20 Tanaman Hias Bonsai Super Cantik untuk Rumah Minimalis

Seringbaca.com – Berbicara tentang keunikan tanaman hias bonsai memang tidak ada habisnya. Jenis tanaman hias ini memang memiliki daya tarik tersendiri karena bentuknya yang kerdil.

Tanaman yang seharusnya tumbuh membesar, dirancang khusus agar tumbuh layaknya miniatur. Biasanya tanaman hias bonsai digunakan pula sebagai media pembelajaran.

Keindahan pohon yang aslinya tercermin dalam sebuah tanaman bonsai, bahkan terlihat lebih unik karena bentuknya yang kerdil.

Tak heran jika tanaman hias ini seringkali digunakan sebagai hiasan di taman, pekarangan, bahkan ruang interior. Harganya pun bervariasi, tergantung jenis-jenisnya.

20 Tanaman Hias Bonsai

Tanaman hias ini menjadi salah satu yang banyak diburu karena keunikannya. Banyak tanaman yang bisa dikembangbiakan dengan teknik pengerdilan ini.

Anda bisa memilihnya sesuai selera. Ada bonsai yang ditumbuhi bunga, ada juga yang memiliki bentuk daun yang unik. Berikut beberapa daftarnya:

1. Bonsai Beringin

Tanaman Bonsai Beringin : Cara Membuat Bonsai Beringin & Macam Macam Beringin - Generasi Hijau

 

Pohon beringin begitu akrab dengan kultur budaya di tanah air. Tumbuhan dari genus Ficus ini menjadi salah satu lambang ideologi Pancasila.

Rumah akan berkesan indah dan asri dengan pohon bonsai beringin yang rimbun. Saat dibuat menjadi bonsai, daun pohon beringin ini memiliki ukuran kecil.

Namun, bentuk batangnya begitu unik dan bernilai seni. Tak heran jika jenis bonsai ini banyak diburu kolektor tanaman hias.

Kisaran harga: Rp 5.000 – Rp 20.000.000

2. Bonsai Adenium

Bonsai Bunga Gurun Mawar Adenium - Buy Bonsai Adenium,Bunga Adenium Desert Rose Bonsai,Indah Adenium Product on Alibaba.com

Bunga adenium dikenal keindahan warnanya yang cerah, sehingga menjadi salah satu tanaman hias yang banyak dipilih. Tanaman ini juga bisa dibuat bonsai yang indah dan mempesona.

Bunga ini memiliki habitat asal di kawasan Arab dan Afrika. Di Indonesia sendiri, tanaman ini banyak ditemukan sebagai tanaman hias di pekarangan.

Selain itu, perkembangbiakannya pun cukup baik menyesuaikan iklim di tanah air. Bonsai adenium berwarna ungu bercorak putih akan menambah kesan atraktif rumah.

Bonsai adenium juga menjadi salah satu jenis bonsai yang perawatannya mudah. Cukup lakukan penyiraman rutin dan letakkan di tempat dengan sinar matahari yang cukup.

Kisaran harga: Rp 1.000 – Rp 5.000.000

3. Bonsai Bougenville

Bonsai Yang Berbunga - Contoh Bonsai

Bagi kolektor tanaman hias, pastinya sudah tidak asing dengan jenis tanaman hias ini. Tanaman bunga kertas kerap kali ditanam dekat pekarangan rumah.

Tanaman ini berasal dari genus Bougainvillea dengan warna bunga yang bervariasi. Bougenville banyak ditemukan di berbagai daerah di tanah air.

Salah satu warna bunga kertas yang populer di antaranya adalah berwarna pink keunguan. Meletakkan tanaman hias ini di sekitar pekarangan akan menambah keindahan rumah.

Bonsai bougenville tak kalah menarik dibanding tanaman aslinya. Bentuk bonsai tanaman ini begitu unik dan lebat.

Bunga kertas yang indah dan tipis akan menambah keindahan rumah hunian. Bahkan akan menambah kesan halaman yang lebih hidup dan atraktif.

Kisaran harga: Rp 41.000 – Rp 7.000.000

4. Bonsai Azalea

OSAKASUKI SATSUKI AZALEA

Bonsai yang ditumbuhi bunga memang bisa menjadi hiasan mengagumkan di rumah Anda. Salah satu jenis bonsai dengan bunga mempesona adalah bonsai azalea.

Bunga azalea sendiri memiliki habitat asli di negeri sakura. Tanaman ini berasal dari spesies Rhododendron indium.

Saat tumbuh mekar, warna bunganya akan merekah merah muda dan sangat cantik. Perawatan bonsai azalea tidak boleh sembarangan.

Agar bentuk bonsai tetap sempurna dan indah, jagalah kelembaban tanah dengan menyiramnya secara rutin. Tanaman hias bonsai ini pun akan lebih awet memperindah rumah hunian Anda.

Baca Juga :  Beberapa Contoh Tanaman Hidroponik Indoor Hias

Kisaran harga: Rp 10.000 – Rp 99.000

5. Bonsai Anggur

Bisnis Hobi Tanaman dan Pertanian : TEKNIK BERTANAM ANGGUR DALAM POT DAN BERBUAH

Penasaran dengan bentuk bonsai dari tanaman buah-buahan? Salah satu jenis tanaman buah yang bisa dibuat bonsaI adalah anggur.

Seperti yang telah diketahui, tanaman anggur tumbuh dengan cara merambat. Namun, ternyata tanaman ini bisa menjadi bonsai yang sangat cantik.

Menariknya, tanaman ini tetap menghasilkan anggur meski dibuat bonsai. Jadi, Anda bisa sekaligus menikmati segarnya buah anggur dari petikan langsung.

Bonsai tanaman anggur bisa dijadikan hiasan eksterior rumah yang unik. Tanaman ini akan menambah kesan hidup teras atau pekarangan rumah Anda.

Kisaran harga: Rp 6.000 – Rp 2.625.000.

6. Bonsai Pinus

Bonsai Pinus thunbergii | Bonsai Suiseki Magazine

Pinus pada dasarnya merupakan sebuah nama genus. Tanaman dari genus ini ternyata cocok menjadi bonsai yang unik dan menarik.

Anda bisa menggunakannya sebagai tanaman hias, di dalam maupun luar ruangan. Salah satu jenis bonsai pinus yang banyak dipilih adalah dari spesies Pinus thunbergii.

Tampilannya yang unik dan rimbun membuat tanaman ini kerap kali diburu. Selain itu, harganya juga cenderung lebih terjangkau dibanding jenis  bonsai lainnya.

Struktur dan warna daunnya layaknya sebuah lukisan hidup. Dengan meletakkan bonsai ini di teras atau pekarangan, estetika rumah pun akan bertambah.

Kisaran harga: Rp 2.000 – Rp 150.000

7. Bonsai Maple

Jual Biji Benih Bonsai Japanese Red Maple Import di Lapak You and I | Bukalapak

Salah satu daya tarik pohon maple adalah daunnya yang berwarna-warni cerah. Siapa sangka, pohon ini memiliki tampilan yang mengagumkan dalam bentuk bonsai.

Pohon maple memiliki warna daun cerah, misalnya warna ungu, biru, dan merah muda. Tanaman yang banyak dibudidayakan di Jepang ini bisa menambah estetika sebuah ruangan.

Tidak hanya itu, bonsai maple juga cocok sebagai tanaman hias di teras rumah. Siapapun yang memandangnya akan terpana oleh keindahannya.

Lingkungan rumah jadi lebih hidup dan asri ketika dihiasi pohon maple. Anda bisa membuat bonsai maple terlihat mencolok dengan meletakkannya di ruangan dengan latar belakang putih.

Keindahan warnanya yang terang akan membuat pemandangan di rumah akan membuat mood yang bagus sepanjang hari.

Kisaran harga: Rp 1.500 – Rp 575.000

8. Bonsai Baobab

Artificial Bonsai tree Zen garden with Buddha Baobab tree | Etsy | Bonsai tree, Zen garden, Bonsai

Pecinta bonsai pasti sudah tidak asing dengan bonsai asal Australia dan Afrika ini. Pohon baobab sendiri sangat populer karena bentuknya yang unik.

Tanaman yang memiliki nama lain Adansonia ini sangat bagus ketika dibuat bonsai. Tanaman hias bonsai baobab memiliki karakteristik batang besar dan daun-daun yang kecil.

Daunnya tumbuh dengan rimbun di bagian ujung tangkai pohon. Tampilannya yang unik dan menarik ini sangat cocok untuk menambah estetika ruangan.

Kisaran harga: Rp 9.000 – Rp 750.000

9. Bonsai SakuraBonsai Sakura | Mini bonsai, Bonsai, Indoor plants

Siapa sangka, bunga asal negara Jepang ini bisa dijadikan bonsai yang cantik mempesona. Bunga yang memiliki sebutan cherry blossom akan mempercantik rumah hunian Anda.

Bunga sakura erat kaitannya dengan masyarakat negeri matahari terbuat. Tak jarang bunga ini juga dijadikan olahan makanan yang lezat dan unik.

Selain itu, kelopak bunga sakura juga bisa dijadikan minuman the, lho. Cukup celupkan beberapa kelopak bunga sakura ke dalam air hangat, tunggu beberapa menit dan nikmati.

Bunga sakura yang bersifat multifungsi ini bisa membuat tampilan rumah lebih elegan dan atraktif. Terlebih jika dibuat bonsai yang untuk menambah keasrian ruangan.

Bonsai sakura sangat cocok bagi Anda yang ingin memberikan kesan feminin dalam sebuah ruangan.

Kisaran harga: Rp 2.000 – Rp 1.100.000

10. Bonsai Delima

berisi 7 biji benih / bibit bonsai buah delima merah | Lazada Indonesia

Rasa buah delima yang manis asam memang menyegarkan. Pohon delima juga memiliki bunga berwarna orange yang menarik.

Tak heran jika tanaman ini bisa dibuat bonsai yang menarik hati pecinta bonsai. Buah ini memiliki banyak biji dan diselimuti buah dengan rasa yang khas.

Baca Juga :  Tanaman Hidroponik : Media, Jenis, Cara, dan Teknik Hidroponik

Menariknya, pemilik tanaman hias bonsai delima tetap bisa menikmati buahnya. Jadi, Anda bisa mengolahnya menjadi jus segar, rujak, atau dimakan langsung.

Khasiat buah delima sendiri memang tidak perlu diragukan. Salah satu manfaat yang paling populer adalah delima sangat bagus untuk mempercantik kulit.

Tidak hanya itu, buah dengan sebutan pomegranate ini juga cukup ampuh untuk mengurangi peradangan dan menurunkan kolesterol.

Kisaran harga: Rp 5.000 – Rp 2.200.000

11. Bonsai Anting Putri

Bonsai Anting Putri Medium - Konstruksi dan Taman - 805049475

Tanaman hias bonsai anting putri termasuk yang banyak diminati karena keindahannya. Bonsai ini memiliki beberapa cabang yang rimbun dan batang yang lurus seperti tiang.

Tampilan bonsai ini akan membuat tampilan rumah lebih asri dan elegan. Anda bisa meletakkannya di jendela maupun ruang tamu agar lebih hidup.

Saat memilih tempat untuk meletakkan bonsai ini, pilihlah tempat yang terang dengan pencahayaan memadai. Dengan demikian, tampilan rumah akan terlihat lebih atraktif.

Lakukan perawatan bonsai dengan menyiramnya secara rutin dan bersihkan rumput liar di sekitarnya. Tanaman bonsai akan lebih awet dan sedap dipandang.

Kisaran harga: Rp 10.000 – Rp 107.000

12. Bonsai Santigi

Tanaman Santigi Ideal Untuk Bonsai | Tanamankebun

 

Jenis bonsai ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mempercantik rumah hunian. Bentuknya begitu unik dan fleksibel diletakkan di dalam maupun luar ruangan.

Untuk hiasan interior, Anda bisa menaruhnya di dekat jendela ruang tamu. Sedangkan untuk hiasan luar ruangan, taruhlah di tempat yang terkena sinar matahari yang cukup.

Bonsai akan membentuk bayangan yang unik. Hal ini karena jumlah cabangnya yang cukup banyak dan rimbun.

Tanaman hias bonsai santigi ini sangat cocok bagi Anda yang ingin memberikan kesan klasik di rumah. Penempatannya sangat bagus untuk ruangan berlatar warna gelap.

Kisaran harga: Rp 5.000 – Rp500.000

13. Bonsai Cemara

Panduan perawatan untuk pohon Bonsai Cemara (Picea) - Bonsai Klasik

Berbicara tentang pohon cemara, penggunaannya memang tidak lepas dari perayaan natal. Pohon ini kerap kali dijadikan tanaman hias suatu taman.

Bentuk batangnya lurus, kokoh, dan memiliki bentuk daun yang unik. Bonsai cemara bisa menjadi hiasan interior dan eksterior yang menarik di rumah Anda.

Pohon ini begitu populer dan ikonik. Menempatkan hiasan ini akan membuat ruangan lebih berkarakter.

Selain itu, rantingnya yang rimbun akan menambah kesan asri di pekarangan rumah. Taruhlah tanaman hias bonsai ini di tempat dengan cahaya matahari yang memadai.

Kisaran harga: Rp 35.000 – Rp 33.500.000

14. Bonsai Wisteria

Wisteria Bonsai 3D Model $59 - .max - Free3D

Pilihan tanaman hias bonsai berikutnya adalah bonsai wisteria. Bunganya begitu mempesona dan memanjakan mata siapapun yang melihatnya.

Menariknya, bonsai ini juga memiliki harga yang lebih terjangkau. Namun, keindahan yang ditawarkan tidak perlu diragukan.

Lakukan perawatan yang tepat agar bonsai ini memiliki keindahan yang awet. Misalnya dengan rutin mengganti media tanam bonsai wisteria.

Jika media tanam tak kunjung diganti, hal ini bisa menyebabkan bonsai terkena berbagai macam penyakit. Selain itu, lakukan penyiraman secara berkala agar bonsai tumbuh dengan baik.

Pada dasarnya, pohon wisteria sendiri tidak memiliki ukuran yang super besar. Salah satu karakteristiknya yang mencolok adalah warna daunnya ungu atau biru muda.

Selain itu, motifnya akan mengingatkan Anda pada tetesan air hujan. Keunikan bonsai wisteria ini layak untuk ditempatkan di ruangan interior dan eksterior rumah.

Kisaran harga: Rp 2.000 – Rp 110.000

15. Bonsai Fuschia

fuchsia bonsai | Bonsai art, Bonsai plants, Bonsai flower

Bonsai fuschia akan membuat Anda terpana ketika melihatnya. Pohon ini memiliki berbagai jenis warna bunga yang menawan.

Setiap jenis fuschia, memiliki warna dan bentuk bunga yang bervariasi. Pilihlah yang sesuai selera dan tema ruangan apabila ingin menempatkannya sebagai hiasan interior.

Namun, Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai tanaman hias di pekarangan rumah. Dengan demikian, rumah hunian akan lebih atraktif.

Kisaran harga: Rp 80.000 – Rp 229.000

16. Bonsai Asam Belanda

Gambar Bonsai Asam Belanda (pithecellobium dulce)

Penggemar setia tanaman hias bonsai pastinya sudah tidak asing dengan bonsai asam Belanda. Tanaman asam Belanda sendiri dikenal sebagai pohon peneduh dan penyejuk.

Baca Juga :  Jenis Sayuran Hidroponik Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Hal ini karena bentuknya yang rindang dengan dedaunan yang asri. Namun, batang dan cabangnya yang tidak beraturan malah bernilai seni tersendiri.

Tak heran jika banyak kolektor bonsai yang memburu bonsai ini. Daya tarik bonsai asam Belanda begitu khas dan membuat siapapun ingin memilikinya.

Menariknya, perawatan bonsai ini juga tergolong mudah. Perawatan yang mudah ini menambah nilai plus bonsai yang banyak memiliki penggemar ini.

Kisaran harga: Rp 5.000 – Rp 2.500.000

17. Bonsai Asam Jawa

Bonsai Asem Jawa - Konstruksi dan Taman - 806063495

Bonsai asam jawa juga populer di kalangan pecinta bonsai. Bentuknya yang unik membuatnya menjadi salah satu bonsai terbaik yang ada saat ini.

Pohon asam jawa sangat cocok dijadikan bonsai karena struktur batangnya yang kuat dan tidak mudah patah. Tak heran jika tanaman ini cukup mudah dibuat bonsai dengan berbagai pola.

Selain itu, pembuatan bonsai ini  juga tidak terlalu sulit. Bonsai yang dihasilkan pun tak kalah dengan bonsai jenis lainnya.

Bahkan Anda bisa mencoba membuatnya sendiri. Tentunya, akan ada kepuasan tersendiri ketika berhasil “mengerdilkan” tanaman hias bonsai.

Kisaran harga: Rp 5.000 – Rp 325.000

18. Bonsai Kimeng

Jual bonsai beringin kimeng unik di Lapak SuryaRossie | Bukalapak

Pada dasarnya, bonsai kimeng menjadi salah satu jenis bonsai yang berasal dari jenis beringin. Kelebihannya adalah pohon ini cenderung mudah sekali tumbuh.

Hal yang membedakan bonsai kimeng dengan beringin adalah pada bagian batang dan rantingnya yang berwarna putih cerah.

Merawat bonsai ini dengan baik akan membuatnya menjadi bonsai yang berkualitas. Selain itu, tampilannya akan semakin eksotik dan memiliki harga jual yang tinggi.

Kisaran harga: Rp 10.000 – Rp 10.000.000

19. Bonsai Jeruk Kingkit

9+ Tips Penanaman Bonsai Jeruk Kingkit (Berbuah | Juara) - DECYRA

Bagi kalangan pecinta tanaman hias, pastinya sudah tidak asing dengan tanaman bonsai ini. Bonsai ini memiliki bentuk yang unik di media pot dangkal.

Bonsai ini memang bisa dijadikan tanaman hias berkualitas untuk memperindah tampilan rumah. Anda bisa menggunakannya sebagai hiasan di dalam maupun luar ruangan.

Kisaran harga: Rp 5.000 – Rp 1.100.000

20. Bonsai Kelapa

Panduan Membuat Bonsai Kelapa Bercabang dalam Pot - BudidayaPetani

Bagaimana jadinya pohon kelapa dijadikan bonsai? Hal ini memang bukan tidak mungkin. Mengingat sudah ada bonsai kelapa yang memiliki tampilan unik.

Namun, tidak semua jenis kelapa bisa dijadikan bonsai. Tidak perlu khawatir, sebagian besar jenis pohon kelapa bisa menjadi bonsai yang menarik di tangan yang tepat.

Bonsai ini sudah mulai banyak diperjualbelikan. Jenis pohon kelapa yang cocok dijadikan bonsai misalnya kelapa gading merah, kelapa albino, dan kelapa gading susu.

Kelapa gading merah dengan warna merah agak kuning bisa ditempatkan di area yang kurang menarik di sekitar ruangan.

Seketika ruangan Anda akan lebih berkarakter dengan hiasan bonsai kelapa ini. Sedangkan bonsai kelapa albino memiliki batang berwarna putih layaknya sifat albino.

Bonsai kelapa bisa dijadikan hiasan menarik di pekarangan rumah. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menjadikannya tanaman hias unik untuk sebuah ruangan.

Kisaran harga: Rp 9.000 – Rp 3.000.000

Pada dasarnya, tanaman hias bonsai merupakan tanaman hias yang dikerdilkan, alias ukurannya disusutkan. Nah, rekomendasi di atas dapat membuat Anda memiliki referensi pilihan ketika hendak menghias hunian dengan bonsai.

Baca Artikel yang berkaitan dengan Tanaman Hias :

You May Also Like