18 Tanaman Hias Bunga Cantik yang Cocok untuk Dekorasi Rumah

Tanaman Hias Bunga Cantik yang Cocok untuk Dekorasi RumahSeringbaca.com | Tanaman hias bunga memang merupakan pilihan yang tepat untuk mempercantik teras rumah, ruang tamu, dapur, kantor, maupun ruang-ruang lainnya. Ada banyak sekali jenis bunga yang bisa dijadikan dekorasi ruangan, seperti yang akan diulas di bawah ini.

Selain berfungsi sebagai estetika, tanaman hias bunga juga kerap difungsikan sebagai apotek hidup, bahkan ada pula yang dipercaya bisa membawa keberuntungan pada pemiliknya. Tanaman hias juga memberikan dampak yang positif pada kesehatan Anda.

Sebab tanaman merupakan penghasil oksigen, sehingga lingkungan Anda akan terasa lebih asri saat menanam banyak tanaman. Memandang tanaman hias yang disusun sedemikian rupa juga bisa membuat pikiran Anda rileks, sehingga stress pun terhindarkan.

Rekomendasi Tanaman Hias Bunga Tercantik untuk Dekorasi Rumah

1. Tanaman Hias Bunga Saffron Crocus

Hasil gambar untuk Tanaman Hias Bunga Saffron Crocus

Sering dimanfaatkan sebagai bahan rempah-rempah, bunga saffron juga kerap dijadikan dekorasi ruangan. Disebut juga dengan bunga kuma-kuma, tanaman hias bunga saffron crocus ternyata memiliki harga yang mahal meskipun tampilannya sederhana.

Selain sebagai rempah atau bumbu masakan, bunga saffron banyak digunakan untuk bahan campuran pada produk perawatan wajah atau skincare. Untuk bisa memiliki tanaman hias bunga ini, Anda harus siap mengeluarkan uang sebanyak 10 – 15 juta rupiah mengingat khasiatnya yang sangat beragam.

2. Tanaman Hias Bunga Lily of The Valley

Hasil gambar untuk Tanaman Hias Bunga Lily of The Valley

Jika Anda sudah lama menggemari tanaman hias, pasti sudah tidak asing lagi dengan bunga lily of the valley. Beberapa orang mengklaim jika salah satu spesies bunga lily ini merupakan tanaman hias bunga paling indah yang pernah ada.

Namun di balik keindahannya tersebut, terdapat sebuah fakta yang bisa membuat Anda terkejut yaitu bunga ini dapat menyebabkan kematian pada manusia jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Meskipun begitu, Anda tidak perlu takut dengan tanaman berbunga indah ini.

Tanaman hias bunga yang mengeluarkan aroma sangat harum ketika mekar ini hanya bisa dipanen dalam kurun waktu setahun satu kali saja, umumnya di bulan Mei. Maka tidak usah heran, jika per tangkai dihargai sangat mahal yakni Rp 500.000.

3. Tanaman Hias Bunga Eustoma

Hasil gambar untuk Tanaman Hias Bunga Eustoma

Bunga Eustoma atau dikenal juga dengan nama bunga Lisianthus dan Irish Rose adalah tanaman hias, dengan mahkota bunga yang amat cantik dan halus. Bentuk dari bunga Eustoma bisa dibilang menyerupai mawar atau anyelir dengan warna yang beragam, tetapi paling banyak berwarna ungu.

Tanaman hias bunga ini bisa tumbuh mencapai 1 meter tingginya. Agar pertumbuhannya optimal, Anda harus benar-benar merawat tanaman ini dengan baik karena eustoma termasuk tanaman yang sensitif.

Pertama, Anda tidak boleh menyiram eustoma terlalu sering cukup sirami saat pagi dan sore hari. Kedua, untuk melindungi eustoma dari hama dan penyakit Anda bisa menyesuaikan kelembaban tanah dan udara di sekitar tanaman, serta menyemprotkan obat antijamur secara berkala.

4. Tanaman Hias Bunga Kembang Gelombang Cinta

Hasil gambar untuk Tanaman Hias Bunga Kembang Gelombang Cinta

Meskipun tak sepopuler dahulu, ternyata kembang gelombang cinta masih menjadi primadona bagi sebagian orang. Sebenarnya tanaman ini tidak memiliki bunga sebagus tanaman hias bunga jenis lain.

Baca Juga :  6 Cara Mengatasi Ulat Pada Tanaman Jagung Untuk Meningkatkan Hasil Panen

Keindahan dari gelombang cinta terletak pada daunnya yang bergelombang di bagian tepi. Daunnya yang berwarna hijau segar akan membuat suasana rumah Anda menjadi menenangkan dan sejuk.

Saat di puncak kepopulerannya, harga gelombang cinta sempat melonjak tinggi mencapai jutaan rupiah. Namun, sekarang ini gelombang cinta bisa Anda dapatkan dengan harga yang terjangkau, menyesuaikan dengan ukurannya.

Jika ingin menjadikan gelombang cinta sebagai tanaman hias bunga, Anda harus benar-benar memperhatikan perawatannya. Gelombang cinta sangat sensitif dengan cahaya matahari, sehingga harus ditempatkan pada tempat yang teduh dengan intensitas cahaya rendah.

Pot yang digunakan juga harus berlubang di bagian bawahnya agar air dapat mengalir keluar jika volume penyiraman terlalu banyak. Sebab, akar gelombang cinta mudah busuk dan hancur saat memperoleh banyak air.

5. Tanaman Hias Bunga Hydrangea

Tanaman Hias Bunga Cantik yang Cocok untuk Dekorasi Rumah

Hydrangea atau lebih populer dengan nama hortensia dan kembang bokor adalah tanaman hias bunga yang banyak disukai oleh masyarakat. Di Melayu, hydrangea disebut dengan bunga tiga bulan, sedangkan di Sulawesi Selatan disebut dengan bunga masamba.

Hydrangea memiliki banyak sekali spesies dan sekitar 70 – 75 persen di antaranya tersebar di kawasan Asia dan Amerika. Hydrangea sering dijadikan tanaman hias bunga karena memiliki bunga yang indah, umumnya berwarna biru dan ungu.

6. Tanaman Hias Bunga Gloriosa

Hasil gambar untuk Tanaman Hias Bunga Gloriosa

Gloriosa atau lebih populer dengan nama kembang sungsang di Indonesia dapat dikategorikan sebagai tanaman hias bunga yang langka. Sebab, gloriosa hanya dapat tumbuh dengan baik di daerah Afrika dan proses penyebarannya yang sulit.

Maka, jangan heran jika gloriosa dihargai dengan harga yang sangat mahal, sekitar Rp 150.000 per tangkai. Namun, harga tersebut sebanding dengan keindahan yang dimiliki gloriosa. Warna bunga yang cantik dan bentuk tanamannya yang unik tentu akan mempercantik rumah Anda.

7. Tanaman Hias Bunga Kamboja Adenium

Hasil gambar untuk Tanaman Hias Bunga Kamboja Adenium

Kamboja adenium adalah salah satu tanaman hias bunga yang cukup populer di Indonesia. Di Indonesia sendiri, kamboja adenium lebih dikenal dengan nama kamboja jepang, meskipun bukan berasal dari Negeri Sakura tersebut.

Kamboja jenis ini berasal dari gurun pasir kering di daratan Afrika dan Asia Barat. Tepatnya berasal dari Adenium, salah satu daerah di Kota Aden, Ibukota Yaman. Sehingga tanaman ini lebih cocok tumbuh pada kondisi yang kering dibanding tanah yang lembab dan basah.

Tanaman hias bunga ini memiliki ciri yang unik dan beda dari yang lain. Bunganya berbentuk seperti terompet dengan kelopak bunga sebanyak 5 helai berwarna pink, tetapi ada pula yang berwarna lain tergantung varietasnya masing-masing.

Batangnya berukuran besar di bagian bawah dan semakin mengecil di bagian atas. Bagian akarnya berbentuk seperti umbi dan berukuran besar sebagai tempat menyimpan cadangan air.

Kamboja adenium ini tak jarang dijadikan bonsai oleh para pecinta bonsai, dengan cara menampilkan bagian akarnya di atas permukaan tanah. Sehingga, bentuk yang ditampilkan kamboja adenium lebih unik dan menarik.

8. Tanaman Hias Bunga Anthurium

Hasil gambar untuk Tanaman Hias Bunga Anthurium

Termasuk ke dalam keluarga Aracae, anthurium termasuk jenis tanaman hias bunga evergreen (tidak kenal masa dormansi) dan berbunga majemuk. Selain bunganya yang unik, anthurium populer karena bentuk daunnya yang indah.

Anthurium masih bisa dikatakan sebagai kerabat dekat dari keladi hias, aglonema, alokasia, dan philodendron. Dalam keluarga Aracae sendiri, jumlah genus dari anthurium merupakan yang paling banyak, sekitar 1.000 jenis.

Seperti yang telah disebutkan di atas, daya tarik dari anthurium terletak pada daunnya yang berwarna hijau tua dengan urat dan tulang daun yang menonjol. Sehingga, tanaman hias bunga ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menciptakan ruangan dengan kesan elegan.

Bahkan keindahan dari anthurium sudah populer sejak dahulu, Anthurium sering dipakai sebagai tanaman hias bunga di taman dan istana kerajaan-kerajaan Jawa pada masa lalu. Hingga muncul anggapan bahwa anthurium merupakan tanaman para raja.

Baca Juga :  Jenis Sayuran Hidroponik Serta Kelebihan dan Kekurangannya

9. Tanaman Hias Bunga Petunia

Hasil gambar untuk Tanaman Hias Bunga Petunia

Tanaman hias bunga petunia dikenal dengan warnanya yang indah dan bervariasi, ada yang berwarna biru, ungu, kuning pucat, putih, dan merah. Bunga yang berasal dari Amerika Selatan ini dapat tumbuh hingga ketinggian 16 – 30 cm.

Bunga petunia memiliki mahkota tunggal yang sangat tipis dan cabang-cabangnya sangat lemah sehingga tidak bisa tumbuh dengan tegak. Tanaman hias bunga ini dapat tumbuh dengan baik di tempat yang subur serta mendapat air dan sinar matahari yang cukup.

10. Tanaman Hias Bunga Asoka

Hasil gambar untuk Tanaman Hias Bunga Asoka

Meskipun tumbuh subur dan banyak dijumpai di Indonesia, ternyata Asoka bukan bunga asli dari Indonesia.

Nama asoka sendiri memiliki arti “tanpa duka” yang berasal dari bahasa Sansekerta. Selain itu, bunga asoka juga berkaitan erat dengan mitologi agama Budha dan Hindu.

Tanaman hias bunga ini memiliki bunga cantik yang berukuran kecil-kecil dan biasanya berwarna merah, ada juga yang berwarna kuning dan jingga. Di dalam bunga tersebut terdapat nektar yang rasanya sangat manis dan aman untuk dikonsumsi, karena bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Dengan begitu, selain sebagai tanaman hias bunga, asoka juga kerap dimanfaatkan sebagai bahan obat herbal. Misalnya saja untuk mengatasi menstruasi yang tidak teratur, meredakan luka dan memar, obat disentri, sebagai antioksidan, hingga mencerahkan kulit.

11. Tanaman Hias Bunga Kembang Bougenville

Hasil gambar untuk Tanaman Hias Bunga Kembang Bougenville

Tanaman hias bunga yang satu ini sepertinya sudah sangat populer di masyarakat. Bunga ini biasanya ditanam di pekarangan rumah, baik secara langsung ke tanah maupun menggunakan pot.

Bougenville dikenal dengan bunganya yang cantik dan mudah dalam perawatannya. Ada banyak sekali warna dari bunga bougenville, seperti ungu, merah, pink, kuning, putih, hijau pucat, biru, jingga, dan masih banyak lagi.

Bougenville sering pula disebut dengan bunga kertas karena mahkota bunganya memiliki tekstur tipis seperti kertas. Selain sebagai tanaman hias bunga, kembang bougenville juga sering dipakai dalam upacara siraman adat Jawa dan upacara pemakaman oleh bangsa India dan China.

Jika Anda menginginkan tanaman hias bunga yang berbentuk rimbunan, maka bougenville dapat dijadikan pilihan. Daunnya yang lebar, sulurnya yang rapat, serta batangnya yang berkelok-kelok agar menciptakan rimbunan berbentuk bujur tirus yang sangat menarik.

12. Tanaman Hias Bunga Iris

Hasil gambar untuk tanaman Hias Bunga iris

Iris atau dalam bahasa latin disebut dengan Iris germanica dikenal sebagai tanaman hias bunga yang elegan dan penuh makna. Konon katanya bunga berwarna ungu ini identik sebagai lambang kesetiaan, harapan, dan kebijaksanaan.

Karena keindahannya, tanaman hias bunga ini pernah dijadikan objek lukisan oleh pelukis yang sangat terkenal di dunia yaitu Vincent Van Gogh dalam karyanya berjudul “Irises”. Bagi pecinta warna ungu, bunga iris sangat direkomendasikan untuk melengkapi keindahan rumah Anda.

13. Tanaman Hias Bunga Alamanda

Hasil gambar untuk Tanaman Hias Bunga Alamanda

Alamanda adalah salah satu tanaman hias bunga yang berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Bunga alamanda yang banyak dijumpai di Indonesia adalah jenis cathartica, yaitu memiliki bentuk seperti terompet dan biasanya berwarna kuning cerah serta tidak berbau.

Alamanda dikenal sebagai tanaman hias bunga yang mudah dalam perawatannya dan tumbuh dalam waktu yang cepat. Umumnya, alamanda ditanam pada pot agar lebih mudah saat akan dipindahkan.

14. Tanaman Hias Bunga Anggrek

Hasil gambar untuk Tanaman Hias Bunga Anggrek

Keindahan tanaman hias bunga anggrek memang tidak bisa dibantah lagi. Anggrek sendiri terdapat berbagai macam jenisnya yang tersebar luas di daerah tropis hingga sirkumpolar.

Namun. sebagian besar jenis anggrek lebih mudah ditemukan di daerah tropis. Anggrek yang hidup di daerah dengan iklim sedang biasanya hidup di tanah, dan akan membentuk umbi sebagai bentuk adaptasi terhadap musim dingin.

Sedangkan anggrek yang hidup di daerah tropis seperti Indonesia kebanyakan hidup dengan cara epifit (menempel pada tumbuhan lain). Tanaman hias bunga ini banyak tumbuh di kawasan hutan Sumatera hingga Papua.

Awalnya anggrek memiliki peranan penting dalam teknik pengobatan menggunakan tumbuh-tumbuhan. Namun, sekarang ini anggrek lebih banyak difungsikan sebagai tanaman hias.

Baca Juga :  20 Tanaman Hias Bonsai Super Cantik untuk Rumah Minimalis

15. Tanaman Hias Bunga Kembang Sepatu

Hasil gambar untuk Tanaman Hias Bunga Kembang Sepatu

Kepopuleran tanaman hias bunga yang satu ini tampaknya tidak bisa diragukan lagi. Bunga yang berasal dari daerah Asia Timur ini sudah menjadi favorit masyarakat sejak lama.

Kembang sepatu sangat mudah beradaptasi, tanaman hias ini mampu hidup di daerah tropis sekaligus subtropis.

Kembang sepatu yang hidup di daerah tropis atau dalam rumah kaca dapat berbunga setiap saat sepanjang tahun. Sedangkan yang hidup di daerah subtropis akan berbunga saat musim panas sampai musim gugur.

Ciri khas dari tanaman kembang sepatu adalah bunganya besar berwarna merah, tetapi tidak berbau.

Di daerah Jawa, kembang sepatu lebih dikenal dengan nama kembang worawari. Sedangkan di daerah Sumatera dan Malaysia kembang sepatu disebut dengan bunga raya.

Tanaman dengan bentuk daun bulat telur dengan ujung yang meruncing ini, pada umumnya dapat tumbuh mencapai 2 – 5 meter tingginya. Kembang sepatu ternyata tidak hanya berfungsi sebagai tanaman hias bunga saja, melainkan juga dimanfaatkan untuk berbagai hal.

Seperti misalnya dimanfaatkan untuk bunga persembahan dan menyemir sepatu oleh masyarakat India. Warna merah dari mahkota bunganya juga dimanfaatkan sebagai pewarna alami untuk makanan oleh masyarakat Tiongkok.

16. Tanaman Hias Bunga Christmas Cactus

Hasil gambar untuk Tanaman Hias Bunga Christmas Cactus

Beberapa orang mungkin menganggap kaktus sebagai tanaman yang tidak menarik. Akan tetapi, siapa sangka jika terdapat jenis kaktus yang memiliki bunga cantik yaitu christmas cactus.

Belum lama ini kaktus memang menjadi tanaman hias bunga favorit untuk dekorasi ruangan. Kaktus yang disukai masyarakat cenderung berukuran kecil dengan jenis dan bentuk yang bervariasi, christmas cactus menjadi salah satunya.

Kaktus jenis ini memiliki batang berwarna hijau, bunga berwarna pink serta duri-duri halus yang menjadi ciri khas tanaman kaktus.

Tanaman hias bunga ini sangat cocok bagi Anda yang disibukkan dengan berbagai aktivitas namun hobi mengoleksi tanaman, karena perawatannya yang mudah. Christmas cactus dapat tumbuh dengan subur dalam kondisi cahaya redup dan kelembaban baik.

17. Tanaman Hias Bunga Kemuning

Hasil gambar untuk Tanaman Hias Bunga Kemuning

Bagi Anda yang menyukai tanaman hias bunga dengan wewangian, maka Murraya paniculata atau kemuning merupakan pilihan yang tepat. Wangi bunga kemuning memang dikenal sangat harum khususnya di malam hari.

Selain wangi, bunga kemuning tentu saja sangat cantik sehingga cocok dijadikan tanaman hias bunga di depan rumah. Terlebih perawatannya yang gampang, Anda hanya perlu rutin menyirami dan memberi pupuk agar pohon kemuning cepat berbunga.

18. Tanaman Hias Bunga Mawar

Hasil gambar untuk Tanaman Hias Bunga Mawar

Jika mencari tanaman hias bunga, tentu mawar tidak bisa dilewatkan begitu saja. Bunga yang menjadi simbol cinta dan romansa ini tersedia dalam berbagai jenis dan warna, mulai dari yang berkuntum kecil, kuntum besar, warna merah, putih, kuning, biru, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, perawatan tanaman hias bunga satu ini tidak bisa sembarangan. Semakin indah bunganya maka semakin sulit perawatannya, apalagi jika ada tangan-tangan jahil yang mengincar bunganya.

Tanaman hias bunga bisa dibilang merupakan tanaman yang sensitif, sehingga Anda harus telaten dalam merawatnya. Seperti menyesuaikan tanaman yang cocok dengan lingkungan rumah, intensitas cahaya, tingkat kelembaban udara, intensitas penyiraman, hingga penempatan dari tanaman itu sendiri.

 

Baca Artikel yang berkaitan dengan Tanaman Hias :

You May Also Like