Tips membeli mobil bekas untuk pemula

Siapa yang tak ingin punya mobil sendiri yang tentunya bisa memudahkan mobilitas kemana saja. Bagi yang punya anggaran cukup tentu bisa membeli mobil baru dengan mudah, beda dengan yang budgetnya terbatas tentu mobil bekas jadi pilihan.

Namun tetap saja jangan asal beli mobil second, Anda harus tahu tips membeli mobil bekas yang benar agar hasilnya tak mengecewakan.

Tips membeli mobil bekas untuk pemula

10 Tips Membeli Mobil Bekas

Sebagai calon pembeli yang masih awam tentang dunia otomotif, Anda bisa menerapkan 10 tips berikut ini ketika ingin membeli mobil bekas. Agar kendaraan roda empat yang didapat benar-benar sesuai keinginan dan bisa dipakai untuk jangka panjang.

1. Tentukan Kebutuhan

Banyak jenis kebutuhan yang melandasi seseorang untuk membeli sebuah mobil. Baik itu untuk kebutuhan mobilitas keluarga, kantor dan lainnya. Anda harus menentukan terlebih dahulu untuk apa mobil tersebut dibeli. Sehingga berbekal itulah nantinya proses berburu mobil dilakukan.

Contohnya kebutuhan Anda adalah untuk antar jemput istri dan anak, serta bepergian kemana saja dengan keluarga, maka ketika mencari ke dealer mobil bekas Anda lebih mudah mengerucutkan jenis mobilnya.

2. Pastikan Budget

Membeli mobil bekas memang lebih murah ketimbang mobil baru, tapi tetap saja Anda harus menentukan batas anggaran yang akan dipakai untuk membelinya. Jangan sampai over budget hanya gara-gara menginginkan sebuah mobil bekas merek A.

karena setelah membelinya masih banyak anggaran yang dibutuhkan seperti biaya membeli bahan bakar hingga service rutin. Biasanya untuk mobil bekas memiliki harga 25 persen hingga 50 persen lebih rendah ketimbang harga barunya.

Tapi memang disesuaikan dengan kondisi terkini dan sudah berapa kilometer kendaraan tersebut digunakan oleh pemilik sebelumnya.

3. Pastikan Jenis Mobil

Ada banyak jenis mobil yang dijual di pasaran, Anda bisa memilih salah satunya berdasarkan kebutuhan. Contoh, mobil jenis MVP yang bisa digunakan untuk bepergian dengan keluarga besar di dalam kota dan luar kota.

Atau mobil SUV dengan penumpang lebih dari lima, bagi Anda yang membutuhkan mobil bekas untuk mobilitas di jalanan yang kurang mulus.

Ada juga jenis hatchback untuk Anda yang memiliki keluarga kecil bahagia dengan dua anak saja. Atau bagi Anda yang kebutuhannya untuk kenyamanan berkendara bisa memilih mobil jenis sedan.

Selain itu Anda juga harus menentukan jenis bahan bakar yang digunakan kendaraan tersebut, karena akan sangat berkaitan dengan pengeluaran jangka panjang nanti.

4. Lakukan Survei

Setelah memiliki gambaran jenis mobil bekas yang akan dibeli, saatnya melakukan survei, meliputi harga,bentuk, desain, dan semua seluk beluk mobil tersebut. yang perlu diingat, jangan survei ke satu tempat saja lakukan ke banyak tempat sehingga Anda punya perbandingan yang cukup lengkap terkait calon mobil idaman tersebut.

Bila perlu survei juga bisa dilakukan secara online pada penyedia jasa jual beli mobil bekas. Anda bisa telusuri testimony pelanggannya, atau menghubungi customer service perusahaan tersebut untuk memastikan ketersediaan jenis mobil yang diinginkan.

5. Slow But Sure

Jangan terburu-buru memilih dari hasil survei, karena bisa saja Anda salah perhitungan atau ternyata mobil tersebut tak sesuai dengan klasifikasi yang diinginkan. Jadi tetaplah tenang dan gunakan waktu Anda dengan baik untuk memilih.

Baca Juga :  Cara merawat softlens agar mata tetap nyaman saat digunakan

Bila perlu libatkan orang terdekat untuk berdiskusi untuk menambah pemahaman tentang kendaraan yang akan dibeli. Percaya atau tidak, banyak orang yang bubu-buru membeli sebuah kendaraan yang berakibat kerugian luar biasa.

Ada yang ternyata merupakan kendaraan hasil curian, atau kendaraan yang pajaknya sudah mati bertahun-tahun yang lalu.

6. Pilih Tempat Recommended

Untuk berbelanja kendaraan sekelas mobil tidak boleh sembarangan, karena menyangkut produk yang harganya relatif mahal. Jadi Anda harus memilih dealer yang terpercaya, bisa melalui rekomendasi banyak orang atau mencari informasi di internet tentang dealer yang punya track record bagus dalam hal jual beli mobil bekas.

Ciri dealer mobil bekas yang dipercaya adalah banyaknya mobil yang siap jual di dealer tersebut. soal lama berdiri biasanya dealer terpercaya sudah berdiri selama bertahun-tahun. Kemudian menyoal jenis kendaraan biasanya lebih lengkap ketimbang yang lain karena faktor kepercayaan orang untuk bertransaksi disana.

7. Dari Tangan Pertama

Memang agak sulit untuk merealisasikan tips ini jika Anda tak punya banyak relasi di dunia otomotif. Tapi membeli langsung dari pemilik mobil tersebut merupakan langkah paling tepat ketimbang memilih di dealer mobil bekas. Karena Anda bisa mendapatkan informasi lebih detil tentang kendaraan tersebut.

Selain itu, mobil dari first hand biasanya memiliki kondisi yang lebih baik ketimbang dealer. Karena yang menggunakannya tidak terlalu banyak. Sedangkan dealer bisa saja mendapatkan mobil bekas dari tangan kedua atau bahkan sudah melalui banyak pengguna sebelumnya.

8. Cek Kondisi Mobil

Melakukan pengecekan kondisi adalah tips berikutnya sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas. Pengecekan harus dilakukan menyeluruh dan detil mulai dari komponen yang meliputi kondisi pintu, kaca jendela, whipper, spion, interior dan eksterior kendaraan.

Kemudian cek kondisi mesin yang biasanya bisa dipastikan dengan suara mesin, lalu komponen di dalam mesin itu sendiri termasuk pengecekan rem. Selanjutnya adalah mengecek box transmisi.

Pengecekan ini hal wajib, bila perlu Anda bisa meminta pemilik mobil bersama-sama dengan Anda melakukannya di bengkel, agar benar-benar diketahui kondisi keseluruhan mobil.

9. Cek Dokumen Pendukung

Untuk membeli mobil bekas Anda juga harus memastikan kelengkapan dokumen, mulai dari STNK hingga BPKB. Jangan lupa pastikan kapan jadwal service terakhir sehingga Anda bisa melakukannya sesuai jadwal.

Pengecekan juga harus dilakukan detil, misalnya BPKB, cek nomor rangka dan mesin mobil apakah sesuai dengan yang tertera pada BPKB atau tidak.

Biasanya pada dealer yang sudah terpercaya, dokumen pendukung sudah lengkap. Namun jika Anda beli langsung pada pemilik maka ada baiknya memastikannya hingga detil ke kantor terkait, agar tidak terbeli mobil hasil curian atau mobil bodong.

10. Uji Coba/Test Drive

Tips terakhir adalah melakukan test drive kendaraan untuk mengetahui lajuny di jalanan. Apakah nyaman dikendarai atau tidak. Biasanya baik dealer mobil bekas atau pemilik mobil yang ingin menjual kendaraannya memberikan fasilitas uji coba kelayakan.

Anda harus memanfaatkannya untuk benar-benar merasakan berkendara dengan mobil tersebut. Jika rasanya sudah nyaman maka Anda sekarang sudah menemukan mobil bekas yang akan jadi milik Anda. Tapi jika tidak, tentu petualangan mencari kendaraan tersebut masih harus terus berlanjut.

Jangan memaksakan membeli kalau Anda tak nyaman mengendarai, karena pastinya ada yang salah dengan mobil tersebut. Memang bukan hal yang mudah untuk mendapatkan mobil bekas. Butuh waktu, pikiran dan tenaga untuk mendapatkan yang tepat.

Baca Juga :  Cara Cepat Memanjangkan Rambut Pria Terbukti

Tapi selama Anda coba menerapkan tips membeli mobil bekas di atas maka peluang untuk mendapatkan kendaraan impian dengan harga nyaman di kantong akan lebih terbuka lebar. Selamat mencoba.


Jika artikel ini dirasa bermafaat, silahkan share artikel ini dengan menekan tombol share dibawah, agar lebih bisa bermanfaat bagi banyak orang lain ♥ Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like