Tanaman Hias Daun yang Cocok Bagi Pemilik Hobi Merawat Tanaman

Seringbaca.com | Tidak hanya bunga cantik berwarna-warni yang dapat menenangkan pikiran, namun tanaman hias daun juga bisa memberi kebahagiaan bagi orang yang melihatnya. Tanaman daun akan membuat ruangan terlihat lebih segar, sehingga orang akan merasa lebih tenang dan bahagia.

Saat ini ada banyak tanaman hias daun yang dijual di pasaran. Selain cantik dan menawan, tanaman daun juga memiliki manfaat untuk membuat udara di sekitarnya menjadi lebih bersih dan segar.

Daftar Aneka Tanaman Hias Daun

1. Tanaman Hias Daun Aglaonema

 

Tanaman Hias Daun yang Cocok Bagi Pemilik Hobi Merawat Tanaman

Jenis tanaman hias ini cukup mudah ditanam dan tidak membutuhkan perawatan yang khusus. Bagi yang ingin memilikinya, Anda harus menyimpan tanaman aglaonema ini di tempat yang tidak terkena matahari secara langsung.

Tanaman aglaonema atau banyak masyarakat menyebutnya tanaman sri rejeki ini, termasuk jenis tanaman hutan hujan tropis. Hal ini membuat aglaonema harus disimpan pada tempat yang memiliki kelembaban cukup.

Tempat yang baik misalnya di dalam ruangan bagian pojok rumah atau tempat yang ternaungi. Aglaonema dikenal juga dengan julukan “Ratu Daun” karena bentuk dan warna daunnya yang terlihat eksotis.

Tanaman ini cocok dimiliki bagi seorang pemula sekali pun, sehingga Anda tidak perlu ragu untuk memilikinya.

Contoh jenis tanaman aglaonema, misalnya aglaonema bidadari, aglaonema moonlight, aglaonema pride of Sumatra, aglaonema legacy, aglaonema adelia, dan masih banyak jenis tanaman hias daun aglaonema lainnya.

2. Tanaman Hias Daun Suplir

Tanaman Hias Daun yang Cocok Bagi Pemilik Hobi Merawat Tanaman

Suplir merupakan kelompok tumbuhan paku dengan nama ilmiah yaitu Adiantum. Ciri-ciri tanaman suplir adalah daunnya yang berbentuk mungil dan tipis.

Daun tersebut tumbuh pada tangkai tanaman yang berwarna hitam dan tumbuh secara menumpuk. Tanaman hias daun bulat ini memperbanyak diri dengan spora.

Kehadiran tanaman ini akan membuat suasana rumah Anda terlihat lebih segar dan indah. Walaupun terlihat indah, tetapi tanaman suplir termasuk jenis tanaman yang perawatannya cukup sulit.

Hal ini dikarenakan tanaman hias daun suplir memerlukan lingkungan yang tidak kering dan udara bersih, supaya dapat tumbuh dengan indah dan baik. Di alam liar, suplir banyak ditemukan di daerah dengan kelembaban yang tinggi, misalnya di area air terjun, sungai, dan hutan tropis.

3. Tanaman Hias Daun Lidah Mertua

Tanaman Hias Daun yang Cocok Bagi Pemilik Hobi Merawat Tanaman

 

Tanaman lidah mertua atau sansevieria adalah tanaman yang populer sebagai tanaman indoor. Bentuknya yang unik membuat tanaman ini dijual dengan harga yang cukup tinggi.

Semakin langka dan unik jenis lidah mertua, maka harga yang ditawarkan juga akan menjadi lebih tinggi. Salah satu kelebihan dari tanaman hias daun lidah mertua adalah kemampuanya yang bisa menyerap udara kotor bahkan racun.

Oleh karena itu, tanaman lidah mertua sangat cocok untuk disimpan di dalam ruangan agar udara di dalam tetap terjaga dan bersih. Selain bisa menyerap udara kotor, lidah mertua juga memiliki manfaat lainnya.

Apabila tanaman lidah mertua ini disimpan di dekat barang elektronik, maka lidah mertua mampu mereduksi gelombang radiasi. Tentu saja, hal ini sangat bermanfaat bagi Anda yang sering kerja di depan laptop.

Walaupun terlihat sama, ternyata ada beberapa jenis tanaman lidah mertua yang bisa Anda pilih sebagai tanaman hias. Misalnya, jenis Sansevieria trifasciata laurentii adalah jenis yang paling banyak ditanam oleh masyarakat Indonesia.

Baca Juga :  Gurihnya Peluang Usaha Hidroponik Yang Bisa Mendatangkan Banyak Keuntungan

Sementara itu, jenis sansevieria black dragon memiliki bentuk yang mungil dan berwarna cukup gelap dibandingkan jenis lidah mertua lainnya. Selain kedua jenis tersebut, masih ada beberapa jenis tanaman lidah mertua dengan tampilan yang cantik dan manfaat yang baik untuk Anda.

4. Tanaman Hias Daun Tanduk Rusa

Tanaman Hias Daun yang Cocok Bagi Pemilik Hobi Merawat Tanaman

Di Indonesia, tumbuhan paku-pakuan banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias. Salah satu jenis tumbuhan paku adalah tanduk rusa.

Tanduk rusa atau yang dikenal dengan nama Simbar Menjangan adalah tanaman hias daun yang banyak dijumpai di daerah tropis dan tumbuh secara liar. Tanaman tanduk rusa dapat digantungkan di dinding atau ditempel pada pohon.

Tanduk rusa harus disimpan di tempat yang cukup teduh dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Selain sebagai tanaman hias, beberapa orang juga memanfaatkan daun tanduk rusa sebagai obat bisul.

Caranya dengan mengambil satu lembar daun, kemudian dicampur dengan kapur sirih. Kedua bahan tersebut ditumbuk dan dikompres pada bagian tubuh yang mengalami bisul.

Tanduk rusa harus disiram secara rutin pada musim kemarau. Anda harus bisa menjaga agar rimpang tanduk rusa selalu lembab.

Tujuannya yaitu supaya tanaman hias daun tanduk rusa selalu terlihat segar dan sejuk. Di awal pembibitan, tanaman tanduk rusa ini memerlukan perawatan yang intensif.

5. Tanaman Hias Daun Puring

Tanaman Hias Daun yang Cocok Bagi Pemilik Hobi Merawat Tanaman

Tanaman puring termasuk tanaman hias daun yang memiliki nilai jual cukup tinggi dan banyak ditemukan di perumahan yang cukup besar. Tanaman puring terdiri dari beberapa jenis, namun terdapat beberapa jenis tanaman puring yang lebih banyak dicari oleh peminatnya.

Jenis tanaman puring yang banyak digemari dan dicari oleh masyarakat, yaitu puring kura, oscar, red apple, logam, puring anting raja, puring asmara jingga, dan puring arjuna. Warna daun puring akan memikat siapa saja yang melihatnya.

Daun memiliki warna dasar dengan hiasan corak warna yang berbeda pada bagian tengah yang membuat karakter tanaman puring semakin menonjol.

Selain warna yang beragam, tanaman puring juga memiliki aneka bentuk daun yang unik, mulai dari bentuk oval, memanjang, bergelombang, dan bentuk daun dengan helai yang terpisah.

6. Tanaman Hias Daun Kuping Gajah

Tanaman Hias Daun yang Cocok Bagi Pemilik Hobi Merawat Tanaman

Tanaman hias daun kuping gajah adalah salah satu tanaman yang dikenal luas oleh masyarakat. Diberi nama kuping gajah, karena bentuk daun tanaman ini besar dan lebar berbentuk hati terlihat seperti kuping gajah.

Daun tanaman ditopang tangkai kecil yang tumbuh tegak ke atas. Warna daun kuping gajah adalah hijau pekat dengan warna tulang daun putih kehijauan.

Kuping gajah banyak diminati karena tanaman ini tidak memerlukan perawatan yang khusus dan tampilan tanaman yang unik. Tanaman kuping gajah harus disiram secara rutin agar kelembaban media tanamnya selalu terjaga.

Namun, jangan sampai Anda menyiram tanaman secara berlebihan yang akan membuat air menggenang dan bakteri berkembang biak. Kuping gajah hanya perlu disiram sekali dalam sehari menggunakan semprotan air.

7. Tanaman Hias Daun Keladi Red Star

Tanaman Hias Daun yang Cocok Bagi Pemilik Hobi Merawat Tanaman

Keladi red star dikenal oleh banyak orang karena keindahan urat daunnya yang terlihat seperti bintang berwarna merah. Bagi Anda yang tertarik merawat tanaman hias daun keladi red star, Anda harus bisa menyimpannya di area yang terkena sinar matahari.

Tanaman keladi red star yang berasal dari Brazil ini akan tumbuh secara baik dan sehat, di tempat yang terang terkena matahari secara penuh. Warna daun keladi terdiri dari beberapa kombinasi warna orange, merah, hijau, putih, dan perak.

Di musim kemarau, keladi red star akan mengalami masa istirahat kurang lebih 4 sampai 5 bulan. Ketika masa istirahat, kecantikan daun keladi red star akan terlihat sedikit berkurang dari biasanya.

Baca Juga :  Cara Membuat Hidroponik Mudah untuk Pemula

Apabila dibandingkan jenis tanaman hias daun lainnya, keladi red star adalah tanaman yang mudah dijumpai dipasaran dengan harga jual yang terjangkau.

8. Tanaman Hias Daun Lidah Buaya

Tanaman Hias Daun yang Cocok Bagi Pemilik Hobi Merawat Tanaman

Siapa yang tidak mengenal tanaman lidah buaya? Tanaman lidah buaya merupakan tanaman hias daun dengan segudang manfaat. Walaupun memiliki duri di sekeliling daun, tetapi jika dimanfaatkan dengan baik lidah buaya dapat memberikan khasiat yang besar.

Warna daun lidah buaya adalah hijau dengan bercak putih kecil yang ada di seluruh bagian daun. Tanaman lidah buaya ini sering digunakan sebagai bahan kosmetik maupun digunakan untuk  konsumsi.

Beberapa manfaat yang ada pada lidah buaya, misalnya melembabkan kulit, menyembuhkan kulit yang luka, menyehatkan rambut, dan masih banyak manfaat lainnya.

9. Tanaman Hias Daun Kadaka

Tanaman Hias Daun yang Cocok Bagi Pemilik Hobi Merawat Tanaman

Kadaka atau yang disebut juga pakis sarang burung adalah tanaman hias daun yang memiliki bentuk daun tebal. Tanaman hias cukup banyak ditemukan di hutan.

Walaupun sekarang banyak diminati, namun dahulu jenis tanaman ini dianggap sebagai tanaman hama dan tidak berharga. Tetapi, sebagai tanaman hias kadaka memiliki tampilan yang cukup unik dan memiliki penggemarnya sendiri.

Terdapat beberapa jenis kadaka yang populer, misalnya kadaka osaka, kadaka ular, dan kadaka keriting. Tanaman kadaka ini cukup unik, karena warna daunnya bisa berubah.

Apabila tanaman hias daun kadaka disimpan di dalam rumah, warna daunnya adalah hijau tua. Tetapi, saat kadaka disimpan di tempat yang cerah terkena sinar matahari, maka warna hijau akan berubah menjadi kuning.

Kadaka juga bisa ditanam dalam pot atau langsung di tanah. Hal ini akan mempengaruhi cara tumbuh dan bentuk daun tanaman.

Kadaka yang ditanam dalam pot memiliki daun yang menjulur ke semua arah, namun kadaka yang langsung ditanam di tanam memiliki daun yang lurus.

10. Tanaman Hias Daun Sirih Gading

Tanaman Hias Daun yang Cocok Bagi Pemilik Hobi Merawat Tanaman

Bagi Anda penggemar tanaman merambat, Anda bisa mencoba mempertimbangkan tanaman hias daun sirih gading sebagai pilihan. Sirih gading sangat cocok dijadikan sebagai tanaman hias gantung atau sekedar ditempel di dinding.

Ruangan atau lahan yang ditanami sirih gading akan terasa lebih hijau dan segar. Tidak hanya dijadikan tanaman hias, ternyata sirih gading juga memiliki manfaat yang sangat kaya.

Salah satu kemampuan sirih gading adalah mampu menyerap racun berbahaya. Tanpa Anda sadari terdapat banyak sumber yang bisa menghasilkan racun berbahaya.

Menanam dan merawat sirih gading bagaikan investasi untuk kesehatan di lingkungan rumah Anda.

Selain itu, oksigen yang dihasilkan juga akan membantu terpenuhinya kebutuhan oksigen di rumah Anda. Oleh karena itu, tanaman sirih gading juga dapat diletakkan di dalam ruangan.

11. Tanaman Hias Daun Monstera

Tanaman Hias Daun yang Cocok Bagi Pemilik Hobi Merawat Tanaman
Tanaman Hias Daun yang Cocok Bagi Pemilik Hobi Merawat Tanaman

Tanaman hias daun monstera adalah jenis tanaman hias yang sangat terkenal. Di tahun 2020 ini kepopuleran monstera semakin naik, membuat harga jual tanaman hias daun ini menjadi mahal.

Banyak orang yang memiliki hobi tanaman hias maupun pemula membeli monstera. Hal ini dikarenakan bentuk daun yang unik, sehingga banyak orang yang menjadikan monstera sebagai tanaman hias pilihan di rumahnya.

Jika Anda memiliki rumah bergaya Skandinavia atau gaya minimalis, tanaman hias monstera adalah pilihan yang cocok untuk melengkapi keindahan rumah.

Jenis monstera juga ada beberapa, seperti Monstera deliciosa, Monstera borsigianum, dan Monstera adansonii, Monstera silat pecana, Monstera dubia, Monstera variegata, dan Monstera obliqua.

Masing-masing jenis monstera memiliki karakteristik tersendiri yang cukup unik. Oleh karena itu, sebelum membeli pastikan jenis monstera yang Anda sukai dengan budget yang dimiliki.

12. Tanaman Hias Daun Lili Paris

Tanaman Hias Daun yang Cocok Bagi Pemilik Hobi Merawat Tanaman

Kata siapa tanaman mungil tidak memiliki pesona sebagai tanaman hias daun. Lili paris termasuk jenis tanaman hias yang berbentuk kecil, namun tetap terlihat menawan.

Walaupun penampilannya terlihat sederhana, tetapi hal ini yang menjadi daya tarik bagi peminatnya. Jenis lili paris biasa juga sering disebut bulu ayam, karena bentuk daun yang memanjang kecil dengan ruas hijau tua dan tepi berwarna putih.

Baca Juga :  Media Tanam Hidroponik Sederhana, Pengertian Rockwool dan Harga Rockwool Terbaru

Tanaman lili paris sangat cocok dijadikan tanaman hias daun indoor. Lili paris bisa dijadikan sebagai tanaman gantung, diletakkan di pot bunga, atau langsung ditanam di taman.

Tanaman lili paris juga bisa disimpan di dalam maupun luar ruangan, selain itu tanaman lili paris juga tidak sulit untuk dirawat. Untuk perawatannya, Anda tidak perlu sering menyiram lili paris.

Ketika media tanam lili paris kering, maka Anda perlu menyiramnya. Lili paris memiliki manfaat sebagai ground cover atau tanaman penutup tanam.

13. Tanaman Hias Daun Calathea Black Lipstick

Tanaman Hias Daun yang Cocok Bagi Pemilik Hobi Merawat Tanaman

Umumnya, tanaman hias daun terkenal dengan warna daun yang hijau segar. Berbeda dengan tanaman Calathea black lipstick yang memiliki daun berwarna hitam dan ungu.

Tanaman hias ini sangat cocok bagi Anda penggemar tanaman yang unik, dan bisa dipadukan dengan berbagai elemen rumah bergaya minimalis. Tanaman ini harus disimpan di dalam rumah dan tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Hampir kebanyakan dari tanaman hias daun indoor perlu disimpan di area yang tidak terkena matahari langsung, agar membuat daun yang muncul memiliki warna yang optimal.

Tidak hanya membuat rumah terlihat estetis, tetapi tanaman meranti ini juga akan membuat rumah selalu segar dengan suplai oksigen yang diberikan. Jenis tanaman calathea black lipstick dijual mulai dari harga Rp 75 ribu sampai sekitar Rp 550 ribu.

14. Tanaman Hias Daun Pucuk Merah

Tanaman Hias Daun yang Cocok Bagi Pemilik Hobi Merawat Tanaman

Tanaman pucuk merah biasanya dimanfaatkan sebagai pagar taman, karena tanaman ini bisa tumbuh rimbun. Hal tersebut membuat tanaman pucuk merah sebagai tanaman hias daun outdoor yang cukup populer.

Ciri khas dari tanaman hias pucuk merah adalah memiliki daun yang berwarna merah di bagian pucuk tunas tanaman. Perlu Anda ketahui bahwa tanaman pucuk merah ini memiliki banyak manfaat bagi manusia.

Daun tanaman yang berwarna merah dapat digunakan sebagai pewarna makanan alami, seperti daun suji. Selain itu, kandungan polifenol yang ada pada daun dapat dimanfaatkan sebagai antioksidan alami, dan bisa melindungi sel beta pankreas dari efek radikal bebas.

Tidak hanya terlihat indah, tanaman pucuk merah juga memiliki bau yang wangi dari kandungan minyak atsiri yang dikandungnya.

15. Tanaman Hias Daun Gelombang Cinta

Tanaman Hias Daun yang Cocok Bagi Pemilik Hobi Merawat Tanaman

Tanaman hias gelombang cinta sempat populer beberapa tahun ke belakang. Gelombang cinta atau Anthurium ini pernah dijual dengan harga yang sangat mahal pada sekitar tahun 2007.

Misalnya, jenis Anthurium jenmanii kobra bisa dijual sampai harga Rp 250 juta dan harga lebih tinggi untuk jenis supernova. Karakteristik unik dari tanaman hias gelombang cinta adalah bentuk daun yang bergelombang.

Tanaman gelombang cinta bisa ditempatkan di bagian sudut rumah supaya terlihat lebih segar dan indah. Saat ini harga gelombang cinta sudah kembali normal.

Jika Anda menyukai bentuk daun gelombang cinta dan berminat untuk memilikinya, maka Anda bisa membeli di penjual tanaman hias terdekat di tempat Anda.

Tanaman hias daun yang dijual di pasaran ada beragam jenisnya. Sebelum memutuskan untuk membeli, Anda harus mengetahui harga, cara perawatan, dan karakteristik tanaman agar bisa tumbuh secara baik.

 

Baca Artikel yang berkaitan dengan Tanaman Hias :

You May Also Like