinian (bisa produksi sendiri kalau punya skill, atau menjadi reseller).

Mahasiswa selalu menyukai produk-produk yang hits, termasuk makanan yang sedang viral. Dengan bermodal basa-basi dan sedikit kata-kata promosi yang menggiurkan, maka sebenarnya tidak akan sulit mendapatkan pembeli, apalagi kalau cake-nya memang enak.

Anda juga bisa melakukan strategi promosi seperti “coba dulu bayar kemudian”, dengan kata lain berikan sampel kepada teman-teman untuk mencoba. Kalau Anda memang merasa confidence dengan kualitas rasa dan teksturnya, maka dijamin bisnis ini akan sukses.

4.     Bisnis Pulsa Elektrik

peluang usaha untuk mahasiswa

Peluang usaha untuk mahasiswa dengan modal sedikit tapi untung lumayan adalah jualan pulsa elektrik. Di era digital ini, pulsa sudah seperti kebutuhan sehari-hari bagi manusia, khususnya mahasiswa, apalagi yang statusnya adalah sebagai “mahasiswa perantauan”.

Bisnis berjualan pulsa juga sangat mudah dilakukan karena tidak membutuhkan skill atau pengetahuan khusus. Apalagi, sekarang Anda sudah bisa order melalui berbagai marketplace terpercaya, sehingga tidak perlu stok deposit seperti beberapa waktu lalu.

Untung yang dapat diperoleh dari jualan pulsa juga lumayan, yaitu mulai Rp2.000,- per transaksi (belum termasuk cashback dan sebagainya). Bayangkan kalau Anda bisa melakukan sedikitnya 10 transaksi per hari, maka bisa dapat tambahan Rp20.000,-.

5.     Bisnis Les Privat

peluang usaha untuk mahasiswa

Anda memiliki kemampuan akademik di atas rata-rata dan ingin mendapatkan uang jajan tambahan? Membuka bisnis les privat adalah salah satu peluang usaha untuk mahasiswa yang pas.

Selain mendapatkan uang, mengajar les juga menjadi salah satu metode untuk memperluas pengetahuan. Supaya lebih cepat mendapatkan klien, maka Anda bisa mempromosikan jasa Anda melalui situs daring (internet).

Jangan lupa tambahkan iming-iming diskon atau cashback dengan syarat dan ketentuan berlaku. Dijamin akan semakin banyak yang merasa tertarik.

6.     Bisnis Make up Artist

peluang usaha untuk mahasiswa

Peluang usaha untuk mahasiswa satu ini memang kedengaran tidak biasa, namun bukan berarti tidak ada peminatnya. Apalagi, berdandan adalah salah satu kebiasaan kaum perempuan, kalau hasil make up Anda jempolan, sudah pasti akan dapat banyak klien.

Anda yang memiliki skill merias wajah dengan berbagai konsep natural, hingga unik bisa mencoba menawarkan kemampuan melalui berbagai situs online. Modal yang dibutuhkan juga tidak begitu besar, yaitu hanya untuk membeli perlengkapan make up saja.

Soal tempat juga tidak perlu bingung karena Anda bisa menawarkan jasa make up panggilan dan promosikan secara online. Untuk memulainya, tinggal mencari model untuk dirias, kemudian tampilkan hasilnya di media sosial, jadi orang lain juga bisa memberikan penilaian.

7.     Usaha Ojek Online

peluang usaha untuk mahasiswa

Saat ini, profesi sebagai tukang ojek tidak bisa dipandang sebelah mata, terlebih setelah kemunculan berbagai perusahaan ojek online.

Bagi mahasiswa semester awal, maupun akhir yang sudah tidak begitu sibuk bolak-balik kampus, maka bisa menjadikan ini peluang usaha untuk mahasiswa.

Di saat aktivitas perkuliahan senggang, dan Anda membutuhkan uang tambahan, daripada motor menganggur, maka bisa dimanfaatkan sebagai alat mencari cuan. Menariknya lagi, ngojek online terbilang sangat fleksibel dan dapat dilakukan kapan saja.

Selain itu, Anda juga tidak perlu repot mencari penumpang di jalanan karena semua dapat diatur melalui 1 aplikasi. Kalau benar-benar ditekuni, maka menjadi driver ojek online ini terbilang sangat menjanjikan, bahkan bisa membiayai kuliah sendiri dari hasil tersebut.

8.     Membuat Blog

peluang usaha untuk mahasiswa

Tertarik dengan dunia tulis menulis tapi belum tahu bagaimana cara menyalurkan hobi tersebut? Daripada tulisan hanya tersimpan di buku yang tidak terbaca, lebih baik publikasikan di blog pribadi, siapa tahu penikmat tulisan Anda cukup banyak.

Peluang usaha untuk mahasiswa ini terbilang yang paling mengasyikkan, karena bisa dikatakan melakukan hobi tapi menghasilkan uang. Supaya bisa mendapatkan real money dari blog, Anda dapat monetize blog dengan cara pasang iklan, jual produk, PPC, dsb.

Semakin banyak pengunjung situs Anda, maka semakin besar pula kemungkinan menghasilkan uang dalam jumlah besar. Oleh sebab itu, sebaiknya tentukan tema blog dengan baik, dan pastikan informasi yang dimuat berkualitas supaya dapat banyak viewers.

9.     Jasa Penerjemah

peluang usaha untuk mahasiswa

Anda memiliki kemampuan bahasa asing dan sedang membutuhkan pemasukan tambahan? Sebenarnya solusinya sangat mudah, karena keterampilan berbahasa asing sangat banyak dicari, contoh mudahnya adalah dengan membuka bisnis sebagai jasa penerjemah.

Untuk memulainya, Anda tidak membutuhkan modal besar untuk mempersiapkan berbagai macam peralatan. Selain itu, pekerjaannya terbilang sangat fleksibel karena bisa dilakukan kapan dan di mana saja, sehingga tidak akan mengganggu waktu belajar.

Profesi sebagai penerjemah ini sangat cocok jika dijalankan oleh mahasiswa yang kuliah di jurusan bahasa asing, seperti Inggris, Mandarin, Jepang, Jerman, Perancis, dan lain sebagainya. Menariknya lagi, bayaran untuk bisnis ini dijamin sangat menggiurkan.

10.  Tour Guide

peluang usaha untuk mahasiswa

Anda yang memiliki jiwa petualang dan suka bercerita, maka peluang usaha untuk mahasiswa dengan menjadi tour guide ini sangat direkomendasikan. Hanya saja, hati-hati dengan mengatur waktu supaya kegiatan perkuliahan tidak tertunda.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan kekayaan budaya dan keindahan bentangan alam mempesona yang membuat banyak turis asing ingin berkunjung. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk menawarkan jasa tour guide kepada para wisatawan asing.

Kalau “jalan sendiri” tidak bergabung di perusahaan tertentu, maka jam kerjanya bisa lebih fleksibel. Lalu bagaimana mencari klien? Jangan khawatir karena saat ini ada banyak sekali platform daring maupun aplikasi yang dapat membantu mencari klien untuk Anda.

11.  Jasa Pengetikan

peluang usaha untuk mahasiswa

Kalau kebetulan Anda adalah anak kos yang tinggal di area kampus, maka bisa mencoba peruntungan peluang usaha untuk mahasiswa, yakni jasa pengetikan. Seperti yang diketahui, kuliah memang identik akan tugas yang sebagian besar harus dikerjakan dengan cara diketik.

Namun, tidak sedikit mahasiswa yang malas mengerjakannya, terlebih kalau materi yang diketik cukup banyak. Biasanya, mereka akan menggunakan jasa pengetikan, dan hal ini bisa Anda manfaatkan sebagai ladang bisnis untuk menambah pemasukan.

Dalam menjalankan usaha ini, yang dibutuhkan hanyalah skill mengetik, karena biasanya kalau hasilnya memuaskan, maka tidak jarang klien akan datang kembali. Untuk memulainya, Anda hanya membutuhkan perangkat PC atau laptop, serta printer.

12.  Usaha Makanan Ringan

peluang usaha untuk mahasiswa

Anda memiliki hobi membuat camilan rumahan, dan kebetulan sedang bingung memikirkan peluang usaha untuk mahasiswa guna menambah penghasilan? Memulai bisnis membuat makanan ringan bisa menjadi solusinya, apalagi peminatnya juga sangat banyak.

Seperti diketahui bahwa ada banyak sekali jenis makanan ringan yang gampang dibuat dan tidak membutuhkan modal besar, contohnya donat, gorengan, dan sebagainya. Anda tinggal membuat makanan secukupnya, kemudian titipkan di kantin dan warung sekitaran kampus.

Jangan lupa juga untuk menawarkan kepada teman-teman sekelas, siapa tahu banyak yang suka. Satu-satunya syarat sukses dalam menjalankan bisnis ini adalah tidak merasa malu saat menawarkan dagangan, karena kalau sukses maka kamu sendiri yang untung.

13.  Usaha Kerajinan Tangan DIY (Do It Yourself)

peluang usaha untuk mahasiswa

Memiliki keterampilan membuat kerajinan tangan tapi selama ini cuma dipakai sendiri? Sayang sekali! Apabila tahu bagaimana cara mengembangkannya, maka kreativitas tersebut bisa dijadikan sebagai jalan untuk memulai bisnis bernilai ekonomi tinggi.

Di era modern sekarang, peminat produk kreatif bisa dibilang sangat besar. Permintaan pasar akan barang-barang custom yang unik dan kekinian terus menanjak. Seringkali industri pabrik tidak bisa memenuhinya, dan dalam siklus ini Anda bisa menjadi penyuplai produk kreatif.

Langkah pertama dalam menjalankan usaha ini adalah menentukan konsep produk yang akan dibuat, lalu pikirkan strategi promosinya. Di kalangan mahasiswa, Anda bisa menawarkan produk dengan konsep anak muda kekinian, misalnya aksesoris etnik. Sungguh, ini adalah peluang usaha untuk mahasiswa yang sangat menggiurkan.

14.  Jasa Pembuatan Website

peluang usaha untuk mahasiswa

Menawarkan jasa pembuatan website adalah salah satu peluang usaha untuk mahasiswa, khususnya dari prodi Komputer dan Informatika. Di era digital sekarang ini, setiap instansi dan lembaga memang seolah dituntut untuk memiliki situs website-nya masing-masing.

Karena Anda sudah memiliki basic di bidang pemrograman, maka tidak akan sulit untuk membuat website, baik itu web personal hingga profesional. Bayaran yang bisa didapatkan dari membuat sebuah situs juga terbilang lumayan tinggi.

Misalnya saja untuk website bisnis milik perusahaan, Anda bisa mengantongi uang mulai Rp3.000.000,-/project. Namun, hal tersebut tergantung pada pada skill Anda, karena untuk membangun web profesional, Anda dituntut memiliki skill sekaligus kreativitas mumpuni.

15.  Membuka Jasa Service Laptop / PC

peluang usaha untuk mahasiswa

Bisnis yang satu ini terbilang cukup potensial karena hampir semua mahasiswa pasti punya laptop. Hanya saja, jasa service hanya bisa dijalankan oleh Anda yang memiliki keterampilan dalam memperbaiki masalah pada software maupun hardware.

Sementara itu, peralatan yang dibutuhkan sebenarnya tidak begitu membutuhkan modal besar. Supaya lebih banyak orang tahu akan bisnis yang sedang Anda geluti, maka bisa promosi ke teman-teman kuliah dan tidak ada salahnya membuka tempat servis juga.

16.  Bisnis Warung Kopi

peluang usaha untuk mahasiswa

Peluang usaha untuk mahasiswa yang dapat dijadikan referensi selanjutnya adalah membuka warung kopi. Supaya tidak tabrakan dengan kegiatan perkuliahan, maka Anda bisa mengatur untuk menjalankan usaha ini pada sore hingga malam hari.

Untuk masalah tempat berjualan, Anda bisa menyewa gerobak dagang atau sekalian membelinya kalau memiliki uang. Gerobak angkringan misalnya, biasanya dibanderol seharga mulai Rp1000.000,- selanjutnya tinggal diisi dengan peralatan seadanya.

Bisnis ini terbilang cukup menjanjikan, bisa juga mempromosikan kepada teman-teman kuliah untuk nongkrong di warung Anda. Selama harganya terjangkau dan menunya variatif, sudah pasti akan banyak yang ketagihan untuk datang kembali.

17.  Jasa Fotografi dan Video

peluang usaha untuk mahasiswa

Kebutuhan akan foto dan video berkualitas memang semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Para pemburu jasa fotograbuk juga bukan hanya dari kalangan perusahaan yang butuh foto produk dan video untuk iklan, namun juga personal.

Apalagi sejak euforia fenomena seleb internet, para fotografer handal pun semakin banyak dicari. Oleh karena itu, kalau Anda memiliki hobi fotografi dan record video dengan berbagai angel dan kebetulan punya kamera mendukung, tidak ada salahnya mencoba profesi ini.

18.  Event Organizer

peluang usaha untuk mahasiswa

Apabila selama ini mengikuti berbagai kegiatan organisasi kampus secara aktif, dan sering terlibat dalam penyelenggaraan berbagai acara. Ini bisa menjadi bekal dasar bagi Anda untuk mengembangkan karir dalam dunia event organizer atau penyelenggara event.

Peluang usaha mahasiswa satu ini tidak membutuhkan modal, selain skill komunikasi yang bagus, sehingga mudah dalam menggaet klien dari berbagai kalangan. Untuk pemula, maka bisa mulai dari event kecil-kecilan, seperti party planner di acara anniversary.

Dari sana, Anda bisa membuat plan yang lebih besar sembari mengembangkan keterampilan berbicara dan negosiasi. Jika dijalankan dengan tekun dan sungguh-sungguh, bukan tidak mungkin Anda bisa menyelenggarakan event berskala besar.

19.  Selebgram

peluang usaha untuk mahasiswa

Anda good looking dan suka bergaya di depan kamera serta memiliki banyak followers di Instagram? Profesi sebagai selebgram sudah pasti sangat cocok Anda. Untuk mengawali karir sebagai selebritas Instagram, Anda hanya butuh smartphone dengan kamera bagus.

Selain jumlah followers, kualitas konten juga menjadi salah satu penentu berhasil atau tidaknya self branding. Oleh karena itu, penuhi feed dengan postingan yang positif. Dengan begitu, maka jalan untuk mendapatkan endorse juga semakin dekat.

20.  Jasa Desain Grafis

peluang usaha untuk mahasiswa

Bisnis di bidang desain grafis bukan hanya dikhususkan untuk mahasiswa dari prodi ilmu komunikasi visual. Faktanya, ada banyak sekali desain grafis profesional dengan karya mengagumkan yang berasal ternyata malah hanya lulusan SMA/SMK saja.

Yang paling penting adalah, Anda mampu mengoperasikan software pendukung seperti Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dsb. Karena profesi ini sangat laris, maka dijamin tidak sulit menemukan klien. Anda bisa memasang iklan di berbagai platform daring.

 

Baca Artikel yang berkaitan dengan Peluang Usaha :

1 Shares:
0 Share
1 Share
0 Tweet
0 Share
0 Share
0 Share
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like